Tidak Hanya Korea dan Paris, Indonesia Juga Memiliki 14 Spot Gembok Cinta Tak Kalah Keren, Ini Buktinya!

1211 views

Masih ingatkah adegan dalam salah satu sinetron fenomenal GGS (Ganteng-Ganteng Serigala) yang berperan sebagai digo dan sissy (Aliando & Prilly)? Dalam sinetron tersebut Digo menggunakan gembok dan kunci cinta berwarna merah jambu untuk menyatakan cintanya kepada sissy.

Chemistry yang kuat dan keromantisan ala remaja mebuat fans keduanya sepakat untuk menjodohkan mereka berdua sejak adegan gembok pernyataan cinta tersebut. Melihat sang idola melakukannya, banyak fans mereka juga ingin melakukan hal serupa.

Kepercayaan tentang cinta abadi, permohonan dikabulkan atau hal-hal romantis semacam itu membuat orang-orang tertarik untuk mencoba melakukannya juga. Sebagian percaya jika mengunci gembok mereka cinta juga akan terkunci bersama selamanya, namun sebagian tidak mempercayai namun juga melakukannya sekedar seru-seruan.

Gembok cinta mulai bermunculan lumayan banyak di benua eropa maupun asia sekitar tahun 2000an. Di kota Paris yang romantis, Korea Selatan (Namsan Tower) Italia, Jerman (Jembatan Hohenzollern, Cologne), China (Gunung Huangshan), Enoshima – Jepang, Hong Kong (Cheung Chau Island).

Selain filosofi tentang keabadian, panorama yang ditawarkan di area sekitar lokasi Gembok Cinta juga sangat indah. Setting tempat yang keren dengan animasi atau panoama alam mengagumkan serta dan fasilitas yang mendukung membuat tujuan wisata gembok cinta amat hits saat ini.

Pengunjung yang mendatangi lokasi gembok cinta, tidak semuanya dengan pasangan karena banyak juga yang datang dengan sahabat atau keluarga. Umumnya, mereka hanya ingin mengambil gambar, menjadikannya background foto dan diupload ke sosial media. Berikut ini beberapa lokasi tembok cinta seluruh Indonesia yang tidak kalah keren dengan di Paris.

foto by tripadvisor.com

Gembok Cinta di Indonesia

1. Yogyakarta

Siapa yang tidak mengetahui km 0 jogja yang sangat terkenal itu. Di kawasan tersebut ada sebuah instalasi yang dinamakan ‘Digital Heart’, banyak yang menggantungkan gembok cintanya disana. Bentuk digital heart sebenarnya agak berbeda jika dibandingkan dengan lokasi gembok cinta pada umumnya yang berwarna pink, romantis dan sebagainya.

Keromantisan yang ada dibalik instalasi love tersebut adalah dari kisah atau cerita cinta sang penggagasnya. Beliau bernama I Made Arya Palguna dari Bali. Instalasi heart didedikasikan untuk cinta pertama yang kini jadi istri beliau. Kenapa diletakkan di km 0 karena memang disinilah awal pertemuannya dengan sang istri. So ramantic!

foto by cahyogya.com

Lokasi: Jl. Margo Mulyo/Jl. A. Yani No.9, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta 55122
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

2. Jakarta

Di Jakarta, lokasinya ada di Dermaga Hati, Pantai Impian Jaya Ancol. Pagar berkerangka terbuat dari kayu dimana ada simbol hati ditengahnya. Sudah ada banyak gembok bergantung dipagar itu. Akan tetapi, banyak coretan dikayu tersebut ulah orang-orang kurang bertanggung jawab sehingga cukup disayangkan.

foto by lewatmana.com

3. Lembang

Sebuah tempat wisata di Lembang, Bandung bernama Farm House Lembang juga memiliki spot Gembok Cinta. Tempat wisata yang sangat populer ini juga memiliki spot-spot kece instagenic lainnya dengan panorama dan udara sejuk.

Tidak mengherankan jika wisatawan yang datang sangat banyak tidak hanya dari Bandung dan sekitarnya melainkan seluruh Indonesia dan juga wisatawan mancanegara. Ketika musim liburan tiba, Farmhouse Lembang menjadi tujuan wisata banyak orang khususnya dari Jakarta dan sekitar Bandung.

foto by nichealeia.com

4. Bandung

Lokasi Gembok Cinta lainnya di Kota Bandung terletak di Taman Balai Kota. Bapak Ridwan Kamil selaku Gubernur Bandung saat ini merupakan pemrakarsanya. Bentuknya adalah kerangka prisma dari besi.

foto by agungmumpuni.blogspot.co.id

Lokasi: Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 06.00-20.00
Telepon:

5. Malang

Di Malang, lokasi gembok cinta ada di Jalan Veteran. Meskipun ada protes dari MUI pada awal pendiriannya dikarenakan tidak cocok dengan budaya serta karakter kota Malang, namun, kesalahpahaman tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Spot kekinian bertuliskan ‘Ngalam I`m In Love’ menjadi salah satu tempat nongkrong favorit warga Malang.

foto by ngalam.com

Lokasi: Jl. Veteran, Klojen, Malang, Jawa Timur 65145
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

6. Batu

Selain di Jalan Veteran, lokasi gembok cinta lain yang ada di Malang adalah di Kota Batu. Letaknya di Museum Angkut tidak jauh dari pintu keluar. Terdapat spot Love Padlock Museum Angkut and Movie Star, Anda gantungkan gemboknya di love pedlock kemudian lemparkan kuncinya ke kolam.

foto by malangtimes.com

7. Gianyar, Bali

Di Gianyar Bali juga ada spot Gembok Cinta tepatnya di Banjar Gagah, Tegalalang. Lokasinya cukup unik yaitu ditengah sawah dan terhitung masih baru karena dibuka diawal tahun kemaren. Meskipun belum lama dibuka, pengunjung yang datang kesini lumayan ramai. Tempat menggantungkan gemboknya adalah bangunan ‘Love’ tingginya mencapai 3 meter.

foto by kintamani.id

Lokasi: Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon:

8. Probolinggo

Kota Probolinggo tepatnya di Bee Jay Bakau Resort juga memiliki tempat serupa. Ini merupakan tempat wisata hutan bakau populer dengan nama BJBR. Salah satu spot terkenalnya adalah Gembok cinta. Bagi pengunjung yang tidak membawa sendiri gemboknya, disana telah disediakan dengan range harga dari Rp. 25.000 sampai Rp. 30.000.

foto by travelingyuk.com

9. Ambarawa

Ketika sedang berwisata ke Ambarawa, jangan lupa mampir ke salah satu destinasi wisata unggulannya yaitu Bukit Cinta Rawa Pening. Disini tidak hanya bisa menikmati keindahan panorama kota dan danau rawa pening dari ketinggian namun juga ada spot Gembok Cinta yang keren dan beberapa fasilitas lainnya.

foto by travel.kompas.com

10. Sukabumi

Di kompleks GWK (Gedung Widarya Kencana), ada sebuah lokasi wisata baru yaitu Gembok Cinta. Salah satu spot foto yang sedang hits tersebut langsung menjadi populer terutama diantara para pemuda pemudi kota Sukabumi.

Bentuknya bukan hati seperti kebanyakan di tempat lain melainkan lengkungan berbentuk persegi panjang warna biru sepanjang 12 meter dengan tinggi kurang lebih 1, 3 meter. Semenjak pertama dibuka, spot ini langsung memiliki banyak penggemar.

foto by pikiran-rakyat.com

11. Puncak Cemara, Sawahlunto

Berada di Puncak Cemara, Sawahlunto Sumbar tidak hanya dapat menikmati indahnya kota Sawahlunto dari ketinggian, namun terdapat sebuah monumen kesetiaan. Di monumen inilah biasanya gembok-gembok digantungkan. Tujuan dibangunnya monumen cinta adalah sebagai ikon kota terbaru juga untuk menarik minat pengunjung.

foto by jelajahsumbar.com

12. Tenggarong, Kutai Kartanegara

Di Kalimantan terdapat Jembatan Repo-repo yang indah dan juga unik. Jembatan ini merupakan akses para pejalan kaki atau sebagai penghubung antra Kota Tenggarong dengan Pulau Kumala. Jembatan yang panjang tersebut berada diatas sungai Mahakam.

foto by kutaikartanegara.com

13. Samarinda

Para remaja di Kota Tepian, Samarinda memiliki ide unik yaitu membuat lokasi untuk menggantungkan gembok cinta. Lokasinya ada di Jl. MT Haryono sebelah Taman Sejati. Pembuatan pagar kawat ini menuai beberapa perdebatan, sebagian setuju dan banyak juga yang kurang setuju.

14. Lagoi Bay, Bintan

Bintan juga tidak ketinggalan pula menghadirkan tempat wisata serupa. Terbuat dari kerangka besi dengan desain hati berada dekat dengan bibir pantai. Di tengah-tengahnya kerangka love tersebut bertuliskan Lagoi Bay.

foto by altaribatamtour.com

Selain, kota-kota diatas ada juga spot gembok cinta di beberapa kota lainnya seperti Ampang (Alam Panguripan) Tulungagung, Banyuwangi, Banjarnegara, Bogor, Banyubiru, Blitar dan lain-lain.

5/5 (1 Review)
No related post!

Leave a reply