Mau Jalan-Jalan Sekaligus Menginap di Bali? Kebun Raya Bedugul Bali Tempatnya!

798 views

Pulau Bali adalah surga bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Hampir di setiap sudut pulau ini terdapat tempat wisata yang menarik.

Jika membeli peta wisata Pulau Bali akan terlihat setiap titik pada pulau ini terdapat destinasi wisata. Dari sekian banyak lokasi wisata, kawasan Bedugul dan sekitarnya merupakan area dengan wisata terbanyak.

Kebun raya bedugul, foto: panduanwisata.id

Bedugul merupakan area favorit wisatawan karena selain banyak lokasi wisata udara di sini juga sejuk sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati wisata yang disajikan.

Banyak terdapat wisata pegunungan, wisata danau, wisata hutan, dan wisata alam lainnya. Salah satu dari wisata alam itu adalah Kebun Raya Bedugul.

Sejarah Kebun Raya Bedugul

Rumah kaca yang ada di dalam, foto: instagram.com/rizkarizkar/

Kebun Raya Bedugul yang beralamat di Balai Konservasi Tumbuhan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Bali merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Eka Karya merupakan nama resmi dari Kebun Raya Bedugul. Disebut Kebun Raya Bedugul karena mengacu pada lokasi tempat didirikannya kebun raya ini.

Dilansir dari Wikipedia, nama Eka Karya berarti satu karya maksudnya adalah hasil karya asli bangsa Indonesia setelah merdeka. Nama ini diusulkan oleh I Made Taman, seorang Kepala Lembaga Pelestarian dan Pengawetan Alam pada saat itu.

Pintu masuk ke rumah kaca, foto: instagram.com/ninaliska/

Atas inisiasi dari Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo, Direktur Lembaga Pelestarian dan Pengawetan Alam dan I Made Taman Kebun Raya Bedugul pertama kali dibuka pada tahun 1959 dengan luas 50 hektar.

Tahun berganti, berbagai kepengurusan dan reorganisasi pun tak terelakkan namun perkembangan Kebun Raya Bedugul begitu signifikan hingga kini luasnya mencapai lebih dari 150 hektar.

Baca Juga  Bali Bukan Hanya Memiliki Pantai Indah, Namun Wisata Sejarah yang Tak Kalah Menarik: Museum Pasifika

Pada awal didirikan tujuan pendirian kebun raya ini adalah untuk vegetasi tumbuhan berdaun jarum atau dalam bahasa ilmiah disebut Gymnospermae.

Namun seiring perkembangan dan perluasan  kini menjelma menjadi botanical garden dengan kawasan konservasi ex-situ tumbuhan pegunungan tropika untuk kawasan timur Indonesia.

Salah satu pohon yang sudah berusia tua, foto: instagram.com/chika.ve/

Pada akhir Desember 2016 tepatnya pada tanggal 21 Kebun Raya Bedugul dilanda longsor sehingga menyebabkan rusaknya berbagai fasilitas dan pura. Kebun raya raksasa disapu air bah karena curah hujan tinggi.

Pihak Kebun Raya Bedugul segera memperbaiki di tahun 2017 dan sekarang sudah kembali seperti semula.

Sempat juga terdengar desas-desus adanya hotel hantu di tengah kebun raya namun  isu tersebut dibantah oleh pihak Kebun Raya Bedugul.

Harga Tiket Masuk

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/ahmad_thoriqul_khoir/

Dengan harga tiket Rp. 11.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 20.000 per orang untuk wisatawan asing, pengunjung bisa menikmati vegetasi hutan buatan dan aneka tumbuhan dengan berjalan kaki.

Jika pengunjung menginginkan berkeliling dengan kendaraan roda 4  disediakan dengan tiket Rp. 12.000 per orang. Harga tiket ini update per Januari 2018.

Pengunjung juga bisa mendapatkan denah/peta yang disediakan di loket masuk.

Pemandangan alam yang indah, dilengkapi pemandangan danau, menjadikan kebun raya sering -juga dijadikan lokasi pemotretan calon pengantin atau dalam bahasa Inggris disebut prewedding.

Pemandangan lapangan hijau, foto: instagram.com/muhammadirhass93/

Apalagi jika sedang musim berbunga, pemandangan bunga berwarna-warni yang menakjubkan akan membuat gambar kamera yang dihasilkan semakin memukau.

Dengan harga tiket masuk (htm)  cukup terjangkau dan fasilitas yang lengkap, Kebun Raya Bedugul bisa dijadikan pilihan utama liburan keluarga dan sahabat. Pengunjung akan mendapatkan cerita keseruan liburan di sini.

Baca Juga  Circus Waterpark Bali, Wahana Air Menarik di Bali

Setelah puas berkeliling pengunjung bisa menuju wisata kuliner yang tidak jauh dari  Kebun Raya Bedugul, misalnya ke Bali Strawberry Farm & Restaurant. Selain menikmati hidangan restoran, pengunjung juga bisa memetik strawberry yang dikelola oleh pihak restoran.

Penginapan di Kebun Raya Bedugul

Area outbound untuk anak-anak, foto: instagram.com/gus_rah90/

Kebun Raya Bedugul juga menyediakan tempat penginapan bagi wisatawan maupun peneliti yang ingin menginap. Ada tiga guest house yang tersedia, diantaranya Wisma Wijahloka Guest House, Ethnobotany Guest House dan Researcher Guest House.

Wisma Wijahloka Guest House merupakan penginapan sekelas hotel. Ada 14 kamar yang tersedia dengan tiga pilihan kelas deluxe, suite, atau standard.

Ethnobotany Guest House merupakan cottage yang kental nuansa Bali. Hanya tersedia 4  cottage dengan keindahan pemandangan danau Beratan yang memukau.

Pemandangan yang ada di dalam, foto: instagram.com/mank_diah27/

Sedangkan Researcher Guest House diperuntukan backpacker dan pengunjung dengan budget terbatas. Tersedia 7 kamar dengan kamar  mandi bersama (kamar mandi di luar).

Untuk menginap di ketiga guest house tersebut pengunjung diharuskan reservasi terlebih dahulu dengan telepon ke nomor 0368-2033211 atau datang langsung dan bertemu dengan contact person yang sedang bertugas.

Pengunjung juga bisa mencari penginapan murah di sekitar lokasi. Informasi dan referensi bisa didapat pada artikel yang tersebar di banyak blog maupun situs travelling. Tarif termurah yang ditawarkan mulai dari 185 ribu per malam.

Fasilitas Istimewa

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: balitoursclub.net

Bagi pengunjung yang tertarik untuk penelitian dalam bidang botani kebun raya ini adalah tempat yang tepat. Selain tersedia objek aneka botani yang beragam juga disediakan fasilitas untuk mendukung penelitian tersebut.

Fasilitas itu diantaranya laboratorium kultur jaringan, herbarium, rumah kaca dan perpustakaan yang menyediakan foto dan deskripsi tentang tumbuh-tumbuhan sebagai bahan referensi penelitian.

Baca Juga  Bali Safari and Marine Park, Wahana Satwa Langka di Bali yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Buku-buku dan jurnal ilmiah tersedia di perpustakaan ini sebagai teks literatur. Teks yang ada kebanyakan menjelaskan secara eksposisi.

Tempat wisata yang cocok untuk anak-anak, foto: instagram.com/gus_rah90/

Selain itu Kebun Raya Bedugul juga menyediakan pemandu wisata yang akan menjelaskan secara rinci tentang informasi, sejarah dan jenis-jenis tanaman yang tersedia. Pemandu wisata akan memberikan informasi tentang apa yang ditanyakan oleh pengunjung.

 Jam Buka dan Akses Menuju Lokasi

Jam buka Kebun Raya Bedugul mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 18.00 WITA.

Untuk menuju lokasi disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau bus tour. Dari Bandara Ngurah Rai jaraknya 65 km atau jika ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 1 jam 20 menit.

Sedangkan jika dari arah Singaraja bisa ditempuh dalam waktu 45 menit.

 Etika dan Tips

Salah satu pesona yang dimiliki, foto: balidirections.com

Untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama, pengunjung diharapkan tidak memanjat pohon, memetik bunga maupun buah, tidak membawa hewan peliharaan, membuang sampah pada tempat yang disediakan, tidak bermain sepatu roda atau papan luncur, parkir motor dan mobil pada tempat yang disediakan, serta tidak membuat api unggun.

Datanglah pada peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau, atau sekitar bulan Maret-April. Waktu ini adalah waktu bunga bersemi.

Jalan yang ada di sekitar, foto: instagram.com/ekastutipandy/

Apabila pengunjung membawa bayi sebaiknya membawa juga baby stroller. Kenakan jaket dan alas kaki anti air, sepatu karet misalnya. Untuk mengantisipasi cuaca ekstrem seperti tiba-tiba hujan, bawa juga payung atau jas hujan untuk melindungi diri.

Adapun jika pengunjung menginginkan  acara outbound harus seijin dan di bawah pengawasan petugas.

Fasilitas : Parkir, toilet, herbarium, laboratorium kultur jaringan, perpustakaan, rumah kaca, pemandu wisata, penginapan.

Lokasi: Jl. Raya Kebun Raya Eka Karya, Bedugul, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan Bali 82191
Map: KlikDisini
HTM: Rp.11.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 18.00
Telepon: +62368 – 2033211

4/5 (1 Review)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply