Tempat Wisata Keluarga yang Asyik di Semarang, Goa Rong View

1812 views

Jawa Tengah merupakan lokasi alternatif wisata yang sangat menarik dikunjungi. Kawasan Semarang dan sekitarnya juga mempunyai lokasi rekreasi yang seru dan dekat dengan alam. Kita bisa mengunjungi salah satu objek wisata yakni Goa Rong View.

Tempat ini adalah wisata dengan nuansa alam Semarang. Objek ini cocok bagi Anda yang sedang mencari keindahan alam, apalagi jika menyukai ketinggian.

Indahnya Goa Rong View

Goa rong view, foto: instagram.com/yuuddhhzz/

Lokasi ini adalah kawasan wisata alam dengan pemandangan alami dan asri. Hal tersebut disebabkan karena posisinya ada di perbukitan pinggiran Semarang. Kondisi ini memberikan sajian panorama hijau bisa dilihat dari pepohonan dan dipadukan dengan udara nan sejuk.

Di sekitarnya kita bisa melihat perkebunan karet dan kopi yang luas. Hal ini semakin menambah keindahan pemandangan. Lebih-lebih di Jalan Raya Semarang – Solo telah terlihat gazebo putih menambah minat wisatawan untuk menikmati keindahan di sini.

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/wisatasemarang/

Sebetulnya, secara geografis, Goa Rong View adalah puncak dari guratan Payung Rong. Posisinya tepat di sebelah barat lautan Salatiga. Keindahan alam lokasi ini semakin terasa karena adanya punggungan bukit dan menjadi pembatas dengan Rawa Pening.

Rawa Pening adalah objek wisata alam tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kita bisa sekalian berkunjung karena lokasinya yang cukup berdekatan.

Pemandangan indah dari lokasi ini bisa dikatakan merupakan pemandangan lereng perbukitan dan dipadukan dengan pemandangan lembah karet, kopi serta Rawa Pening di atas ketinggian sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan lengkap.

Salah satu tempat foto favorit, foto: instagram.com/tria_woelandary/

Selain itu, pemandangan indah di sini juga ditambah dengan view dari gunung di Jawa Tengah lain seperti Telomoyo, Sumbing, Sindoro, hingga Merapi. Tentu ini juga menjadi fenomena yang mungkin tak ada di lokasi lain.

Baca Juga  12 Foto Keindahan Wisata Bukit Semarang Baru (BSB City) di Mijen

Agar bisa menikmati keindahan pemandangan di sini, kita bisa duduk di gazebo yang berada di goa.

Hal yang Bisa Kita Lakukan

Pintu masuk menuju lokasi, foto: instagram.com/lialismawa/

Beberapa hal yang menyenangkan bisa kita lakukan di sini:

1. Menikmati keindahan alam. Tak ada salahnya jika kita duduk berdiam diri sejenak untuk menenangkan pikiran dan melihat keindahan alam yang berada di depan.

2. Berfoto. Bila dari luar kota dan sengaja singgah ke Semarang, sepertinya sayang jika hanya sekedar berdiam diri. kita bisa mengabadikan momen indah bersama dengan seluruh keluarga tau orang terkasih. Bila datang bersama dengan sahabat dekat, Anda bisa mengambil gambar video untuk kenang-kenangan.

Pemandangan sunrise, foto: instagram.com/vigiana98/

3. Mencari pemandangan sunset dan sunrise. Inilah yang jarang kita temukan di tempat lain. hal menarik dari Goa Rong View adalah keindahan sunset dan sunrisenya. Tempat ini memang sangat menawan. Kita bisa datang sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari tenggelam.

Tips Singgah ke Goa Rong View

Beberapa tips di bawah ini bisa Anda ikuti ketika mengunjungi Goa Rong View:

Pemandangan sekitar dari ketinggian, foto:instagram.com/sellyz_fallo.rxid/

• Membawa jaket. Seperti udara di pegunungan pada umumnya, tempat ini memiliki udara yang dingin. Agar Anda tak kedinginan, apalagi jika berniat datang pada pagi hari, jangan lupa membawa jaket.

• Tak perlu membawa bekal makanan. tak perlu membawa banyak bekal makanan karena di sini sudah banyak cafe dan resto yang siap memuaskan hasrat santap kuliner Anda. harga yang dibanderol pun juga tak terlalu mahal.

• Kunjungi di hari biasa sehinga bisa puas berlibur, karena ketika hari libur atau di akhir pekan, banyak wisatawan yang singgah ke tempat wisata ini.

Baca Juga  Ingin Berwisata ke Tempat yang Murah dan Instagramable? Pilih Taman Srigunting Semarang

• Jaga kebersihan, hindari membuat sampah sembarangan.

• Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat rekreasi ini adalah di sore hari, karena ketika sore hari terik matahari tidak terlalu terik.

Rute Jalan Menuju Goa Rong View

Berfoto di dekat tulisan, foto: instagram.com/eliasaputri17/

Ada beberapa rute yang bisa digunakan untuk menuju lokasi wisata:

1. Dari Semarang Kota. Jika kita dari arah Semarang, cukup mengikuti rute Semarang menuju Ungaran, lurus ke Bawen dan sampai di Tunjang. Sesudah melewati jembatan besi besar sesudah kebun Kopi Banaran, nantinya Anda menemukan pos polisi di pertigaan kiri jalan.

Dari sini belok ke pertigaan dan mengikuti jalan sehingga menemukan lapakan bola di kanan jalan. Di sisi lapangan terdapat jalan serta spanduk dengan tulisan “Wisata Goa Rong”. Ikuti jalan beraspal sampai di pos retribusi meskipun jalannya berkelok.

Salah satu tempat yang cocok untuk berfoto, foto: instagram.com/ryanartiana/

2. Dari arah Purwodadi Grobokan. Sedangkan, bila dari arah Purwodadi, ikuti rute Purwodadi, menuju Godong, Gubung dan ke Kedung Jati. Setelah sampai di Kedung Jati, arahkan jalan ke Tutang.

Ikuti petunjuk jalan di Tuntang tersebut. Sesudah memasuki Kec Tuntang, lihat sisi kiri, dan terdapat jalan dengan spanduk tulisan “Wisata Goa Rong”.

3. Dari arah Boyolali, Solo. Sedangkan, bila dari arah Boyolali dan Solo, bisa menuju ke arah UKSW, ikuti jalan sampai melewati perbatasan Kab Salatiga serta Kab Semarang. Lurus sampai menemukan Gapura Desa Lopait di kanan jalan. Silakan masuk dan lurus mengikuti petunjuk.

Fasilitas Wisata Goa Rong View

Salah satu fasilitas untuk anak, foto: instagram.com/n.budi.prasetyo/

Tempat rekreasi ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. beberapa fasilitas tersebut seperti:

  • Beberapa gazebo. Saat lelah mengelilingi tempat wisata, Anda bisa duduk santai di gazebo.
  • Mushola. Lokasi ini dilengkapi dengan mushola, tempat sholat dilengkapi dengan latar belakang pemandangan indah Rawa Pening,
  • Cafe atau restoran. Tak perlu repot membawa banyak makanan, karena tempat ini sudah menyediakan cafe atau restoran yang bisa memuaskan hasrat kuliner.

Menikmati keindahan sunrise yang ada di sekitar, foto: instagram.com/seputarsemarang/

  •  Area bermain. Bagi Anda yang membawa anak-anak, Anda bisa mengajak mereka ke area bermain.
  •  Tempat parkir. Tempat parkir disediakan sangat luas.
  •  Camping ground. Bila ingin menginap, pengelola sudah menyediakan camping ground bagi Anda.
Baca Juga  12 Foto di Bonbin Mangkang yang Jadi Bukti Serunya Berlibur di Sana

Wisata Lain Di Semarang

a) Lawang Sewu. Siapa yang tak mengenal wisata ini? gedung tua yang mempunyai gaya arsitektur khas Belanda ini memang harus dikunjungi ketika singgah ke Semarang.

Walaupun Lawang Sewu erat kaitannya dengan cerita mistis, nilai sejarah yang dimilikinya sangat mengesankan. Ketika masa pemerintahan Belanda, lokasi ini adalah kantor dinas perusahaan kereta api swasta. Bangunan ini di rancang di tahun 1904 serta selesai 3 tahun kemudian.

Berfoto di depan goa rong, foto: instagram.com/hadiirat/

b) Tugu Muda. Tak jauh dari Lawang Sewu terdapat landmark Semarang yang bisa mengingatkan kita mengenai peristiwa bersejarah di masa perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan.

Tugu Muda dibuat sebagai bangunan yang digunakan untuk peringatan peristiwa pertempuran 5 hari di Semarang tahun 1945 pada tanggal 15 Oktober hingga 20 Oktober.

c) Kelenteng Sam Poo Kong. Sam Poo Kong sekarang berubah menjadi daya tarik wisata yang harus dikunjungi.

Bukan hanya dijadikan sebagai tempat peribadatan, kelenteng ini ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari dalam dan luar kota. Bila ditilik dari sisi sejarah, kelenteng ini adalah persinggahan pertama Laksamana Tiongkok.

Berfoto dengan becak, foto: instagram.com/chihaoka307/

Lokasi: Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773
Map: KlikDisini
HTM: Rp.7500 /Orang
Buka/Tutup: 07.00–18.00
Telepon: (0298) 340111

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply