Nikmati Liburan yang Menyenangkan Bersama Keluarga di Curug Panjang Bogor

2361 views

Liburan adalah hal yang paling menyenangkan, bahkan dinantikan semua orang. Semua penat dapat kita lupakan dengan berlibur. Ada begitu banyak destinasi liburan di dalam kota atau di luar. Jika Anda merupakan pecinta travelling, salah satu pilihan liburan ialah mengunjungi Curug Panjang.

Curug atau air terjun ini berada di Bogor, tepatnya di Desa Citamiang, Paseban, Megamendung, Bogor, Jabar.

Curug panjang, foto: instagram.com/curugmania/

Perhutani merupakan pengelola dari tempat rekreasi ini, dulunya pernah dikelola pihak swasta. Sumber air terjun berada di Desa Citamiang, Megamendung, Bogor dan berasal dari Sungai Paseban yang berada di lereng gunungnya.

Wisata ini berada di kawasan wisata dengan luas 30 hektar dengan ketinggian kurang lebih 1000 mdpl. Jarak dari Bogor kota kurang lebih 20,5 km.

Keunikan Curug Panjang

Pintu masuk, foto: instagram.com/jonas_ikjo18/

Salah satu keunikan dari tempat rekreasi ini ialah bentuknya tidak vertikal sehingga menjadikannya lebih unik dibandingkan dengan curug lain. Air terjun ini mempunyai bentuk slop miring dengan panjang 20 meter.

Ketika hari libur tiba, lokasi ini menjadi pilihan wisata alam yang begitu ramai dikunjungi karena ada berbagai curug lain yang dapat dikunjungi seperti Barong, Bulao, Bunder.

Jernihnya air di sekitar, foto: instagram.com/deta_tea/

Kolam penampungan curug ini terlihat berwarna hijau karena debit air yang cukup tinggi. Meskipun kita diperbolehkan untuk berenang, tetapi harus tetap berhati-hati, karena kedalaman air lebih dari 6 meter, sehingga sangat membahayakan.

Lebih-lebih jika Anda tidak bisa berenang. Sangat disarankan menggunakan life jacket yang biasanya disewa di lokasi.

Hal yang Bisa Dilakukan di Curug Panjang 

Tangga jalan menuju lokasi, foto: instagram.com/oktriasptr/

Berbagai macam hal menarik bisa kita lakukan di sini, seperti:

  • Hobi berenang atau memiliki keahlian renang? Ini saatnya untuk merasakan kesegaran air dari gunung. Kita bisa berenang di curug ini. Tapi, Anda harus berhati-hati karena kedalaman air yang lebih dari 6 meter.
  • kurang lengkap jika tidak mengambil foto keindahan tempat rekreasi ini. Apabila Anda datang bersama dengan teman atau keluarga, abadikan momen yang indah tersebut. Ambil berbagai gambar, jangan lupa posting di media sosial.
  • Pengelola juga menyediakan lokasi camping. Sehingga, jika malas pulang atau belum puas menikmati keindahan dari air terjun ini, kita bisa bermalam di sini. Biasanya terdapat tempat penyewaan kebutuhan camping.
Baca Juga  Sediakan Spot Instagramable, 60 Restoran di Bogor Ini Wajib Anda Datangi!

Rute Menuju Curug Panjang

Pesona yang dimiliki, foto: instagram.com/famtripia/

Jika kita dari arah Ciawi, belok kiri di pertigaan kawasan Megamendung atau di Masjid Jami Nurul Huda. Patokannya adalah masjid ini. Dari belokan ini, udara yang sejuk langsung menerpa kita.

Jalur pertigaan Megamendung untuk sampai di Curug bisa dikatakan cukup jauh, kurang lebih 8 km. Medan beraspal hanya ditemui di awal, setelah itu Anda akan menemukan medan tanah. Bebatuan di sana pun bisa membuat perut menjadi terkoyak.

Salah satu hambatan untuk sampai di tempat rekreasi ini adalah petunjuk jalan yang cukup minim. Apalagi tak banyak penduduk yang berada di sekitar sana.

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/alfian.ahsan/

Sesudah pertigaan Megamendung, Anda akan melewati Unilever Learning Center dan segera ambil arah kanan. Dari sini harus terus berjalan dengan melewati hutan pinus sampai menemukan rumah besar di sisi kanan.

Ketika melewati jalanan, usahakan tetap fokus karena medan semakin lama menjadi semakin menanjak serta mengecil. Bahkan hanya cukup dilalui oleh satu mobil, sedangkan kiri dan kanan jalan adalah jurang serta rumah penduduk.

Apabila Anda menggunakan mobil, pastikan si pengendara mobil merupakan orang yang ahli, karena jalan yang dilalui cukup sulit, apalagi jika bertepatan dengan musim penghujan.

Papan petunjuk jalan, foto: instagram.com/abuarfandy/

Agar semakin memudahkan Anda untuk sampai di air terjun ini, coba gunakan Google Map. Kita bisa mengetik Curug Panjang. Tinggal ikuti saja arah menuju ke air terjun ini.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini harus ditempuh dengan cara berjalan kaki kurang lebih 5 hingga 10 menit dari loket pembelian tiket. Jalanan yang licin dan bebatuan akan menyambut kita, sehingga harus lebih hati-hati, apalagi ketika membawa buah hati.

Baca Juga  Buka Sampai Malam, Bahkan Ada Yang 24 Jam! Ini 100 Tempat Makan di Bandung

Bila membawa lansia, lebih baik jangan mengajak ke air terjun karena bisa membahayakan keselamatan. Bila tidak fokus atau seimbang saat berjalan di batuan. Memang sulit menuju ke lokasi ini, serta memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/aanrachman/

Tetapi, semuanya bisa terasa segar saat mulai naik ke puncak dan mendengar air terjun. Air terjun yang bersih dan sejuk.

Pemandangan yang berada di sekitar air terjun sangat sejuk dan alami, mungkin awalnya kita akan merasakan deburan yang dingin dari air, tapi, lama kelamaan terbiasa dan nyaman di air.

Fasilitas Curug Panjang

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/ojaand/

Sebagai sebuah tempat wisata, ada berbagai fasilitas di dalamnya yang dapat kita gunakan mulai dari kamar ganti, kamar mandi, tempat parkir yang cukup memadai, hingga jajanan. Ketika sudah haus dan lapar, kita tak perlu cemas karena banyak penjaja makanan dan minuman di sini.

Masalah seperti harga tak perlu dikhawatirkan karena harganya masih terjangkau. Biasanya pedagang menjual bakso goreng, gorengan, cuanki dan yang lainnya. Sedangkan, minuman seperti minuman kemasan, es sirup dan lain-lain.

Keseruan berenang di dekat air terjun, foto: instagram.com/bangndy_4812/

Fasilitas penunjang lain yang disediakan seperti tempat ibadah, sewa life jacket, kebutuhan camping, wahana outbond, track mountain bike. Cukup lengkap bukan?

Harga Tiket Masuk

Tidak perlu merogoh kantong hingga dalam-dalam untuk masuk ke lokasi ini. Kita cukup membayar sebesar Rp 12.000 untuk tiket masuk per orang.

Jika membawa kendaraan, kita akan dikenai tarif parkir sebesar Rp 3.000, dan saat ingin menyewa life jacket, dikenakan biaya Rp 35.000.

Lokasi Wisata Lain yang Tak Kalah Menarik

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/khatelyudha/

Setelah menyambangi Curug Panjang, beberapa lokasi wisata ini bisa kita pilih:

  1. Istana Bogor. Siapa orang yang tak mengetahui destinasi ini? meskipun kita tidak bisa masuk di bagian dalamnya tanpa ijin dari Sekneg, jalan-jalan di sekelilingnya dapat dilakukan. Bangunan ini bertempat di Jalan Ir. H. Juanda.
  2. Curug Cibaliung. Lokasinya ada di kawasan Sentul. Tepatnya di Wadung, Karang Tengah, Babakan Madang. Bila menggunakan mobil pribadi bisa ke jalur Tol Jagorawi. Cukup dengan membayar biaya tiket sebesar Rp 10.000, kita sudah bisa masuk kedalamnya.
  3. Rumah pohon dan jembatan kayu Curug Ciherang. Lokasi ini bukan seperti air terjun pada umumnya yang mengalir dengan deras dan mengikuti kelokan. Kesegaran air terjun ini bisa membuat kita ingin merendamkan kaki ke dalamnya. Lokasinya berada di 40 km dari Jakarta.
  4. Goa Agung Garunggang. Lokasinya ada di Cigobang, Babakan Madang, Bogor. Lokasinya searah dengan Curug Cibaliung. Akses jalannya cukup kecil sehingga tidak bisa menggunakan kendaraan roda 4 untuk mencapainya. Kita tidak dipungut biaya apapun untuk masuk.

Akses jalan menuju lokasi, foto: instagram.com/muhamadpasha19/

Lokasi juga masih asri karena tidak banyak pengunjung yang bertamasya ke tempat ini. pemandangan yang menakjubkan dan eksotis bisa dengan mudah ditemukan.

Baca Juga  60 Rumah Makan Dengan Konsep Alam Pedesaan di Bogor

Lokasi: Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770
Map: KlikDisini
HTM: Rp.12.000/Orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: 0857-7750-4020

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply