Berenang Sambil Berkhayal Menjadi Bidadari di Curug Bidadari Bogor

677 views

Tak jauh dari ibukota, tepatnya di Sentul Paradise Park ada satu air terjun yang menarik minat wisatawan baru-baru ini. Alamat di Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Wisata alam satu ini menawarkan air terjun yang terkenal dengan cerita Jaka Tarub. Tempat ini lebih dikenal dengan nama Curug Bidadari.

Lebih Dekat dengan Curug Bidadari

Curug bidadari, foto: tempatwisatadibogor.net

Awal mula nama curug ini bukanlah Curug Bidadari melainkan Curug Bojong Koneng. Nama ini dianggap kurang familiar sehingga pihak Sentul Paradise Park pun menggantinya menjadi Air Terjun Bidadari atau Curug Bidadari.

Cerita rakyat mengenai Jaka Tarub yang suka mengintip para Bidadari mandi pun disinyalir muncul di tempat ini. Tempat Jaka Tarub mengintip pun berada di celah-celah batu yang berada tepat di depan air terjun. Akan tetapi bebatuan ini telah dibelah pada bagian tengan untuk kepentingan pariwisata.

Daya Tarik

Pintu masuk menuju lokasi wisata, foto: buletinwisata.blogspot.co.id

Keindangan Curug Bidadari yang lokasinya tak jauh dari Gunung Pancar memang menarik. Pasalnya, alami dan buatan bersandingan.

Air terjun setinggi 50 meter ini sangat cocok dihabiskan untuk bersama teman dan keluarga. Sebelah air terjun juga terdapat kolam penampungan air. Kedalamannya setinggi 30 cm. Kolam ini cocok bagi anak Anda.

Untuk orang dewasa juga disediakan kolam penampung dengan kedalaman 1,5 meter. Kondisi di sini mirip dengan Air Terjun Sri gethuk yang ada di daerah Yogyakarta

Pesona yang ada di sektiar, foto: dakatour.com

Di sini pun Anda bisa menyewakan pelampung jika tak bisa berenang. Apalagi ada wahana Wave Pool dan Lazy Pool yang siap memberikan sensasi ayunan dan ombak buatan di dekat air terjun.

Baca Juga  Murah Meriah, 100 Tempat Makan di Bandung Yang Cocok Untuk Keluarga

Walau Anda tak ingin berenang pun bisa berfoto dan mengambil gambar sebanyak-banyaknya di lokasi ini. Kemudian Anda bisa mulai ber-flying fox di sekitar air terjun.

Tak hanya itu, berjemur di sini juga diperbolehkan. Malah suasanya pun mirip berjemur di pantai karena tepian kolam diberikan pasir putih. Pasir putih ini juga didatangkan dari Pulau Belitung.

Harga Tiket Masuk

Pemandangan alam sektiar, foto: nativeindonesia.com

Tempat wisata ini dikelola oleh Sentul Paradise park sehingga memiliki harga tiket masuk. Harga tiket masuk untuk weekday dan weekend pun dibedakan.

Jika Anda datang pada hari Senin sampai Jumat siapkan kocek sebesar Rp 25.000. Sedangkan weekend silakan membayar Rp 40.000 per orang. Akan tetapi tiap tahun harga tiket masuk di kawasan ini mengalami kenaikan.

Kendaraan pun dikenakan tarif parkir yang beragam. Kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 5.000 sedangkan mobil Rp 10.000 per kendaraan.

Harga tiket masuk, foto: waterfalladventurebekasi.blogspot.co.id

Anda bisa mengunjungi kawasan ini pada pukul 07.30 sampai 17.00 WIB. Pastikan Anda datang sebelum pukul 12 siang. Ini dikarenakan setelah jam tersebut biasanya kawasan ini akan turun hujan.

Selain itu jangan juga terlalu pagi karena akan ada banyak orang-orang yang mengatasnamakan pengelola padahal pungutan liar. Selalu ingat bahwa tiket resmi hanya bisa dibeli di loket resmi.

Rute Menuju Lokasi

Jalan menuju tempat ini bisa dibilang tak terlalu sulit. Lokasinya yang masih bisa dijangkau pun memudahkan pengunjung.

Jernihnya kolam air untuk bermain, foto: sharetempatwisata.com

Jika Anda berpatokan dengan google maps atau peta pasti ketemu karena ia sudah terdeteksi dengan baik. Meskipun akses jalan menanjak naik dan di beberapa titik tidak mulus tapi tetap banyak yang mengunjunginya.

Baca Juga  Kuliner Asik, 10 Tempat Makan di Sentul yang Bisa Ngasih Kenyamanan

Jika datang dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, arahkan menuju tol Jagorawi lalu keluar di Sentul City. Dari gerbang tol, Anda akan menemukan pertigaan pertama kemudian belok kanan.

Kira-kira 2 kilometer berjalan, Anda akan bertemu pertigaan lalu belok ke kanan dan lewati terowongan. Muncul pertigaan, Anda silakan belok kiri sampai menemukan pertigaan lagi dengan papan petunjuk Telaga Cikeas.

Banyaknya pengunjung yang bermain perahu karet, foto: infojalanjalan.com

Ikuti saja papan petunjuk sampai bertemu pertigaan. Kemudian belok kanan sampai Anda menemukan gerbang masuk Sentul Paradise Park. Di situlah Curug Bidadari berada.

Naik kereta pun bisa tapi memang hanya sampai ke kawasan Sentul City. Anda turun di Stasiun Bogor kemudian naik angkot 03 sampai di Botani Square. Dari situ, Anda naik Trans Pakuan yang turun di Belanova Mall.

Dari Belanova, Anda bisa saja menyewa kendaraan atau naik ojek yang tersedia di sekitar mall. Jika datang dari Cileungsi, ada angkutan umum yang langsung mengarah ke Sentul City.

Penginapan sekitar Curug

Keindahan alam sektiar, foto: nativeindonesia.com

Walau Sentul City sebenarnya daerah perumahan yang lebih mirip seperti villa, terdapat juga hotel-hotel yang bisa dipilih untuk menginap.

Terutama jika Anda datang dari daerah yang cukup jauh seperti Bandung, Pekalongan, Batang, Semarang, Karawang, Pandeglang, Banyumas, Kuningan, Ambarawa, Banten, dan sekitarnya.

Hotel yang bisa Anda pilih seperti Hotel Harris Sentul, Hotel Neo+ Green Sawava, sampai Aston Sentul Lake Resort & Conference. Bahkan Anda bisa menginap di salah satu villa yang mana sedang naik daun, Villa Aman D’sini.

Beberapa peralatan yang disewakan, foto: eithea.net

Alamat lengkap Villa Aman D’sini yaitu di Kampung Garusngsang Pasir, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Dari villa menuju curug pun hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Pemandangan villa ini pun sangat bagus.

Baca Juga  Berwisata ke Bogor? Jangan Lewatkan River Trekking Seru di Curug Cibulao

Di malam hari, Anda akan disuguhkan lampu-lampu kota, sedangkan siang hari Anda seperti berada di atas awan. Harganya pun dimulai dengan Rp 2,5juta per malam per kamar. Tarif ini tergantung dari tipe kamar yang Anda pilih.

Akan tetapi Anda pun bisa menikmati pemandangan di sini tanpa harus menginap. Caranya dengan makan siang atau makan malam di restoran yang ada di villa.

Curug Lainnya di Indonesia

Jembatan penghubung menuju lokasi air terjun, foto: nativeindonesia.com

Masih di sekitar Bogor, tepatnya di daerah Puncak, ada curug yang cukup terkenal juga. Selain keindahannya juga cerita angkernya. Namanya Curug 7 Cilember.

Untuk menuju ke sana, Anda perlu masuk tol dan arahkan kendaraan Anda menuju puncak. Tak jauh dari Taman Matahari ada papan petunjuknya.

Selain itu, ada juga Curug Cikoneng dimana memiliki alamat Puraseda, Leuwiliang, Bogor, Curug Ciherang yang bisa dilalui dari Cibinong, dan Citeureup, Curug Cibeureum di Cibodas. Di Cianjur pun ada beberapa curug yang patut untuk didatangi. Dua diantaranya adalah Curug Cikondang dan Curug Luhur.

Bermain flying fox, foto: nativeindonesia.com

Nama bidadari tak hanya dipakai untuk yang berlokasi di Sentul saja. Di daerah Sumowono, tepat alamatnya di Kesenengan, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah terdapat curug yang namanya hampir sama yaitu Curug 7 Bidadari. Lokasinya tak jauh dari Gunung Ungaran.

Begitu pula di Jolotigo Talun, Pekalongan. Bahkan di kawasan Baturraden pun juga ada Curug Bidadari atau lebih dikenal dengan nama Sendang Bidadari. Tak hanya itu, ada Curug Siputri di daerah Kuningan yang juga memiliki cerita tentang Bidadari.

Aliran air yang ada di sungai, foto: dakatour.com

Lokasi: Jalan Sentul Paradise park, Bojong Koneng, Babakan madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Map: KlikDisini
HTM: Rp.25.000 /Orang
Buka/Tutup: 07.30-17.00
Telepon: –

5/5 (1 Review)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply