12 Gambar yang Menjadi Bukti dari Pesona Keindahan Alam di Curug Benowo

562 views

Wisata alam di kota Semarang memang tidak pernah ada habisnya, salah satunya menikmati pesona air terjun atau dalam Bahasa Jawa dikenal dengan curug, yaitu Curug Benowo. Salah satu destinasi wisata di Semarang ini wajib dkunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur.

Dengan pemandangannya indah sekali, Curug Benowo ini bisa dibilang belum terjamah. Hal ini karena untuk sampai ke sana harus menggunakan akses konvensional atau jalan kaki. Meskipun harus berjalan kaki mulai dari tempat parkir, tentunya berjalan kaki akan nyaman dengan suguhan alam.

Keindahan dan fasilitas yang bisa ditemukan di Curug Benowo

Curug benowo, foto: instagram.com/yenniekasan/

Di kawasan wisata Curug Benowo, para wisatawan juga bisa menemukan aliran dari curug lainnya, yaitu Curug Lawe. Sedangkan keunikan dari Curug Benowo sendiri yaitu banyaknyaa cekungan tebing tinggi. Jika dihitung semua cekungannya, bisa ditemukan kurang lebih 25 buah tebing.

Ketinggian dari Curug Benowo sendiri mencapai hingga 50 meter. Sehingga aliran air dari Curug Benowo terbilang deras. Para pengunjung bukan hanya bisa menikmati keindahan pemandangan eksotisnya, tetapi juga guyuran air segar.

Para pengunjung yang datang tak jarang biasanya langsung berendam dan mandi di sana. Suara gemericik yang deras dari air terjun tentu menjadi pesona irama menenangkan. Selain itu juga bisa ditemukan sebuah jembatan kayu yang juga menjadi keunikan tersendiri.

Bermain di bawah air terjun, foto: instagram.com/faqihshofianto/

Mengapa jembatan tersebut menjadi unik karena memiliki sebutan atau nama yang juga tidak kalah uniknya, yaitu Jembatan Romantis. Hal ini dikarenakan banyaknya pasangan kekasih datang dan mengabadikan foto di jembatan ini. Dari jembatan ini juga terdengar gemericik air terjun khas.

Kesejukan alam dan juga pemandangannya yang sangat indah dengan suara air terjun yang menenangkan tentu membuat para wisatawan enggan beranjak dari sana. Akan tetapi, disarankan untuk meninggalkan lokasi curug sebelum menjelang petang.

Keindahan yang dimiliki, foto: instagram.com/mo2n_ica/

Karena jika meninggalkan lokasi Curug Benowo hingga matahari tenggelam, perjalanan yang ditempuh akan sulit. Baik penerangan seperti halnya lampu masih belum bisa ditemukan di kawasan jalan Curug Benowo. Ditambah dengan banyaknya kisah misteri karena memang masih jarang terjamah.

Baca Juga  Inilah Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Wisata Ke Sam Poo Kong: Harga Tiket Masuk dan Hotel Terdekat

Oleh karena itu, pengunjung akan selalu di ingatkan oleh petugas yang ada di sana untuk segera pulang sebelum sore menjelang. Tentunya hal ini dilakukan untuk keamanan bersama.

Baksi sosial untuk membersihkan sampah, foto: instagram.com/bundaale3/

Meskipun demikian, namun bukan berarti kawasan wisata ini tidak memiliki fasilitas untuk menunjang para pengunjung atau wisatawan. Karena di sana juga terdapat tempat untuk parkir kendaraan.

Selain itu juga bisa ditemukan tempat untuk beribadah yaitu mushola, kamar kecil hingga kamar mandi yang bersih. Dan jika perut terasa lapar setelah bermain di sungainya, maka banyak tempat makan dengan sajian khas Jawa yang bisa dinikmati.

Menyusuri rute dan jalan untuk sampai di tempat wisata Curug Benowo

Aliran air yang mengalir ke bawah, foto: instagram.com/adikawidi/

Secara lengkapnya, Curug Benowo berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya, Curug Benowo ini berada di bawah Gunung Ungaran. Sehingga tidak heran jika memiliki pesona alam yang memikat di antara air terjunnya.

Meskipun tempat wisata alam, namun para pengunjung bisa menemukan jalan atau akses menuju ke sana secara online dengan titik kordinat yang telah disediakan.

Jalan menuju lokasi, foto: instagram.com/curuglawebenowo/

Namun jika melakukan perjalanan secara manual atau tanpa bantuan secara online juga tidak terlalu sulit. Karena banyak petunjuk jalan yang bisa digunakan untuk sampai ke sana. Jika perjalanan dimulai dari Alun-Alun Ungaran, maka arah jalan selanjutnya yaitu ke Mapagan atau jalan ke Gunungpati.

Oleh karena itu pastikan untuk mematuhi setiap petunjuk jalan yang ada agar tidak sampai tersesat karena terdapat dua jenis curug di sekitarnya, yaitu Curug Benowo dan Curug Lawe.

Pemandnagan alam sekitar, foto: instagram.com/davidyulliant/

Untuk yang datang dari luar kota Surabaya, seperti Jakarta, atau Purworejo maupun juga Kendal juga mudah dengan mematok arah mulai dari alun-alun di kota ini.

Baca Juga  Hirup Udara Segar di Desa Wisata Watu Gunung Lerep Ungaran yang Masih Alami

Dari sana wisatawan akan menemukan sebuah gapura dengan tulisan “Selamat Datang di Kampus Sekaran Gunungpati”. Dari situ lurus kurang lebih 1,5 km yang di sebelah kanannya terdapat Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumurgunung kemudian belok kiri.

Pesona alam yang dimiliki, foto: instagram.com/rizkyngrhh_/

Setelah sampai, kendaraan bisa diparkir langsung di sana, baik mobil maupun juga motor karena area parkir cukup luas. Setelah itu barulah melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk sampai di Curug Benowo.

Biasanya dari tempat parkir hingga ke Curug Benowo memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam waktu perjalanan. Memiliki medan yang cukup menantang menjadikan kawasan wisata ini pasti dinikmati oleh mereka yang berjiwa petualang.

Terdapat juga jembatan kayu dan jalan setapak yang mungkin akan menguji nyali para pengunjung yang ingin melihat keindahan Curug Benowo. Tetapi tentunya rasa lelah akan sirna setelah sampai di sana dan melihat pesona alam dari Curug Benowo.

Berfoto di bawah tulisan, foto: instagram.com/richardojs/

Selain itu, sebelum sampai di sana para wisatawan sebenarnya akan disuguhi pemandangan alam sambil berjalan kaki. Pepohonan yang rimbun dan juga hijau akan ditemukan di setiap kanan dan kiri jalan. Sehingga jarak yang jauh pun tidak terasa karena udara yang sangat sejuk.

Menikmati pesona alam Curug Benowo, mulai dari jadwal buka hingga harga tiket

Kawasan Curug Benowo dibuka mulai dari pukul 6 pagi, sehingga meskipun datang terlalu pagi tidak ada salahnya untuk langsung menuju Curug Benowo. Sedangkan waktu tutup dari Curug Benowo yaitu pukul 3 sore.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/bilalangga03/

Kurangnya penerangan menjadi alasan para pengunjung harus meninggalkan kawasan wisata tersebut sebelum benar-benar sore hari. Selebihnya lagi yaitu karena tempat wisata alam tersebut masih dikelilingi oleh hutan sehingga petugas akan mengingatkan agar pengunjung pulang sebelum petang.

Baca Juga  Ada Banyak Spot Foto Bagus di Bukit Cinta Bayat Gunung Gajah Klaten, Sudah Coba?

Untuk harga tiket, tentunya sangat murah dan bersahabat mungkin karena kawasan ini masih sulit dijangkau sehingga harga tiket yang diberikan pun sangat terjangkau. Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang 4 ribu untuk satu orang.

Menikmati pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/rahmaniaraulia27/

Dengan harga itu, para pengunjung akan puas menikmati setiap keindahan alam yang disuguhkan di Curug Benowo.

Oleh karena itu, pastikan untuk datang di pagi hari agar bisa menikmati liuran di sana dalam jangka waktu yang lama. Karena waktu tutup wisata yang cukup singkat yaitu pukul 3 ore. Maka pastikan untuk sampai di sana sejak pagi.

Misalnya saja sampai di area parkir pukul 6 dan melakukan perjalanan dengan jalan kaki yang memakan waktu 2 jam. Sehingga akan sampai di sana kurang lebih sekitar pukul 8 pagi. Akan mudah untuk menentukan perjalanan pulang bahkan sebelum pukul 3 sore karena telah puas bermain.

Lokasi curug, foto: instagram.com/thiah.mutthiah/

Pastikan juga untuk mempersiapkan segala keperluan untuk berkunjung ke Curug Benowo. Terlebih lagi dengan persiapan fisik untuk bisa sampai di sana.

 Lokasi: Kalisidi RT.01 RW.06, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 50519, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Rp.4.000 /Orang
Buka/Tutup: 06.00 – 15.00
Telepon: 0896 9221 0080

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply