Ini Dia 15 Tempat Wisata Kuliner Legendaris, Enak dan Murah Meriah di Cikini

344 views

Siapa bilang Anda hanya bisa menikmati wisata kuliner di kawasan Menteng – Cikini dengan merogoh kocek dalam. Di kawasan ini banyak juga tempat makan yang terkenal dan legendaris.

Menu-menu ini pun biasa Anda temukan di sekitar pasar ataupun kaki lima. Namun siapa yang sangka makanan kaki lima bisa bertahan cukup lama sampai sekarang seperti kuliner di bawah ini.

1. Pempek Megaria

foto by lifestyle.okezone.com

Kuliner khas Palembang ini sudah terkenal seantero Indonesia. Pempek Megaria sendiri pun tak kalah terkenalnya. Sudah ada sejak tahun 1989. Lokasi teparnya berada di belakang Metropole XXI. Tempatnya semacam food court dengan ruangan ber-AC.

Hampir semua menu di sini rekomendasi seperti Kapal Selam, Kulit, Lenjer, sampai Lenggang. Rasanya enak. Selain itu ada paket hemat yang bisa dipilih. Selain pempek, di sini tersedia Tekwan, Pindang Patin, Mie Celor, sampai Model.

foto by yandreian.wordpress.com

Lokasi: Metropole 21, Jalan Pegangsaan Timur Nomor 21, Cikini, Jakarta Pusat
Harga: Rp 5.000 – Rp 30.000
Jam Buka: 12.00 – 21.00 WIB

2. Gado-gado Bonbin

foto by wanderbites.com

Gado-gado Bonbin termasuk tersohor juga di daerah Cikini. Sudah ada sejak tahun 1960, bisa dibilang kuliner ini salah satu saksi bisu bahwa sekitar Cikini-Menteng pernah memiliki kebon binatang.

Bumbu kacangnya halus dengan rasa lebih manis dari biasanya. Bumbu ini dibuat dari kacang tanah kemudian dikupas dan disangrai. Sayuran segar, potongan besar, keripuk udang semakin menambah kenikmatan kuliner ini.

foto by santhiserad.com

Anda bisa membelinya dan menyantap langsung di lokasi, membungkus dibawa pulang, atau pesan menggunakan aplikasi online. Menyantap di lokasi jangan lupa membeli Es Jeruk Murni sebagai pendamping makan gado-gado.

Baca Juga  20 Wisata Kuliner Sekitaran Menteng di Bawah Rp 100.000 Per Porsi, Dari Nasi Goreng Sampai Smoothie Bowl

Lokasi: Jalan Cikini 4 Nomor 5, Cikini, Jakarta Pusat
Harga:
Jam Buka: 10.00 – 17.00 WIB

3. Soto Betawi H. Ma’ruf

foto by travel.kompas.com

Sudah ada sejak 1943, kuliner khas Betawi ini didirikan oleh Bapak H. Ma’ruf dengan favorit Soto Betawi dan sate. Dagingnya pun banyak dan empuk dengan kuah santan gurih dan creamy. Tak hanya soto dan sate ada pula laksa dan ayam goreng.

Lokasinya berada di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki. Anda bisa masuk dari tempat parkir utama di sisi kiri. Menempati roemah yang terlihat kecil dari depan dengan daya tampung sekitar 60 orang.

foto by qraved.com

Lokasi: Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya Nomor 73, Cikini, Jakarta Pusat
Harga: Rp 30.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 09.00 – 21.30 WIB

4. Bubur Ayam Cikini H. Sulaeman

foto by portalkaltara.com

Makan malam memang paling enak menyantap bubur ayam. Bubur Ayam Cikini H. Sulaeman memiliki dua waktu buka, pagi dan malam. Ada bisa makan bubur di pagi hari atau makan malam menggunakan bubur.

Yang istimewa di sini adalah munculnya telur yang berada di tengah bubur. Telur ini akan menjadi setengah matang saat diselimuti oleh bubur. Kalau Anda tak ingin telur pun bisa memesannya.

foto by mahligai-indonesia.com

Untuk ukuran seporsi bubur memang tak bisa dibilang murah. Namun animo pengunjung yang membludak membuat Anda harus mengantre dan datang lebih awal jika tak ingin kehabisan.

Lokasi: Jalan Cikini Raya, Cikini, Jakarta Pusat
Harga: Rp 15.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 07.00 – 11.00 WIB dan 17.00 – 02.00 WIB

5. Mie Ayam Gondangdia

foto by pergikuliner.com

Mie ayam legendaris di sekitar Cikini – Menteng yaitu Mie Ayam Gondangdia. Sudah ada dari tahun 1968, saat ini dikelola oleh generasi ketiga dari pendiri pertamanya. Lokasinya dekat dengan kolong rel kereta api.

Baca Juga  Tempat Tepat Menikmati Kuliner Malam di Jakarta Timur, Ini 80 Daftarnya

Tak hanya mie ayam, di sini pun menyediakan nasi goreng, nasi tim, ayam goreng, bihun, ikan, udang, ayam. Sayuran pun tersedia di sini begitu pula beragam minuman. Rasa enak tak perlu diragukan lagi.

foto by pergikuliner.com

Kalau Anda tertarik mengunjunginya, silakan turun di Stasiun Gondangdia dan berkendara sekitar 5 menit untuk sampai lokasi. Tempatnya dekat dengan Paramout Cantonese Restaurant.

Lokasi: Jalan Cikini IV nomor 12A, Cikini, Jakarta Pusat
Harga: Rp 20.000 – Rp 100.000
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

Baca Halaman Selanjutnya:

5 Tempat Makan dengan Rasa Otentik dan Ciri Khas yang Patut Dikunjungi untuk Bernostalgia di Cikini

5 Restoran Dengan Suasana Romantis di Cikini yang Perlu Dikunjungi Bersama Pasangan Sehidup Semati

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply