Hijaunya Dua Hutan Mangrove di Semarang, Ekowisata yang Fotogenik dan Sayang Untuk Dilewatkan

2005 views

Begitu maraknya penggunaan media sosial memperlihatkan update foto dan video memberi peran mempromosikan berbagai tujuan wisata baru di seluruh dunia.

Bahkan, lebih cepat dari sebelumnya, pengguna internet dan mereka aktif menggunakan media sosial seperti twitter, facebook dan instagram langsung tertarik dan seperti ingin mendatanginya.

Hutan mangrove semarang, foto: instagram.com/elsha_septie/

Sekarang, berbagi detail hari-hari apalagi mereka yang sedang menghabiskan liburan sangat cepat dan mudah. Salah satu tempat yang memperoleh dampak dari hal tersebut adalah hutan Mangrove Semarang yang beberapa waktu lalu di buka.

Hutan Mangrove Semarang juga dikenal dengan Trekking Mangrove Maerokoco, Puri Maerokoco. Situs ini ialah bagian dari pusat rekreasi serta pembangunan Jawa tengah. Kurang lebih 3 kilometer di timur Bandara Achmad Yani.

Salah satu daya tarik yang ada, foto: instagram.com/aprilianilistianingsih/

Lokasi ini dibangun menggunakan konsep miniature provinsi Jawa Tengah dan dihiasi dengan 35 pavilun. Tiap pavilun mempunyai gaya rumah tradisional di masing-masing daerah, bersama dengan produk lokal mereka.

Selain lokasi wisata ini, ada pula Mangrove Edupark. Lokasinya ada di Tugurejo, Tugu, Semarang. Di sini, kita juga bisa melihat hutan mangrove. Lokasinya juga dekat dengan Pantai Maron. Selain pemandangan indah, Anda bisa melihat pemandangan lain dan mungkin jarang ditemukan di wisata lain.

Trekking di Hutan Mangrove

Pemandangan di sore hari, foto: instagram.com/ertos_wonosoboo/

Saat ingin mengelilingi hutan ini, tak perlu cemas karena perahu pesiar mini bisa membawa Anda di perjalanan melalui Laut Jawa buatan manusia dan melewati pavilun tersebut.

Menurut Direktur Utama Promosi Pusat Rekreasi serta Pembangunan jawa Tengah dan juga bertugas untuk mengelola hutan ini mengatakan jalan bambu trekking mangrove dibangun di bulan November 2016 serta dibuka sebulan kemudian sebagai objek wisata baru.

Baca Juga  Kuliner Sambil Berburu Oleh-Oleh di Ungaran, Ini 10 Tempatnya!

Semenjak itu, daerah hutan ini penuh dengan pengunjung, apalagi generasi muda yang ingin memperoleh foto bagus. Jalur trekking terbuat dari bambu dengan bentuk setengah lingkaran. Kurang lebih 1 meter dari permukaan air.

Pesona alam yang dimiliki, foto: instagram.com/bagus_arifins/

Pejalan kaki bisa berjalan di sekitar pohon bakau yang rimbun dan mengambil gambar dengan background hijau atau tepi laut. Biasanya, pengunjung berdatangan di sore dan pagi hari karena cuaca masih mendukung.

Agar bisa menarik penonton lebih besar lagi, biasanya pengelola menyelenggarakan event yang menarik serta olahraga memancing. Tidak ketinggalan, saat malam minggu tiba, taman ini memberi panggung terbuka yang ada di tepi danau dengan hutan mangrove sebagai background.

Diharapkan, spot ini ramai untuk tujuan ekowisata di Semarang. Dalam waktu dekat, lokasi wisata ini nantinya direvitalisasi sehingga fasilitas menjadi semakin baik.

Hal yang Bisa Dilakukan

Keindahan sunset, foto: instagram.com/ertos_wonosoboo/

Beberapa hal bisa Anda lakukan di tempat rekreasi Hutan Mangrove Semarang, seperti:

• Berfoto. Mengambil gambar foto dan video keindahan taman tak boleh dilewatkan. Kita bisa berfoto dengan latar belakang hutan hijau nan indah. Anda bisa mengambil foto seluruh keluarga ketika berwisata ke tempat rekreasi ini.

• Jalan-jalan, menyusuri trek yang dibuat oleh pengelola juga tak kalah mengasyikkan. Bayangkan, kita berjalan menyusuri hutan bakau yang hijau.

• Melihat matahari terbenam. Salah satu daya tarik wisata ketika sore hari ialah melihat matahari terbenam di jembatan yang berhadapan dengan Pantai Marina sembari menikmati sajian kopi.

Fasilitas

Berjalan menyusuri hutan bakau, foto: instagram.com/saymetheru/

Meskipun terhitung baru menjadi sebuah tempat wisata, namun tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Kita bisa menemukan tempat parkir yang cukup, warung makan yang menyediakan berbagai sajian kuliner mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Baca Juga  Ajak Teman Uji Nyali di Tempat Paling Angker Nomor Dua Se-Asia, Lawang Sewu Semarang

Bahkan toilet pun juga sudah disediakan oleh pengelola. Seluruh fasilitas sengaja disediakan untuk membuat Anda betah di tempat ini. Biaya masuk ke hutan ini hanya Rp 5.000.

Rute Jalan Menuju Lokasi

Pemandangan dari ketinggian, foto: instagram.com/nonkina_/

Untuk menuju ke lokasi wisata ini cukup mudah. Bila Anda melakukan perjalanan dari Yogyakarta, dan menggunakan alat transportasi umum, pilih bis untuk sampai di Terminal Terboyo Semarang.

Dari sini, kita bisa naik minibus untuk sampai di lokasi. Bila ingin lebih mudah, kita bisa menyewa mobil pribadi. Jarak dari pusat kota Semarang cukup dekat, hanya 5 km saja dari Tugu Muda.

Tips Mengunjungi Hutan Mangrove Semarang

Suburnya tumbuhan yang ada di sekitar, foto: instagram.com/nonkina_/

Berikut beberapa tips agar nyaman selama mengunjungi hutan, seperti:

1. Gunakan sunblok, atau topi. Usahakan menggunakan sunblok agar kulit Anda tetap terlindungi dari terpaan sinar matahari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan topi untuk menutupi kepala Anda.

2. Tak perlu membawa bekal makanan terlalu banyak. di sini, sudah banyak warung yang menjajakan dagangan, harganya pun juga relatif terjangkau, sehingga tak perlu membawa makanan terlalu banyak karena bisa merepotkan Anda menempuh perjalanan menyusuri hutan.

3. Membawa kamera. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan semua momen Anda mengunjungi lokasi wisata.

4. Berkunjung saat pagi atau sore hari. Ketika siang hari, Hutan Mangrove ini sangat terik. Sehingga, lebih baik Anda mengunjunginya di pagi hari, atau di sore hari saat ingin melihat matahari tenggelam.

Wisata Kuliner Semarang

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/helmaya25/

Sesudah lelah mengunjungi berbagai tempat rekreasi di Semarang, kurang lengkap bila tak mencicipi kulinernya. Berikut beberapa wisata kuliner yang bisa disambangi, seperti:

Baca Juga  Lereng Kelir Semarang, Memandang Indahnya Ambarawa dari Sudut Yang Berbeda

a. Bakso Kakap Pak Wahid. Jika makan bakso biasa, mungkin sudah sangat biasa untuk Anda, namun bagaimana dengan bakso kakap? Kita bisa mencicipi bakso kakap ini di Bakso Kakap Pak Wahid. Lokasinya ada di tengah kota. Semangkok bakso hanya dibanderol dengan harga Rp 14 ribuan.

b. Bebek Bakar dan Goreng Pak Thori. Bebek goreng bakar Pak Thori merupakan kuliner yang tak boleh dilewatkan. Jika ingin mencobanya, cukup datang ke Desa Wisata Kandri di Gunungpati. Daging bebek di sini sangat empuk dan lembut. Bumbunya juga masuk ke dalam daging.

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/saymetheru/

Menu kuliner ini disajikan dengan 2 jenis sambal yakni sambal ijo pedas atau sambal merah yang tak begitu pedas. Untuk lalapan, lalapannya juga cukup lengkap. harga satu porsi bebek dibanderol di angka Rp 24 ribuan saja.

c. Sate Kalak. Banyak sate yang terkenal di negara kita, mulai dari Padang, Madura dan berbagai sate lainnya, namun di Semarang terdapat sate kalak. Sate ini tersedia di Grill On Restaurant. Sate kalak merupakan sate ayam, ciri khasnya adalah bumbu kalak.

Bumbu ini adalah bumbu Jawa dan dipadukan dengan santan. Cita rasanya sangat gurih dan membedakannya dengan sate yang lain. restoran ini memiliki konsep untuk anak muda dengan harga makanan mulai dari Rp 20 ribuan saja.

Jalan setapak yang ada di sektiar, foto: instagram.com/magelangmode_/

d. Gulai Kambing Pak Sabar. Kuliner ini banyak diburu pecinta masakan kambing. Bila membayangkannya bisa membuat air liur keluar. Makanan ini disajikan lengkap dengan nasi serta gerusan cabai rawit. Kuliner khas kota ini sangat populer.

Di kota Lumpia ini kuahnya tak menggunakan santan walaupun sama-sama menggunakan kelapa, kelapa diparut serta digoreng sangan, tumbuk halus serta dicampur dengan rempah, kayu manis dan cengkeh.

Menikmati kuliner di cafe, foto: instagram.com/vennyselly/

1. Mangrove EduPark

Lokasi: Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50182
Map:
KlikDisini
Buka/Tutup:
08.00-17.00
HTM:
Rp.5.000/Orang

2. Trekking Mangrove Maerokoco

Lokasi: Puri Maerokoco, Semarang, Jawa Tengah
Map:
KlikDisini
Buka/Tutup:
08.00-18.00
HTM:
Rp.10.000/Orang
Telepon:
024 7606286

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply