Keindahan Wisata Air Terjun Curug Luhur Bogor, 12 Foto Ini Buktinya!

1273 views

Bagi para pecinta pariwisata air terjun, coba datang ke Curug Luhur Bogor. Lokasinya ada di Desa Gunung Malang, Kec. Tenjolaya. Selain terkenal sebagai kota hujam, Bogor Jawa Barat memang menjadi salah satu kota yang memiliki wisata air terjun terbanyak di Indonesia.

foto by curug-luhur

Ini bisa jadi salah satu lokasi wisata keluarga karena letaknya tidak begitu jauh dari parkiran. Sehingga memungkinkan anak-anak untuk turut serta. Karena biasanya wisata air terjun yang menjadi kendala adalan lokasinya yang jauh dari tempat parkir dan medan yang mengharuskan untuk berjalan kaki.

Untuk sampai disini dari lokasi parkir hanya membutuhkan 150 meter saja. Lokasinya kurang lebih 5 kilometer dari pertigaan yang mengarah ke Curug Nangka, arahnya ke Gunung Bunder. Cocok bagi para orang tua yang ingin mengajak anak kecil. Di samping itu, pemandangan alam disekitarnya juga indah dan menyegarkan serta udaranya sejuk.

Pesona Curug Luhur Bogor

Lokasinya cukup strategis dapat di akses dengan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Jaraknya juga lumayan dekat dengan Curug Nangka sekitar 5 atau 6 kilometer.

Air terjun memiliki tinggi 60 meter dengan intensitas air yang lumayan deras. Dibawah air terjun terdapat kolam yang dapat digunakan para pengunjung untuk berendam atau menikmati segarnya air disini.

foto by tempatwisatadibogor.net/

Disamping itu panorama yang ditawarkan disekeliling air terjun juga indah sehingga membuat fikiran dan tubuh fresh. Ada beberapa air terjun setinggi 2 meter yang tidak terlalu deras airnya. Air yang mengalir di air terjun ini juga dapat Anda rasakan kesegarannya untuk membasuh muka dan merasakan kesejukannya terutama jika datang kesini di musim panas.

foto by tempatwisatadibogor.net

Sebenarnya hanya ada satu aliran air terjun saja disini. Namun, warga sekitar membuanya menjadi 2 aliran air terjun. Yang buatan ini alirannya tidak terlalu deras dibandingkan dengan yang asli. Meskipun demikian, curahan air buatan ini menambah keindahan lokasi wisata di tempat ini.

Baca Juga  Ingin Camping Sembari Menikmati Keindahan Alam? Curug Cihurang Tempatnya

Alamat dan Rute Jalan Menuju Curug Luhur Bogor

Alamat Curug Luhur ada di sebelah jalan raya Bogor menuju Gunung Salak. Membutuhkan perjalanan sekitar 20 kilometer atau 30- 45 menit perjalanan dengan kendaran pribadi. Lokasi tepatnya ada di Jalan Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat.

Dari pusat kota Bogor butuh 24 kilometer perjalanan atau sekitar 90 menit perjalanan. Berwisata ke Curug Luhur bisa jadi pilihan Anda yang tinggal di sekitar Bogor. Ada 2 rute jalan jika dari arah Jakarta.

Rute 1 adalah melalui Kebun Raya Bogor – Empang – Cikaret – Ciapus. Rute 2 adalah lewat Jalan Soleh Iskandar – Jalan Ciomas – Laladon – Simpang Pagelaran – Curug Luhur. Kedua rute memiliki jarak yang hampir sama. Namun, rute pertama lumayan padat arus lalu lintasnya. Jadi bagi yang kurang suka kepadatan lalu lintas, pilih rute 2.

Selain itu, dapat juga melewati Jalan Darmaga (IPB), kemudian lurus terus ke Cinangneng, belok di pertigaan setelah Majid Besar Al-Hidayah letaknya di pinggir sungai, kemudian lurus ke Kecamatan Tenjolaya dan sampai ke Curug Luhur.

Anda juga dapat menggunakan rute jalan dari pusat kota bogor kearah leuwiliang sampai di daerah ciampea kemudian arahkan ke gunung salak endah berlanjut ke tenjolaya dan sampai di lokasi.

Jika menggunakan transportasi umum, dari daerah mana saja Anda rutenya adalah dari Bogor Trade Mall / Museum Zoologi. Disini cari angkot o3 tujuannya Ramayana – Ciapus. Angkot ini tidak sampai lokasi, hanya sampai di perempatan Ciapus. Anda masih harus menempuh kurang lebih 7 kilometer dan sudah tidak ada angkot beroperasi.

Bagi yang menggunakan kereta, turun di stasiun Bogor dan gunakan transportasi umum untuk sampai di Bogor Trade Mall / Museum Zoologi. Kemudian ikuti petunjuk yang sama seperti telah disebutkan di paragraf sebelumnya. Atau Anda dapat melihat peta/ intruksi via google map jika masih merasa bingung.

Baca Juga  Yummi! 20 Wisata Kuliner Malam Hari di Dago Bandung

Itulah kenapa lebih disarankan menggunakan motor atau mobil pribadi saja. Sebenarnya dari perempatan Ciapus tadi, Anda dapat meminta angkot yang Anda tumpangi untuk sekalian melanjutkan perjalanan hingga parkiran dengan syarat ada biaya tambah tentunya.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur Bogor

Setibanya di tempat parkir, Anda diwajibkan membayar tiket sebesar Rp. 40.000 /orang. Biaya parkir motor Rp. 8000 dan mobil Rp. 20.000. Jika dibandingkan dengan tiket masuk wisata air terjun lain, htm disini agak mahal. hal tersebut karena, pengunjung tidak hanya menikmati keindahan air terjun melainkan ada fasilitas waterpark.

Ada kolam yang lumayan dangkal sehingga cocok untuk anak-anak. Air kolam berasal dari aliran air terjun. Sedangkan air terjun aslinya telah dipasang pagar sekeliling sehingga tidak memungkinkan pengunjung untuk berenang dibawar air terjun langsung. Alasan ini didasari oleh sistem pengaman pihak pengelola. Ada juga kolam buatan bagi pengunjung dewasa.

Ketinggiannya mencapai 50 meter dimana memiliki kedalaman 7 meter. Awal mula kolam ini dalamnya 15 meter, namun pihak pengelola menimbun banyak material agar lebih dangkal demi keamnan para pengunjung.

Fasilitas lain disini adalah terdapat tempat makan, mck yang lumayan bersih serta gazebo-gazebo. Setelah puas berendam dapat makan atau duduk bersantai menikmati panorama eksotis alam sekeliling.

Disamping itu kawasan Ciapus ini terdapat banyak penginapan, villa maupun hotel yang dapat dijadikan tempat nyaman menghabiskan liburan. Karena memang kawasan ini tidak hanya terkenal angker namun banyak sekali destinasi wisata menarik sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan liburan mereka sambil menginap di resort atau villa.

Curug Nangka

Curug Nangka adalah salah satu wisata alam air terjun yang ada di kaki gunung Salak, Bogor. Pesona dari tempat ini adalah adanya 3 air terjun dalam satu tempat dengan ketinggian berbeda – beda (10 sampai 20 meter.

foto by hargatiketwisatakita.com

Jika Anda yang masih kurang puas pergi ke curug Luhur, mungkin ke curug nangka bisa jadi opsi melengkapi hari libur Anda. Karena memang kedaan curug luhur kini semakin kurang baik bahan sebelum tahun 2017. Ditambah dengan banyak oknum yang kurang baik meminta biaya masuk kepada para pengunjung yang tidak sewajarya.

Baca Juga  Asyik Lho! Mengeksplore Pesona Keindahan Curug Cigamea Air Terjun Kembar

Curug Luhur Selain Bogor

1. Curug Luhur Cibodas
Ini merupakan tempat wisata yang terhitung masih baru karena baru diresmikan pertengahan bulan januari 2017. Ini bisa jadi salah satu pilihan berwisata alam ketika akhir pekan. Tempat ini menawarkan panorama yang indah menakjubkan.

foto by kemanakuy.blogspot.co.id

Lokasinya ada di Des. Suntenjaya, Kec. Lembang, Kab. Bandung, Jawa Barat. Air terjun ini dikelola langsung oleh KPH Bandung Utara. Meskipun masih berumur setahun, tempat ini tak pernah sepi terutama dihari-hari libur.

2. Curug luhur surade Sukabumi
Di Sukabumi juga terdapat wisata air terjun bernama curug luhur atau populer dengan nama Curug Cikaso. Lokasinya ada di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Letaknya lumayan dekat dengan pintu masuk ke pantai Ujung genteng.

foto by obyekwisatasukabumi.wordpress.com

3. Curug Luhur Saraganten

foto by boscocianjur.blogspot.co.id

4. Curug Luhur Bumijaya, Tegal (Tempatnya satu kawasan dengan Curug Pengantin Guci)

foto by orangtegalasli.blogspot.co.id

5. Curug Luhur Sentul Babakan Madang ( dekat dengan lokasi wisata Gunung Pancar)

6. Curug Luhur Cimanggu Pangandaran

foto by survive-giezag.org

7. Curug Luhur Cibinong, Cianjur Selatan

foto by satulensa.com

8. Curug Luhur Cisompet Garut

foto by travelingyuk.com

9. Kemudian ada di Ciambar (taman nasional gunung gede pangrango ada di desa ambar jaya kec. parungkuda), Cipicung Kuningan, Desa Tuwel Tegal, Desa Tanjungkerta Kuningan, Gunung Tanjung Tasikmalaya, Cigangsa Sukabumi, dll.

foto by socimage.com

Lokasi: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 40.000
Buka/Tutup: 07.00-17.00
Telepon:

3/5 (2 Reviews)

Related Post

Leave a reply