Wisata Alam Romantis ala Titanic di Curug Cipamingkis, Ini Panduannya!

1553 views

Bogor merupakan tempat ideal bagi warga ibu kota untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur. Selain jaraknya tidak terlalu jauh, udara sejuk, juga banyak terdapat destinasi wisata menarik.

Dengan topografi pegunungan dan dataran tinggi tak heran jika kabupaten Bogor banyak memiliki potensi wisata alam untuk dieksplorasi. Untuk Anda yang suka tantangan berwisata ke air terjun atau curug wajib disambangi.

Pada artikel ini akan membahas segala hal tentang Curug Cipamingkis.

foto by alampriangan.com

Curug Cipamingkis berasal dari pertemuan dua sungai yakni sungai Cisarua dan sungai Cipamingkis. Nama curug diambil dari nama salah satu sungai tersebut.

Ada pula yang menyebutkan bahwa sejarah nama Cipamingkis berasal dari kata pamungkas yang berarti terakhir. Maksudnya air terjun terakhir setelah rangkaian air terjun di atasnya.

Mitos Seputar Curug Cipamingkis

Curug ini kental akan mitos tentang jodoh, utamanya jika pengunjung ingin mendapatkan jodoh lalu melakukan mandi di bawah guyuran air terjun dengan niatkuat maka hajatnya untuk segera bertemu jodoh akan dikabulkan.

foto by jokisoft.wordpress.com

Suhu udara di sini cukup dingin, bukan hanya karena kisaran suhu antara 18-20 derajat celcius, namun juga ada hawa lain yang melingkupi, dalam hal ini hawa mistik. Menurut legenda masyarakat setempat curug ini merupakan tempat Ratu Ular yang berbentuk naga dengan kepala perempuan cantik.

Oleh karena itu semua pengunjung diharapkan menjaga kesopanan dengan tidak melakukan hal-hal negatif seperti berkata kasar atau sombong agar selamat dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Meskipun obyek wisata ini kental akan nuansan mistis dan kisah misteri namun tak menyurutkan animo pengunjung yang ingin menikmati keindahan wana wisata air terjun Cipamingkis.

foto by caritraraya.com

Lokasi Curug Cipamingkis

Terletak di perbukitan Cipamingkis, dengan alamat lengkap desa Wargajaya kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor Jawa Barat 16830. Luas total area ini adalah 6,5 hektar.

Berjarak sekitar 40 km dari kota Bogor dan akses jalan yang mudah dilalui kendaraan membuat curug ini menjadi destinasi wisata favorit bagi warga perkotaan.

foto by dapurpacu.com

Rute Menuju Lokasi

Baca Juga  Mau Makan di Daerah Dago? 20 Tempat ini Bisa Jadi Pilihan

Pengunjung yang berasal dari Jakarta, Depok, Bekasi, Cikarang dapat menempuh perjalanan melalui jalan raya Jonggol – Cariu atau bisa juga melalui jalur Cibubur atau Taman Buah Mekar Sari. Arahkan kemudi lurus menuju Cianjur. Jika memakai GPS arahkan koordinat menuju Polsek Jonggol.

Setelah melewati kantor Polsek Jonggol, ambil jalan ke arah Dayeuh. Kemudian lurus sampai menemui pertigaan dimana jalan tersebut persimpangan menuju Kota Bunga atau Sentul. Ikuti jalan arah ke Kota Bunga sampai pertiagan dengan plang petunjuk menuju Gunung Batu, Curug Ciherang, Curug Cipamingkis. Ambil jalur ke kanan menuju Curug Cipamingkis.

Masih dari arah Bekasi selain via Jonggol juga bisa lewat Citeureup. Setelah melewati pasar Citeureup kemudian melewati kecamatan Sukamakmur sampai ketemu pertigaan. Jalan lurus arah Jonggol, ambil belok kanan arah Kota Bunga Cianjur hingga ketemu pintu masuk wisata.

Untuk pengunjung yang berasal dari Bandung atau Cianjur rute yang digunakan adalah Hanjawar (arah Kota Bunga) terus ke Loji.

Jalur ke arah curug ini juga bisa disebut jalur alternatif yang bosan menghadapi jalur Puncak yang macet sebab sepanjang jalan dipenuhi pemandangan menyejukkan mata seperti sawah yang terhampar luas maupun pemandangan pegunungan dan udara segar.

Di akhir artikel disediakan link google map menuju lokasi untuk melihat secara jelas keberadaan curug ini dengan peta yang lebih lengkap.

Kegiatan Seru di Air Terjun

Curug ini memiliki tinggi, tak lebih dari 10 meter, namun memiliki debit air deras. Pengunjung diharapkan tetap hati-hati dan waspada akan arus air. Sebaiknya datang pada musim kemarau dimana debit air tak terlalu deras dan lebih stabil.

foto by foto.bisnis.com

Tak lengkap rasanya jika tidak berbasah-basahan di area wisata air terjun. Pengunjung bisa puas bermain air bahkan berenang bagi yang jago. Air dingin dan udara sejuk akan membuat pikiran lebih fresh untuk melepas kepenatan dari aktivitas sehari-hari.

foto by indolah.com

Ada satu spot foto yang sayang untuk dilewatkan ketika di sini, yakni spot foto di atas kapal layaknya kapal Titanic. Kapal itu berwarna merah dan di sebut kapal asmara yang bertuliskan Lets Go Curug Cipamingkis.

foto by berkeliling.com

Bagi pengunjung yang berpasangan mengambil foto di dek kapal buatan di atas bebatuan dengan latar belakang air terjun seperti pemeran Jack & Rose di film Titanic sungguh menambah pengalaman romantis.

foto by wisnuwidiarta.com

Spot lain yang tak kalah menarik adalah rumah pohon. Belakangan ini rumah pohon menjadi hits di kalangan netizen, dimana banyak sekali upload foto yang berada di rumah pohon dengan latar belakang ketinggian. Tak ketinggalan di sini pun tersedia spot menarik ini.

foto by curugcipamingkis.com

Kegiatan seru lainnya adalah adanya camping ground di kawasan ini. Pengunjung bisa bermalam dengan mendirikan tenda. Sebelum camping harus reservasi terlebih dahulu di pos pintu masuk atau di nomor telepon yang tersedia di akhir artikel.

Baca Juga  Kuliner Asik, 10 Tempat Makan di Sentul yang Bisa Ngasih Kenyamanan

Alam yang masih asri dengan pohon-pohon pinus yang mengelilingi, suara gemuruh air terjun, mendirikan api unggun bersama teman dan sahabat menjadi cerita pengalaman tak terlupakan.

foto by kompasiana.com

Fasilitas di sini pun terbilang lengkap meski masih terbatas. Misalnya dengan adanya mushola, toilet, parkir, dan warung yang menyediakan makanan jadi maupun instant.

Di pintu masuk tidak terdapat denah dan gambar yang menunjukkan fasilitas yang tersedia, namun karena semua fasilitas bisa terjangkau oleh pandangan mata tak masalah.

Harga Tiket Masuk

Cukup dengan Rp. 15.000 sebagai tiket masuk, Rp. 3.000 untuk retribusi Perhutani, dan parkir motor Rp. 2.000 atau Rp. 4.000 untuk parkir mobil pengunjung puas menikmati kesejukan air terjun dan udara segar.

Informasi harga tiket masuk (htm) ini per awal tahun 2018, harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Penginapan Terdekat

Menginap di camping ground merupakan pilihan terbaik untuk tetap merasakan suasana air terjun dengan segala kealamiannya. Disediakan paket-paket jelajah maupun camping dengan semua fasilitasnya, lebih jelas bisa dilihat di website curugcipamingkis.com.

foto by curugcipamingkis.blogspot.co.id

Namun jika menginginkan menginap di villa, hotel atau penginapan pengunjung harus keluar dari area air terjun dimana terdapat beberapa villa dan penginapan.

Misalnya Alfa Resort Hotel and Conference di Cisarua, Aries Biru Hotel & Villa di Cisarua, Edensor Hills Villa & Resort di Babakan Madang, dan lain-lain.

Ada beberapa rumah warga yang bisa dijadikan rumah singgah. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke warga setempat.

Saran dan Tips

Pantaulan cuaca sebelum berangkat, pastikan tidak ada tanda-tanda akan turun hujan sebab berbahaya berkendara di jalanan sempit dan licin, beresiko juga terpeleset ketika trekking dari parkir menuju air terjun.

foto by kompasiana.com

Sebaiknya naik kendaraan pribadi, terutama motor. Selain repot harus berganti-ganti angkutan, kadang pun angkot tidak sampai di pintu gerbang akibat sepinya penumpang. Dengan berkendara pribadi akan menghemat waktu dan cepat sampai di tujuan. Jangan lupa pastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Baca Juga  Curug Cakrawardana Bogor, Wisata Alam dengan Pemandangan Berbeda di West Java

Siapkan fisik pastikan dalam keadaan fit, sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat sebab perjalanan jauh lumayan menguras energi.

Bawalah baju ganti. Tak lengkap rasanya berkunjung ke daerah ini tanpa mencoba sensasi basah-basahan, maka siapkan baju ganti seperlunya.

Bawa tas plastik. Plastik itu untuk tempat baju basah dan juga sampah. Jangan sampai meninggalkan sampah apapun di lokasi wisata apalagi berniat merusaknya.

Dan terakhir berdoa sebelum perjalanan dimulai, bersikap sopan dan tidak berkata kasar di lokasi air terjun agar pulang dengan selamat.

Lokasi: Jonggol, Sukamakmur, Wargajaya, Bogor, West Java 16830
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 10.000,-
Buka / Tutup:
No Telp: 021 8794 3662 | 021 8794 4243 | 0816 3225 9555 | 0812 8468 3295 | 0815-1199-3650

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply