Sumpek Dengan Suasana Perkotaan? Berwisata ke Wana Wisata Hutan Penggaron Semarang, Dijamin Menghilangkan Stress

2550 views

Beberapa survey terpercaya membuktikan bahwa tingkat stress masyarakat perkotaan adalah yang tertinggi dibandingkan mereka yang tinggal di pedesaan atau perkampungan. Hal tersebut dikarenakan oleh tingginya tantangan sosial dan biaya hidup di kota dan membuat persaingan jadi semakin ketat.

Hutan penggaron, foto: instagram.com/dfs_shop_/

Faktor lain juga disebabkan oleh rutinitas yang cenderung monoton, meningkatnya kemacetan di kota, udara yang kurang bersih, dan masih banyak lagi hal lain sebagainya. Maka dari itu, liburan, rehat sejenak, hingga berwisata adalah salah satu hal paling diwajibkan bagi beberapa masyarakat perkotaan.

Banyak sekali tempat berlibur sekaligus hiburan menarik di dalam perkotaan itu sendiri tetapi terkadang mengunjungi tempat hiburan sendiri tidak terlalu membantu mengurangi stress. Biasanya sebagian besar orang akan memilih tempat wisata alam dengan pemandangan hijau, udara segar, asri dan sejuk.

Tangga di tengah hutan, foto: instagram.com/nadharia/

Tidak mudah menemukan tempat liburan dengan konsep alam di kota besar dan metropolitan layaknya Jakarta karena hampir seluruh sudut kota digunakan untuk pergerakan ekonomi kota itu sendiri. Tetapi di Jawa Tengah, lebih tepatnya di Kota Semarang terdapat sebuah wana wisata alam berupa hutan pinus.

Bernama Hutan Penggaron, tempat ini memiliki konsep objek alam berupa kawasan hutan lindung yang rimbun di tengah Kota Semarang yang juga padat. Tempat ini sendiri sebenarnya adalah hutan kota dimana tempatnya juga dapat digunakan sebagai objek wisata alam hingga liburan bersama keluarga.

Keindahan sunset yang ada, foto: instagram.com/ajengfitri19/

Terlepas dari berbagai cerita misteri yang juga melatarbelakangi area ini, kawasan ini juga adalah area wisata menarik untuk ditelusuri. Berikut informasi lengkap mengenai foto dan gambar, fasilitas, tiket masuk, alamat dan letak atau lokasinya di peta, hingga rute menuju area Wana Wisata Hutan Penggaron.

Baca Juga  Air Terjun Semirang, Wisata Alam Semarang dengan Keindahannya

Fasilitas dan Akomodasi

Wana Wisata Hutan Penggaron merupakan salah satu kawasan hutan lindung binaan KBM WBU I (Kawasan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Objek ini sendiri terdiri dari berbagai macam jenis pepohonan, tetapi lebih banyak didominasi oleh pohon pinus.

Pesona alam yang dimiliki, foto: instagram.com/wijaya.agustina/

Karena banyaknya pohon pinus yang berjejer, tempat ini terlihat seperti hutan di negeri dongeng luar negeri sehingga menambah kecantikan alam di tempat tersebut. Pengunjung dapat menemukan jalan setapak di tengah perhutanan ini dimana tempatnya bisa dilewati oleh dua motor atau satu mobil.

Lokasinya yang hijau dan sunyi membuat Hutan Penggaron cocok untuk dijadikan objek berfoto mengambil gambar hingga ada beberapa yang menjadikannya sebagai gambar prewedding. Semakin dieksplor lebih dalam, terdapat hewan liar namun tak berbahaya dan dilindungi berkeliaran di dalamnya.

Pemandangan yang dari ketinggian, foto: instagram.com/ardydrmwn/

Salah satu fasilitas yang paling digemari oleh wisatawan adalah tempat berkemahnya, pengelola juga menerapkan harga tertentu bagi pengunjung yang ingin kemping disini. Tak hanya itu, di beberapa spot terdapat wahana outbound dimana terdapat permainan seperti flying fox dengan menantang adrenalin.

Bagi anggota pecinta alam, sangat disarankan untuk mengunjungi Hutan Penggaron karena memiliki fasilitas jungle tracking atau berpetualang di dalam hutan. Jadi selain berkemah, pengunjung bisa menjelajahi objek ini dan melihat lebih dalam keindahan hutan kota di tengah Kota Semarang tersebut.

Pemandangan lapangan hijau, foto: instagram.com/zezestories/

Tak hanya outbound, camping ground dan jungle tracking saja yang disediakan di kawasan objek wisata alam ini, ada juga wahana bermain paintball. Permainan berkelompok ini menggunakan kostum layaknya prajurit membawa pistol berisi cat air yang kemudian digunakan untuk menembak musuh.

Baca Juga  Megahnya Pagoda Tertinggi di Indonesia, Pagoda Avalokiteswara Watugong Semarang

Di dalam tempat ini tidak tersedia warung atau tempat yang menjual makanan dan minuman karena untuk menjaga kebersihan lingkungan di Hutan Penggaron ini sendiri. Bagi pengunjung bisa membawa bekal makanan dari luar asalkan tidak menyisakan sampah dan kotoran guna melestarikan alam disini.

Harga Tiket Masuk

Keseruan ngecamp di sekitar, foto: instagram.com/fahmey_hmpc/

Kawasan wisata hutan ini menerapkan biaya retribusi untuk setiap pengunjung yang datang  dengan urusan berlibur dan bermain di dalamnya. Harga tiket masuknya sendiri cukup murah, hanya Rp 6.000 perorang, tarif ini pun ditentukan untuk setiap hari mulai dari weekdays maupun hari libur lainnya.

Untuk harga yang dipatok diatas belum termasuk fasilitas parkir tersedia di dalam hutan tersebut. Apabila pengunjung datang menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil, untuk harga parkir sendiri dikenakan Rp 3.000, sedangkan bagi wisatawan yang membawa motor dipatok tarif sebesar Rp 2.000.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/nengmahiroh/

Sedangkan bagi wahana-wahana yang terdapat di dalam Hutan Penggaron ini juga dikenakan biaya masuk sendiri namun berbeda-beda untuk tiap permainannya. Seperti halnya arena camping ground, wisatawan bisa menyewa tenda dan bermalam di area perkemahan disini dengan harga tertentu.

Letak dan Lokasi

Alamat dari Wana Wisata Hutan Penggaron ini berada di Desa Susukan dengan nama kelurahan yang sama, lebih tepatnya berlokasi di Kecamatan Ungaran Timur, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Objek ini juga memiliki luas area sebesar 1.500 hektar dimana dekat juga dengan Desa Karangrejo.

Jalan yang ada di dalam hutan, foto: instagram.com/juniarputriprasetyo/

Objek wisata alam tersebut juga berada tidak terlalu jauh dari Gunung Ungaran, persisnya berada di bagian timur dari kaki Gunung Ungaran. Sedangkan bagi pengunjung yang pernah melewati jalan tol Semarang – Solo, maka di sebelah kiri dan kanan jalan terdapat pepohonan lebat dari hutan ini sendiri.

Baca Juga  Ingin Mencoba Wisata Penuh Misteri dengan Pemandangan Indah? Kunjungi Bukit Gombel Semarang

Karena tempat ini sangat luas, kawasan di tengah-tengah objek ini juga dilewati oleh jalan tol Tembalang – Ungaran yang merupakan bagian dari jalan tol besar rute Semarang – Solo dan juga dilewati oleh jalan Panjaitan Raya. Tempat wisata ini sendiri terletak di persisi sebelah kanan dari arah jalan Panjaitan Raya.

Rute Menuju Hutan Penggaron

salah spot foto favorit, foto: instagram.com/wisatasemarang/

Untuk menuju Hutan Penggaron lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum, karena angkutan umum sendiri lumayan sulit untuk menjangkau posisi hutan. Selain itu hanya kendaraan pribadi saja berupa mobil atau motor yang bisa memasuki kawasan di tempat ini.

Bila wisatawan ingin mengunjungi kawasan wisata ini menggunakan transportasi umum, salah satu angkutan yang dapat digunakan adalah BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang. Koridor yang bisa diambil adalah Koridor I dengan melayani ruti dari Terminal Mangkang menuju Terminal Penggaron.

Pepohonan yang ada, foto: instagram.com/apriandirasyid_/

Bagi para pelancong yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama mobil dari arah Kota Semarang sendiri berjarak sekitar 18 KM menuju ke tempat wisata ini. Perjalanan bisa ditempuh menuju Kota Ungaran di dekatnya, sedangkan dari kota ini ke Wana Wisata Hutan Penggaron hanya berjarak 2 KM.

Dari Kota Ungaran sendiri, wisatawan bisa mengambil rute dari jalan Ahmad Yani ke jalan Mayjen Sutoyo, masuk ke jalan Moh. Yamin lalu belok kanan ke jalan Gatot Subroto. Setelah berbelok kanan kembali ke jalan KS. Tubun barulah pengunjung akan memasuki jalan Panjaitan Raya tempat ini.

Keseruan berman di sekitar, foto: instagram.com/ani.setiowati/

Lokasi: Desa Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
HTM: Rp.6.000 /Orang
Buka/Tutup: 07.00 – 17.00
Telepon: –

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply