Gunung Agung, Wisata Alam yang Tak Boleh Terlewatkan Saat Singgah Ke Bali

219 views

Gunung Agung, objek wisata ini adalah salah satu pilihan menarik ketika singgah ke Bali. Gunung ini mempunyai ketinggian 3.014 mdpl serta dipercaya sebagai rumah para roh leluhur Hindu Bali. Gunung ini menjadi salah satu gunung aktif di pulau dewata.

foto by phinemo.com

Gunung ini pernah meletus dengan begitu hebat karena ia berjenis stratovolcano. Bila kita melihatnya dari jauh, akan terlihat bentuk gunung seperti segitiga runcing terlihat hampir sempurna.

Lebih-lebih jika melihatnya dari Pura Besakih. Sebetulnya, puncaknya sedikit lebih luas, lebar. Di sana terdapat kawah dengan ukuran cukup besar.

Tepat di kaki wisata ini terdapat Pura Besakih, tempat ini juga dijaga kesuciannya oleh umat Hindu dan menjadi salah satu pura paling besar di Bali.

Dengan ketinggian Gunung Agung di atas 300 meter, tentu kita bisa melihat Bali serta daerah di sekitarnya dengan sangat sempurna. Anda akan seperti dibius dengan pemandangan alam sempurna di sini.

foto by mapalaptm.com

Lokasi Gunung Agung Bali

Gunung Agung ini berlokasi di Rendang, Karangasem, Bali. Karena lokasinya di Karangasem, Anda bisa mengunjungi lokasi wisata lainnya setelah mendaki.

foto by wiranurmansyah.com

Sebenarnya, lokasi wisata ini banyak menjadi pusat perhatian pendaki beberapa bulan belakangan ini. Di puncak, Anda bisa melihat seperti apa keindahan sebenarnya dan sungguh-sungguh berbeda. keindahannya tak kalah dengan tempat terkenal lain seperti Rinjani terletak di Lombok Timur.

Bila menengok sebelah selatan, Anda bisa melihat Pantai Sanur, Danau Batur, Nusa Penida dan tempat-tempat lainnya.

foto by e-bali.net

Wisata Mendaki Gunung yang Menjadi Istana Para Dewa

Perjalanan ke puncak paling tinggi Bali ini bisa dimulai dengan mengambil start dari Pura Pasar Agung. Lokasinya berada di lereng sehingga hawanya cukup dingin. Di sana terdapat area parkir cukup luas. Bila Anda memilih menyewa mobil di Bali, mobil bisa diparkirkan di sana secara aman.

Namun, lebih baik menggunakan sopir karena perjalanan dimulai saat dini hari, jangan sampai kita kehilangan arah karena tidak tahu jalan. Perjalanan dari Denpasar ke start poin pendakian memerlukan waktu 2 jam berkendara.

foto by industry.co.id

Pendakian ini memiliki 2 pilihan tujuan, bila pendakian menuju puncak 1 jalur barat, kita akan diantar di ketinggian puncak kurang lebih 3.044 meter, mulai mendaki jam 12 malam hari, karena perjalanan untuk sampai ke puncak tertinggi membutuhkan waktu 5 hingga 6 jam.

Apabila stamina yang Anda miliki memungkinkan, Anda bisa mendaki sampai di puncak 1, dan beridiri di atas puncak dengan ukuran 2X1 meter.

foto by wiranurmansyah.com

Tetapi, jika ingin lebih ringan, Anda bisa memilih sampai di puncak 2. Pemandu akan mengantar Anda hingga diketinggian 2000 meter serta mendaki dari jalur Selatin. Pendakian ke puncak 2 ini tidak kalah menarik meskipun pandangan mata 180 derajat saja.

Tetapi cukup membawa kita berada di awan dan melihat keindahan kawah sebenarnya. Untuk sampai di titik ini memerlukan waktu 3,5 hingga 4 jam untuk sampai di puncak. Pendakian bisa dimulai jam 1 malam, sehingga bila ingin dijemput di hotel, penjemputan dari jam 11 malam.

foto by agrobisnisinfo.com

Tujuan pendakian yang banyak digemari adalah di puncak 2 karena perjalanan yang dibutuhkan

tidak menguras waktu lama, begitu pun stamina yang diperlukan. Bila ingin mencoba petualangan ini, jangan lupa melakukan pemesanan atau reservasi terlebih dulu.

Anda harus menggunakan guide setempat, pengalaman mereka hingga pengetahuan keadaan medan sebenarnya sangat dibutuhkan, apalagi hal-hal religius masih sangat kental di sini.

Tempat ini juga menjadi Gunung yang dikeramatkan pemeluk agama Hindu. Di tiap upacara persembahyangan, warga akan melakukan pendakian dan memohon air suci ke puncak untuk melengkapi upacara.

foto by balipost.com

Sehingga, bila Anda memiliki rencana mendaki ketika upacara keagamaan tersebut, acara pendakian biasanya diundur atau dimajukan.

Rute Pendakian Gunung Agung

Jika Anda memiliki hobi mendaki gunung, tempat wisata ini harus Anda pertimbangkan menjadi destinasi mendaki. Agar sampai di puncak gunung, terdapat beberapa rute yang bisa dipilih.

Anda bisa memilih pendakian melalui Budakeling dan menuju Nangka di bagian tenggara. Ada juga di Jalur Pura Besakih yang terdapat di Kecamatan Rendang, Karangasem. Ini juga menjadi rute yang banyak digunakan pendaki.

foto by parkourbali.com

Selama pendakian, hindari membawa makanan yang memiliki bau amis serta daging, karena menurut keterangan masyarakat, gunung ini merupakan tempat keramat yang disucikan, dan mayoritas masyarakat memiliki agama Hindu, mereka yakin jika gunung ini adalah tempat para dewa dan istana dewa.

Pilihan Waktu untuk Mendaki

Bila ingin mendaki, waktu yang paling tepat adalah ketika kemarau. Hindari mendaki ketika musim hujan, karena pendakian akan lebih sulit, track-track juga menjadi semakin licin, bahkan melihat sunrise juga akan sulit.

Ketika mendaki, ada beberapa hal yang harus dibawa seperti sepatu sport, jaket, air minum 2 liter dan tongkat.

foto by abhiramatourbali.com

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama pendakian seperti berbicara sopan selama mendaki, selain itu di perjalanan kita mungkin akan menemukan mata air dan menjadi air suci yang tidak sembarangan orang bisa mengambilnya, sehingga jangan langsung mengambil tanpa izin atau bertanya pada guide terlebih dahulu.

Paket wisata trekking ini merupakan paket perjalanan yang mana wahana transportasi melakukan kerjasama dengan Bali Tours Club dan guide lokal.

Setiap pendakian, tidak ada asuransi, sehingga traveler harus menyiapkan stamina yang baik agar tetap fit selama melakukan pendakian. Bila masih pemula, lebih baik traveler mencoba mendaki di puncak 2 terlebih dahulu.

Rute Jalan Menuju Gunung Agung

Gunung Agung bisa dijangkau dengan cukup mudah, entah menggunakan alat transportasi umum atau pribadi. Traveler bisa melaluinya dari Kota Semapura, di Klungkung dengan tarif Rp 7.000 hingga 10.000.

Destinasi Wisata Di Karangasem Bali

Selain Gunung Agung, ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi traveler, seperti:

a. Pura Besakih. Pura ini biasa disebut Pura Agung Besakih. Lokasi ini adalah tempat persembahyangan umat Hindu di wilayah Bali. Di dalamnya ada banyak pura, pura ini dinilai sebagai pura paling besar, lokasinya berada di di Desa Besakih, Rendang, Karangasem.

b. Pura Lempuyang Luhur. Lokasi Pura Lempuyang Luhur berada di Timur Dewata. Pura ini adalah objek wisata yang sakral karena menjadi tempat suci umat Hindu. Pura berlatar belakang pemandangan pegunungan ini mempunyai 7 pura, semakin tinggi pura dipercaya semakin suci pula.

foto by travel.kompas.com

c. Tirta Gangga. Tirta Gangga adalah taman peninggalan kerajaan Bali yang berlokasi di Karangasem. Tempatnya terdiri dari 3 bangunan utama yakni kebun, kolam dan patung.

foto by linternaute.com

Harga Wisata Pendakian

Untuk summit 1 sebesar Rp 1.200.000 per orang dengan ketinggian 3.044 mdpl, sedangkan summit 2 sebesar Rp 950.000 per orang dengan ketinggian 2.000 mdpl.

Syarat serta ketentuan mendaki tersebut, minimal pemesanan sebanyak 2 orang. Harga sudah termasuk lampu penerangan, makan pagi serta guide lokal.

Tak perli risau karena harga sudah termasuk transportasi antar jemput ke hotel di wilayah Nusa Dua, Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud dan Denpasar.

Lokasi: Jungutan, Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali
Map: KlikDisini
HTM: paket mulai RP 950.000 per orang
Buka/Tutup:
Telepon:

Related Post

Leave a reply