12 Gambar Ini Menjadi Bukti Keindahan dari Kampung Rawa Ambarawa yang Bisa Dinikmati

2492 views

Salah satu destinasi yang ada di Semarang, Jawa Tengah ini memiliki nama Kampung Rawa Ambarawa. Rata-rata para wisatawan sudah mengenal tempat yang dibangun dari hasil kerja sama penduduk lokal. Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri.

Rumah makan apung kampung rawa, foto: instagram.com/iancutemanis/

Tempat ini wajib ada di daftar kunjungan saat berlibur ke Semarang, Jawa Tengah. Karena destinasi wisata ini memiliki konsep dengan temanya cukup unik. Mengapa demikian karena perpaduan antara tempat wisata yang dibuat oleh penduduk setempat dengan keindahan alamnya.

Adapun perpaduan tersebut menjadi sangat mempesona yaitu dengan adanya kampung apung di atas rawa pening. Sehingga para pengunjung yang berada di sana akan melihat pemandangan yang sangat indah.

Rawa pening terhampar dengan luas dan juga udara yang sangat sejuk menjadi nilai tambah saat berkunjung ke sini. Bahkan bisa dibilang merupakan nilai keindahan yang didapat saat berlibur ke sini. Oleh karena itu tempat ini menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Uniknya keindahan dari tempat wisata Kampung Rawa Ambarawa

Beberapa gazebo apung, foto instagram.com/nuansarembulan/

Keradaan Kampung Rawa Ambarawa tidak terlepas dari sejarah berdirinya tempat ini. Dimulai dari masyarakat sekitar yang melihat potensi alam sekaligus juga potensi wisatanya.

Berada di kampung rawa artinya akan menyaksikan keindahan dari pemandangan pesawahan dan juga rawa luas ada di sana. Selain itu juga, Kampung Rawa Ambarawa berada di antara lima gunung sekaligus.

Dengan kata lain, terdapat lima gunung mengapit destinasi wisata ini. Gunung-gunung tersebut yaitu Gunung Gajah Mungkur, Gunung Merbabu, Gunung Merapai, Gunung Temoloyo, dan juga dataran tinggi berrnama Ungaran.

Salah satu daya tarik, foto: instagram.com/henisetiani._/

Maka bisa dibayangkan indahnya Kampung Rawa Ambarawa. Terlebih lagi jika berkunjung ke sana dalam keadaan cuaca yang cerah. Suasana tersebut akan membuat pemandangan dari ke lima gunung menjadi lebih jelas dan mempesona.

Baca Juga  Candi Gedong Songo Semarang, Berlibur Sambil Menilik Peninggalan Sejarah Bangsa Kita

Bagi para pengunjung berlibur bersama dengan keluarga atau mengajak buah hati untuk bermain. Kampung Rawa Ambarawa bisa menjadi salah satu spot yang harus dikunjungi. Karena banyak permainan dan juga taman yang menjadi area favorit untuk anak-anak.

Pengunjung yang datang ke sana akan disuguhi dengan sawah-sawah dimulai dari pintu masuk depan. Hal ini dikarenakan para penduduk lokal memanfaatkan pesawahan dengan warna hijaunya menjadi daerah wisata yang segar.

Sawah-sawah di sana juga masih produksi untuk menghasilkan padi karena ditanam setiap tahunnya. Pertama kali masuk para pengunjung akan merasakan suasana kaki gunung mengapit. Adapun simbol dari destinasi wisata ini yaitu Semar berupa patung orang kulit.

Denah wisata yang ada di sekitar, foto: instagram.com/novi.maniez77/

Air dari rawa pening luas seperti halnya laut akan menyambung pemandangan pesawahan hijau dan indah. Rawa tersebut seperti berujung pada pemandangan gunung tinggi dan besar. Suasana sejuk dengan angin sepoi akan menambah kenyamanan saat berada di Kampung Rawa Ambarawa.

Jangan khawatir jika berkunjung ke sana saat cuaca sedang cerah atau cenderung panas. Di Kampung Rawa Ambarawa cuaca panas tidak akan terasa. Hal ini dikarenakan cuacanya sangat sejuk dengan pemandangan alam yang asri.

Mengunjungi ke tempat wisata tentu tidak puas rasanya tanpa melakukan wisata kuliner. Di sana para wisatawan bisa makan di rumah makan apung dengan menggunakan perahu rakit. Keunikan ini menjadi salah satu daya tarik dari Kampung Rawa Ambarawa.

bagian dalam rumah makan apung, foto: instagram.com/aini_medicalshop/

Meskipun kampung rawa ini bukan satu-satunya yang ada, karena banyak konsep demikian di Pulau Jawa. Namun tentunya memiliki ciri khas tersendiri dari tiap-tiap daerah.

Baca Juga  Pesona Wisata Brown Canyon Eksotis Untuk Hunting Foto,  Lokasi Alamat dan Tiket Masuk Wisata

Beberapa tempat wisata dengan konsep yang sama seperti misalnya Kampoeng bebek atau Kampung Rawa Bebek yang ada di Bekasi Utara, Timur dan Bekasi Selatan. Kemudian ada Atug Jaya, Bugel, Salatiga, Cempaka Putih dan juga Aren. Lalu ada Kampung Rawa Kudus dengan ciri khas menu ikan bakarnya yang enak.

Pemandangan dari ketinggian, foto: instagram.com/diyon_w/

Di daerah Kalimantan Barat terdapat Singkawang juga menjadi destinasi wisata yang tak kalah indahnya. Di Depok terdapat Kampung Rawageni, lalu Kampung Rawagede di Karawang, Badung di Jatinegara dan hingga di Garut juga bisa ditemukan destinasi wisata tersebut.

Adapun di ibukota Jakarta yang paling sering terdengar yaitu Kampung Rawa Johar Barum di kawasan Belong dan Bengek, Jakarta. Nama kampung yang familiar tersebut tentunya tidak terlepas dari insiden menjadikan tempat tersebut banyak di sebut di berita.

Menikmati fasilitas yang ada di Kampung Rawa Ambarawa

Jalan masuk menuju tempat wisata, foto: instagram.com/_kun.abdan_/

Meskipun termasuk ke daerah pedesaan, namun destinasi wisata Kampung Rawa Ambarawa memiliki fasilitas banyak sehingga wisatawan tidak perlu khawatir. Seperti halnya rumah makan apung dengan konsep mengambang atau mengapung di atas air.

Sehingga untuk sampai ke sana membutuhkan perahu rakit untuk menyebrang. Keamanannya pun tetap terjaga karena pendamping atau penyedia sewa rakit akan siap untuk menemani para wisatawan. Dengan adanya konsep ini membuat para pengunjung atau wisatawan lebih antusias.

Fasilitas lainnya yang juga bisa dinikmati yaitu tempat wisata untuk keluarga dan juga anak-anak. Seperti halnya berbagai permainan outbond yaitu jetski, ATV, bebek air, perahu karet, hingga becak air dan masih banyak lagi dengan tiket berbeda dari tiket masuk sebelumnya ke kawasan Kampung Rawa Ambarawa.

Pintu masuk ke lokasi wisata, foto: instagram.com/faridalustaria1407/

Kampung Rawa Ambarawa memang terkenal sebagai tempat untuk berwisata, namun tak jarang di sana juga dijadikan sebagai tempat untuk pertemuan karena terdapat ruang khusus pertemuan di sana. Seperti halnya ruang pertemuan, dengan konsep joglo yang merupakan rumah adat Jawa.

Baca Juga  12 Foto di Bonbin Mangkang yang Jadi Bukti Serunya Berlibur di Sana

Fasilitas lainnya bisa ditemukan oleh para wisatawan ataupun mereka yang sedang melakukan pertemuan terdapat panggung hiburan di Kampung Rawa Ambarawa. Oleh karena itu beberapa kali selalu ada hiburan live music di Kampung Rawa Ambarawa.

Akses jalan menuju Kampung Rawa Ambarawa

Patung semar di depan pintu masuk, foto: instagram.com/nisa_mardliyah/

Destinasi wisata Kampung Rawa Ambarawa berada di Jalan Sarbini Km 03, di kelurahan Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Rute untuk menuju ke sana terbilang sangat mudah karena banyak petunjuk jalan membantu wisatawan untuk sampai di sana.

Selain itu, alat transportasi agar sampai di sana bukan hanya dengan pibadi tetapi banyak angkutan umum seperti ojek atau taksi bisa mengantar. Hal ini dikarenakan kawasan Ambarawa banyak tersedia titik tukang ojek pengkolan yang siap mengantar ke Kampung Rawa Ambarawa.

Sepeda air, foto: instagram.com/faela_yasmine_ardan/

Jika melewati Jalan Lingkar Ambarawa, maka akan terlihat Kampung Rawa Ambarawa dari jalan raya yang dilewati. Hanya dengan berjalan kurang lebih 200 meter, para wisatawan akan sampai di sana. Selain itu, terdapat juga gapura besar menandakan telah berada di dekat Kampung Rawa Ambarawa.

Para wisatawan bisa menikmati keindahan dan segala fasilitas di Kampung Rawa Ambarawa mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 7 malam setiap harinya. Bahkan di hari libur nasional maupun juga keagamaan bisa berkunjung berwisata ke sini.

Jalan setapak di sekitar warung apung, foto: instagram.com/dedek_oki_/

Adapun untuk harga tiketknya cukup terjangkau dan bervariasi sesuai dengan harinya. Untuk hari aktif, yaitu Senin sampai Jum’at hanya 90 ribu rupiah. Sedangkan untuk hari weekend, yaitu Sabtu dan Minggu termasuk Hari Libur yaitu 100 ribu rupiah.

Harga yang cukup sebanding dengan fasilitas yang bisa ditemukan di Kampung Rawa Ambarawa. Terlebih lagi dengan pemandangan dan pesona alam membuat wisatawan betah untuk ada di sana.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan, foto: instagram.com/van_petervan/

Lokasi: Jalan Sarbini Km 03, Kelurahan Ambarawa, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50612, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Rp.90.000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 19.00
Telepon: 0851 0017 0152

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply