Curug Cakrawardana Bogor, Wisata Alam dengan Pemandangan Berbeda di West Java

805 views

Bogor, siapa yang tak kenal dengan lokasi ini? Bogor ialah daerah di West Java yang berada di dataran tinggi. Hal ini membuat udara di sekitar Bogor sangat sejuk terasa.

Oleh sebab itu, berlibur di objek wisata ini menjadi pilihan yang paling pas untuk melepas kepenatan bagi Anda yang berlokasi di Bogor dan sekitarnya.

Curug cakrawardana, foto: instagram.com/ahmadbudiheriyanto/

Apabila Anda dari luar kota dan sengaja datang ke Bogor untuk menikmati keindahan alamnya. Wisata alam di Bogor memang banyak macamnya, salah satunya ialah air terjun atau curug.

Di sini, banyak air terjun dari berukuran kecil serta minim fasilitas, sampai curug denganmemiliki ukuran besar dengan fasilitas super lengkap. Salah satu pilihan yang harus Anda ambil adalah Curug Cakrawardana.

Keunikan Curug Cakrawardana

Jembatan kayu di sekitar, foto: instagram.com/fariz.rifaldhi/

Sesuai nama ia sandang, curug yang berlokasi di Sukamakmur ini mempunyai keindahan seperti bidadari. Dapat dikatakan, air terjun ini merupakan wisata yang paling indah di Bogor, serta fasilitas yang super lengkap.

Pengelola sengaja membuat curug ini terlihat lebih menarik. Daya tarik dari curug ini sendiri adalah lokasinya cukup dekat dengan Jakarta, sehingga bagi Anda yang berwisata ke Jakarta dan ingin mencoba mengunjunginya, kita tak perlu menempuh jarak jauh untuk mencapainya.

Di sini, kita bisa berjemur seperti di pantai karena di bawah curug terdapat kolam besar yang dikelilingi dengan pasir putih. Di sekitaran kolam disediakan payung berukuran besar untuk berteduh. Menariknya, air mengalir di sini masih asri karena mengalir di sumber mata air pegunungan.

Pemandangan sekitar dari ketinggian, foto: instagram.com/doelmupid/

Sesudah lelah bermain air seharian di Curug Cakrawardana, kita bisa beristirahat di tempat peristirahatan sembari mendengarkan alunan musik nan merdu yang dinyanyikan oleh artis cantik.

Baca Juga  5 Tempat Makan di Galaxy Bekasi ini Tak Sampai Rp 50.000

Bukan hanya itu, suka berkaraoke ria? Bagi kita yang gemar berdendang, bisa request lagu sesuai dengan keinginan. Kita bisa bernyanyi sendiri atau pun ingin berduet dengan artis dari Curug Cakrawardana.

Biasanya, ruang aula tersebut digunakan untuk tempat meeting atau pun umum.

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan di Curug Cakrawardana

Pemandangan alam sektiar, foto: instagram.com/jumpingcartle/

a.Mendengarkan alunan musik. Bila sudah letih karena menempuh perjalanan yang cukup jauh, Anda bisa bersantai sembari mendengarkan alunan musik yang dinyanyikan oleh artis-artis.

b.Menikmati sajian makanan. Kita bisa menyantap makanan yang sudah dibawa dari rumah, atau makanan yang dibeli di Curug, tak perlu bingung mencari tempat karena pengelola sudah menyediakan tempat beristirahat yang sangat pas untuk Anda.

Para pengunjung yang datang di sekitar, foto: instagram.com/yudhamey_/

c.Berfoto. di kolam bagian bawah terdapat pasir putih, pasti cantik hasilnya jika Anda menggunakannya untuk spot foto. Kita bisa mengambil foto untuk kebutuhan media sosial, atau sekedar untung kenang-kenangan bersama dengan keluarga.

Fasilitas

Terdapat beberapa fasilitas di sini, seperti:

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/freasbe/

1.Kamar ganti atau kamar mandi. Tak perlu cemas sesudah bermain air, karena pengelola telah memberikan fasilitas kamar mandi dan kamar ganti yang cukup memadai bagi Anda.

2.Tempat istirahat pengunjung. Sesudah lelah bermain seharian di curug, kita bisa beristirahat di tempat yang sudah disediakan pengelola. Tempat istirahat ini di desain oleh arsitek dan cocok untuk keluarga atau pun datang bersama dengan pasangan.

Keseruan bermain di bawah air terjun, foto: instagram.com/freasbe/

3.Penginapan. Bila sedang libur panjang dan tak ingin melepaskan begitu saja keindahan dari air terjun ini, kita bisa menghabiskan waktu liburan di sini. Di sini terdapat hotel atau tempat penginapan khusus untuk pengunjung. Selain lokasinya cukup bagus, Anda juga bisa menikmati iringan alunan suasa musik, air terjun serta hembusan angin pegunungan.

Baca Juga  Pasir Mukti, Lokasi Liburan Keluarga dengan Nuansa yang Sejuk di Bogor

4.Warung makan. Malas membawa bekal makanan dan lapar setelah bermain seharian? Tak perlu khawatir karena di sini terdapat warung makan yang menyediakan berbagai macam menu istimewa. Harganya pun cukup terjangkau dan tak akan membuat kantong kering. Mulai dari mie instant dan snack ada di sini.

Salah satu fasilitas yang ada di sekitar, foto: .instagram.com/sadamrizkyagusta/

5.Parkir. Fasilitas lain yang tak boleh dilupakan adalah tempat parkir. Pengelola menyediakan lokasi parkir yang sangat luas sehingga Anda tak perlu khawatir jika datang terlalu siang di sini.

Rute Menuju Curug Cakrawardana

Untuk sampai di lokasi ini, bila dari Jakarta bisa melewati jalur Tambun menuju ke Bekasi – Bantar Gebang hingga akhirnya Citereup. Sampai di pasar Citeureup, belok ke kiri masuk di pasar dan tembus di Tajur.

Pesona yang dimiliki, foto: instagram.com/omompong_/

Ketika akhir pekan, kita bisa melewati jalur ini, karena bila melewati Babakan Madang, jalannya akan sangat macet oleh wisatawan yang ingin berwisata ke daerah Gunung Pancar atau yang ingin pergi ke Puncak menggunakan jalur alternatif.

Setelah sampai di Tajur, arahkan kendaraan menuju Sukamakmur Jonggol. Di perjalanan, kita bisa menemukan plang nama curug-curug lain. kurang lebih 3 kilometer dari plang jalan, kita akan sampai di jalur menanjak. Sekitar 500 meter, Anda akan sampai di Curug Cakrawardana.

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/zonessasongko/

Memang, melihat rute jalan yang harus dilalui, lebih mudah bila Anda menggunakan kendaraan pribadi. Apabila dari luar kota, lebih baik menyewa mobil dibandingkan dengan mengandalkan angkutan umum.

Sedangkan, bila masih bingung dengan rute jalan, kita bisa mengandalkan Google Map dan mengikuti petunjuk arah di peta atau di map.

Baca Juga  30 Wisata Kuliner Kekinian di Lembang yang Enak dan Murah

Harga Tiket Masuk

Keindahan yang dimliki oleh air terjun, foto: instagram.com/muhmd.alpi/

Untuk masuk ke Cakrawardana, Anda harus membayar biaya parkir Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2. Sedangkan untuk tiket wisata alam sebesar Rp 10.000 dan Rp 15.000.

Lokasi Wisata Lain Bogor

a)Taman Safari. Taman Safari tentunya sudah tidak asing bagi Anda. taman ini ada di kawasan Puncak, tepatnya di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Taman ini memberikan suguhan pengalaman menjelajah alam yang tak mungkin dilupakan.

Bila kebun binatang biasa, pasti semua satwa dikurung di dalamnya, namun di sini kita yang dikurung di dalam kendaraan. sedangkan satwa liar dibiarkan dengan bebas berkeliaran sesuai habitatnya. Kita dilarang keras memberi makan satwa atau membuka pintu dan jendela.

Akses menuju lokasi, foto: instagram.com/jumpingcartle/

b)Curug Cigamea. Lokasi ini ada di Gunung Sari. Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sesuai dengan nama yang dimiliki, berarti gemuruh. Suara dari air terjun ini sangat bergemuruh. Untuk masuk ke lokasi, bisa menggunakan angkutan umum 03 atau menggunakan kendaraan pribadi.

c)Bengkok Leuwi Hejo. Lokasinya ada di Wangun Cileungsi. Untuk menuju ke sini, kita bisa mengambil rute melewati Sentul City menuju Babakan Madang. Tidak seperti curug kebanyakan, untuk air terjun ini bisa dikatakan pendek.

d)Terdapat kolam alami dengan dalam 2,5 meter dengan air yang jernih dan dingin. Ketika musim penghujan, akses lokasinya sangat rawan dan licin, sehingga tidak dianjurkan untuk datang ketika musim hujan.

Lokasi: Pabuaran, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16810
Map: KlikDisini
HTM: Rp.25.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00-18.00
Telepon: 081-233-339-889

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply