Kelingking Beach, Surga Tersembunyi di Bali

433 views

Alamat: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
HTM: Rp. 5000 untuk motor, Rp. 10.000 untuk mobil
Jam buka/ tutup: 24 jam
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/emz_atienza/

Berbicara mengenai Nusa Penida, pulau yang secara administratif masih termasuk kedalam Kabupaten Klungkung ini letaknya berada di sebelah tenggara Pulau Bali.

Di pulau yang menyimpan pemandangan memukau ini memiliki cukup banyak objek wisata yang relatif masih murni, misalnya saja beberapa pantai berpasir putih dengan deburan ombak yang lebih tenang, gua kapur, tebing karang hingga formasi karst yang berlokasi di tepian laut.

Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di pulau Nusa Penida adalah Kelingking Beach.

Jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Pulau Bali, Kelingking Beach memang masih terdengar asing di telinga.

foto by instagram.com/nusapenida_daily/

Namun, jangan meremehkan keindahan alam yang bisa Anda temukan disini, bahkan banyak wisatawan yang menyebut bahwa pantai yang berada di pulau terluar Bali ini adalah surga tersembunyi.

Ya, lokasi Kelingking Beach memang jauh dari pusat kota, namun keindahan alam yang ditawarkan oleh pantai ini akan sangat memanjakan mata Anda.

Hal menarik yang bisa ditemukan di Kelingking Beach

Ada cukup banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Kelingking Beach atau yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Karang Dawa ini.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, tempat wisata ini pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penyelam asal negara Ceko. Lokasi pantai ini memang terbilang sangat tersembunyi, sebab letaknya berada di balik bukit, sehingga pada waktu itu cukup sulit untuk menjangkaunya.

foto by instagram.com/luc.ri.20/

Saat baru awal-awal ditemukan, tempat wisata Kelingking Beach ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, sebab tempatnya berada pada tebing yang curam.

Baca Juga  Waterbom Bali, Pilihan Destinasi Wisata Air Keluarga

Namun, untungnya kini, sudah dibuatkan akses jalan setapak menuju pantai, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menikmati panorama pemandangan memukau yang tersaji di pantai ini, apalagi bagi Anda yang gemar mengabadikannya ke dalam foto.

Kembali berbicara mengenai hal-hal menari apa saja yang bisa ditemukan di tempat ini, salah satu secret point yang paling banyak menyita perhatian wisatawan, baik itu wisatawan domestik ataupun wisatawan asing adalah spot terkenal untuk menyelam yang dikenal dengan nama Manta Point.

foto by instagram.com/jyuames/

Seperti diketahui, Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang sangat kaya biota laut, termasuk jenis ikan-ikan yang langka.

Di tempat ini, Anda bisa bebas menyelam dan menyaksikan ikan Manta atau yang merupakan ikan pari terbesar di dunia, bahkan bukan hanya sekedar menyaksikan saja, jika Anda berani, Anda bisa bebas berenang bersama mereka.

Selain Manta Point, secret point tour lainnya yang bisa Anda nikmati adalah pemandangan bukit dan tebing menjorok ke laut yang terlihat sangat spektakuler.

Bayangkan saja, betapa indahnya perpaduan antara pepohonan dan hamparan rumput berwarna hijau dengan pemandangan laut biru yang jernih.

foto by instagram.com/nusapenidafuntrip/

Bukan hanya itu saja, di sekitar tempat itu terdapat pula jajaran tebing curam yang seakan-akan menjadi sebuah benteng alami sehingga membuat tempat ini memiliki kesan yang sangat tersembunyi dan misterius.

Bukit dan tebing yang mempesona

Pesona pantai Kelingking atau pantai Karang Dawa ini, memang sangat spektakuler pemandangan bukit dan tebing yang menjorok ke laut ditumbuhi rumput dan pepohonan perdu berwarna hijau serasi dengan pemandangan laut biru.

Di sekitarnya tebing-tebing curam seolah menjadi benteng alami yang membuatnya terkesan tersembunyi, pasir putihnya di kaki tebing seolah tidak tersentuh oleh manusia.

foto by instagram.com/travelforyoursoul/

karena memang tidak ada akses menuju ke bawah tebing, sehingga anda cukup mengagumi keindahan tersebut dari atas tebing,

Baca Juga  Menikmati Keindahan Uluwatu Temple yang Menghadap Langsung ke Samudera Hindia

Di tempat ini, Anda juga bisa berolahraga darat, yaitu melakukan tracking dari atas menuju ke bawah tebing.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke bawah tebing sekitar 30 menit, namun jika Anda akan kembali ke atas tebing, perjuangan yang harus Anda lalui akan terasa sedikit lebih berat, sehingga biasanya pengunjung membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk kembali keatas.

Jalur tracking di tempat ini sangat curam, hanya wisatawan yang benar-benar memiliki nyali dan stamina kuat yang berani melalui dan mampu menaklukkan jalur tracking tersebut.

foto by instagram.com/robnsing/

Satu hal yang juga terbilang cukup menarik dari Kelingking Beach adalah area padang rumput yang cukup luas sehingga Anda bisa menghabiskan waktu menginap di tempat ini dengan cara berkemah.

Jadi Anda bisa mencoba menikmati malam di Kelingking Beach dengan mendirikan tenda untuk tempat menginap.

Hanya saja, karena areanya dipenuhi rerumputan yang cenderung mudah terbakar, maka setiap pengunjung yang memutuskan untuk camping di sini harus benar-benar hati dan tidak ceroboh khususnya yang berkaitan dengan api yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

Sementara itu, untuk keperluan makanan, Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab terdapat beberapa warung makanan dengan harga makanan yang terbilang masih cukup terjangkau.

foto by instagram.com/tonyirawan_23/

Sedangkan, jika Anda tidak ingin menginap dengan cara berkemah, ada beberapa rekomendasi accommodation meskipun bukan berupa hotel yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, diantaranya seperti Ananta Bungalow, Coco Resort Penida, Bintang Bungalow.

Rute jalan menuju Kelingking Beach

Kebanyakan wisatawan yang melihat lokasi Kelingking Beach di Google map akan merasa kebingungan dengan rute jalan menuju lokasi pantai yang memang cukup terpencil ini.

Baca Juga  Menangkap Eloknya Kebudayaan Pulau Dewata Melalui Pura Suci Tirta Empul

Pada dasarnya, untuk mencapai pantai ini, Anda terlebih dahulu perlu naik transportasi laut, misalnya saja jika Anda berangkat dari Pantai Sanur, Bali, Anda bisa naik perahu tradisional yang dikenal dengan istilah jukung.

foto by instagram.com/desu_bali/

Biaya untuk bisa menyeberang dari Bali ke Pulau Nusa Penida menggunakan jukung biasanya di banderol sebesar Rp. 40.000 per orang. Waktu perjalanan yang harus Anda tempu biasanya sekitar 1,5 jam saja, dari Pantai Sanur menuju Pulau Nusa Penida.

Sementara itu, jika Anda berangkat dari Padang Bai, jika Anda berangkat dari dermaga Padang Bai yang terletak di dekat Pantai Blue Lagoon, maka Anda bisa naik transportasi laut yang lebih aman dan nyaman, yaitu dengan naik kapal feri, biayanya pun lebih murah, hanya sekitar Rp. 30.000 per orang.

Selain kapal Feri, Anda juga bisa naik speed boat, dengan biaya sebesar Rp. 45.000 per orang. Waktu tempuh yang harus Anda lalui jika berangkat dari Padang Bai ke Pulau Nusa Penida dapat ditempuh sekitar 1 jam.

foto by instagram.com/yanishomd/

Sesampainya, Anda di pelabuhan Pulau Nusa Penida, maka selanjutnya, Anda perlu melakukan perjalanan menuju objek wisata Kelingking Beach, dengan cara berkendara mobil atau motor, sekitar 25 km yang membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih antara 45 menit hingga 1 jam.

Harga sewa mobil atau motor biasanya sekitar Rp. 75,000 per harinya. Bagaimana? Tertarik untuk berpetualang ke Pulau Nusa Penida, khususnya Kelingking Beach?

Jika tertarik, ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan, yaitu sebaiknya jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, sangat disarankan untuk datang sebelum atau sesudah bulan Juni.

Hal tersebut disebabkan karena, pada bulan Juni, biasanya ombak pasang di Kelingking Beach ini sangat tinggi sehingga bisa dipastikan Anda tidak akan bisa berenang.

Related Post

Leave a reply