Ingin Mengajak Buah Hati Ke Wahana Air yang Menyenangkan? Curug Naga Pilihannya

2268 views

Bila membicarakan mengenai lokasi wisata alam berada di Bogor, memang tidak akan pernah habis. Kota ini lebih dikenal sebagai kota hujan ini begitu banyak memiliki wisata alam indah.

Deretan air terjun sangat indah selalu menghiasi kota ini. Contohnya seperti Curug Seribu, Nangka hingga pangeran. Destinasi rekreasi di Bogor juga tidak pernah surut dari para pengunjung.

Curug naga, foto: instagram.com/curugnaga/

Hal tersebut dikarenakan akses mudah dijangkau oleh kota lain di sekitarnya seperti Tangerang, Depok, Bekasi hingga Tangerang. Masih mengenai wisata air, bila Anda ingin mencoba mengunjungi wisata air berbeda, cobalah singgah ke Curug Naga.

Lokasi ini bisa memberikan Anda pengalaman berbeda dibandingkan dengan biasanya, tentu saja bisa memacu adrenalin. Penasaran seperti apa keseruan ditawarkan oleh curug ini?

Green Canyon Indonesia

Derasnya air di sekitar, foto: instagram.com/iwan_thejahats/

Anda yang berasal dari luar kota mungkin tidak begitu familiar dengan nama curug ini, karena namanya tidak begitu terkenal bila dibandingkan dengan air terjun lainnya seperti Panjang atau Cilember.

Namun bukan berarti air terjun ini memiliki panorama yang tidak seindah curug lain, dan mungkin sudah dikenal terlebih dulu. Banyak wisatawan berpendapat jika air terjun ini merupakan Green Canyon ala Bogor Indonesia.

Percaya atau tidak, Anda harus membuktikan sendiri keindahan dari air terjun ini. Lokasi wisata ini memang cocok bagi kita yang menyukai petualangan dan tantangan karena untuk menuju lokasi harus menyusuri sungai dengan panjang 100 meter.

Keseruan bermain di sekitar lokasi, foto: instagram.com/lalanurmala24/

Lokasi ini mempunyai kolam cukup dalam serta mempunyai kondisi air yang tenang sehingga cocok dipergunakan untuk berenang atau pun melompat bebas. Sekilas mirip dengan Kali Suci yang bertempat di Kulon Progo Jogja.

Baca Juga  Cari Tempat Makan Buat Rombongan? Ini 100 Rumah Makan di Bandung Yang Luas

Tingkat keseruan yang diberikan juga bisa dikatakan sekelas, hal yang membedakan hanya sungai di sini mempunyai ukuran lebih kecil.

Body Rafting Curug Naga

Jernihnya air yang ada di sekitar, foto: instagram.com/dewidhesavitri/

Tempat rekreasi ini dikenal sebagai tempat body rafting. Air jernih dan medan yang menantang, bahkan dikelilingi dengan tebing adalah gambaran singkat dari lokasi ini.

Sebelum, sampai di lokasi yang kita tuju, Anda harus menyusuri terlebih dulu arus sungai serta melewati Curug Priuk. Di sini, kita akan merasakan keseruan body rafting.

Lokasi ini sendiri mempunyai tinggi kurang lebih 28 meter. Air terjun ini adalah bagian aliran sungai Cirangrang dengan membentuk beberapa air terjun lain, termasuk curug lain seperti Panjang.

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/adnankasogi64/

Panjang track yang nantinya dilewati sebelum sampai Naga ialah 100 meter. Saat perjalanan, kita mengikuti arus sungai yang airnya begitu jernih. Rafting di lokasi ini adalah wisata petualangan yang sayang dilewatkan, apalagi untuk anak muda yang suka akan tantangan.

Harus di catat jika rafting di sini dapat dikategorikan sebagai wisata dengan minat khusus. Lokasi ini bukan tempat wisata umum yang dapat dikunjungi tanpa melakukan persiapan apapun. Agar bisa melakukan olahraga ini, Anda harus ditemani pemandu.

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/s4r1r/

Biasanya, mereka yang melakukan olahraga ini adalah orang kantoran atau kampus yang ingin menikmati waktu berlibur bersama dengan teman-teman. Satu rombongan minimal 10 orang. Walaupun begitu, jika ingin perorangan juga tetap dilayani asalkan di hari libur.

Karena, dari kabar yang beredar body rafting ketika weekdays tidak dilayani bila bukan rombongan.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Body Rafting

Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum melakukan olahraga ini. Kita harus menyiapkan persiapan fisik yang sangat prima karena terdapat track yang harus dilewati. Track-track ini sangat menguras energi.

Tebing batu di sekitar, foto: instagram.com/dewidhesavitri/

Beberapa kali kita juga akan melakukan lompatan yang cukup tinggi, lebih baik bekali diri dengan berbagai perlengkapan outdoor seperti alas kaki, jangan sampai kita salah kostum karena bisa merepotkan orang lain.

Baca Juga  Yuk Mampir Lagi ke 5 Restoran di Summarecon Mall ini

Untuk melakukan olahraga yang memacu adrenalin ini, kita harus melakukan reservasi terlebih dulu serta memilih paket yang telah disediakan operator. Di sini memang bukan hanya bisa body rafting saja, tetapi bisa melakukan serangkaian kegiatan lainnya.

salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/curugnaga/

Bagaimana dengan masalah perlengkapan? Berbagai perlengkapan tidak perlu disiapkan di rumah karena telah disediakan operator. Memang, jumlah minimal dalam satu rombongan adalah 10 orang, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kurang dari angka tersebut.

Asalkan, kita harus mau membayar lebih. Jika ingin mengabadikan momen selama melakukan olahraga ini, Anda tak boleh lupa membawa kamera anti air. Usahakan sampai di sini sebelum jam 12 siang karena pendaftaran biasanya di tutup ketika siang hari.

Rute Menuju Curug Naga

Berenang di sekitar air terjun, foto: instagram.com/santo_valentino/

Curug ini memiliki jarak kurang lebih 8 km dari pertigaan Megamendung, Puncak. Bila dari pertigaan ini, kita bisa belok ke kiri dengan melewati Unilever Learning Center serta Pusdik Reskin Polri.

Dari sini, kita bisa mengambil jalur sebelah kanan dan perjalanan dilanjutkan dengan membelah hutan pinus yang menantang. Sampai bertemu di pertigaan. Kita bisa memilih jalan menurun ke bawah. Di sini akan menemukan plang dengan tulisan Curug Naga.

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/erick_arisendy/

Bagaimana jika dari luar kota dan mengunjungi air terjun menggunakan angkutan umum? Apabila memilih kendaraan umum, biasanya mereka yang datang dari kota seperti Jakarta lebih memilih naik KRL turun di Stasiun Bogor.

Rombongan akan menyewa angkot dari stasiun untuk sampai di camp. Sebagian supir angkot sudah paham mengenai rute ini, bahkan mereka pun telah memiliki tarif tersendiri. Jadi, kita tak perlu cemas jika datang dari luar kota.

Baca Juga  Gak Mau Pulang!! 15 Kuliner di Puncak yang Bikin Betah

Harga Tiket Masuk

Tak perlu cemas, bila hanya sekedar masuk ke lokasi wisata ini, kita tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Cukup membayar sebesar Rp 9.000 per orang. Harga ini di rasa cukup murah, karena lokasi ini sudah memiliki berbagai macam fasilitas penunjang.

Paket Berjelajah Curug

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/muhammad.asnawi15/

Berikut beberapa paket yang bisa kita pilih, seperti:

a. Paket menjelajahi wahana. Rp 135.000 per orang. Paket ini termasuk tiket masuk wisata, peralatan, instruktur, trekking di Curug Priuk, Naga, Barong serta asuransi tiket. Minimal untuk 10 orang.

b. Jelajah Fun. Rp 180.000 per orang termasuk tiket masuk, makan 1X, snack 1X, guide, peralatan, trekking di Priuk, Naga, Barong serta asuransi dari tiket. Minimal 10 orang.

c. Menjelajah di 2 curug. Rp 110.000 per orang. Paket tersebut termasuk tiket masuk wisata, peralatan, instruktur, trekking 2 curug serta asuransi tiket. Minimal sama, 10 orang.

Lompat dari tebing, foto: instagram.com/andriean1407/

d. Paket jelajah di Naga. Rp 85.000 per orang. Harga ini sudah termasuk tiket untuk masuk, instruktur, peralatan, trekking, serta asuransi tiket. Minimal juga 10 orang.

e. Paket Barong. Rp 75.000 per orang. Harga tersebut termasuk tiket masuk, instruktur, peralatan, trekking, serta asuransi tiket. Minimal 10 orang.

f. Paket Camping. Paket ini selama 2 hari 1 malam. Rp 375.000 harga ini termasuk makan 4X, tiket masuk, snack 1X, swa area, perlengkapan, trekking 3 air terjun, instruktur, peralatan, asuransi di tiket.

Lokasi: Desa Citamiang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16110
Map: KlikDisini
HTM: Rp.9.000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon: 0878-7373-7158

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply