Curug Leuwi Hejo Bogor, Little Green Canyon Dekat Dengan Kota

1690 views

Bogor menjanjikan sejuta keindahan wisata, baik wisata buatan, wisata kuliner, wisata belanja, maupun wisata alam. Ada beberapa wisata alam terkenal dan wajib dikunjungi jika berada di kabupaten ini.

Wisata tersebut adalah wana wisata alam air terjun atau curug. Ada sekitar 12 air terjun di daerah Sentul yang bisa disambangi misalnya Curug Panjang Megamendung, Bidadari, 7 Cilember, Ciherang, Leuwi Hejo. Dari sekian banyak curug tersebut ada satu curug yang sudah terkenal akan keindahannya, yakni Curug Leuwi Hejo.

foto by jejakpiknik.com

Curug Leuwi Hejo sudah lama terkenal sebagai destinasi wisata alam di daerah Sentul. Meskipun pernah ditutup karena musibah longsor, tetapi sekarang sudah dibuka kembali dan pengelola sudah menambahkan fasilitas dan pengamanan bagi pengunjung.

Sejarah Curug Leuwi Hejo

Tidak banyak yang memberikan informasi mengenai sejarah lokasi ini. Namun faktanya curug ini menjadi hulu bagi aliran sungai Cileungsi.

Warna air di area ini berwarna hijau akibat dari pantulan sinar matahari dan berada di bawah bukit kecil, warga menyebutnya sebagai Leuwi Hejo yang berarti lubuk/kolam pemandian yang berwarna hijau.

foto by jejakpiknik.com

Disebut juga sebagai Curug Bengkok, asal usul ini karena air terjun ini tidak lurus tetapi melewati bebatuan sehingga alirannya bengkok.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Alamat curug ini adalah di desa Sukajadi Cibadak Kecamatan Sukamakmur kabupaten Bogor Jawa Barat 16830. Di sekitar curug ini terdapat beberapa curug lain, misalnya Curug Cepet, Curug Leuwi Liuk, dan Curug Barong.

foto by masbei.com

Jalur Menuju Lokasi

Terdapat dua alternatif akses menuju lokasi. Dari Jakarta, Bekasi, Depok atau Tangerang bisa via jalan Sentul City atau melalui Cituereup Bogor. Alternatif pertama keluar tol Jagorawi di pintu tol Sentul City, ambil kiri ke arah Sentul City, Jungle Land, dan Giant.

Setelah sampai di Giant akan melalui jalan menurun menuju pertigaan Rainbow Hills Golf, lalu ambil kiri ke arah Polsek Babakan Madang. Kemudian di pertigaan ambil arah Gunung Pancar lurus lagi sampai di pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah.

Baca Juga  Berwisata ke Bogor? Jangan Lewatkan River Trekking Seru di Curug Cibulao

Setelah itu ambil kiri menuju desa Karang Tengah, tak lama kemudian akan sampai di plang bertuliskan Selamat Datang di Obyek Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong. Posisi plang di kanan jalan.

Alternatif kedua melalui rute Citeureup. Setelah keluar tol Sentul City atau Cibubur ambil arah jalan menuju Jonggol. Jalan menuju kecamatan Citeureup dan Sukamakmur lebih mulus dibandingkan lewat Gunung Pancar.

Pengunjung yang berasal dari Cibinong atau Parung sebaiknya melalui rute ini. Ketika sudah sampai di pertigaan Jonggol – Cianjur di desa Karang Tengah carilah plang bertuliskan Selamat Datang di Obyek Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong, posisi plang di kiri jalan.

Agar lebih jelas bisa melihat peta yang disediakan di akhir artikel lengkap dengan link google maps dan selalu on-kan GPS agar tidak tersesat.

Sebaiknya berkendara dengan sepeda motor karena ada beberapa ruas jalan sempit dan hanya cukup untuk dua kendaraan berpapasan. Lokasi parkir mobil jugajauh dari air terjun sehingga pengunjung harus ekstra berjalan kaki untuk mencapai air terjun.

foto by rohandytyas.wordpress.com

Tidak disarankan pula naik angkutan/transportasi umum karena setelah turun dari stasiun kereta api angkot yang menuju lokasi sering kali tidak sampai di jalan yang terdapat plang akibat sepinya penumpang.

Tiket Masuk

Sebelum masuk ke Curug Leuwi Hejo akan bertemu dengan pos retribusi Rp. 10.000 per orang, jasa parkir Rp. 5.000 per motor dan untuk mobil Rp. 15.000. Tarif ini per awal 2018, sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan peraturan terbaru.

Namun tarif tidak mahal untuk menikmati keindahan alam dan semua fasilitas yang disediakan. Htm wajar untuk wisata alam di hampir semua tempat di Jawa dan Bali.

Baca Juga  Keeksotisan Curug Pangeran Bogor Gunung Salak Siap Menemani Liburan Anda

Menikmati Curug Leuwi Hejo

Dari area parkir pengunjung diharuskan berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi air terjun. Track tanah menanjak cukup menguras tenanga namun mendenger suara air bergemuruh, udara sejuk, dan rindahnya pepohonan membuat perjalanan tidak terasa melelahkan.

foto by travelusmuliawan.com

Pengunjung bisa mengeksplorasi setiap spot dengan mengambil foto. Jika mendapatkan spot bagus dan angle yang tepat didukung dengan gadget bagus dan cara yang profesional akan didapatkan gambar yang epic shot.

Untuk yang tidak bisa berenang bisa bermain air dan menikmati sejuk dan jernihnya air pada kubangan air sungai yang langsung mengalir dari air terjun. Untuk pengunjung yang ingin menikmati tantangan yang lebih seru bisa merapat ke dekat air terjun dan berenang di kedalaman air yang lebih dalam.

foto by portalwisata.co.id

Sejuknya air dan udara bebas polusi, berenang dan bermain air bersama keluarga maupun sahabat menjadi obat penat paling mujarab agar lepas dari aktivitas sehari-hari.

Sepintas air terjun ini memang mirip Green Canyon di Sukabumi namun dengan ukuran lebih kecil, oleh karenanya ada yang menyebut sebagai Little Green Canyon. Banyak spot yang menyerupai atau bahkan kembar dengan Green Canyon Sukabumi.

foto by indeksberita.com

Jangan lupa selalu berdoa dan menjaga ucapan serta tingkah laku dimana pun berada. Apalagi di area alam terbuka yang bukan merupakan wilayah penduduk. Banyak mitos dan cerita misteri/angker mengenai curug ini. Oleh karena itu selalu minta perlindungan pada Tuhan dan menjaga sikap menjadi kewajiban bagi siapa saja agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Waktu tepat untuk datang ke destinasi ini adalah pada musim kemarau. Sebab jalanan kering, pun ketika musim hujan jalanan licin dan memungkinkan pengunjung mengalami kecelakaan.

Resiko lain ketika musim hujan adalah tanah longsor karena awal tahun 2016 pernah terjadi bencana tanah longsor meskipun menurut berita tidak memakan korban jiwa.

Baca Juga  Berenang Sambil Berkhayal Menjadi Bidadari di Curug Bidadari Bogor

Cerita perjalanan dan pengalaman para traveller bisa dilihat Youtube maupun blog baik dalam bentuk tulisan, foto, maupun video. Lihatlah terlebih dahulu untuk merasakan sensasi berwisata alam. Tak jarang pula para biker gowes ke lokasi ini untuk merasakan trek menantang.

foto by tipswisata.co

Ada satu komunitas di situs forum terbesar di Indonesia, Kaskus yang sering mengadakan paket open trip. Silakan dicari di sub forum OANC (Outdoor & Adventure Nature Community). Sayangnya belum tersedia lokasi untuk ngecamp sehingga untuk camping harus ke bumper di Cibodas.

foto by mandalawangicibodas.com

Penginapan di Sekitar Curug

Ada beberapa penginapan dekat dengan lokasi ini diantaranya Rumah Sawah Sentul, Guest House, dan Richie The Resort.

foto by outbondsentul.blogspot.co.id

Penginapan Rumah Sawah Sentul terletak kurang dari 1 km dari curug, mempunyai keunikan adanya sawah di sebelah kamar dan pemandangan kebun yang mengelilingi tempat ini.

Guest House merupakan sebuah villa yang terletak di jalan M.H. Thamrin Sentul City, lebih tepatnya di dekat Jungle Land.

foto by tesyaskinderen.com

Richie The Resort merupakan penginapan yang mengadaptasi gaya petani Jerman dengan barak dan desain rumah kayu. Pemandangan unik di sini adalah view padang golg Rainbow Hill pada siang hari dan pada malam hari terlihat lampu-lampu rumah penduduk di kejauhan.

Kadang pun ditemui rumah penduduk yang dijadikan tempat homestay. Untuk lebih jelasnya info ini bisa ditanyakan kepada penduduk tentang rumah atau hotel mana yang terdekat dengan lokasi.

Jam Operasional

Curug Leuwi Hejo buka pukul 07.00 dan tutup pada bukul 17.00 WIB. Jam terbaik untuk sampai di lokasi ini adalah sekitar pukul 08.00 pagi atau sore pukul 15.00. Namun ketika siang hari pun tidak masalah sebab jam berapa pun udara di air terjun tetap sejuk dan airnya selalu dingin.

foto by hayukabogor.id

Lokasi: Sukajadi Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 10.000
Buka / Tutup: 07.00 – 17.00 WIB
No Telp: 0857-7055-2260

5/5 (1 Review)

Related Post

Leave a reply