Air Terjun Seribu Bogor, Daya Tarik Curug Tertinggi Se-Jawa Barat Ini Bikin Kamu Malas Pulang. Lihat 12 Gambar ini

2184 views

Warga Jakarta biasanya menjadikan Bogor sebagai tujuan menghabiskan akhir pekan atau waktu libur. Tidak heran jalan menuju Bogor terutama punca selalu padat. Wisata alam di Bogor tidak hanya Puncak, karena banyak sekali tempat-tempat lain yang juga tak kalah memepesonananya.

Wisata alam memiliki sensasi tersendiri dibandingkan dengan wisata ke tempat-tempat hiburan terutama jika track jalan yang dilalui tidak begitu mudah. Ada kepuasan jika dapat menaklukkan itu semua.

foto by jejakpiknik.com

Rekomendasi salah satu tempat wisata alam keren tapi butuh extra tenaga dan kesabaran untuk menaklukkannya adalah Curug Seribu, Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor Jawa Barat. Sebenarnya tidak hanya Curug Seribu saja, ada juga curug-curug lain. Namun tracking kesini cukup menguras stamina.

Curug Seribu, Curug Tertinggi di Jawa Barat

Untuk para pecinta alam, Gunung Bunder Salak Endah Bogor memang salah satu tujuan yang sempurna untuk eksplore keindahan alamnya. Curug Seribu bisa jadi pilihan Anda menelusuri pesona tersembunyinya. Tidak hanya di Majalengka, Kendal, Batu Imogiri Jogja dan Malang, Curug Seribu juga ada di Bogor.

Dibandingkan titik lokasi air terjun serupa yang ada di kawasan TNGHS, Curug Sribu adalah paling menantang cocok untuk para penikmat tantangan. Sepanjang perjalanan sampai di areal air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan alam sangat indah seperti persawahan, hutan pinus, ladang, serta hutan-hutan kecil di area perkampungan warga.

foto by cumilebay.com

Ada peraturan mengenai retribusi tiket di kawasan wisata ini. Pertama harus memebayar harga tiket saat berada di gerbang masuk tempat wisata Gunung Halimun Salak sebesar Rp. 10.000,- kemudian biaya parkir motor Rp. 5000,- sedangkan mobil Rp. 10.000,-. Ketika sampai di lokasi Curug Seribu htm sebesar Rp. 7000,-.

Jika sudah sampai di gerbang masuk TNGHS, perjalanan sebenarnya baru dimulai. Disepanjang jalan, Anda akan menemui petunjuk jalan untuk akses ke lokasi curug selain Seribu seperti Cigamea, Cihurung, Pangeran dll (total ada 7 Curug di kawasan ini).

foto by tripadvisor.co.id

Bila Anda menemui kesulitan dalam menemukan lokasi, tanya saja pada warga setempat. Mereka merupakan peta hidup terbaik atau lihat google maps saja. Kondisi jalan menuju lokasi curug adalah bebatuan dan cukup rusak, agak berbeda pada awal menelusuri jalan karena aspal halus. Semakin dekat lokasi kondisi jalan menjadi semakin kurang baik.

foto by instagram.com/dolino_brown/

Ketika tiba di lokasi pintu gerbang curug, terdapat tempat parkir yang lumayan luas. Dari parkiran berjalan sekitar 100 meter, Anda akan menemukan warung-warung berderet yang menjual aneka macam makanan dan minuman.

foto by sederhanaperjalanan.blogspot.co.id

Anda masih harus berjalan ;agi untuk melihat air terjun tertinggi se jawa barat. Oleh karena itu, ketika datang kesini pastikan kondisi tubuh benar-benar fit Bawa bekal makanan dan minuman juga penting karena warung-warung pedagang hanya ada di dekat parkiran. Jika ingin lebih irit sebaiknya bawa dari rumah.

foto by instagram.com/jonhulwu/

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah kamera baik menggunakan ponsel atau kamera tersendiri. Ini termasuk yang essensial karena sayang jika moment perjalanan Anda tidak diabadikan dalam sebuah foto.

Baca Juga  Hijaunya Air Curug Cikaso Sukabumi Membuat Pengunjung Terpesona

Pemandangan alam disini adalah background pengambilan gambar yang kemungkinan tidak ditemukan ditempat lain.

foto by instagram.com/mhdyusuf.sy/

Ada sebuah lapangan sebagai camping ground dan kegiatan outbound yang Anda temui dalam perjalanan ke air terjun. Terdapat juga penginapan dan villa di sekitar tempat wisata. Terkait nama ‘Seribu’ ada berbagai versi salah satunya adalah jarak yang harus tempuh 1000 meter (1 km) dari perkemahan ini.

foto by indahnyaperjalanan.com

Disamping itu, di daerah ini banyak air terjun kecil-kecil. Bisa juga karena tangga yang disediakan untuk sampai di lokasi kurang lebih berjumlah 1000 anak tangga. Menyisir anak tangga kebawah membutuhkan kurang lebih satu jam. Anak tangga ini bentuknya bebatuan besar.

foto by thejuicytrip.com

Bagian anak tangga yang atas, kondisinya masih bagus dan mulus sehingga lebih nyaman. Akan tetapi semakin ke bawah sekitar 40 meteran, kondisi jalan menjadi licin dan juga terjal. Ditambah dengan keberadaan jurang tepat disebelahnya sehingga Anda harus selalu hati-hati. Pegang ranting pohon ketika jalan menjadi begitu licin untuk extra pengaman.

foto by sianaktalas.blogspot.co.id

Di perjalanan ini kemungkinan Anda juga akan beremu para kera-kera hutan. Suara gemuruh air terjun semakin terdengar bertanda semakin dekat. Kata seribu bisa jadi karena ketinggian air terjun sekitar 1050 meter dari permukaan laut (dpl). Sedangkan kedalaman ceruk kolam diperkirakan 20-30 meter.

foto by instagram.com/mitchella.anasthasya/

Rute Jalan

Alamat Curug Seribu ada di Gn. Sari, Pamijahan. Rute jalan untuk sampai di TNGHS ada 4. Rute 1 melalui jalur Cemplang/ Cibungbulang kemudian Pamijahan sampai di Salak Endah. Rute 2 melalui Cikampak kemudian Salak Endah. Rute 3 lewat Cibatok ke Salak Endah. Rute 4 melalui rute Tamansari – Gunung Bunder – Salak Endah.

Baca Juga  Murah Meriah, 100 Tempat Makan di Bandung Yang Cocok Untuk Keluarga

Rata-rata para pengunjung menggunakan Rute 1 dimana jarak tempuhnya lebih pendek dari rute Jalan Raya Bogor – Leuwiliang. Disamping itu kondisi jalan di rute 1 lebih mulus dan tidak berkelok.

Dari IPB Dramaga ke Gunung Halimun, lalu lintas jalan tidak selalu lancar. Biasanya terdapat 2 titik kemacetan. Pertama di area simpang tiga ke tempat wisata Gunung dan Kedua di Pasar Leuwiliang. Kemacaten biasanya di penuhi oleh kendaraan yang datang dari arah Jakarta.

Bagi pengunjung yang memilih menggunakan angkutan umum baik dari terminal atau stasiun, Anda cari angkutan ke Bogor Trade Mall kemudian naik angkot o3 tujuan Ramayana ke Ciapus. Dari perempatan Ciapus masih ada 7 kilometer lagi sampai di gerbang TNGHS. Plihannya antara jalan kaki atau meminta angkot 03 mengantarkan ke pintu masuk.

Apakah Tempat Ini Menelan Korban?

Ada aura mistis yang terasa ketika telah sampai di pintu masuk Curug Seribu. Mungkin karena luasnya area ditambah lembah terjal disekelilingnya. Tidak disarankan mandi dibawah curug tepat karena arusnya sangat deras sekali.

foto by instagram.com/rohman.aje/

Menurut info dari beberapa pedagang yang ada disini yang notabene merupakan penduduk yang tinggal disekitar curug bercerita jika tempat ini sering sekali telan korbanjiwa. Terutama ketika saat masih dikelola pemda, tempat ini seakan tak terurus. Fasilitas jadi terbengkalai dan korban yang jatuh terbawa arus semakin banyak.

Jika korban sudah tenggelam dan tidak dapat kembali dalam 5 menit maka tubuh korban akan membeku dan tidak mengapung lagi. Kini tempat ini memakan korban yang sudah semakin sedikit di tahun 2017 dan yang terpenting mereka patuh pada aturan disini.

Ada legenda dan misteri terkait Gunung salak yang terkenal yaitu suara orang mandi di malam jum’at atau misteri suara musik tradisional yang menggema di tengah malam. Kawasan ini memang terkenal angker. Banyak cerita tenatng pengunjung atau warga yang kesurupan disini. Namun cerita seram tersebut tidak menjadikan wisatawan berkurang.

Baca Juga  15 Restoran di Puncak yang Wajib Anda Coba

Yang terpenting menurut warga sekitar adalah para pengunjung yang datang berwisata bersikap sopan dan tidak menyalahi aturan pasti tidak akan terjadi apa-apa. Kepopuleran Gunung Salak yang penuh aura mistik ini menjadi perbincangan para warga net juga seperti di forum kaskus. Para kaskuser membagi pengalaman kunjungan mereka disini.

Lokasi: Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810
Map: KlikDisini
HTM: Rp.7000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00-16.00
Telepon:

Related Post

  1. author

    Mau nanya harga tiket masuk curung bulan juli 2018

Leave a reply