Curug Ciherang, Destinasi Wisata yang Menawarkan Spot Selfie Rumah Pohon. Lihat 12 Foto ini

2808 views

Berlibur merupakan kebutuhan untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi warga Jakarta dimana setiap hari menghadapi macet, sepertinya berlibur ke tempat alami yang bebas dari macet dan polusi merupakan kemewahan tersendiri.

Banyak pilihan lokasi yang menjadi favorit warga ibu kota untuk menghabiskan waktu libur, misalnya Garut, Majalengka, Sumedang, Subang, Sukabumi, dan Bogor. Namun yang memiliki destinasi wisata tidak jauh dari Jakarta adalah kabupaten Bogor.

foto by instagram.com/trisnaindonesia/

Kabupaten ini menawarkan banyak objek wisata, mulai dari wisata belanja, wisata edukasi, wisata kuliner, sampai wisata alam. Wisata alam banyak terdapat di kawasan Puncak, misalnya wisata alam air terjun atau curug.

Beberapa curug ditemukan sepanjang jalur Puncak, misalnya Curug Kencana, Curug Kembar, Curug Cipamingkis, dan Curug Ciherang. Pada artikel ini akan membahas objek wisata alam Curug Ciherang dimana curug ini mempunyai keunikan dibanding curug lain.

foto by lalerijo.com

Objek wisata ini kental akan cerita misteri dan mitos masyarakat. Menurut sejarah masyarakat setempat curug ini merupakan tempat para bidadari mandi dan hingga saat ini cerita tersebut menjadi legenda.

Kadang pula pengunjung mendapat pengalaman cerita mistis. Meski begitu tak perlu takut dan menganggap kawasan ini angker, asal saling menghormati sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Lokasi Curug Ciherang

Alamat Curug Ciherang adalah di desa Sirnajaya, kecamatan Sukamakmur, kabupaten Bogor, Jawa Barat Indonesia 16830. Lokasi ini berbatasan langsung dengan kabupaten Cianjur dan bersebelahan dengan kecamatan Tanjungsari yang merupakan hasil pemekaran dari kecamatan Cariu.

Jalur Menuju Curug Ciherang

Jika perjalanan dimulai dari Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cikarang rute yang dilewati adalah menuju Sentul City. Kemudian carilah jalan menuju Jungle Land yang ada di Citeurup yang berbatasan dengan Cibinong.

Baca Juga  Mau Wisata Kuliner Kekinian? Kunjungi 100 Tempat di Bandung Ini

Sebelah kanan jalan sebelum pintu masuk Jungle Land ada perkampungan yang ada tulisan Curug Kencana. Ikuti jalan menuju Curug Kencana, lalu sampai di pertigaan Gunung Pancar. Ambil jalan lurus, jangan yang ke arah Gunung Pancar. Jalan lurus itu menuju ke Curug Kencana.

Sesampainya di Curug Kencana masih lurus terus sampai pertigaan Curug Kembar/Loji, ambil belok kiri (bukan ke Curug Kembar). Sampai di pertigaan ke arah Jonggol belok kanan lewat pasar di perbatasan Jonggol.

Terakhir, dari pasar tersebut belok kanan, sampailah di lokasi Curug Ciherang yang ditandai dengan plang bertuliskan Selamat Datang Agro Wisata / Wisata Alam Bukit Batu Curug Ciherang – Puncak 2 Sukamakmur Bogor.

Akses alternatif jika berangkat dari Bandung, arahkan kemudi ke kantor Kepala Desa Hegarmanah. Lalu sampai di pertigaan Sukaluyu, belok kanan menuju jalan raya Cibago – Ciranjang. Sampai di PT. Modern Widya Technical lurus terus sampai di pertigaan belok kanan ke arah jalan Cinangsi – Cibago.

Perjalanan berikutnya sampai di SPBU Cinangsi, tidak jauh dari SPBU itu ambil jalur kiri ke arah Mekargalih. Lurus terus hingga sampai di Kokot Mekargalih, lanjut sampai jalan Transyogi. Kemudian ada pertigaan yang terdapat bangunan SDN Nyengcle, lurus terus sampai di TPA Gunungbatu.

foto by bundahaifa.com

Dari TPA Gunungbatu belok kiri kemudian lurus sampai di warung nasi Teh Ida, ambil kanan ke jalan Wanayasa. Ikuti jalan Wanayasa hingga sampai di pintu gerbang.

Untuk lebih jelasnya telah disediakan peta link menuju lokasi. Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya download-lah map rute untuk menghindari no signal di perjalanan dan kehilangan koordinat di google maps.

Disarankan naik kendaraan pribadi, baik kendaraan roda empat maupun motor roda dua. Hal ini dikarenakan rute menuju lokasi tidak terdapat kendaraan umum seperti bus maupun kereta api.

Baca Juga  Panorama Indah Curug Cigentis Loji Karawang Selalu Memukau Wisatawan

Stasiun kereta api terdekat adalah stasiun Cilebut dan Cileungsi, pun jaraknya masih jauh dari lokasi . Jalur ini juga terdapat banyak tanjakan dengan ketinggian yang bervariasi karena memang jalur ini menuju Gunung Bunder.

Spot Rumah Pohon yang Unik

Setelah memasuki lokasi parkir, sebaiknya kunjungi spot yang satu ini. Rumah pohon! Ya, di sini dibangun sebuah rumah di pohon sebagai tempat pengambilan foto yang unik. Jangan bayangkan rumah ini dengan bentuk rumah sungguhan dengan atap dan sekat layaknya rumah.

foto by wisatabaru.com

Rumah pohon ini adalah bangunan berbentuk kotak tanpa atap yang terbuat dari kayu dan material lain sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan dari titik tinggi tanpa memanjat pohon secara langsung.

Yang menarik dari rumah pohon ini adalah adanya jembatan gantung yang terhubung dengan rumah pohon. Lokasi ini adalah lokasi favorit pengambilan gambar. Pemandangan dari ketinggian sungguh menakjubkan. Dengan angle yang tepat akan didapatkan gambar cantik.

foto by brobali.com

Setelah puas mengambil poto di rumah pohon, saatnya menuju titik utama destinasi ini, yakni air terjun Ciherang. Untuk mencapainya perlu trekking menanjak sekitar 15 menit sampai 20 menit dari rumah pohon.

Jalur trekking tidak terlalu ekstrem, namun pengunjung tetap waspada mengingat lokasinya terletak di dataran tinggi, beresiko terpeleset jika tidak hati-hati. Jalan setapak batu yang disusun dan tanah menjadi licin bila musim hujan tiba.

foto by maszaladventure.com

Tiba di lokasi langsung disajikan pemandangan air yang turun dari tebing dengan ketinggian sekitar 30 meter. Udara sejuk, air dingin, dan rindangnya pepohonan merupakan daya tarik utama dari curug ini. Bermain air bahkan berenang di bawah air terjun merupakan pengalaman tak terlupakan.

foto by instagram.com/hilmanarifkustiaman/

Berjalan kaki merupakan aktivitas yang wajib bisa dilakukan di sini. Karena jalur di sini tidak ramah bagi pengunjung dengan keterbatasan fisik (difabel) maupun bersepeda gowes.

Baca Juga  Berenang Sambil Berkhayal Menjadi Bidadari di Curug Bidadari Bogor

Menginap di Curug Ciherang

Pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di lokasi alami ini bisa mendirikan tenda di camping ground. Cukup dengan Rp. 75.000 per tenda bisa puas menikmati sensasi bermalam di kawasan alami dengan banyak pohon pinus bersama sesama pengunjung.

foto by katadatsungo.com

Disediakan fasilitas toilet di area camping ground. Di siang hari bisa menikmati fasilitas outbound seperti flying fox, jembatan tali, dan lain-lain.

foto by instagram.com/herfa_putra09/

Namun jika pengunjung menginginkan menginap di penginapan di sekitar outbound area terdapat rumah teletubies yang difungsikan sebagai penginapan. Tersedia pula pilihan villa yang tak kalah menarik. Misalnya saja Villa Naga Jonggol atau Villa Tjokro dengan fasilitas lengkap layaknya hotel.

foto by sewa.villadipuncak.me

Tiket Masuk Curug Ciherang

Tiket masuk ke curug ini cukup terjangkau, yakni sebesar Rp. 15.000 per orang. Jika pengunjung ingin mampir di rumah pohon cukup dengan Rp. 2.000 saja per orang.

Parkir motor Rp. 5.000 dan parkir motor Rp. 25.000. Update info ini per akhir 2017.
Harga tiket masuk (htm) ini cukup terjangkau untuk menikmati semua keindahan dan kesegaran dari Curug Ciherang.

Jam Buka

Jam berapa operasional curug ini? Lokasi ini dibuka untuk umum, setiap hari Senin sampai Minggu pukul 07.00 dan tutup pukul 18.00 WIB. Pengunjung lebih banyak pada weekend. Jika menginginkan tempat ini lebih sedikit pengunjung, datanglah pada hari Senin sampai Kamis.

foto by majalahkelana.id

Sebelum ke sini sebaiknya baca dulu review yang banyak terdapat di situs maupun blog untuk mendapatkan gambaran sebelum menikmati liburan.