Ingin Nongkrong Asyik di Semarang Hingga Malam? Jalan Pahlawan Semarang Tempatnya

1238 views

Salah satu tempat favorit Semarang untuk menikmati liburan akhir pekan dan bisa dijadikan pilihan adalah Jalan Pahlawan. Saat Sabtu malam, di sepanjang lokasi ini selalu saja penuh banjir dengan warga.

Bukan hanya muda-mudi yang memadatinya, namun anak-anak, remaja sampai orang tua menemani anaknya selalu saja menyempatkan waktu kemari untuk sekedar bermalam minggu.

Jalan pahlawan. foto: instagram.com/preng_dowo/

Tidak heran bila jalanan padat merayap dan penuh dengan kendaraan menjadi pemandangan wajar ditemukan ketika malam minggu tiba. Selain lokasinya dekat dengan Simpang Lima, jalan ini ramai karena menjadi pusat perkantoran serta pemerintah.

Seluruh kantor penting seperti Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, DPRD Jawa Tengah hingga BPS Jateng, Telkom, Telkomsel berada di lokasi ini. Nama Jalan Pahlawan ini bukan hanya di Semarang, namun juga ada di Bandung, Surabaya, Seribu BSD Bogor, Revolusi Pondok Bambu.

Bahkan di Samarinda, Mojokerto, Madiun, Medan, Pekanbaru, Jakarta Timur, Trip Malang, Pontianak, Magelang, Rempoa, Banjarmasin, Tulungagung, Serpong Tangerang, Gresik, Probolinggo, Purwokerto, Pasuruan, Tabanan, Desa Ampang, Bekasi, Ciputat, Citeureup.

Suasana Ramai Jalan Pahlawan

Keindahan tugu pada malam hari, foto: instagram.com/yunitaratnasari25/

Di hari biasanya, biasanya Jalan Pahlawan mulai rami di jam 18.00 WIB. Berbagai kedai makanan serta minuman seperti membuat lokasi ini menjadi tujuan wisata paling baru saat malam hari serta akhir pekan.

Di jam 16.00 seringnya muda-mudi serta keluarga memadati sudut jalan. Diantara pengunjung yang banyak, biasanya digunakan mahasiswa untuk menggalang dana di sini mulai dari menjajakan makanan, mengamen bahkan sampai berjualan baju bekas.

Penjual makanan ringan yang ada di sektiar, foto: instagram.com/agussanttosa/

Keuntungan yang mereka peroleh dari usaha ini digunakan untuk mendukung kegiatan kampus atau untuk bakti sosial. Untuk harga, tak perlu cemas karena harga dibanderol di sini sama sekali tidak membuat kantong menjadi kempes.

Baca Juga  Jelajah Bendungan yang Lain dan Menarik di Waduk Jatibarang Semarang

Anda bukan hanya bisa menikmati lokasi ini ketika malam dan sore hari. Namun, saat hari Minggu tiba, jalan ini dipadati dengan Car Free Day di jam 05.00 hingga 09.00. Jalanan yang lebar dan lurus ini berubah menjadi area bermain untuk keluarga serta dipenuhi dengan komunitas dari sepeda onthel.

Hal yang Bisa Kita Lakukan di Jalan Pahlawan

Suasana pada malam hari, foto: instagram.com/khancil91/

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika berada di Jalan Pahlawan, seperti:

Membeli makanan kuliner khas makanan. Di sini ada begitu banyak penjaja kuliner khas Semarang. Harga yang mereka berikan pun cukup beragam. Makanan dijajakan mulai dari makanan ringan hingga berat.
Bermain in line skate. Banyak in line skate bisa kita mainkan di sini. Namun, Anda harus cukup bersabar, karena ada banyak juga pengunjung yang ingin memainkannya.

Melihat komunitas berunjuk gigi. Di hari-hari tertentu, biasanya terdapat komunitas yang sekedar berkumpul dan berlatih bersama. Kita bisa melihat bagaimana mereka berunjuk gigi.

Pemandangan malam hari dari ketinggian, foto: instagram.com/semarangsmartcity/

Duduk santai. Setelah lelah sehari penuh menghabiskan waktu di Semarang. Mungkin ini waktunya untuk beristirahat. Kita bisa duduk-duduk santai sembari menikmati jajanan sudah dibeli
Ngabuburit di Jalan Pahlawan

Bila Anda berwisata ketika bulan puasa, tak perlu bingung mencari lokasi untuk menghabiskan waktu ngabuburit, kita bisa memilih Jalan Pahlawan ini.

Dari pilihan tahun lalu, jalan utama yang berlokasi dekat dengan Simpang Lima ini selalu ramai dengan penjaja takjil. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa atau siswa sekolah yang menunggu waktu berbuka puasa.

Salah satu tempat nongkrong malam hari di semarang, foto: instagram.com/maulanaibnusabil/

Dibandingkan dengan nongkrong di pinggir jalan, lebih asyik jika berjualan takjil untuk buka puasa. Biasanya, pelintas jalan memilih sesuai dengan selera. Kita bisa memilih makanan berat, makanan ringan dan jenis minuman lain.

Baca Juga  Ayana Gedong Songo, Spot Foto Kece di Lereng Gunung Ungaran

Dari pukul 15.00 biasanya mereka sudah menjajakan kuliner, paling ramai pukul 16.30. Masalah harga pun juga cukup terjangkau. Makanan biasanya dibanderol dengan harga Rp 10 hingga 15 ribuan dan untuk minuman dibanderol seharga Rp 5 ribuan.

Tips Mengunjungi Jalan Pahlawan

Kuliner malam yang ada di sektiar, foto: instagram.com/i_hwakoreanfood/

Ada beberapa tips saat berwisata di sini, seperti:

Bawa uang cukup. Tak perlu membawa uang banyak-banyak, dengan harga kuliner yang murah, beberapa ratus ribu sudah cukup untuk memuaskan perut Anda.
Jangan berpenampilan mencolok. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, lebih baik hindari berpakaian mencolok.
Hindari menggunakan heels. Walaupun jalanan rata dan mulus, jangan menggunakan heels ketika berjalan-jalan karena bisa menyulitkan Anda.

Tempat Wisata Kuliner Semarang

Pesta kembang api, foto: instagram.com/denymardiana08/

Bila Jalan Pahlawan tak cukup memuaskan hasrat kuliner Anda, ada beberapa tempat wisata kuliner yang enak serta murah meriah di sini, yakni:

Soto Bangkong Semarang. Jangan salah sangka saat mendengar kuliner ini. Memang namanya adanya soto bangkong, namun bukan berarti soto ini berasal dari bangkong atau kodok. Soto bangkong adalah soto ayam terkenal di Jalan Bangkong.

Soto ini termasuk wisata kuliner di Semarang yang legendaris dan terkenal karena telah berdiri dari tahun 1950-an. Sebelumnya, soto ini dijajakan dengan dipikul keliling, hingga akhirnya menetap di lokasi sekarang. Harganya juga murah hanya Rp 9 ribuan per porsi.

Soto ini terlihat sederhana dengan paduan ayam suwir, kuah, bihun dan irisan bawang. Walaupun terlihat sederhana, namun rasanya tiada dua.

Keseruan cfd, foto: https://www.instagram.com/deeria21/

Sego Ayam. Sego ayam atau nasi ayam mirip dengan kuliner Solo yang memiliki nama nasi liwet. Nasi ini adalah sajian nasi putih yang terasa gurih, karena memasaknya menggunakan santan dan disantap menggunakan suwiran daging ayam.

Baca Juga  Duh Emang Nikmat Banget 50 Kuliner di Solo Ini

Bila nasi liwet disajikan tanpa kuah, untuk sego ayam disajikan dengan kuah. Sayur labunya juga mempunyai rasa yang lebih manis dan pedas. Sego ayam biasanya disajikan menggunakan alas daun pisang atau menggunakan pincuk daun pisang.

Rumah makan kampung laut. Sedang mencari wisata kuliner untuk keluarga atau untuk rombongan? Rumah makan kampung laut Semarang adalah pilihan terbaik. Lokasi ini dilengkapi dengan kolam pemancingan serta permainan anak yang berisi wahana sederhana.

Banyaknya orang yang datang pada malam hari, foto: instagram.com/devilatif113/

Serangkaian sajian dapat dinikmati mulai dari ayam, iga sapi sampai seafood. Untuk memperoleh suasana makanan berbeda, pilih makan di saung yang mengapung serta menikmati pemandangan di pemancingan. Harga makanan di sini cukup terjangkau.

Restoran Pesta Keboen Semarang. Ini adalah restoran yang terkenal dan enak di kalangan pecinta kuliner. Resto ini ada di Jalan Veteran no 29. Suasana seperti zaman dulu bisa terlihat jelas, apalagi desain interiornya juga mendukung.

Restoran ini mempunyai area outdoor dan indoor. Keduanya sama-sama memberikan kelebihan dan menjadi lokasi pas bagi Anda yang ingin melihat pemandangan indah. Untuk indoor, kita bisa melihat koleksi benda antik di dalam ruangan.

Car free day, foto: instagram.com/heru_subiyono/

Mangut Welut Warung Bu Nasima. Tempat makan enak di Semarang ini mempunyai harga murah. di sini sebetulnya banyak menyajikan menu lezat, tetapi menu paling enak adalah mangut welut.

Jangan lupa mencicipi mangut kepala ikan dengan rasa pedas serta kelezatan menggoyang lidah. Saat menyantap menu ini, bisa dipastikan berlinangan air mata karena rasa pedas tiada duanya. Meskipun masakannya cukup pedas, harga murah tetap diberikan.

Harga satu porsi makanan di sini cukup dengan Rp 10 ribuan. Sangat murah bukan?

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/rahayulistyoningsih/

Lokasi: Jl. Pahlawan, Semarang, Jawa Tengah
Map:
KlikDisini
Buka/Tutup:
24jam
HTM:
Free
Telepon:

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply