Panorama Indah Curug Cigentis Loji Karawang Selalu Memukau Wisatawan

5025 views

Propinsi Jawa Barat merupakan kawasan yang memiliki tempat wisata air terjun paling banyak di Indonesia dengan segala keindahannya. Salah satu lokasi wisata menakjubkan dan patut dikunjungi wisatawan yang suka hunting foto adalah Curug Cigentis dan berada di Gunung Loji, Karawang Selatan.

foto by wisatajabar.com

Tempat wisata ini memang berbeda dari air terjun lainnya karena air yang turun tidak langsung menuju ke kolam, namun terdapat batu besar dibawahnya. Selain itu, kolam dibawah air terjun ukurannya sangat kecil sehingga tidak bisa digunakan untuk mandi banyak orang.

foto by jejakpiknik.com

Tapi banyak sekali kolam besar di sekitar lokasi air terjun dan sungainya sangat luas dengan berbagai batu-batuan besar dan kecil di sekelilingnya. Salah satu lokasi favorit para pengunjung adalah kolam dengan batu yang bisa digunakan sebagai perosotan dan letaknya sangat dekat dengan air terjun.

Curug Cigentis memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan lebar sekitar 3 meter dan volume airnya sangat banyak sehingga aliran air juga menjadi deras. Tempat wisata air terjun ini sangat aman karena banyak sekali kolam yang bisa digunakan untuk mandi dan kedalamannya hanya sekitar 2 meter.

foto by ekopurwanto.com

Airnya sangat jernih dan segar sehingga banyak sekali pengunjung betah berendam dalam waktu lama sambil bermain bersama teman-temannya. Banyak sekali batu-batuan besar dan kecil dan dimanfaatkan sebagai spot terbaik untuk mengambil gambar air terjun untuk koleksi ataupun selfi.

foto by anakkos.net

Lokasinya memang berada di tengah hutan rimba, namun tidak jauh dari pemukiman penduduk dan jaraknya hanya sekitar 250 meter. Alamat lengkapnya berada di desa Mekar Buana, kecamatan Tegal Waru, kabupaten Karawang sebelah barat Waduk jatiluhur kota Purwakarta.

Hal ini membuat tempat wisata Curug Cigentis selalu ramai pengunjung, baik hari-hari biasa maupun weekend karena tidak susah mencapai lokasi air terjun dari tempat parkir. Kondisi jalanan dari tempat parkir memang sangat baik karena menggunakan beton sehingga perjalanan bisa lebih cepat.

Para pengunjung tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk bisa menikmati keindahan Curug Cigentis dan cukup berjalan kaki selama 15 menit dan sampai di lokasi. Pintu masuk ke tempat wisata ini adalah sebuah rumah yang dijadikan tempat loket htm dengan harga tiket 2019 sekitar Rp.15.000/Orang.

Baca Juga  Ingin Mengajak Buah Hati Ke Wahana Air yang Menyenangkan? Curug Naga Pilihannya

Selanjutnya para pengunjung memasuki rumah tersebut karena jalan menuju air terjun berada di belakang tempat pembelian tiket tersebut. Kondisi perjalanan cukup nyaman karena jalurnya sangat baik dengan batu tertata rapi berbentuk datar dan tangga untuk naik maupun turunannya.

foto by viwimoto.com

Suara air terjun juga sudah terdengar dari pintu masuk dan membuat jalan kaki semakin bersemangat agar bisa segera sampai di lokasi air terjun. Jalanan melewati pinggir tebing sehingga bisa menikmati indahnya pepohonan hijau hutan gunung Loji dan banyak para pedagang makanan di pinggir jalan.

foto by lihat.co.id

Selanjutnya akan menemui sungai dengan batu besar dan pengunjung harus melewati jembatan di sebelah batu tersebut untuk menyeberanginya. Di tepi sungai terdapat sebuah papan kayu dengan tulisan berjudul Mitos hasil karya dari para mahasiswa yang melakukan KKN di kawasan penduduk.

foto by titissoeparno.blogspot.co.id

Setelah melewati jembatan, air terjun sudah samar-samar kelihatan diantara pepohonan di sekitar jalan menuju kawasan Curug Cigentis. Batu-batuan di pinggir sungai ditumbuhi berbagai tanaman serta lumut sehingga batu-batuan berwarna hijau karena tertutup tanaman dan agak licin jika terkena air.

Tentu saja wisata ini tidak hanya menyediakan keindahan air terjun saja, namun pemandangan pepohonan hijau yang mempesona juga melengkapinya. Tebing Curug Cigentis juga dikelilingi pepohonan hijau dari atas hingga sampai ke bawah dan di sekitar turunan air banyak ditumbuhi lumut.

Untuk bisa mencapai kolam dibawah air terjun, para pengunjung harus menaiki tumpukan batu-batuan tertata rapi hingga sampai tepat dibawah lokasi air terjun tersebut. Di tempat ini, para pengunjung bisa menikmati air yang jernih berasal dari mata air Gunung Sangga Buana.

Posisi batu-batuan yang sangat tinggi dari sungai menjadi spot terbaik untuk mengabadikan kawasan sungai dalam poto dengan kamera. Di depan kolam air terjun terdapat undakan batu-batuan tinggi dan luas dan biasa dimanfaatkan para pengunjung untuk memotret indahnya pemandangan Curug Cigentis.

foto by kopdarnews.com

Banyak juga para pengunjug yang melakukan rekaman video di kawasan wisata ini dan menggunggahnya di situs Youtube. Hal ini merupakan sebuah informasi wisata dan bisa memberikan manfaat bagi para penonton Youtube yang penasaran dengan tempat wisata Curug Cigentis.

Baca Juga  Cari Tempat Makan Buat Rombongan? Ini 100 Rumah Makan di Bandung Yang Luas

Banyak sekali pengunjung yang hanya melihat pemandangan indah air terjun dari batu-batuan saja sesekali melakukan pemotretan ataupun selfi dengan kamera. Karena sungainya sangat luas sekali sehingga walaupun volume air terjun sangat banyak, namun tidak membuat banjir di area sungai.

Ada beberapa versi sejarah tentang legenda asal mula atau sasakala terjadinya Curug Cigentis dan lebih banyak mengarah kepada satu cerita tentang wali songo. Pada masa itu Karawang merupakan bagian dari kerajaan Cirebon dan Curug Cigentis merupakan lokasi yang sering didatangi para wali di Cirebon.

Hal ini karena terdapat banyak makam ada di puncak Gunung Sangga Buana dengan tulisan pada batu nisan berbahasa Cirebon. Tentu saja makam-makam tersebut bukanlah penduduk biasa, melainkan keturunan kerajaan ataupun keturunan para wali yang sering berkunjung ke puncak gunung.

Lokasi makam ini memang ramai ketika bulan Maulid dan banyak peziarah serta jalan tanjakan yang dekat ke makam memang bagus daripada jalan di bawahnya. Para peziarah juga banyak yang melihat penampakan di area ini, namun dalam bentuk manusia penunggu puncak tersebut.

Rute dari Bekasi Menuju Curug Cigentis Loji Karawang

Jarak antara kota Bekasi dan Curug Cigentis sekitar 70 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu 2,5 jam. Perjalanan bisa melewati jalur pantura ke arah Cikampek hingga sampai di Jl.Kalimalang kemudian belok ke arah selatan melalui Jl.Pangkalan menyusuri kawasan Wanasari.

Dari Jl.Raya Pangkalan menyambung di Jl.Pasar Jati terus ke seletan hingga sampai di Jl.Raya Pangkalan Loji di kawasan Cinta Asih. Selanjutnya sudah banyak papan petunjuk yang mengarahkan arah panah dan cukup mengikutinya hingga menuju Kampung Turis dan Curug Cigentis di desa Mekar Buana.

Untuk arah dari Jakarta bisa melewati Depok atau langsung melalui Cileungsi hingga sampai di kawasan Jonggol. Selanjutnya menyusuri Jl.Jonggol-Cariu dan Jl.Cariu sampai ke Jl.Raya Pangkalan-Loji dan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di Kampung Turis dan selanjutnya menuju Curug Cigentis.

Sedangkan akses dari kota Bogor bisa melewati Jl.Raya Bogor menuju ke Cibubur dan selanjutnya ke arah Cileungsi hingga di Jonggol lalu sampai pada perempatan Cariu. Di perempatan Cariu untuk mengambil belokkan ke kiri dan mengarah ke kecamatan Pangkalan, Karawang Selatan.

Baca Juga  Asyik Lho! Mengeksplore Pesona Keindahan Curug Cigamea Air Terjun Kembar

Perjalanan dari Pangkalan akan sampai di perempatan Pasar Loji dan belok ke arah kanan dengan jalan semakin menyempit di sekitar sungai. Di kawasan tersebut sudah banyak papan petunjuk jalan menuju lokasi Curug Cigentis dan cukup mengikutinya hingga sampai di lokasi.

Jalur dari Bogor ke Curug Cigentis memang sering digunakan para komunitas sepeda untuk jalan-jalan atau gowes ketika weekend bersama komunitas lainnya. Selain itu, jalur ini sering dipilih sebagai rute lomba gowes atau fun bike dari beberapa komunitas sepeda di Indonesia.

Pada bulan Desember 2017 lalu, terjadi sebuah tragedi pembunuhan dengan cara mutilasi dan potongan mayat dibuang ke Curug Cigentis. Pihak kepolisian merasa kesulitan dalam mencari potongan mayat tersebut karena menyusuri sungai sekitar 7 jam yang dimulai pukul 23.00 sampai jam 06.00 pagi.

foto by nofiaw.blogspot.co.id

Harga Tiket Masuk Curug Cigentis Karawang 2018

Untuk memasuki kawasan wisata Curug Cigentis, para pengunjung perlu membeli tiket masuk dengan harga Rp.15.000 per orang. Tempat wisata air terjun ini mulai buka pada jam 08.00 pagi dan tutup jam 17.00 dan saat ramai pengunjung biasanya pada waktu siang sampai sore hari.

Selain memiliki tempat wisata air terjun, kawasan desa Mekar Buana juga memiliki pariwisata hiburan yang bernama Kampung Turis. Tempat wisata ini menyediakan resort yang berupa penginapan dan hotel dengan konsep villa serta taman bermain, kolam renang serta restoran yang berbentuk saung.

foto by kampungturis.com

Pada awalnya, lokasi wisata ini sebuah rumah makan yang memiliki makanan andalan sop buntut dan selalu ramai karena kelezatannya. Selanjutnya pihak pengelola mulai mengembangkan tempat ini menjadi wahana wisata hiburan yang lengkap bagi keluarga sebagai sarana rekreasi di pedesaan.

Para orang tua bisa mengajak anak-anaknya untuk berkunjung ke Kampung Turis dan menikmati wahana wisata ataupun jalan-jalan di lokasi ini secara gratis tanpa perlu membeli tiket masuk. Para pengunjung hanya perlu membeli tiket jika ingin menikmati wahana bermain dengan harga terjangkau.

foto by tempatwisataseru.com

Untuk menaiki wahana kereta mini dan gajah terbang hanya cukup membeli tiket sebesar Rp.5000 saja. Selain itu, bisa mandi di waterpark dengan fasilitas waterboom ataupun Flying Fox dan juga rumah balon serta ATV dan camping area. Pengelola juga menyediakan wahana memancing bagi pengunjung dewasa.

foto by jejakpiknik.com

Lokasi: Desa Mekarbuana, kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
Maps:  KlikDisini
HTM: Rp. 15.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon:

Related Post

  1. author
    de*s1 year agoReply

    Mau menginfokan bahwa nomor telepon yg tercantum di atas merupakan nomer pribadi sy, apakah itu tdk salah mencantumkan nomer?
    krna banyak sekali yg menanyakan curug ini ke nomer pribadi sy.
    mohon diperiksa lagi ya nomer yg tercantum di web ini.
    terima kasih.

Leave a reply