Asyik Lho! Mengeksplore Pesona Keindahan Curug Cigamea Air Terjun Kembar

1849 views

Bogor Jawa Barat menjadi salah satu kota favorit tujuan wisata para wisatawan terutama wisata alamnya. Tidak hanya Puncak Bogor sebagai primadona, Taman Nasional Gunung Halimun Salak juga tak kalah indahnya. Terdapat beberapa destinasi wisata alam mempesona yang sayang untuk dilewatkan.

foto by instagram.com/gillangmay/

Keindahan Curug Cigamea

Salah satu kawasan wisata favorit para pengunjung di kawasan wisata gunung salak endah ini adalah Wana wisata Gunung Bunder khususnya Curug Cigamea. Bagi yang suka dengan tantangan pasti akan menyukai perjalanan menuju curug Cigamea karena memang rute untuk mencapai lokasi lumayan menantang.

foto by deasikumbang.com

Bagi penyuka perjalanan challenging, tracking lumayan sulit memberi sensasi dan kepuasan tersendiri. Tempat wisata di kawasan Gunung Halimun Salak memberikan pesona keindahan alam menakjubkan serta beberapa tempat membutuhkan ekstra waspada salah satunya track menuju Curug Cigamea.

foto by netralnews.com

Berwisata ke Curug Cigamea dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang seru dan asyik. Saat melintasi track menuju curug, Anda akan bertemu hamparan pohon pinus. Mengambil gambar berlatar belakang pohon pinus sangat hits dan memang menghasilkan jepretan foto indah dan keren.

Pohon-pohon pinus ini berjejer rapi, hijau menyegarkan, dan sangat indah. Ini merupakan perjalanan wisata hemat karena dapat melewati area pohon pinus tanpa dipungut biaya sedikitpun. Selain itu, terdapat juga beberapa penginapan, hotel, homestay yang berada di kawasan. Anda dapat temukan beragam fasilitas penginapan yang sesuai dengan budget.

foto by deasikumbang.com

Sebenarnya Gunung Bunder adalah nama desa yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak tepatnya di Kec. Pamijahan. Warga sekitar lebih akrab dengan sebutan Gunung Bunder untuk kawasan ini.

Dalam satu area ini tidak hanya ada Curug Cigamea namun terdapat 6 curug lain diantaranya Curug Cihurang, Curug Seribu, Curug Pangeran, Curug Gebluk serta Curug Ngumpet 1, dan Ngumpet 2. dan Curug Cigamea merupakan salah satu favorit wisatawan karena panorama disekitar curug maupun ketika melintasi track jalan sangat indah.

foto by jalanjalan.co

Tidak hanya wisata air terjun saja namun ada camping ground atau bumi perkemahan di sini. Banyak sekali yang berkemah disini. Selain itu yang paling diminati para wisatawan adalah Pendakian Kawah ratu.

foto by tentik.com

Setibanya di gerbang masuk wisata GHS, suhu 200 celcius akan menyambut kedatangan Anda. Selain itu barisan pepohonan tinggi menjulang juga turut menyambut kedatangan para wisatawan. Area yang digunakan camping ground dekat dengan pintu masuk ini.

foto by mapio.net

Curug Cihurang merupakan curug paling dekat dengan gerbang masuk berjarak hanya 100 meter. Ini adalah curug berukuran terkecil jika dibandingkan dengan ketujuh curug yang ada disini. Selain itu curah air terjunnya tidak begitu besar sehingga cocok sekali bagi para orangtua yang mengajak serta buah hatinya karena cukup aman untuk anak-anak.

foto by malaul86.blogspot.co.id

Selalu waspada dengan memperhatikan langkah Anda karena jalan yang menanjak ditambah beberapa tikungan lumayan tajam. Selama perjalanan Anda akan melintasi lokasi wisata populer lainnya diantarannya Kawah Ratu, Curug Ngumpet, Kondang, Seribu, dan Pangeran.

Baca Juga  Tak Akan Menyesal, 100 Restoran di Bandung Ini Recommended Untuk Memanjakan Lidah

Harga Tiket Masuk

Ketika Anda tiba di area gerbang masuk wisata Gunung Salak, disana berdiri gapura dengan tulisan selamat datang besar sekali. Ketika disini ada htm sebesar Rp. 10.000 dan untuk parkir motor sebesar Rp. 5000 sedangkan roda empat Rp. 10.000. Harga ini masih sama dari tahun 2017, tidak naik di tahun 2017 ini.

Ketika membayarkan tiket, dari petugas Anda akan diberi sebuah peta saku. Dalam map tersebut berisi titik-titik tempat wisata di Gunung Halimun Salak. Ini tentunya akan memudahkan para wisatawan untuk menelusuri lokasi wisata yang diinginkan serta menyusuri jalan yang tepat.

foto by transbogor.co

Setelah sampai di Curug Cigamea, ada retribusi yang harus dibayarkan sebesar Rp.7.000 per orang. Dibuka dari pukul 7 pagi dan ditutup pukul 5 sore. Perjalanan dari pintu masuk kawasan wisata GHS sampai Cigamea cukup jauh jadi hendaknya Anda datang di pagi hari sehingga dapat menikmati waktu lebih lama disini.

Alamat dan Rute Jalan

Berada di Jalan Curug Cigamea, Desa Sari, Kecamatan Pamijahan, Kab. Bogor. Dari Jakarta kesini tidak begitu jauh. Berada di bawah lereng gunung membuat tempat wisata ini seperti tempat pelarian indah dari hiruk pikuk suasana ramai, macet perkotaan.

Berbeda dengan arah jalan menuju puncak yang selalu ramai terutama weekend dan musim libur, ruas jalan ke destinasi wisata GHS cukup lancar. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor. Selain itu juga dapat di akses dengan transportasi umum.

Jika Anda memutuskan menggunakan transportasi umum, dari daerah mana saja Anda seperti purwakarta, bekasi, tenjolaya, ciampea, bandung dan sebagainya arahkan ke Terminal Baranangsiang. Kemudian naik angkot 03 dengan rute tujuan Bubulak. Bagi Anda yang menggunakan alat transportasi kereta, turun di stasiun Bogor dan cari angkot 03 juga.

Baca Juga  Bingung Cari Tempat Makan? Kunjungi 10 Lokasi Recommended di Ciwidey ini

Setelah itu, Anda juga harus meneruskan perjalanan kembali menggunakan angkot dengan tujuan Leuwiliang hingga pertigaan Cibatok. Perjalanan Anda masih berlanjut dengan menaiki lagi angkot tujuan Gunung Picung kemudian turun di pemberhentian terakhir.

Untuk sampai di gerbang masuk GHS masih membutuhkan perjalanan cukup jauh dari sini, dimana jika berjalan kaki akan memakan waktu lebih lama karena dari gerbang masuk juga masih harus jalan lagi ke lokasi utama Curug Cigamea. Oleh karena itu disarankan Anda naik ojek saja karena sudah tidak ada angkutan umum lagi.

Bagi wisatawan dengan kendaraan pribadi arahkan ke kota Bogor. Sebelum sampai di Bogor, Anda pilih belok ke kanan mengarah ke Tanah Sareal kemudian lurus saja hingga sampai di Dramaga dan terus lurus hingga sampai di pertigaan Leuwiliang.

Setelah sampai dipertigaan ini, ikuti jalur sebelah kiri hingga sampai di pintu masuk GHS. Dari pintu masuk ini lurus terus kurang lebih 300 meter perjalanan, Anda akan bertemu dengan gang kecil. Gang inilah yang akan membawa Anda sampai di Curug Cigamea.

foto by hargatiketmasuk.info

Rute jalan ke Cigamea ini ada 2 jalur, jalur yang kedua adalah dari pintu masuk sekitar 500 meter kedepan. Namun, menurut warga sekitar pintu masuk terdekat gerbang memiliki tracking yang cenderung landai.

Bagi yang menggunakan rute jalan melintasi Cibadak, untuk sampai di curug Anda akan melintasi tracking yang menurun dan lumayan udah. Rute ini memiliki jalan yang jauh lebih baik karena dari semen dan batu sehingga tidak begitu licin. Namun, memakan perjalanan lebih lama yaitu sekitar 45 menitan.

foto by bpras.com

Apakah Tempat Ini Angker/ Mistis?

Siapa yang tidak tahu kamasyhuran misteri Gunung Salak sebagai tempat mistis atau angker dan banyak hantu. Ada banyak cerita dari warga sekitar menyebutkan para pengunjung yang datang kesini tidak hanya wisata alam sebagaimana biasanya namun banyak juga pengunjung yang berwisata spiritual.

Baca Juga  Kalau Mau Kulineran di Harapan Indah, Coba 10 Restoran ini Saja

Mereka melakukan pertapaan atau rangkaian kegiatan untuk mendapatkan kekayaan, jabatan, minat jodoh, mendapatkan jimat, berobat dan banyak keperluan lain. hajat mereka beda-beda, namun kebanyakan memang mencari pesugihan disini.

Untuk korban jiwa di Curug Cigamea memang pernah terjadi yaitu seorang oengunjung yang tenggelam dan terbawa arus asal Tangerang pada tahun 2016 silam. Oleh karena itu bagi Anda yang memang berencana kesini selain fisik harus fit, Anda juga harus selalu waspada.

foto by hallobogor.com

Lokasi: Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810
Map: KlikDisini
HTM: Rp.7.000 /Orang
Buka/Tutup: 07.00-17.00
Telepon:

4/5 (1 Review)

Related Post

Leave a reply