Danau Beratan, Sebuah Objek Wisata di Bali yang Sangat Menyenangkan

384 views

Alamat: Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
HTM: anak-anak sebesar Rp 15.000 dan dewasa sebesar Rp 20.000
Jam buka/ tutup: jam 08.00 hingga jam 18.00 WIB
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/indahnurmega/

Indonesia sangat kaya akan potensi wisata dan beberapa diantaranya berhasil menyedot perhatian dunia. Sebut saja Bali. Pulau Dewata ini menjelma menjadi destinasi wisata yang wah dan objek wisata di sana pun cukup beragam mulai dari pantai, kolam renang, hutan hingga danau.

Setidaknya ada 4 danau yang diketahui menjadi destinasi wisata favorit di Bali, yaitu Danau Buyan, Danau Tamblingan, Danau Batur dan Danau Beratan Bedugul. Khusus untuk danau yang terakhir ini, berikut ada beberapa informasi mengenainya, mari disimak.

Lokasi dan Cara Menuju Danau Beratan

Objek wisata Danau Beratan ini terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Antara danau ini dengan Kota Denpasar jaraknya lumayan jauh yakni sekitar 55 km dengan estimasi lama perjalanan 2 jam.

foto by instagram.com/kou.sidjabat/

Lokasi ini sangat mudah untuk ditemui karena terdapat di pinggir jalan raya yang menjadi penghubung antara Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Tabanan.

Setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa sampai ke sini, yakni dengan ikut paket tour di Bali, menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan kendaraan sewa.

Pilih saja cara yang mana yang Anda suka. Sebaiknya Anda tidak berencana menggunakan kendaraan umum ya, karena belum ada kendaraan umum yang menuju ke sana.

Jalan menuju ke Danau Beratan sangat bagus, hanya saja dari Jl. Raya Mengwi sudah mulai menanjak dan berkelok. Nah, kalau Anda masih belum tahu jalan dan khawatir tersesat saat menuju ke sana, sebaiknya manfaatkan bantuan google map saja.

Baca Juga  Jejeran Menu Cafe Pomegranate Ubud, Tempat Nongkrong Kekinian Yang Keren di Bali

Hal yang Menarik dari Danau Beratan

a. Deskripsi Danau Beratan

foto by instagram.com/kou.sidjabat/

Sebenarnya, alamat Danau Beratan di atas ada di ketinggian sekitar 1240 mdpl. Dengan ketinggian seperti ini, tidak heran jika udara yang ada di sana cukup sejuk dengan kisaran antara 18o C saat malam hari dan 24o C saat siang hari.

Karena kondisi geografi ini pulalah area ini juga dikenal sebagai penghasil sayur yang paling besar di Bali.

Luas Danau Beratan ini sekitar 375,6 hektar. Dengan luas yang demikian itu, Danau Beratan sekaligus menjadi danau yang paling luas kedua setelah Danau Batur.

Keliling Danau Beratan sendiri sekitar 12 km. Soal kedalamannya, danau ini mempunyai kedalaman yang bervariasi antara 22 meter hingga 48 meter. Area danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan rumput yang begitu hijau.

b. Pura Ulun Danu

foto by instagram.com/baliculturevibers/

Air yang ada di Danau Beratan cukup dingin sementara di pinggirannya ada Pura Ulun Danu. Pura ini masih sering dipakai oleh warga sekitar yang beragama Hindu untuk menyelenggarakan upacara keagamaan.

Dalam beberapa kesempatan, terutama saat air danau meluap, Pura Ulun Danu akan tampak seperti terapung dan seolah-olah ada di tengah danau. Karena keindahannya ini pulalah lokasi wisata danau ini sering dijadikan tempat untuk pengambilan foto prewedding.

Bangunan Pura Ulun Danu sangat menggambarkan khas Bali yang mempunyai atap bertingkat. Untuk Menara ada 11 tingkat, 7 tingkat serta 3 tingkat.

Kondisi yang demikian ini mempunyai arti tersendiri dimana itu melambangkan kepercayaan umat Hindu pada 3 dewa yang terdiri atas Dewa Wisnu, Dewa Brahma serta Dewa Siwa.

Jika Anda masih punya uang lembaran Rp 50.000 lama, Anda akan melihat di sana terdapat gambar dari pura ini.

Baca Juga  Ingin Puas Belanja di Bali? Kunjungi Traditional Ubud Art Market

c. Aktifitas di Danau Beratan

foto by instagram.com/debbysilvianisinaga/

Selain bisa menikmati keindahan Pura Ulun Danu dan Danau Beratan, Anda juga bisa menikmati keindahan lain yang ada di sana.

Keindahan yang dimaksud adalah Gunung Catur atau yang biasa disebut juga dengan Puncak Mangu di sisi timur, kebun Raya Eka Bedugul dan Masjid Besar Al Hidayah yang sudah cukup tua sisi barat.

Bosan menikmati pemandangan? Kalau begitu cobalah berjalan kaki agar bisa menikmati keindahan Danau Beratan secara keseluruhan.

Jika Anda enggan untuk berjalan kaki, Anda bisa menyewa perahu yang ada di sana, tentunya dengan biaya tambahan ya.

foto by instagram.com/balitopholiday/

Nah, kalau Anda hobi memancing, sebaiknya Anda juga merasakan sensasi memancing di tempat yang sangat cantik ini. Tidak perlu galau jika Anda tidak membawa peralatan memancing, karena di sini sudah tempat persewaan peralatan tersebut.

Aktivitas lain yang juga tak boleh Anda lewatkan saat berada di sini adalah fotografi. Siapkan kamera terbaik Anda untuk bersaing dengan wisatawan lain yang juga ingin mengabadikan keberadaannya di sini.

Sejarah Danau Beratan

foto by instagram.com/bendesamasinn/

Berdasarkan cerita legenda yang beredar di kalangan rakyat Bali sendiri, awalnya Danau Beratan ini menjadi satu dengan Danau Buyan serta Danau Tamblingan.

Namun, karena adanya suatu gempa yang besar, danau tersebut kemudian terbagi menjadi 3 yang lokasinya berdekatan. Inilah yang menjadi sejarah Danau Beratan.

Nama asli danau yang eksotik ini adalah Danau Beratan atau Danau Bratan. Akan tetapi, karena danau ini masih merupakan bagian dari kawasan wisata Bedugul, jadilah wisatawan menyebutnya lebih lengkap menjadi Danau Beratan Bedugul.

Fasilitas di Danau Beratan

foto by instagram.com/sugiartygiarty88/

a. Toilet
b. Area parkir yang lumayan luas
c. Taman khusus untuk tempat bermain anak-anak
d. Restoran
e. Warung kecil yang juga menjual makanan dan minuman
f. Tempat untuk memancing
g. Tempat sewa alat pancing
h. Tempat sewa perahu
i. Penginapan yang berupa vila dan hotel.
j. Berbagai wahana permainan air seperti jetski, kano dan parasailing

Baca Juga  Menikmati Keindahan Uluwatu Temple yang Menghadap Langsung ke Samudera Hindia

Harga Tiket Masuk dan Tarif Parkir di Danau Beratan

foto by instagram.com/intancity/

Soal tiket masuk Danau Beratan, Anda tidak perlu galau karena harganya sangat murah. Harga ini terbagi menjadi dua kategori yaitu untuk anak-anak dan untuk orang dewasa. Tiket masuk untuk anak-anak sebesar Rp 15.000 per orang dan untuk orang dewasa sebesar Rp 20.000 per orang.

Mengenai biaya parkir, besarannya tergantung pada kendaraan apa yang Anda bawa. Jika Anda membawa sepeda motor, biaya parkirnya hanya sebesar Rp 2.000 per unit.

Tetapi jika Anda membawa mobil, biaya parkirnya menjadi Rp 5.000 per unit. Sementara jika Anda membawa bus, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000 per unit.

Jam Operasional Danau Beratan

foto by instagram.com/yosh_eline/

Untuk jam buka tutup, Danau Beratan ini sudah bisa Anda kunjungi sejak jam 08.00 hingga jam 18.00 WIB.

Namun, waktu yang paling direkomendasikan untuk Anda datang ke objek wisata ini adalah antara 09.00 – 11.00 WIB sekalipun Danau Beratan ditutup sore hari.

Hal ini sengaja disarankan agar Anda terhindar dari kabut. Karena jika kabut sudah turun, keindahan pemandangan Danau Beratan tidak akan maksimal. Sementara saat sore hari biasanya sering turun hujan.

Itulah sedikit informasi mengenai Danau Beratan di Bali. Referensi lain mengenai danau ini bisa Anda baca di Wikipedia.

Referensi yang tersedia di Wikipedia ini ada dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris, silahkan Anda pilih yang sesuai kebutuhan saja. Demikian artikel ini kami sajikan untuk Anda, semoga bermanfaat.

Related Post

Leave a reply