Ingin Mengunjungi Tempat Menyejukkan dan Menarik di Bawen? Kampoeng Kopi Banaran Solusinya

2148 views

Jika sedang berkunjung ke daerah Kab Semarang, jangan lupa mengunjungi wisata alamnya, salah satunya ialah Kampoeng Kopi Banaran. Wisata ini adalah tempat rekreasi yang ada di wilayah Kab Semarang, Jateng.

Letaknya berada di Ungaran, sehingga wisata ini lebih mudah disebut sebagai Wisata Kampoeng Kopi Banaran Ungaran. Lokasinya ada di Jalan Semarang – Solo Km 35. Tak jauh dari terminal bus Bawen Kab. Kurang lebih hanya 1 km dari terminal bus. Sehingga, sangat mudah dijangkau untuk siapa saja walaupun harus menggunakan kendaraan pribadi.

Kampoeng kopi banaran, foto: instagram.com/mutiarakomangsari/

Wisata ini juga disebut sebagai wisata alam karena lokasinya berada di ketinggian 480 hingga 600 meter dpl dengan suhu hingga 23 derajat celcius. Beberapa wisata bisa kita nikmati di sini.

Museum Kopi Banaran

Salah satu kreasi kopi yang ada, foto: instagram.com/firmanduw/

Museum ini ada di Desa Gemawang, Kec Jambu kab Semarang. bersebelahan dengan pabrik kopi. Museum ini memiliki sejarah panjang dari perjalanan kopi di Indonesia. pengunjung bisa melihat berbagai macam varian minuman pahit ini.

Bahkan, bukan hanya varian kopi yang disediakan, peralatan pengolahan secara klasik juga tersedia seperti alu, manual grinder dan tentu sejarah dari Kopi Banaran ini. kita bisa melihat betapa kaya ragam kopi yang ada di Indonesia dari bagian barat sampai bagian timur.

Kita pun bisa mencoba coffe cupping yang memberi sensasi untuk pengunjung menikmati langsung dari pabrik. Tak sabar merasakan dengan aroma menggoda ini?

Pabrik Kopi Banaran

Pengunjung yang berasal dari luar negeri, foto: instagram.com/martinjohnsonhd/

Pabrik ini adalah pabrik kopi dari peninggalan Belanda. Berdiri dari tahun 1911, pabrik ini dimiliki PT Perkebunan Nusantara IX dan menjadi Badan Usaha Milik Negara. Pabrik ini juga ada di Desa Gemawang, Jambu, Kab Semarang.

Baca Juga  Ayana Gedong Songo, Spot Foto Kece di Lereng Gunung Ungaran

Di sini, Anda bisa melihat proses pengolahan kopi mulai dari kebun hinga menjadi kopi. Proses dimulai dari penyortiran awal, proses pengupasan kulit, sampai penyortiran biji berdasarkan pada kualitas. Di samping itu kita bisa mencoba merasakan dari pabriknya karena di sini menampilkan proses roasting biji kopi sampai menjadi kopi bubuk yang siap minum.

Pengunjung bisa merasakan bagaimana proses panjang di dalam pengolahan kopi berkualitas ekspor dan memberikan pengalaman tersendiri untuk pengunjung.

Tour Pabrik Gula Rendeng

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/yaniayu.dr/

Pabrik gula Rendeng sebenarnya adalah salah satu pabrik paling tua di Jawa Tengah dan berlokasi di Jalan Jendral Sudirman 285 Kudus. Bangunan di kompleks ini adalah bangunan Cagar Budaya dan dilestarikan oleh negara.

Pengunjung akan disuguhi cara pengolahan tebu sampai menjadi gula tentu dengan proses panjang sehingga menjadikan gula berbentuk kristal berwarna putih dan bisa dinikmati oleh masyarakat di samping itu pengunjung juga diceritakan sejarah dari pabrik gula.

Di samping itu beberapa spot pabrik digunakan untuk berfoto prewedding dan selfie, karena adanya keunikan bangunan serta alat-alat pengangkutan serta lokomotif antik yang bisa memberikan sensasi bersejarah pada pengunjung.

Daya Tarik Wisata Kampoeng Kopi Banaran

Luwak penghasil kopi, foto: instagram.com/yayan_s.m/

Kawasan wisata ini sudah pasti memiliki keunikan tersendiri. Keindahan pemandangan dari kebun kopi yang dirawat dengan baik. Kebun kopi di sini bahkan terbaik di Indonesia, bahkan di Asia.

Untuk kopi robusta dari Kampoeng Kopi Banaran, kopi ini adalah yang paling baik dan lengkap. bukan hanya lokasi wisata yang diunggulkan, fasilitas penunjang juga sangat lengkap.

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan

Menikmati makanan di cafe tempat wisata, foto: instagram.com/auliya_sadja/

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di sini adalah:

Baca Juga  Candi Gedong Songo Semarang, Berlibur Sambil Menilik Peninggalan Sejarah Bangsa Kita

1. Menikmati secangkir kopi bagi Anda yang memiliki hobi minum kopi atau pecinta kopi, lokasi ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati sajian minuman hitam ini. Bahkan, Anda bisa menikmati minuman setelah diolah langsung dari pabrik.

2. Duduk bersantai. Di sini disediakan gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau teman. Nikmati kesegaran serta keakraban keluarga. Taman serta gazebo adalah tempat beristirahat serta bercengkrama dengan teman, keluarga dan kerabat.

Suasana alam yang ada di sekitar, foto: instagram.com/atiktse/

3. Bermain bersama anak-anak. Tempat wisata ini juga disediakan tempat bermain anak. Jika membawa buah hati, Anda bisa menjadikan ini sebagai sarana liburan.

4. Berselfie. Sebagai tempat yang indah, kurang lengkap jika tak menghabiskan waktu untuk berfoto atau mengambil gambar sekitar. Anda bisa berfoto dengan latar belakang hamparan luas kebun kopi yang indah.

5. Camping. Pengelola menyediakan camping ground seperti hamparan rumput hijau yang sejuk dengan luas 1 hectare dan dilengkapi dengan penerangan di lokasi camping.

Fasilitas

Lukisan 3D, foto: instagram.com/amazingsemarang/

Banyak fasilitas yang disediakan untuk Anda. Beberapa diantaranya seperti:

• Gedung pertemuan. Untuk gedung pertemuan disewakan dengan harga yang beragam bergantung dengan jumlah orang dan makanan
• Camping ground
• Area taman
• Gazebo
• Saung lesehan

Griya robusta, foto: instagram.com/fadzz___/

• Sound system
• Hiburan
• Tenda
• Panggung
• Meja
• Kursi
• Kereta wisata
• Kolam renang dan masih banyak lagi

Kuliner di Kampoeng Kopi Banaran

Bekeliling lokasi menggunakan ATV, foto: instagram.com/yani_aditya/

Beberapa sajian kuliner bisa Anda coba di sini. Mulai dari aneka nasi hinga snack. Nasi pecel, timbel, ayam, nasi goreng merah, nasi soto dan masih banyak lagi. untuk varian mie mulai dari mie goreng jawa, mie kuah dan yang lainnya.

Baca Juga  Eksplorasi 35 Rumah Adat Seluruh Propinsi Indonesia di Puri Maerokoco Semarang

Bagaimana dengan minuman? Untuk sajian minuman, ada Banaran cappucino, es teh, es jeruk, juice dan lainnya. Untuk masalah harga, harga yang dipatok masih cukup terjangkau dan tak akan membuat boros kantong Anda.

HTM Kampoeng Kopi Banaran

Harga tiket masuk ke lokasi ini juga terjangkau, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja untuk biaya masuknya.

Lokasi Wisata Lain

Pintu masuk, foto: instagram.com/aniessari/

Apabila Anda menginap di hotel sekitar wisata, atau memilih penginapan di Semarang, ada beberapa lokasi wisata lainnya yang bisa dipilih, seperti:

a. Candi Gedong Songo. Di sini juga terdapat bangunan Candi yang harus dikunjungi. Candi Gedong Songo ini ada di Lereng Gunung Ungaran. Tepatnya di Desa Candi, Bandungan, Kab Semarang. Sesuai dengan nama yang dimiliki, Candi ini mempunyai 9 bangunan yang tersebar di kompleks wisata alam. Lokasi antara satu candi dengan yang lainnya tak berdekatan sehingga kita harus menempuh jarak sepanjang ratusan meter.

b. Umbul Sidomukti. Wisata ini tak luput ditawarkan oleh kota yang disebut sebagai kota Lumpia. Di sini, tepatnya Desa Sidomukti, Bandungan terdapat wisata alam yang lengkap. di sini bukan hanya bisa menikmati kesegaran berendam di kolam, namun fasilitas pendukung lainnya juga tidak kalah banyak. Untuk masuk di sini, Anda harus membayar tiket masuk dengan harga Rp 4.000 di hari biasa, sedangkan di akhir pekan Rp 5.000.

Kondisi jalan yang ada di sekitar lokasi wisata, foto: instagram.com/anggiirf30/

c. Kampoeng Wisata Taman Lele. Kampoeng ini bisa menjadi sarana rekreasi menarik untuk seluruh keluarga. Di lokasi dengan luas 2 hektare ini, kita bisa bersantai bersama dengan keluarga dan menikmati keindahan di alam sekitar yang sangat menawan.

Lokasi: Jalam Raya Semarang-Bawen KM 1,5, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50661
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-21.00
Telepon: 0811-2721-770

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply