Ingin Camping Sembari Menikmati Keindahan Alam? Curug Cihurang Tempatnya

757 views

Ketika mengunjungi Bogor, lokasi mana yang akan segera Anda tuju? salah satu tempat wisata favorit yang tak boleh dilewatkan adalah Curug Cihurang. Air terjun ini ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Dengan lokasi terdekat dari tepian jalan, cukup mudah untuk menemukan air terjun ini. selain jaraknya dekat dari area parkir kendaraan, jalan menuju ke curug ini juga lebih mendatar serta mudah dilalui pejalan, bahkan untuk orang yang sudah berumur.

Curug cihurang, foto: instagram.com/kamilfadli/

Begitu mudah dan dekatnya jalan, sehingga hampir tidak membutuhkan usaha keras untuk sampai di lokasi ini. Selain itu, air terjun ini hanya memiliki jarak 1 km saja dari TNGHS. Jalan masuknya berada sebelum lokasi parkir kendaraan.

Wisata ini mungkin bisa digunakan oleh pengunjung sebagai pemanasan atau latihan sebelum melihat curug lain dengan ukuran lebih besar serta degan jarak yang lebih jauh.

Akses ke curug lain biasanya lebih panjang serta harus melalui medan yang menantang. Tetapi, semua curug di sini memberikan pengalaman yang berbeda serta sangat mengesankan.

Indahnya Curug Cihurang

Pintu masuk menuju lokasi, foto: instagram.com/angahars_9/

Ketika sudah sampai di lokasi wisata, gapura selamat datang akan langsung menyambut Anda di pintu gerbang. Gardu untuk melakukan pembelian tiket karcis masuk ke kawasan kurang lebih 100-an meter lagi dari pintu gerbang.

Sesudah melewati pintu gerbang, kita akan segera melihat pemandangan hijau hutan muda buatan yang dikembangkan di sini. Kawasan hutan tersebut bukan hanya terlihat di sisi kiri dan kanan jalan sebelum sampai ke lokasi objek wisata, tetapi terus terlihat di sepanjang jalan Kawasan Taman Nasional.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/riki11maulana/

Di pintu masuk selamat datang juga terdapat penjelasan singkat mengenai air terjun ini. pohon pinus kecil serta daun-daun rimbun yang lebat akan terlihat elok menyambut Anda ke tempat hiburan yang cukup asyik ini. Ada juga pohon pinus yang di tengah batangnya muncul akar gundul tanpa daun.

Baca Juga  Gak Mau Pulang!! 15 Kuliner di Puncak yang Bikin Betah

Akar ini tumbuh mendatar tegak lurus mengelilingi seluruh batang. Panorama curug dengan dua air terjun di lokasi yang berdekatan mungkin akan membuat Anda terkagum-kagum. Kedua air terjun ini hanya beberapa meter tingginya serta mempunyai debit air yang tidak begitu besar.

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/chamz3671/

Kolam cukup luas berada di dasar tebing. Luncuran untuk anak-anak pun disediakan di kolam ini. di sekitar lokasi air terjun terdapat beberapa bangunan saung sederhana. Gemericik air dan dinginnya suasana air terjun semakin menambah eksotis.

Hal yang Bisa Kita Lakukan

a.Duduk-duduk menikmati keindahan. Pengelola sebenarnya sudah menyiapkan saung yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai menikmati bekal minuman dan makanan yang mereka bawa. Saung ini juga sering digunakan ketika hujan turun. Karena hujan juga sering turun di sini.

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/iemink_wae/

b.Bermain air. Karena debit air yang tidak terlalu deras, kita bisa bermain air di sini bersama dengan anak-anak, namun sebisa mungkin awasi buah hati agar tidak pergi terlalu jauh.

c.Berfoto. apalagi yang bisa dilakukan selain mengambil video, gambar atau foto dari keluarga kita. Bila Anda datang ke mari bersama dengan keluarga besar, Anda bisa berfoto dengan background air terjun indah ini.

Tips Mengunjungi Curug Cihurang

Keseruan berenang di sekitar, foto: instagram.com/eanandrian/

  • Pantau cuaca ketika berkunjung. Karena sering terjadi hujan di kawasan curug, lebih baik kita melihat bagaimana cuaca di sekitar Bogor sebelum berwisata, karena hujan bisa menganggu waktu liburan Anda, apalagi batu-batu di sekitar air terjun bisa lebih licin ketika
  • Bawa makanan sendiri. Sebetulnya ada beberapa warung yang buka di sekitar curug, tetapi untuk menghemat pengeluaran selama liburan, tidak masalah jika ingin membawa makanan dan minuman sendiri. Bawa snack dan makanan berat untuk makan siang.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/sugara_robby/

  • Bawa barang seperlunya. Meskipun track yang akan Anda lalui untuk sampai di curug ini tidak terlalu berat bahkan sangat mulus, lebih baik tidak membawa barang berat karena bisa menyulitkan Anda.
  • Datang di hari biasa. Sebagaimana lokasi wisata pada umumnya, ketika hari libur tiba, curug ini sangat ramai, oleh sebab itu lebih baik datang ketika hari biasa, hindari datang ketika hari libur atau libur panjang.
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti. Pakaian ganti sangat dibutuhkan jika berwisata ke tempat yang berair seperti ini.
Baca Juga  Lagi Hitss, 10 Kuliner di Cibinong yang Sayang Kalau Gak Dikunjungi

Lokasi dan Rute Curug Cihurang

Akses jalan menuju lokasi, foto: instagram.com/novelawahyuni/

Memiliki jarak kurang lebih 38 kilometer dari Bogor hingga ke pintu gerbang Wisata Gunung Salak Endah, sesudah itu dari pintu ini memiliki jarak 1 kilometer hingga ke pintu masuk curug, dimana area pintu masuk ini ada di kiri jalan.

Dari pintu masuk, kita harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak 150 meter ke Curug Cihurang. Sebetulnya terdapat 4 pilihan jalan yang bisa dipilih untuk sampai di kawasan ini.

Pertama ialah trayek Cemplang kemudian arahkan ke Pamijahan dan terakhir ke Salak Endah. Ada juga pilihan jalan Cikampak, dan langsung ke Salak Endah, pilihan jalan ketiga adalah Cibatok dan menuju ke Salak Endah. Rute terakhir ialah Taman sari ke Gunung Bunder dan langsung ke Salak Endah.

Salah satu fasilitas yang ada, foto: instagram.com/permadi1993/

Seringnya, rute pertama banyak dilalui, karena jarak tempuh yang lebih pendek. Namun, jika melewati jalan ini, Anda harus bersiap dengan keadaan jalanan yang lebih berkelok.

Apabila masih bingung rute menuju lokasi rekreasi ini, Anda bisa mengandalkan Google Map dan ikuti petunjuk di peta tersebut.

Bagaimana dengan wisatawan yang menggunakan alat transportasi umum? Selain menggunakan kendaraan pribadi, kita juga bisa menggunakan alat transportasi umum.

Berfoto di depan air terjun, foto: instagram.com/suyogia/

Rutenya ialah dari Bogor menggunakan angkot 03 jalur Bubulak, setelah itu disambung dengan angkot Leuwilang. Turun di Cibatok dan naik angkot ke Gunung Picung, sampai di perhentian terakhir, perjalanan bisa diteruskan dengan berjalan kaki atau naik ojek ke pos jaga.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/widiechel/

Untuk masuk ke tempat wisata Curug Cihurang ini, tak perlu takut mengempeskan kantong Anda, karena cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 2500 per orang, sedangkan untuk masuk di GSE atau Gunung Salak Endah sebesar Rp 7000 termasuk kendaraan roda dua. Harga ini cukup terjangkau karena setelah itu kita bisa sepuasnya menikmati keindahan curug.

Baca Juga  Referensi Terbaik, 10 Restoran di Ciwidey Bandung

Fasilitas

Sebetulnya pihak pengelola dari Air Terjun sudah memberikan fasilitas yang cukup lengkap. di dalamnya terdapat warung makan yang menjual snack hingga makanan berat, ada juga kamar kecil, kamar mandi dan saung yang digunakan untuk beristirahat.

Area camping, foto: instagram.com/maulana.sutrisna/

Bahkan bila Anda ingin bermalam di sekitar curug, pengelola sudah menyediakan lokasi camping ground atau perkemahan di sini. Malam sunyi yang tenang bisa Anda rasakan ketika berkemah. Tak perlu takut dengan misteri atau mitos di sekitar tempat ini. Jadi, kapan Anda akan mencoba berwisata di sini?

Lokasi: Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810 Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Rp.2500/Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 16.00
Telepon: –

1/5 (1 Review)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply