Curug Parigi, Niagara Mini Dari Bekasi. 12 Gambar ini Buktinya!

1643 views

Bekasi. Apa yang terpikir ketika mendengar kata itu? Macet, polusi, panas, pabrik? Tapi tahukah Anda, di balik semua label yang melekat pada kota ini sebetulnya menyimpan pesona yang tak kalah menakjubkan dengan kabupaten tetangganya, Bogor. Telusuri pinggiran kabupaten ini maka akan ditemukan surga indah yang menawan.

Kali ini akan dibahas salah satu destinasi wisata di kabupaten Bekasi yakni Curug Parigi.

foto by brlio.net

Curug ini dijuluki Mini Niagara Falls karena mirip air terjun Niagara tetapi versi mini. Beberapa persamaannya antara lain sama-sama membelah dua wilayah, dan air terjun berbentuk melebar. Perbedaannya jelas lokasi air terjun Niagara terletak di Amerika dan Kanada sedangkan Curug Parigi di wilayah Indonesia.

Debit air tergantung curah hujan. Jika sedang musim hujan debit air sangat deras bahkan menutupi hampir seluruh permukaan bebatuan, namun jika musim kemarau debit air berkurang drastis.

foto by travel.detik.com

Sejarah

Curug ini bukan air terjun alami, namun akibat ulah tangan manusia. Awalnya area ini adalah bekas tambang pasir atau galian pasir. Bekas galian dari alat-alat berat itu yang akhirnya membentuk perbedaan ketinggian hingga lahir sebuah air terjun tersebut. Ketinggian air hanya sekitar 2 meter sedangkan lebarnya 20 meter.

Tidak diketahui pasti tahun berapa kejadian tersebut namun lokasi ini pernah menjadi tempat pengambilan gambar pada tahun 80-an yang dibintangi oleh Suzanna sehingga kejadian tersebut dimungkinkan pada tahun 70 atau 60-an.

Curug ini hits kembali setelah era media sosial merebak. Banyak foto yang diunggah dengan hashtag CurugParigi sehingga membuat penasaran banyak orang. Apalagi lokasinya yang tidak jauh dari ibu kota dan dari kota Bekasi membuat pengunjung mudah menemukan destinasi wisata ini.

foto by instagram.com/riswati_anwar/

Lokasi Curug Parigi

Baca Juga  Curug Ciherang, Destinasi Wisata yang Menawarkan Spot Selfie Rumah Pohon. Lihat 12 Foto ini

Curug ini membelah dua kabupaten yakni kabupaten Bekasi dan kabupaten Bogor, terletak di perbatasan kecamatan Bantar Gebang dan Gunung Putri, tepatnya sebelah perumahan Villa Nusa Indah 5. Alamat tepatnya adalah desa Cikiwul kecamatan Bantargebang Kota Bks, Jawa Barat 17152.

Rute Menuju Lokasi

Akses menuju lokasi tidak sulit. Dari Jakarta ataupun Tangerang menuju kota Bekasi terlebih dahulu. Keluar gerbang tol Bekasi Barat atau Bekasi Timur menuju Terminal Kota Bekasi. Sebelum sampai di terminal Bekasi akan ada perempatan kantor Irigasi, ambil arah menuju Narogong. Jalan yang sama menuju Bantar Gebang.

Tepatnya di jalan Narogong KM 12,5 sebelum bertemu dengan jalan Pangkalan Lima akan sampai di pertigaan PT. Hakapole. Lalu ambil belok kanan, tidak jauh dari pertigaan itulah curug ini berada, letaknya sekitar 1 km.

Jika menggunakan angkutan umum dari terminal kota Bekasi naik angkot K11 warna oranye, turun di Pangkalan 5 dilanjutkan dengan naik ojek.

Pilihan terbaik adalah menggunakan motor atau sepeda gowes. Namun harap berhati-hati sebab jalan raya sering dilalui kendaraan besar seperti truk dan tronton. Sebetulnya bisa menggunakan mobil hanya waktu tempuh lebih lama sebab jalan setelah PT. Hokapole hanya cukup dilalui satu mobil (gang Parigi) dan parkir mobil cukup jauh dari parkir motor.

Gang Parigi sepanjang kurang lebih 1 km sebelum menuju lokasi. Akan ada plang dari kayu penunjuk yang bertuliskan Curug Parigi. Ikuti plang tersebut lalu akan ketemu dengan gerbang yang terbuat dari seng, gerbang ini berfungsi juga sebagai loket masuk.

foto by jatenglive.com

Alternatif berikutnya adalah melalui Ciangsana. Akan tetapi jalur ini lebih sulit dan tidak ada akses masuk ke air terjun sebab akses masuk melalui perumahan Villa Nusa Indah 5 dan tidak dibuka untuk umum.

Baca Juga  Ingin Camping Sembari Menikmati Keindahan Alam? Curug Cihurang Tempatnya

Di akhir artikel disediakan peta dari google maps agar lebih jelas. Ikuti map agar tidak tersesat, jika tidak yakin bisa ditanyakan ke penduduk sekitar mengenai keberadaan Curug Parigi.

foto by teluklove.com

Kisah Misteri di Curug Parigi

Di manapun berada hendaknya selalu waspada. Pasalnya di curug ini pun pernah memakan korban yaitu menghilangnya pengunjung di tahun 2015. Menurut cerita yang dilansir Republika pengunjung tersebut menyebrang ke sisi kanan dimana sisi kanan memang lebih dalam dibanding sisi kiri.

Ada pula yang bercerita di media sosial Twitter, ada serombongan anak-anak usia SMP berjumlah 11 anak. 4 anak memutuskan turun berenang, sementara sisanya di warung menikmati jajanan. 3 dari 4 anak tersebut tenggelam secara misterius dan beberapa jam kemudian ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

foto by dakta.com

Hingga saat ini masyarakat meyakini bahwa sisi sebelah kanan merupakan hunian makhluk mistis karena sering memakan korban. Oleh karena cerita tentang keangkeran tersebut sehingga pengunjung dilarang menyebrang sampai sisi kanan (sisi barat).

Meskipun sempat diwarnai cerita kisah angker dan mistis namun tak menyurutkan pengunjung untuk mendatangi curug ini.

foto by beritabekasi.co.id

Menikmati Curug Parigi

Curug Parigi cuku menarik untuk dijadikan pilihan akhir pekan atau liburan warga kota. Selain lokasinya yang dekat pusat kota, tempat ini juga Instagramable. Hanya saja belum ada yang berniat mengelola secara profesional.

foto by instagram.com/deeshoot714/

Sayangnya air di curug ini tidak sebersih curug lain, oleh karenanya jarang yang mau mandi dan berenang. Hanya bermain-main air kecil atau sekedar foto-foto. Terlihat juga sampah-sampah yang terbawa arus sungai sehingga sungai ini terlihat kotor.

Sebaiknya datang pada musim hujan saat debit air maksimal sehingga menghasilkan gambar dan foto yang indah. Namun selalu pantau cuaca, jangan datang ketika hari sedang hujan sebab debit air bisa saja meluap sewaktu-waktu.

foto by instagram.com/visitbekasi/

Lokasi air terjun ini bukan di pegunungan atau perbukitan, udara pada siang hari begitu menyengat. Maka disarankan datang pada pagi hari atau sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terik.

foto by nyero.id

Pada hari kerja warung-warung di sekitar curug tutup, jika tidak ingin repot membawa makanan, minuman, dan camilan sendiri datanglah pada weekend.

foto by travel.kompas.com

Kepopuleran Curug Parigi terangkat berkat foto-foto pengunjung yang diunggah di media sosial Facebook dan Istagram. Mereka memberikan review tentang curug ini. Tak jarang pula yang mengunggah video di Youtube membuat destinasi wisata dekat ibu kota ini semakin terkenal.

Baca Juga  Outdoor, Ini 60 Tempat Makan Keluarga yang Cozy di Bogor

Sebelum populer lokasi ini sering didatangi oleh komunitas pegiat alam seperti komunitas fotografi, komunitas gowes maupun komunitas yang tergabung dalam situs Kaskus. Warga sekitar pun sering berkunjung ke lokasi ini.

foto by sobatgowesbekasi.blogspot.co.id

Harga Tiket Masuk

Harga tiket cukup terjangkau yakni Rp. 10.000 per orang, parkir sepeda motor Rp. 5.000, mobil Rp. 10.000 dan sepeda Rp. 2.000. Harga tersebut adalah update per awal 2018, harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah.

Jam Buka

Biasanya mulai ramai pengunjung sekitar pukul 7 pagi, namun akhir pekan dan hari libur buka lebih pagi pukul 6 pagi dan tutup menjelang maghrib sekitar pukul 6 sore.

Saran dan Tips

Datang pada pagi atau sore hari pada akhir pekan, meski tidak berenang bawa baju ganti, belilah dari warung di sekitar untuk membantu perekonomian warga, jaga sopan santun, jangan membuang sampah ke sungai.

Lokasi: Desa Cikiwul kecamatan Bantar Gebang kota Bekasi Jawa Barat
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 10.000,-
Buka / Tutup: 06.00 – 18.00 WIB.
No Telp:

Related Post

Leave a reply