Ingin Berwisata Ke Tempat yang Lebih Dekat dengan Alam? Hutan Tinjomoyo Tempatnya

1965 views

Berlibur ke Kota Semarang, mungkin Anda akan membayangkan wisata tengah kota seperti mall, dan yang lainnya. padahal, Semarang juga memiliki wisata alam sayang kita lewatkan. Salah satu wisata tak boleh dilewatkan adalah Hutan Tinjomoyo Semarang.

Hutan tinjomoyo, foto: instagram.com/karisyogya/

Dulunya, tahun 2006, Hutan Tinjomoyo dikenal penduduk sebagai sebuah kebun binatang. Hal ini disebabkan karena banyak hewan yang bebas hidup di sini. Kemudian, wilayah ini kemudian terkena dampak banjir besar dari Kali Garang sehinga mengakibatkan terputusnya jembatan besar serta menjadi sumber penghubung untuk masuk ke hutan.

Dari sini, objek wisata ini kurang memadai serta akses cukup sulit untuk memasuki area ini. Area ini begitu labil akan longsor sehingga bahaya pun mengintai wisatawan.

Kawasan Hutan Semarang

Kondisi alam sekitar, foto: instagram.com/ni_putu_ariani1219/

Akhirnya, sesudah semua keluhan dirasakan pengunjung datang ke lokasi ini disampaikan, pemerintah Kota Semarang berusaha mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa waktu, pemerintah Kota Semarang memutuskan kebun binatang ke daerah Mangkang.

Di sanalah sekarang terdapat kebun binatang. Area Tinjomoyo merupakan gabungan dari sungai, bukit serta hutan yang mana hutan ini di isi banyak vegetasi jati hingga pinus. Dua tumbuhan ini sangat cocok untuk mengisi kawasan wisata Hutan Tinjomoyo.

Aliran sungai yang ada di dalam, foto: instagram.com/sigit_33/

Bukan hanya dihiasi tumbuhan, tempat ini menjadi tempat nyaman bagi 240 jenis spesies burung dan terdapat beberapa macam hewan langka di sini. Hewan langka yang ada di kawasan ini seperti Elang Jawa, mereka melakukan migrasi dari Asia sampai di kawasan ini sekitar bulan Maret hingga April.

Saat bulan Oktober hingga November, mereka berusaha ke daerah asalnya. Bukan hanya burung Elang Jawa, banyak berbagai spesies langka lain seperti burung Kepodang yang sekarang menjadi ikon dari Jateng ada pula Elang Ular Bido.

Baca Juga  Mengapa Wisata PRPP Semarang Menjadi Destinasi Terbaik di Akhir Pekan?

Luas Dari Hutan Wisata Tinjomoyo

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/ethenk_only/

Kawasan ini mempunyai luas hingga 57 hektar. Di dalamnya ada berbagai macam wahana yang digunakan oleh masyarakat sebagai sumber perekonomian. Wahana yang bisa ditemukan di sini sangat beragam macamnya.

Semua wahana di sini bisa memuaskan para pengunjung yang mencoba pengalaman menaiki wahana tersebut.

Wahana di Hutan Tinjomoyo Semarang

Pesona alam yang ada di sekitar, foto: instagram.com/andihandrianmhd/

Beberapa wahana di sini seperti birds watching, outing activity, flying fox, outbond hingga camping ground. Semua wahana ini muncul karena dukungan dari alam yang sangat memadai.

Ketersediaan lahan datar di sini cocok dijadikan sebagai tempat wisata dengan wahana beragam. Sebetulnya bukan hanya beberapa wahana tadi, namun di sini kita bisa menelusuri sungai di sekitar.
Hal yang Bisa Kita Lakukan

Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di Hutan Tinjomoyo ini adalah:

Berfoto di dekat sungai dan jembatan, foto: instagram.com/umnaeriz/

a. Berfoto. Banyak wisatawan yang datang ke sini, apalagi untuk pecinta fotografi. Reruntuhan jembatan yang terkena banjir belasan tahun lalu bisa dijadikan sebagai objek pecinta dunia foto. Anda bisa berfoto bersama dengan pasangan atau keluarga.
b. Bersantai menikmati alam yang indah. Bukan hanya sekedar berfoto, namun Anda bisa bersantai sembari menikmati pemandangan alam. Suasana yang terlihat begitu alami pasti sangat menyenangkan.
c. Minum teh. Di tengah dinginnya hutan, sepertinya kurang lengkap jika tidak menikmati hangatnya teh. Anda bisa minum teh bersama keluarga.

Tips Berwisata Ke Hutan Tinjomoyo

Rute jalan menuju lokasi, foto: instagram.com/tutnurhidayah97/

Berikut saran dan tips ketika berwisata ke Hutan Tinjomoyo, antara lain:

Baca Juga  Gua Maria Kerep Ambarawa Punya Ikon Baru? Ini Dia

• Persiapkan keperluan yang Anda butuhkan. Sebelum mengunjungi lokasi wisata, usahakan mempersiapkan segala kebutuhan seperti bekal air minum, dan makan.
• Kamera. Bila Anda berniat mengambil gambar, foto dan video di lokasi ini, jangan lupa membawa kamera.
• Siapkan fisik. Meskipun jalan yang harus dilalui tak berkelok dan lancar, namun jangan lupa menyiapkan fisik dengan baik.

Alamat serta Rute Lokasi Hutan Tinjomoyo Semarang

Pintu masuk, foto: instagram.com/karisyogya/

Wilayah taman wisata ini ada di bagian Selatan Semarang kurang lebih 7 kilometer dari Tugumuda, atau berada di depan Kampus Unika Soegijapranata Semarang.

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Entah dari Jatigaleh atau dari Sampangan.

Agar lebih mudah menemukan tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan Google Map dan mengikuti petunjuk untuk sampai di lokasi ini. Agar mudah mencapainya, lebih baik gunakan kendaraan pribadi. Kita bisa menyewa kendaraan di tempat persewaan mobil dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di sekitar, foto: instagram.com/dewi_avra/

Beberapa fasilitas sudah disediakan oleh pengelola sehinga kita sebagai wisatawan puas berlama-lama di sini. Beberapa fasilitas seperti warung makan, kamar mandi umum, dan tempat parkir sudah disediakan.

Sehingga, bila berniat pergi ke Hutan Tinjomoyo untuk piknik bersama dengan keluarga, Anda tak perlu banyak membawa makanan. Harga makanan yang dijual di warung juga sangat terjangkau. Mulai dari ribuan hingga belasan ribu. Menu makanan pun cukup beragam.

Wisata Lain di Semarang

Berfoto di dekat jembatan, foto: instagram.com/bayuajitama/

Bukan hanya Hutan Tinjomoyo sebenarnya, ada beberapa lokasi wisata yang bisa dituju, seperti:

i. Brown Canyon Semarang. Brown Canyon adalah lokasi proyek galian C, dan menjadi sumber mata pencaharian warga di sekitar dan memiliki pekerjaan sebagai penggali pasir.

Baca Juga  Kuliner Sambil Berburu Oleh-Oleh di Ungaran, Ini 10 Tempatnya!

Awalnya, lokasi ini tidak ditargetkan sebagai tempat wisata, tetapi dengan kegiatan pengali pasir selama bertahun-tahun lamanya, lokasi ini berubah menjadi tebing eksotis dan menarik pecinta fotografi. Sekarang banyak wisatawan yang menikmati panorama di sekitar sini.

Jembatan yang ada di sekitar, foto: instagram.com/alvinurcahaya/

ii. New Bandungan Indah Watermark. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga. Di kawasan ini sering disebut sebagai puncaknya Semarang. Ada bisa diajak menikmati sejuknya kawasan Bandungan sembari basah-basahan di waterboom. Tempat ini mempunyai kolam pemancingan serta berbagai macam wahana menarik lain.

iii. Museum Rekor Dunia Indonesia. Siapa yang tak mengenal MURI? Peristiwa menarik di seluruh Indonesia dan berhasil memecahkan rekor, seluruhnya terekam di sini. Museum ini didirikan tahun 1990 serta berada di kawasan industri Jamu Jago.

Di dalam ruangan ini disimpan dokumentasi berbagai macam kejadian yang bersejarah dan berhasil memecahkan rekor dunia dan pernak-pernik lain.

Bermain hammock, foto: instagram.com/kariswisatasemarang/

iv. Danau Tawang. Danau Tawang berada di Tanjung Mas, Semarang Utara. Tempatnya tak jauh dari Stasiun Tawang. Walaupun banyak hal istimewa yang dimiliki.

Tempat ini mungkin cocok digunakan sebagai tempat bersantai saat pagi dan malam hari. Pengunjung yang datang kadang tak segan memancing di danau untuk sekedar mengisi waktu di malam hari.

v. Pemandian Air Panas dan Air Terjun Gonoharjo. Kawasan ini bisa menjadi destinasi dan harus dikunjungi pecinta alam. Di sini dikenal dengan lereng Gunung Ungaran. Objek wisata ini menawarkan sensasi relaksasi berbeda.

Bayangkan tubuh tengah berenda di kolam air panas dan ditemani dengan semilir pepohonan rindang. Pasti sangat menyegarkan pikiran. Bila menyukai tantangan, kawasan ini memiliki area trekking menuju air terjun. Jangan ditanya soal pemandangan, pemandangannya sangat sempurna.

Lokasi: Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50262
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-18.00
Telepon: –

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply