10 Kuliner Menggoyang Lidah di Ambarawa

3865 views

Bermain ke daerah Semarang, sempatkan untuk berwisata kuliner. Salah satu kabupaten Semarang ini dari dulu terkenal dengan makanan khasnya yang enak dan murah. Pastinya sangat sayang untuk dilewatkan, terlebih oleh anda, pecinta kuliner tanah air.

Setiap daerah, seperti Bandungan dan Ambarawa menawarkan beragam kuliner unik. Kuliner tersebut tentulah tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Beberapa diantaranya bahkan sangat unik dan cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Dengan konsep apik dan nyaman, sudah barang tentu membuat pengunjung betah berlama-lama.

Deretan tempat makan unik sekaligus nikmat yang bisa anda coba selama berada di kota Semarang adalah:

1. Banaran 9 Coffee & Tea

foto by foursquare.com

Terletak di dataran tinggi, Banaran 9 coffee & tea cocok untuk menikmati secangkir kopi dan snack pilihan.

Apalagi disini kopi yang disajikan benar-benar asli daerah setempat, sudah pasti sangat menggoda bukan? Karena letaknya cukup tinggi, udara di sekitar benar-benar sejuk dan nyaman.

Hal tersebut membuat banyak pengunjung betah berlama-lama dan nongkrong bersama teman maupun keluarga. Terlebih ada taman luas dengan lahan parkir yang tak kalah luas pula.

Sangat cocok dijadikan tempat rekreasi tersendiri. Untuk anda yang datang dari daerah Jogja dan sekitarnya, lokasi Banaran pas untuk beristirahat sejenak.
Sembari merilekskan saraf dan tubuh tegang, lidah dan perut anda akan dibuat benar-benar nyaman.

Lokasi: Jalan Sudirman No. 115E, Ambarawa.
Harga: mulai dari Rp 15.000
Jam Buka: 07.00 – 22.00

2. Eling Bening Restaurant

foto by hellosemarang.com

Menikmati pemandangan dari atas perbukitan dengan latarbelakang Rawa Pening, anda akan dibuat takjub. Saat menginjakkan kaki disini, mata anda akan benar-benar dimanjakan oleh pemandangan di sekeliling Rawa Pening.

Perlu diketahui, pemandarangan rama pening itu memang cukup terkenal dari sejak dulu. Konsep restoran inipun sangat unik, mengingat ada sebuah kolam renang di bagian dalam.

Tempatnya juga pas untuk anda yang ingin berekreasi bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Jangan takut dengan udara panas, pasalnya disini benar-benar sejuk dan nyaman.

Baca Juga  Menilik Museum eks-Stasiun Kereta Api Warisan Kolonial Belanda di Ambarawa

Untuk menu makanannya sendiri, makanan khas Indonesia dapat anda jadikan pilihan. Harga untuk setiap makanan masih sangat terjangkau dan pas di kantong. Tak perlu takut membuat kantong bolong hanya untuk dapat mencicipi banyak menu.

Lokasi: Jalan Kartini Tambakloyo, Ambarawa
Harga: mulai dari Rp 15.000
Jam Buka: 07.00 – 18.30

3. Eva Coffee House

foto by tripadvisor.com

Sudah berkeliling dan ingin kembali ke rumah tapi belum menemukan oleh-oleh yang pas? Melipir sebentar ke Eva Coffee House di daerah Ambarawa.

Bisnis kopi keluarga yang sudah berdiri dari tahun 1996, tempat ini menawarkan kopi bungkusan yang pas dijadikan buah tangan.

Ada beberapa pilihan kopi lokal yang sudah masih berbentuk biji maupun sudah digiling. Anda bisa memilih jenis kopi yang ingin dibawa pulang dengan harga terjangkau.

Semua kopi disini merupakan hasil perkebunan sendiri. Tanah seluas 4 Ha tersebut ditanami kopi-kopi nikmat yang diracik langsung oleh pengelola.

Jika anda ingin mencicipi bagaimana kopi ini ketika hangat, nikmati langsung di tempat. Bila belum puas, bawalah beberapa bungkus kopi untuk diseduh di rumah.

Lokasi: Jalan Raya Ambarawa, Bedono.
Harga: mulai dari Rp 5.000
Jam Buka: 06.00 – 21.00

4. Pecel Mbok Kami

foto by twitter.com

Tak jauh berbeda dari pecel pada umumnya, disini pecel yang disajikan menggunakan sayur-sayuran segar.

Hanya saja bumbu kacang yang digunakan memiliki citarasa berbeda. Bisa dibilang bumbu kacangnya sangat khas, karena dibuat sendiri oleh pemilik warung.

Beda tangan memang beda rasanya, kalimat tersebut rupanya benar adanya. Disini, bumbu pecelnya membuat air liur menetes seketika. Tak salah kalau warung pecel yang sudah berdiri sejak bertahun-tahun lalu tersebut selalu ramai oleh pengunjung.

Memasuki jam makan siang, anda harus berdesak-desakkan dengan banyak pengunjung lainnya. Jadi, jangan sampai anda datang terlambat atau melewati wisata kuliner di dekat gua maria kerep tersebut.

Baca Juga  Gua Maria Kerep Ambarawa Punya Ikon Baru? Ini Dia

Lokasi: Gua Maria Kerep, sekitar terminal Ambarawa.
Harga: Rp 10.000 / porsi
Jam Buka: 08.00 – 16.00

5. Pecel Tukinem Ambarawa

foto by mixmoxinka.wordpress.com

Masih menu asli Indonesia, kali ini ada pecel lain dari Ambarawa. Ibu Veronica sebagai pemilik warung telah memulai usahanya sejak bertahun-tahun lalu.

Sejak pagi hari, warung ini sudah ramai didatangi untuk sarapan. Kepopuleran warung pecel ini sudah merambah daerah Jawa Tengah.

Bahkan ada juga wisatawan dari luar kota. Para wisatawan tersebut tak segan mendatangi rumah ibu Veronica untuk mencicipi pecel. Pasalnya setelah jam 12.00 siang, warung tersebut benar-benar ludes dan tutup.

Anda yang tak beruntung merasakan pecel dari warung si ibu, dapat datang langsung ke rumah Beliau. Tak terlalu dari warung, usai berwisata anda bisa langsung mencicipi menu pecel yang telah fenomenal tersebut.

Lokasi: Jalan Kridanggo, Sanggrahan atau Jalan Brigjen Sudiarto, Lodoyong.
Harga: mulai dari Rp 10.000 / porsi
Jam Buka: 07.00 – 12.00

6. Serabi Kuah

foto by semarangcoret.com

Bosan makanan berat, ada cemilan serabi kuah khas Ambrawa. Cemilan satu ini berbeda dari serabi pada umumnya, mengingat bentuk dan teksturnya sangat lah legit. Serabi disini dibuat tipis, kecil dan berwarna-warni, yakni hijau, putih dan cokelat.

Warna hijau didapatkan dari tambahan warna alami dari daun suji. Sedangkan warna coklat berasal dari topping diatas serabi. Sayangnya disini serabi yang disajikan hanya memiliki dua rasa, yakni rasa original serta gula merah.

Lokasi: Ngampin, Ambarawa
Harga: mulai dari Rp 2.000
Jam Buka: 12.00 – habis

7. Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

foto by beritagar.id

Hampir mirip dengan tengkleng, gecok terbuat dari olahan daging sapi. Bila tengkleng menggunakan santan, maka menu ini tidak sama sekali. Campuran cabai jawa yang ditambahkan menghasilkan rasa pedas luar biasa.

Baca Juga  12 Gambar Jejak Penelusuran Sejarah Kolonial Belanda di Gereja Blenduk Kota Lama Semarang

Sayangnya lokasi warung gecok tlogo ini sangat jauh dari pusat kota Semarang. Meskipun jauh dan sederhana, warung makan ini selalu ramai pengunjung. Beberapa pejabat juga selalu menyempatkan datang ke gecok tlogo.

Untuk harganya, tak perlu khawatir sama sekali. Anda benar-benar bisa mencicipinya menu gecok dengan harga yang sangat murah.

Lokasi: Desa Tlogo, Tuntang, Semarang.
Harga: mulai dari Rp 10.000
Jam Buka: 09.00 – 21.00

8. Gudeg Merakmati

foto by wisataku.id

Bukan hanya Jogja, Semarang juga punya menu gudeg nikmat. Gudeg Merakmati bukanlah gudeg basah, tetapi gudeg kering dengan rasa gurih. Daun singkong, lauk dan areh menjadi pelengkap gudeg untuk dinikmati saat bersantap ria.

Yang membuat menu gudeg disini berbeda adalah urat tendon atau koyor sapinya. Koyor disini sudah direbus terlebih dahulu dan digoreng untuk mendapatkan tekstur yang empuk.

Sehingga pengunjung tak perlu khawatir akan kesulitan mengigit koyor yang nikmat. Bagi para pecinta jeroan, disini juga ada menu tambahan berupa jeroan sapi. Semua menu tersebut sudah direbus bersama bumbu untuk mendapatkan rasa yang lezat.

Lokasi: Jalan Kangkung, Senggrong, Bawen.
Harga: mulai dari Rp 5.000
Jam Buka: 07.30 – 14.00

9. Istana Kuliner Restaurant

foto by tribunwisata.com

Seperti nama nya, ini merupakan sebuah istana bagi para pencinta kuliner. Hampir segala jenis makanan disediakan di tempat ini dan memang sangat memanjakan para wisatawan yang sedang merasa lapar.

Lokasi: Jalan Gintungan Utara No.18 – 22, Bandungan, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614
Harga: Rp 5.000 – 50.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00

10. Gudeg Ambarawa

foto by diahdidi.com

Walaupun belum begitu terkenal, sekarang gudeg merakmati ini sudah cukup terkenal di kalangan para pencinta kuliner ambarawa. Bisa dibilang, tempat ini merupakan penyedia gudeg terbaik yang ada di ambarawa.

Lokasi: Jl. Raya Ambarawa-Magelang No.3, Klaiputih, Gondoriyo, Jambu, Semarang, Jawa Tengah 50663
Harga: Rp. 10.000 – 25.000
Jam Buka: 07.30 – 16.00

Related Post

Leave a reply