Ingin Wisata Bogor ke Tempat yang Lebih Menarik? Curug 7 Cilember Pilihannya

1489 views

Indonesia mempunyai letak geografis begitu menakjubkan, bahkan kekayaan alamnya sangat melimpah ruah. Hal ini menjadikan negara kita mempunyai potensi wisata alam yang baik. Di Indonesia banyak terdapat air terjun karena kontur serta sungai yang beragam.

Air terjun lebih digemari wisatawan karena suhu yang ada di sekitar air terjun ini sejuk serta dingin. Hal ini berkaitan dengan letaknya ada di daerah pegunungan. Alasan lain, air terjun bisa digunakan sebagai lokasi bermain alami dan tiket masuk yang tak kalah murah.

Curug 7 cilember, foto: instagram.com/hansz1/

Bogor menjadi daerah yang terkenal dengan wisatanya. Objek wisata alam di Bogor memang menjadi primadona. Salah satunya adalah air terjun atau curug. Mungkin kita bisa menemukan begitu banyak air terjun di kota ini. Salah satunya adalah Curug 7 Cilember.

Objek wisata air terjun Cilember adalah tempat wisata yang sangat menarik di Kota Hujan ini, bahkan sering menjadi tujuan rekreasi keluarga. Baik wisatawan yang berasal dari dalam kota atau pun dari luar kota.

Kawasan wisata ini mampu memberi panorama keindahan, hijau pepohonan dan kesejukan. Inilah yang membuat masyarakat tidak pernah bosan mengunjunginya.

Keunikan Curug 7 Cilember

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/ahmad_zaelani/

Lokasi tempat rekreasi ini berada di kawasan Puncak. Oleh sebab itu, untuk menuju ke lokasi ini begitu mudah. Tempat wisata ini merupakan air terjun yang memiliki ketinggian menapai 800 meter di atas permukaan laut. Suhunya sangat sejuk serta cocok untuk menghabiskan waktu santai.

Bukan hanya itu, banyak pepohonan hijau yang akan menyambut kita. Sehingga, kita tak perlu bingung untuk mencari tempat berteduh.

Salah satu pesona yang dimilikii, foto: instagram.com/okkyos_/

Curug 7 Cilember mempunyai 7 tingkatan. Uniknya, semakin kecil angkanya, posisinya menjadi semkain tinggi. curug yang ada di paling bawah serta dekat dengan loket masuk memiliki nama Cilember 7. Sedangkan, untuk yang paling tinggi memiliki nama Cilember 1.

Baca Juga  20 Daftar Restoran di Cirebon Yang Paling Enak

Kita harus melakukan perjalanan untuk sampai di nomer paling atas, yakni dengan cara berjalan kaki melewati jalanan setapak serta batu yang licin. Semakin tinggi levelnya, jalanan juga menjadi semakin sulit, oleh sebab itu wisata ini menjadi sangat istimewa dan cukup unik.

Jalur trek nomer 7 hingga 5 tak perlu cemas karena tidak begitu sulit, sedangkan untuk sampai di nomer 4 harus melewati bebatuan dan tanjakan. Untuk sampai di nomer 1 hingga 3 harus melalui perjuangan yang berat karena kondisi jalan yang sulit.

Mitos Curug 7 Cilember

Bukan hanya keindahan alam, curug ini sendiri memiliki arti Ci atau Cai dengan makna air sedangkan lember mempunyai arti jamur karena di lokasi tersebut banyak tumbuhan jamur.

Keseruan di dekat air terjun, foto: instagram.com/noviikanov11/

Wisata ini menyimpan sejumlah mitos. banyak orang yakin bila lokasi tersebut ialaj lokasi pemandian putri-putri prabu Siliwangi. Sehingga, air di dalamnya adalah air berkhasiat.

Ada pula yang meyakini jika dengan mandi di sana akan mengobati berbagai penyakit, bahkan berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, mereka yang belum mempunyai pendamping akan mudah menemukan jodohnya sesudah mandi di air terjun.

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/richkevin69/

Bukan hanya itu, terdapat kebiasaan sejumlah pengunjung yang mandi saat tengah malam apalagi ketika malam Jumat Kliwon. Tempat rekreasi ini banyak di kunjungi ketika bulan Muharram serta Maulid, apalagi di tanggal 10 sampai tanggal 14.

Umumnya, mereka yang mengunjunginya berharap untuk memperoleh berkah awet muda bahkan tambah kekuatan.

Derasnya aliran air, foto: instagram.com/herulksno/

Lokasinya dibagi menjadi 2 yakni kanan dan kiri. Posisi kanan dipercaya mendapatkan kekuatan dan kiri dipercaya untuk memperoleh keberkahan, semua bergantung dari kepercayaan masing-masing. Setiap bulan, banyak pengunjung dari perguruan silat untuk berlatih pernapasan.

Baca Juga  Wisata Alam Romantis ala Titanic di Curug Cipamingkis, Ini Panduannya!

Lokasi dan Rute Curug 7 Cilember

Lokasi dari sarana rekreasi ini ada di kawasan Bogor sehingga mudah di kunjungi, apalagi jika Anda tinggal di Jakarta atau di sekitaran Jawa Barat.

Jernihnya air di sekitar, foto: instagram.com/fahmie_squarevants12/

Perjalanan ke lokasi ini jika dari Jakarta hanya memerlukan waktu 2 jam perjalanan, bergantung dari kondisi jalan.

Bila kita dari Jakarta, arahkan mobil ke kawasan Cisarua. Lanjutkan perjalanan dengan cara mengambil belokan arah kiri. Tak perlu bingung, cukup ikuti papan penunjuk jalan ke Taman Matahari. Lokasinya searah Taman Matahari.

Dari sini, ikuti petunjuk jalan sampai beberapa kilometer. Kita pun akan melihat gerbang wisata. Masih bingung rute yang harus dilalui? Bila masih bingung, buka gadget Anda dan cari Google Map. Masukkan titik arah datang dan tujuan. Kita tinggal mengikuti petunjuk arah tersebut.

Harga tiket masuk

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/zepri_simanjuntak/

Masuk ke kawasan wisata ini tak membutuhkan biaya yang besar. Untuk masuk hanya Rp 6.000 saja per orangnya. Sedangkan, bila kita membawa kendaraan seperti roda 2, akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 4.000 dan untuk mobil Rp 8.000 saja.

Apabila ingin masuk di taman konservasi kupu-kupu, cukup membayar tambahan Rp 5.000 per orang.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas jembatan, foto: instagram.com/thole_laros/

Sebagai kawasan wisata, apalagi berada di Bogor tentu saja fasilitas di dalamnya sudah cukup memadai. Banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati karena lokasi ini telah berkembang baik. Di sana, kita bisa melihat taman kupu-kupu, kios wisata, jungle tracking, flying fox hingga camping ground.

Fasilitas umum seperti kamar mandi, kamar ganti, warung makan juga sudah disediakan, sehingga tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu lapar.

Baca Juga  Curug Cakrawardana Bogor, Wisata Alam dengan Pemandangan Berbeda di West Java

Menginap di Curug

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/galang_lee/

Belum ingin pulang dan masih ingin menghabiskan waktu di tempat rekreasi ini? bagi wisatawan yang berniat menginap akan dikenai biaya parkir kendaraan Rp 8.000 per malam. Bila ingin menginap di sini dapat dilakukan dengan 2 cara yakni menginap di pondok atau memilih camping ground.

Penginapan di pondok mempunyai fasilitas cukup mewah. Pondok ini dibuat dari bambu serta kayu yang alami dan dapat digunakan untuk menginap. Di dalamnya disediakan 3 kamar, dapur serta tungku pemanas. Harga menginap di pondok cukup mahal Rp 700 hingga Rp 900 ribu per malam.

Jika memilih menginap di lokasi camping, akan dikenakan biaya Rp 30 ribuan. Anda bisa membawa tenda sendiri atau bisa menyewa perlengkapan.

Akses jalan menuju lokasi, foto: instagram.com/ahmad_zaelani/

Biaya perlengkapannya cukup bervariasi, bergantung dari ukuran tenda. Jika memilih tenda dengan kapasitas 2 orang biayanya sebesar Rp 125 ribuan.

Untuk kapasitas yang lebih besar Rp 250 ribuan serta Rp 350 ribuan.

Kunjungi pula Taman Kupu-kupu

Di sini terdapat spot wisata yang memiliki nama Taman Kupu-kupu. Taman tersebut merupakan lahan konservasi kupu-kupu yang dapat kita masuki.

Terdapat jaring raksasa di dalamnya serta banyak wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai daur hidup dari kupu-kupu dan berbagai macam jenis kupu-kupu. Mengajak buah hati akan terasa menyenangkan jika mengunjungi lokasi ini.

Mereka pasti akan merasa senang melihat keindahan banyak kupu-kupu yang berterbangan.

Pintu masuk, foto: instagram.com/okkyos_/

 Lokasi: Jalan Raya Puncak KM. 15, Cisarua, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750
Map: KlikDisini
HTM: Rp.6.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00 – 18.00
Telepon: (0251) 8258890

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply