Keeksotisan Curug Pangeran Bogor Gunung Salak Siap Menemani Liburan Anda

957 views

Untuk para warga ibukota jakarta atau kota-kota besar di Indonesia tentunya sangat familiar dengan kemacetan dan keramaian hidup di kota. Jakarta seolah tidak pernah istirahat, selalu saja penuh kesibukan dari para pelajar sekolah, mahasisa kuliah, pekerja kantoran, public figure, PNS, pejabat, tunawisma, pengamen jalanan dan semuanya.

Setelah berhari-hari dihadapkan dengan padatnya rutinitas, akhir pekan merupakan saat relaksasi terbaik. Sebagian orang memilih beres-beres rumah, tidur seharian atau travelling. Travelling merupakan cara terbaik merefresh kondisi tubuh.

foto by driveinworld.club

Bagi warga Jakarta, Puncak Bogor Jawa Barat menjadi salah satu tujuan berakhir pekan favorit karena suasanya yang sangat sejuk, pemandangan indah, dan tentunya tersedia beragam kuliner. selain Puncak Bogor, Taman Nasional Gunung Halimun Salak Endah dan Gunung Bunder Bogor juga tak kalah banyak penggemarnya.

Disini banyak destinasi wisata yang populer seperti Kolam Renang Tirta Endah, Air Terjun Cigamea, Rumah Pohon Pabongbon, Ranggon Hills, Air Panas Ciparay, Curug Ngumpet, Kawah Ratu, Curug Cihurang, Wisata Puncak Mustika Manik, Curug pangeran, dan banyak lagi. Salah satu yang menjadi favorit wisata air terjun Bogor adalah Curug Pangeran.

foto by instagram.com/siti_muthoharoh_qiani/

Alamat Curug Pangeran dan Harga Tiket Masuk

Letak Curug Pangeran ada di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan. Akses jalan sampai di Curug Pangeran cukup mudah terutama menggunakan kendaraan pribadi. Anda lewat Jalan Raya Jakarta Bogor terus pilih rute menuju Yasmin kemudian IPB Dramaga. Setelah sampai di IPB Dramaga, kurang lebih 3-5 kilometer ada pertigaan Cibatok dan plang.

Disini, Anda pilih belok ke kiri menuju Gunung Bunder dan sampai di gerbang masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Gunung Bunder itu adalah sebuah nama daerah bukan berwujud gunung dengan bentuk bunder.

Baca Juga  Sediakan Spot Instagramable, 60 Restoran di Bogor Ini Wajib Anda Datangi!

Dari pertigaan tadi ke arah Taman Nasional GHS butuh 1 jam perjalanan. Setibanya di gerbang masuk dan disambut ucapan selamat datang, Anda harus bayar tiket masuk 10 ribu per orang dan parkir motor 5 ribu sedangkan mobil 10 ribu.

Bagi yang menggunakan mobil lewat Tol Jagorawi dari Jakarta kemudian keluar tol Sentul City. Anda belok kanan lewat tol Kedung Halang lurus hingga terowongan kemudian pilih jalur kekiri. Anda lurus saja sampai Jalan Dramaga lurus terus melalui jalan besar melewati kantor pegadaian 2 kali hingga sampai di Cikampek.

Dari sini belok kiri dan ikuti rute jalan menuju Gunung Bunder. Anda akan melintasi terminal Segog dan bertemu sebuah persimpangan. Ambil kiri lurus terus hingga sampai di pintu masuk Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Bagi pengunjung yang datang dari arah Bekasi berikut rute yang dapat dilalui. Pertaman dari Bekasi menuju ke arah Cileungsi kemudian sampai di Citeureup. Dari sini perjalanan dilanjutkan ke arah Sirkuit Sentul menuju Jalan Raya Bogor melewati Kebun Raya Bogor.

foto by swiss-belhotel.com

Anda terus jalan sampai di BTM kemudian kawasan Ciapus melewati Curug Nangka Kec. Taman sari dan Curug Luhur lalu Curug Ciputri kemudian Tenjolaya langsung Pamijahan dan sampai di Gunung Salak Endah. Jika masih bingung, lihat saja peta google map.

Saat di pintu masuk, Ada jalan pintas yang dapat dilalui untuk sampai Curug Pangeran yaitu lewat perkampungan. Track jalan mulanya berupa cor coran mulus, kemudian berganti bebatuan agak nanjak saat tiba di areal hutan dan sawah.

Jalur pintas yang dilewati ini memakan waktu kurang lebih 15 menit dengan naik motor atau kurang lebih 2 kilometer dan menembus camping ground depan kawah ratu. Jika sudah sampai disini, ikuti saja jalan petunjuk untuk sampai di Curug Pangeran.

Baca Juga  15 Restoran di Puncak yang Wajib Anda Coba

Ketika dalam perjalanan tersebut, Anda akan melintasi beberapa curug yang terletak di area Gunung Salak Endah diantaranya Curug Cadas Ngampar yang belum lama ii baru dibuka. Lataknya dekat dengan deretan hutan pinus, kemudian Cihurang, Ngumpet dan tiba di areal Curug Pangeran.

foto by ngaboseh.com

Untuk tiket masuk Curug Pangeran sebesar Rp. 10.000. Dari parkiran ke lokasi jalan yang dilalui sudah baik di mana berupa jalan setapak bebatuan. Waktu yang dibutuhkan adalah 10 menit untuk menikmati segarnya air terjun disini. Curug Pangeran mempunyai ketinggian mencapai 8 meter dan kedalaman sekitar 4 meter.

Daya Tarik Curug Pangeran

Tidak hanya menikmati pemandangan eksotis alam Gunung Salak, pengunjung juga dapat berkemah di camping ground yang letaknya tidak jauh dari gerbang masuk. Banyak camp perkemahan di area ini. Hamparan hutan pinus juga akan menemani perjalanan Anda menuju Curug Pangeran.

foto by instagram.com/warasaddam/

Gunung Salak juga menjadi lokasi pendakian favorit para pecinta alam dimana mereka dapat menikmati sunset serta sunrise terbaik dari atas puncak. Bagi para pendaki, jalur yang dilewati adalah jalur Pasir Ringgit kemudian Kawah Ratu hingga sampai di pertigaan Bajuri.

foto by masbei.com

Di area wisata Gunung Bunder selain kemah, terdapat beberapa villa atau penginapan dengan harga biasa sampai luar biasa tergantung fasilitas pendukung serta view yang tamu peroleh. Bukankah sangat menarik tinggal disebuah villa dengan pemandangan mempesona Gunung Salak?

Meskipun pernah ada korban yang tenggelam disini, namun tempat wisata ini tak pernah sepi apalagi sekarang didekat pangeran waterfall ada spot wisata baru. Ada sebuah tempat wisata baru di kawasan Curug Pangeran bernama Rangon Hills.

foto by piknikyok.com

Disini ada banyak spot mengambil foto yang kekinian yaitu mengambil gambar diketinggian. meskipun tergolog baru, tempat ini tak kunjung sepi karean beragam fasilitas penunjang sudah sangat baik sehingga menarik minat para pengunjung.

foto by wisatangehits.com

Legenda, Kisah Mistis & Mitos

Baca Juga  Mau Makan di Daerah Dago? 20 Tempat ini Bisa Jadi Pilihan

Konon sejarah dari Curug Pangeran adalah petilasan raden teman dekat Raden Kiansantang. Kawasan ini menurut info dari masyarakat sekitar lumayan mistis. Setiap malam jum’at ada misteri suara kerumunan orang sedang mandi dan permainan musik tradisional Sunda (degungan, jaipong, dan suara kereta kencana) yang terdengar jelas di kampung warga.

foto by tempatwisatamu.com

Ranggon Hills

Sekitar pertengahan tahun 2017, dibuka tempat wisata baru dengan konsep yang sedang hits saat ini bernama Ranggon Hills. Inimerupakan wisata perbukitan yang mempunyai spot foto instagramable.

foto by lookinsta.com

Di Bogor sudah ada tempat kekinian serupa seperti spot gardu pandang yang kece seperti Rumah Pohon Pabongbon leuwiliang, dan kini hadir Ranggon Hills. Tempat wisata ini meskipun baru namun Anda dapat menemukan banyak postingan foto terkait lokasi ini beredar di medsos. Ini bertanda bahwa Ranggon Hills memang sedang hits.

foto by dlfrom.com

Beberapa spot berfoto yang ada disini diantaranya Rumah Pohon, Perahu Bambu, hingga ayunan langit dan da juga meja terbang serupa di Top Selfie Kragilan. Sepertinya agak berbahaya tapi pengelola telah mensetting dengan pertimbangan keamanan serta kenyamanan pengunjung sehingga Anda tidak usah khawatir. Harga tiket masuk ranggon hills lumayan terjangkau sebesar Rp 10.000/ orang.

foto by kendalljenner.fun

Lokasi: Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 10.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-17.00
Telepon: (0632) 1456889

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply