Wisata Pendakian Gunung Batur Nan Eksotis, Lihat 12 Foto ini

102 views

Jika gemar mengikuti kegiatan berbau petualangan, berwisata ke Gunung Batur merupakan pilihan terbaik. Wisatawan bisa membayangkan seperti apa keindahannya.

foto by id.balibalibeach.com

Wisata pendakian ini berada di Kintamani dan memberikan penawaran pemandangan sangat menakjubkan. Bila memiliki rencana naik ke puncak, kita bisa melihat pemandangan kawah begitu indah.

Gunung ini mempunyai 3 kawah vulkanik yakni kawah Batur I, II, dan III. Gunung Batur mempunyai kaldera begitu luas, yakni sebesar 13,8×10 km dan menjadi salah satu kaldera paling besar dan paling indah di dunia.

foto by viator.com

Gunung ini memiliki 2 kaldera yakni kaldera dalam serta luar. Ketinggian dari dinding kaldera luar sebesar 1267 hingga 2151 meter. Bentuknya lonjong dan berdimensi 13,8 X 10 km. Sedangkan kaldera dalam seperti lingkaran dengan diameter 7 km, serta berjarak kurang lebih 120 hingga 300 meter di bawah jalan utama Kintamani.

Banyak traveler yang ingin melihat keindahan gunung ini. Bahkan banyak review di tripadvisor mengenai keindahan diberikannya.

Letusan Gunung Batur

Gunung ini sudah meletus dalam beberapa kali. Letusan pertama terjadi di tahun 1904 serta terakhir di tahun 2000. Dari tahun 1804 hingga 2005, ia sudah meletus lebih dari 26X serta letusan paling besar terjadi di tanggal 2 Agustus hingga 21 September 1926.

Pemandangan nan indah serta dihiasi dengan lava hitam terjadi pada tahun 1917 seperti menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat cerita yang diperoleh dari Lontar Susana Bali mengatakan bila Batur merupakan puncak dari Gunung Semeru di Jawa.

foto by regional.liputan6.com

Penggeraknya ialah Batara Pasupati serta Sthana dari Betari Danuh. Di waktu tertentu, semua orang Hindu dari berbagai daerah Bali datang memberi persembahan ke gunung ini. Upacara tersebut digunakan mengusir hama di ladang pertanian masyarakat.

Danau Batur, Pesona Lain dari Gunung Batur

Sebenarnya ketika mendaki gunung, bukan hanya pemandangan alam indah saja bisa dinikmati, namun Danau Batur juga tidak ketinggalan. Lokasinya kurang lebih 2 jam dari Kuta. Danau ini menjadi danau paling besar di Bali dengan luas 16 km persegi serta kedalaman kurang lebih 60 meter.

foto by wisatabali2010.wordpress.com

Hingga saat ini, air di danau masih digunakan untuk pertanian serta irigasi bagi masyarakat tinggal disekitarnya.

Fenomena alam dimiliki oleh danau ini ialah air danau bisa berubah warna. Di tahun 2007, air danau sudah pernah berubah warna menjadi biru serta cokelat kehijau-hijauan. Sedangkan di tahun 2008, airnya berubah menjadi putih.

foto by pedomanwisata.com

Penyebab perubahan warna danau ini hingga sekarang belum diketahui serta masih diteliti. Besar kemungkinan tercemar zat tertentu dari dasar danau karena adanya ganggang. Selain fenomena ini, danau ini juga penuh sejarah serta mitologi.

Sehingga, ketika Anda singgah ke Gunung Batur, jangan lupa singgah pula ke Danau Batur untuk melihat keindahannya.

foto by ariliadhodit.deviantart.com

Mendaki Gunung Batur dan Menikmati Pesonanya

Bila memiliki tenaga kuat untuk mendaki, tak ada salahnya mencoba mendaki di gunung ini. selain bisa menikmati perjalanannya, dari puncak wisata ini, kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.

foto by samanthasiahaanxvi.blogspot.co.id

Pemandangan dan akan membuat Anda terkesima seperti romantisnya warna mentari pagi, hijaunya pohon yang terdapat di pegunungan dan mengelilingi Kaldera Batur yang luas membentang, hingga biru air Danau Batur dan kesejukan udara di atas gunung.

Momen indah ini sepertinya tidak akan kita temukan di tempat manapun. Jika ingin melakukan pendakian, perjalanan dimulai dari Pura Jati Toya Bungkrah Kintamani pada jam 04.00 dini hari.

Bila ini adalah pendakian pertama kali, lebih baik meminta bantuan guide untuk menemani. Tetapi, jika sudah percaya diri dengan kemampuan Anda mendaki dan ingin mengikuti para pendaki lain, lebih baik mengikuti rombongan lain.

foto by fjb.kaskus.co.id

Sebetulnya, rute pendakian yang akan dilalui tidak sulit, karena setiap harinya ada begitu banyak pendaki gunung. Tetapi, perjalanan dimulai ketika pagi masih gelap bisa merepotkan, apalagi jika tidak mengetahui medan sama sekali.

Hal yang Bisa Dilakukan

Beberapa hal bisa dilakukan di gunung ini seperti:

a. Menikmati keindahan alam. Pasti penat bukan jika dalam seminggu bekerja secara terus menerus tanpa henti? Bila demikian, salah satu cara untuk melepaskan kepenatan tersebut adalah mengunjungi gunung ini. kita bisa melihat pemandangan begitu indah, dan udara pagi yang segar.

b. Berfoto. Setelah sampai di puncak, kurang lengkap rasanya jika tidak mengambil gambar, foto atau video untuk kebutuhan media sosial. Anda bisa berfoto bersama dengan seluruh rombongan.

foto by teluklove.com

Akses Menuju Gunung Batur

Agar lebih mudah mencapai lokasi wisata ini, lebih baik menggunakan jasa tour and travel, atau memilih menyewa mobil sendiri, karena tidak banyak transportasi umum yang bisa digunakan, apalagi jika datang dengan rombongan yang cukup banyak.

Bila memilih menyewa mobil, gunakan Google Map sebagai petunjuk jalan. Cukup mengetikkan tujuan Anda dan mengikuti petunjuk arah.

Fasilitas

Sebetulnya, fasilitas yang berada di lokasi wisata ini sudah cukup memadai. Untuk fasilitas umum sendiri seperti hotel murah hingga mewah sudah tersedia di sekitar tempat ini, khususnya di wilayah Kintamani sendiri.

Tips Mendaki Gunung Batur

Ada beberapa tips mendaki gunung yang bisa pengunjung lakukan, seperti:

• Tancapkan niat baik di dalam hati. Walaupun ini terlihat sangat sepele, tetapi jangan pernah lupa jika niat juga menjadi kunci dari kesuksesan saat pendakian. Niat yang baik pasti akan menghasilkan hal yang baik pula. Oleh karena itu sebelum melakukan sebuah pendakian, tancapkan niat yang baik dari dalam hati seperti ingin belajar pada alam, karena alam merupakan guru paling baik bagi umat manusia,

• Siapkan fisik dan mental. Meskipun menyenangkan, tetap saja mendaki gunung merupakan hobi yang ekstrim. Sebisa mungkin olahraga secara rutin selama sebulan sebelum melakukan pendakian. Hal ini sangat dianjurkan agar tubuh sudah terbiasa bergerak. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jogging secara rutin, bersepeda di jalan menanjak dan yang lainnya.

• Persiapkan perlengkapan mendaki dengan lengkap. Ketika mempersiapkan perlengkapan sebelum memulai pendakian, usahakan menyiapkan dengan teliti dan cermat. Salah satu kebutuhan yang tidak boleh dilupakan adalah air minum. Jika barang yang dibutuhkan tidak berfungsi, segera perbaiki barang tersebut.

foto by indonesia.howittco.com

• Berdoa sebelum mendaki. Ketika akan melakukan pendakian, saat itu juga akan berhadapan dengan risiko bahaya serta kegagahan alam liar. Sehingga, jangan lupa berdoa sebelum memulainya.

• Berperilaku sopan. Tidak salah bila ada orang yang mengatakan, pendakian merupakan bertamu, sehingga kita harus berlaku sopan, menjaga tingkah laku. Hindari berkata kotor.

• Menjaga barang berharga. Selama melakukan pendakian, jangan lupa menjaga barang berharga serta barang kesayangan contohnya seperti kamera dan handphone. Jaga barang agar tidak hilang, rusak atau terjatuh. Luangkan waktu sesudah beristirahat untuk mengecek barang bawaan, apakah barang-barang tersebut ada yang tertinggal atau rusak.

Lokasi: Batur Sel, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup:
Telepon:

Related Post

Leave a reply