Berwisata ke Bogor? Jangan Lewatkan River Trekking Seru di Curug Cibulao

1080 views

Apakah Anda ingin merasakan sensasi liburan lebih menyenangkan dari biasanya? Bogor memang selalu memiliki banyak jawaban. Kota yang memiliki banyak julukan ini tak henti-hatinya memberi kejutan wisata alam yang tiada duanya.

Umumnya, masyarakat mengenal kota ini sebagai kota hujan serta kota 1001 angkot. Namun, untuk penikmat alam apalagi curug atau air terjun, Bogor adalah surga dari curug. Jangan salah, di sini terdapat lebih dari 300 curug berserakan. Pecinta curug pun juga menyebut kota ini sebagai kota 1001 curug.

Curug cibulao, foto: instagram.com/akmalehsan_/

Mencari tempat wisata Bogor jauh dari keramaian, bersih, bebas polusi dan sepi pengunjung memang gampang-gampang susah. apalagi bisa membuat pikiran tenang dan batin puas.

Kota Seribu curug ini memberi pilihan banyak curug menyenangkan serta harus dikunjungi, salah satu wisata yang harus Anda coba adalah Curug Cibulao. Lokasi wisata alam ini sepertinya bisa menjadi destinasi pilihan Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di akhir pekan.

Keindahan sunrise di dekat lokasi wisata, foto: instagram.com/catur_khoerudin/

Berada di kawasan Megamendung, yang terkenal dengan spot wisata alam favorit keluarga nan asri serta memiliki hawa sejuk, curug ini akan menambah kesegaran wisata Anda.

Air Bening dari Curug Cibulao

Curug ini merupakan hulu dari beberapa curug lainnya. Diantaranya seperti Curug Naga, Curug Panjang, Barong dan Orog. Bahkan, kita bisa melewati beberapa air terjun ini ketika ingin mengunjungi Cibulao dan melakukan river trekking menyenangkan di tengah aliran air nan jernih.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan, foto: instagram.com/syarip_95/

Air bening ini adalah aliran dari Sungai Paseban yang ada di Kawasan Gunung Paseban. Gunung ini terkenal memiliki hawa yang sejuk dan air yang sangat dingin. Curug ini terkenal dengan warna air kebiruan dan menjadi asal muasal nama curug tersebut.

Baca Juga  Curug Cakrawardana Bogor, Wisata Alam dengan Pemandangan Berbeda di West Java

Gradasi warna airnya membuat siapa pun tergoda dan ingin lekas-lekas menceburkan diri. Curug ini mempunyai kelebihan, selain mempunyai dua leuwi atau visibilitas bawah air yang jernih, arus bawah leuwi juga tak terlalu kuat sehingga cukup menyenangkan untuk berenang.

Hal yang Bisa Dilakukan

Pesona yang dimiliki, foto: instagram.com/muhammadyadihasbulloh/

A. Berenang. Sudah pasti berenang adalah hal utama yang harus dilakukan. Lokasi wisata ini mempunyai kedalaman sekitar 5 meter, sehingga jika Anda pandai berenang serta memiliki nyali besar, sepertinya melompat dari ketinggian atau melakukan cliff jumping tidak masalah.

Kegiatan yang satu ini bisa memuaskan hasrat liburan dan dijamin akan malas pulang. Apalagi saat masuk dalam air, kesegaran dan dinginnya air akan langsung dirasakan. Tinggi dari tebing cukup bervariasi, bila Anda belum berpengalaman, lebih baik memilih tebing yang cukup pendek terlebih dahulu, setelah itu baru naik ke tebing lebih tinggi.

Pemandangan sekitar dari ketinggian, foto: instagram.com/anton_as33/

B. Foto underwater. Ingin berfoto dengan pemandangan atau latar belakang berbeda? Curug Cibulao bisa mewujudkannya. Arus air dari terjunan yang cukup tenang dan di dukung dengan air yang bagus untuk berfoto, mengambil gambar dari dalam air adalah pilihan terbaik.

Kita bisa menelusuri kolam. Sehingga persiapkan action kamera Anda jika ingin mengunjungi lokasi wisata yang mempesona ini.

C. River trekking. Penasaran ingin mencoba river trekking? Di sini tempatnya. Anda bisa mencoba melakukan river trekking dari Curug Panjang, selain melewati Panjang, bisa juga melewati hutan dan jalan.

Berfoto di dekat air terjun, foto: instagram.com/erna_julliest/

D. Berfoto dengan latar belakang curug. Bila tak bisa berenang, berfoto dengan latar belakang curug nan mempesona sepertinya bisa dilakukan. Kita bisa berfoto bersama keluarga dan teman dengan latar belakang curug ini.

Baca Juga  Hijaunya Air Curug Cikaso Sukabumi Membuat Pengunjung Terpesona

Persiapan Sebelum Mengunjungi Curug

Beberapa persiapan harus dilakukan sebelum mengunjungi lokasi ini, yakni:

Keindahan alam sekitar, foto: instagram.com/fernaldiakbar/

  1. Baju ganti. Bagi Anda kaum hawa yang memang memiliki niat untuk berenang atau bermain air, lebih baik sedia baju ganti.
  2. Bekal makanan yang cukup. Bila malas membeli atau tak mau waktu bermain air terganggu, Anda bisa membawa bekal makanan.
  3. Pilih hari yang tepat. Seperti yang kita tahu, Bogor merupakan kota hujan, agar kegiatan berenang tetap aman, lebih baik pilih waktu yang tepat untuk mengunjunginya seperti di musim panas.
  4. Siapkan fisik yang kuat. Fisik juga tak boleh lupa disiapkan karena Anda akan berhadapan dengan jalanan yang cukup menantang.

Fasilitas Wisata

Bebatuan tebing di sekitar, foto: instagram.com/lafir.jastip/

Fasilitas yang disediakan sudah pasti sangat memadai, di dalamnya sudah terdapat kamar mandi, beberapa warung hingga lokasi parkir.

Rute Lokasi

Untuk sampai di lokasi ini tidak sulit. Bila via curug Panjang, dari Bogor atau Tol Jagorawi, kita bisa mengarahkan kendarana untuk menuju ke Puncak. Sesudah sampai di pertigaan Megamendung, atau sebelah Masjid, cukup belok kiri dan melewati jalan hingga ke Unilever Learning Centre.

Kejernihan air yang dimiliki, foto: instagram.com/maars.co/

Ambil arah kanan hingga menemukan Mega Training Centre dan Pusdik Reskim Polri. Dari sini terus melewati hutan pinus sampai menemukan rumah besar di bagian kanan. Anda bisa bertanya pada penduduk setempat dimana jalan ke Curug ini.

Tak perlu sungkan bertanya pada warga bila kebingungan. Kita juga bisa menggunakan Google Map. Ikuti petunjuk jalan di peta.

Wisata Bogor

Kondisi aliran air pada saat musim kemarau, foto: instagram.com/erna_julliest/

Beberapa wisata Bogor ini juga bisa memuaskan hasrat Anda, seperti:

  • Jungle Land Adventure Theme Park. Lokasi ini adalah destinasi wisata favorit keluarga. Lokasinya ada di kawasan Sentul Nirwana, Kaki Gunung pancar. Selain lokasi yang terjangkau, Jungle Land ini mempunyai 30 lebih wahana anak-anak.Bukan hanya itu saja. Lokasi ini juga mempunyai pusat iptek terlengkap dan terbesar di Indonesia. taman bermain ini dibuka dari jam 10.00 sampai 22.00. harga tiket berada di angka Rp 125.000 per orang pada hari biasa.
  • Danau Quarry. Danau Quarry ada di Desa Nuggaherang, Cigudeg. Danau ini menjadi tempat wisata yang dulunya merupakan cekungan bekas lahan pertambangan yang telah lama ditinggalkan.Cekungan ini terisi air hujan, dan air di danau ini bukan biru namun airnya berwarna hijau. Iniah yang menjadi keindahan dari danau tersebut. Akses ke lokasi cukup berbatu karena sering dipergunakan oleh truk pengambil material bangunan.

Berfoto di dekat papan tulisan, foto: instagram.com/dpoelvull/

  • Bukit Alesano. Untuk penggemar kegiatan berbau outdoor, bukit Alesano adalah tempat wisata yang harus dikunjungi. Bukit ini ada di Cipelang, Bogor serta berdekatan dengan balai Embrio Tenak. Kita cukup membayar Rp 10.000 per orang, dan sudah bisa menikmati indahnya dan dinginnya pegunungan.
  • Taman Wisata Matahari. lokasinya ada di Jalan Raya Puncak KM 77, Cilember. Taman ini mempunyai berbagai macam wahana permainan anak mulai dari petualangan, edukasi, air dan yang lainnya.
Baca Juga  5 Tempat Makan di Galaxy Bekasi ini Tak Sampai Rp 50.000

Taman ini juga memiliki akomodasi menginap, lahan perkemahan hingga pusat perbelanjaan. Taman ini buka dari jam 08.00 hingga 16.00, bila di hari biasa sampai pukul 17.00. Untuk masuk ke lokasi ini harga tiketnya cukup terjangkau Rp 25.000 saja.

Akses jalan di sekitar lokasi, foto: instagram.com/taufikaleale/

Lokasi: Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon: –

5/5 (1 Review)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply