Menikmati Trekking di Curug Nangka Bogor, Keindahannya Tak Terlupakan. 12 Foto ini Buktinya!

1132 views

Bogor mempunyai julukan kota hujan. Hal ini tak salah faktanya tinggi curah hujan di kabupaten ini. Namun di balik julukan tersebut sebetulnya Bogor menyimpan banyak destinasi wisata menarik.

Mulai dari wisata kuliner, wisata edukasi, wisata belanja, sampai wisata alam. Dari sekian banyak wisata yang ada di kabupaten ini, wisata alam masih mempunyai tempat tersendiri bagi wisatawan. Hal ini karena sebagian besar topografinya merupakan daerah pegunungan dan dataran tinggi.

foto by hargatiketwisatakita.com

Udara sejuk mendominasi wilayah ini dan juga pepohonan rindang menyegarkan mata sehingga wilayah ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan terutama yang berasal dari ibu kota. Tak hanya warga ibu kota, warga lokal pun sering berwisata di daerahnya sendiri.

Sejarah Curug Nangka

Menurut sejarah masyarakat setempat nama Curug Nangka diberikan karena dahulu di daerah tersebut ada sebuah pohon nangka yang mana bila berbuah sebesar gulungan kasur. Pohon itu hanya satu di dekat curug itu sehingga masyarakat menambakan sebagai Curug Nangka.

foto by wisatalova.com

Masih menurut legenda setempat, di sini ini ada sebuah lubang yang bisa tembus ke Cipatuhunan Kute Maneh Sukabumi. Namun sampai saat ini keberadaan lubang tersebut masih menjadi misteri.

Ada pula yang menyebut curug ini angker dan berhantu. Namun hal ini tak lepas dari mitos dan legenda masyarakat yang menyebut bahwa lokasi ini merupakan kediaman Raden Surya Kencana.

Lokasi Curug Nangka

Terletak di kaki Gunung Salak dengan ketinggian 750 mdpl, masih masuk kawasan Taman Nasional Halimun Salak sehingga dijaga dan dilestarikan dengan baik oleh pengelola taman nasional.

Disebut juga Curug Cinangka beralamat di desa Sukajadi kecamatan Tamansari kabupaten Bogor, Jawa Barat 16370. Dahulu berada di kecamatan Ciomas, namun kemudian mengalami pemekaran wilayah sehingga sekarang berada di kecamatan Tamansari.

Baca Juga  Pesona Kolam Hijau Curug Leuwi Lieuk Sentul Bikin Betah Berlama-lama, 12 Gambar Ini Buktinya!

Ada nama destinasi air terjun yang hampir sama dengan Curug Nangka, yakni Curug Nangka Bongkok yang terletak di kabupaten Subang.

foto by pictame.com

Jalur Menuju Curug Nangka

Akses menuju lokasi terbilang mudah karena terdapat banyak papan petunjuk yang mengarahkan pada lokasi. Bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Jika menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, Bekasi, Depok atau Tangerang sebaiknya naik kereta api lalu turun di stasiun Bogor. Dari stasiun Bogor naik angkot 02 warna merah menuju Bogor Trade Mall kemudian pindah ke angkot biru 03 (jurusan BTM – Ciapus) yang melewati Kebun Raya Bogor.

Mintalah berhenti di pertigaan Ciapus sebelum pintu gerbang menuju lokasi. Perjalanan sekitar 25 km atau bisa ditempuh selama 45 menit. Ambil belok kiri menuju Curug Nangka dengan berjalan kaki kurang lebih 700 meter.

Namun jika menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui Sentul lalu ke BTM menuju arah Empang kemudian belok kanan. Arah ini juga arah yang sama menuju Curug Luhur dan Pura Prahyangan Agung Jagatkarta. Lurus terus hingga pertigaan dimana terlihat Hotel Highland Park Resort.

Di pertigaan ini ambil jalan ke arah kiri, jika ke kanan menuju Curug Luhur. Kurang lebih 700 meter dari pertigaan ini akan bertemu dengan gerbang pertama menuju Curug Nangka.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat peta di akhir artikel dimana link map yang disediakan berasal dari Google Maps. Dan selalu on-kan gps untuk berjaga-jaga jika tersesat.

Trekking Dimulai

Parkirkan kendaraan di lokasi parkir. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tubuh sehat dan stamina yang fit dibutuhkan untuk menaklukkan medan yang bisa dikatakan tidak mudah.

foto by wisatatempatku.com

Meskipun perjalanan trekking cukup menguras tenaga namun jangan khawatir rasa lelak tidak terasa karena sepanjang perjalanan dikelilingi pepohonan rindang dan udara sejuk, apalagi jika berangkat bersama keluarga dan sahabat, sambil menikmati pemandangan juga bisa diselingi canda tawa.

foto by instagram.com/citra_wati/

Jika beruntung sepanjang perjalanan akan bertemu dengan monyet-monyet yang melintas pohon. Asal tidak diganggu monyet-monyet itu tidak akan agresif menyerang pengunjung.

foto by instagram.com/tijanatimebomb/

Semua rasa lelah selama menempuh perjalanan trekking akan terbayar ketika sampai di air terjun. Air turun tak henti-hentinya dari ketinggian puluhan meter sungguh menyejukkan.

Baca Juga  35 Tempat Makan Murah Meriah di Kawasan Bekasi

Dikelilingi pepohonan rindang dan suhu udara berkisar 22 derajat, suhu udara sejuk dan ideal. Jangan sampai terlewatkan untuk mengeksplorasi setiap sudut dengan mengambil foto.

foto by tempatwisatadibogor.net

Lokasi ini sesungguhnya merupakan sebuah kawasan yang terdiri dari tiga curug dengan lokasi berdekatan. Terletak sekitar satu kilo meter dari Curug Nangka terdapat dua air terjun lain yang lebih kecil yakni Curug Daun Curug Kawung.

foto by waterfalladventurebekasi.blogspot.co.id

Tinggi air Curug Daun tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 6 meter. Pengunjung bisa berhenti di sini untuk menikmati sejuknya air atau melanjutkan perjalanan.

Perjalanan berikutnya harus menyusuri jalan di pinggiran sungai, tidak boleh menyusuri sungai sebab air bah bisa datang kapan saja yang bisa menyebabkan bahaya bagi pengunjung.

foto by halvorhusky.blogspot.co.id

Air terjun berikutnya adalah Curug Kawung. Air terjun ini lebih tinggi dari Curug Daun, yakni sekitar 25 meter. Dapat dicapai dengan trekking di jalan tanah yang naik turun. Pemandangan di sini lebih menakjubkan karena dikelilingi bukit yang hijau.

foto by halvorhusky.blogspot.co.id

Area ini juga lebih terbuka sehingga lebih aman dari bahaya air bah. Air yang turun dari atas pun tidak begitu deras karena sudah melewati tebing-tebing (hill) terlebih dahulu. Pemandangan seperti itu juga bisa ditemukan di Curug Nangga Ajibarang dekat Karang Lewas yang terletak di Banyumas provinsi Jawa Tengah.

foto by banyumasnews.com

Pengunjung yang mempunyai jiwa petualang atau pecinta alam bisa mendirikan tenda di area camping ground. Sudah tersedia fasilitas toilet dan mushola serta beberapa warung yang menyediakan makanan matang maupun instan di pintu gerbang.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Ada tiga gerbang untuk memasuki kawasan ini. Gerbang pertama dikenakan Rp. 7.500 per orang, gerbang kedua Rp. 10.000 per orang, dan terakhir di lokasi parkir. Parkir sepeda motor Rp. 5.000 dan parkir mobil Rp. 10.000.

Baca Juga  20 Daftar Restoran di Cirebon Yang Paling Enak

Maka, jika dirata-rata untuk menikmati keindahan wisata alam ini per orang dikenakan Rp. 25.000. Harga yang cukup terjangkau bukan? Info ini update per awal tahun 2018, harga tiket sewaktu-waktu bisa saja berubah.

Penginapan Dekat Curug

Untuk pengunjung yang ingin menginap di wilayah sekitar Curug bisa memilih dengan mendirikan tenda di camping ground. Namun juga bisa memilih penginapan atau villa tersedia, misalnya Resort Highlander, The Highland Park Resort Bogor, Villa Ciapus, Homestay Sidomukti, dan lain-lain.

Atau mau merasakan sensai camping tapi tak mau ribet dengan segala macam peralatan tenda, tempat tidur, dan makan? Bisa dicoba menginap di green glamping (glamorous camping) di Herman Lantang Camp.

foto by pritasyalala.blogspot.co.id

Dari penginapan tersebut pengunjung bisa melakukan gowes menikmati keindahan alam di sekitar curug, namun tentu saja harus memilih trek yang aman buat sepeda.

Info lebih lengkap mengenai ulasan villa dan penginapan tersebut bisa dicari di website travelling seperti Traveloka, Booking, atau Tripadvisor. Situs tersebut mengulas lebih lengkap disertai gambar dan photo lokasi.

Setelah puas mengeksplorasi Curug Nangka dan sekitarnya wisatawan bisa melanjutkan ke destinasi lain yang dekat dengan curug ini. Misalnya Taman Safari Indonesia di Cisarua, Danau Cigudeg, atau kampung wisata Cinangneng.

Lokasi: Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16370
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 25.000
Buka / Tutup: 06.30 – 19.00 WIB
No Telp: 0858-8820-8799

5/5 (1 Review)

Related Post

Leave a reply