Coban Tundo Malang, 3 Air Terjun Dalam Satu Lokasi. Ini Dia 12 Gambar Keindahannya

738 views

Coban Tundo Malang Katanya Angker dan Pernah Memakan Korban? Lengkap Dengan Informasi HTM 2018, Koordinat Lokasi Serta 12 Gambar Keindahannya

Membicarakan destinasi di kota yang terkenal sebagai kota pendidikan ini tidak pernah ada habisnya. Dari mulai wisata alam seperti pantai, air terjun, pegunungan, hingga wisata edukasi, sejarah, ataupun taman hiburan telah ada semua lengkap dikota ini dan review para wisatawan juga merasa puas.

Coban Tundo, foto: yukpiknik.com

Jadi, bagi Anda yang berencana melakukan liburan bersama keluarga atau teman, mungkin Malang bisa jadi rekomendasi kota wisata keren untuk Anda. Salah satu yang terkenal diantara warga sosial media seperti instagramatau bahkan youtube adalah wisata alam, Coban Tundo. Jika Mojokerto ada Coban Jolotundo, Malang memiliki Coban Tundo.

Pemandangan alam sektiar, foto: asliindonesia.net

Tempat wisata ini adalah sebuah air terjun atau waterfall yang tidak hanya memiliki 1 air terjun saja melainkan ada 3. Inilah keunikan dari tempat wisata Desa Sidoasri, Malang, Jawa Timur. Anda dapat bebas berenang atau uji nyali dengan melompat dari tebing meluncur ke dalam kolam.

Alamat Coban Tundo Siji 1 Loro 2 Telu 3 Malang

Pemandangan dari ketinggian, foto: thunder.id

Letak Coban Tundo berada di Tambak asri, Kec.Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Prov. Jawa Timur,  65181. Anda membutuhkan jarak tempuh kurang lebih 134 kilometer dari pusat kota Malang. Yang membuat Coban Tundo unik karena tidak hanya ada satu coban atau air terjun melainkan 3 terkenal dengan nama coban tundo siji 1 loro 2 telu 3.

Tidak perlu merasa khawatir kondisi jalan ke lokasi karena lumayan aman dan mulus. Selama perjalanan tentunya Anda akan disuguhankan keindahan panorama alamnya. Untuk sampai di lokasi, Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda sepeda motor atapun mobil.

Daya tarik yang dimiliki oleh air terjun, foto: thunder.id

Akses jalan yang dapat digunakan dari pusat kota Malang adalah dengan menggunakan rute jalan lewat Kec. Bululawang – Turen – Sumbermanjing Wetan. Jika sudah sampai di Sumbermanjing Wetan, Anda tinggal lurus saja ikuti jalur petunjuk ke Sendang Biru.

Baca Juga  20 Tempat Makan Seru dan Romantis di Sidoarjo

Ada dua rute jalan alternatif yang dapat juga Anda gunakan. Rute jalan alternatif pertama adalah melalui Des. Kedung Banteng sedangkan kedua melalui Des. Klepu dan Des. Sukodono, Kec. Dampit.

Patokannya adalah kantor Kel. Sukodono. Jika sudah sampai dikantor kelurahan ini Anda akan melihat petunjuk jalan yang tidak jauh dari sana. Petunjuk jalan ke air terjun sengaja dibuat oleh penduduk setempat agar memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung atau jika masih kebingungan lebih baik tanya warga.

Keindahan air terjun, foto: asliindonesia.net

Setibanya Anda di kantor kel. Sukodono tersebut, ada jalan beton yang harus Anda lalui. Terus lurus saja menyusuri jalan ini sampai bertemu jalan setapak dan melihat petunjuk bertuliskan ‘Tundo 3’. Jika sudah ketemu tanda tersebut artinya Anda sudah dekat dengan air terjun.

Bagi Anda yang hendak kemari menggunakan motor sebaiknya gunakan sepeda motor bukan matic karena tracking jalan lumayan terjal. Disamping itu jika mengggunakan kendaraan roda empat, Anda tidak dapat mengakses jalan masuk sampai tempat wisata.

Derasnya aliran air, foto: liburmulu.com

Anda harus memarkirkan mobil atau menitipkannya di halaman rumah warga setempat kemudian berjalan sampai lokasi air terjun. Perjalanannya lumayan jauh dan harus melewati jalan setapak. Namun, Anda tidak perlu berjalan kaki jika menggunakan sepeda motor sampai di parkiran tempat wisata coban tundo.

Inilah kenapa kebanyakan para wisatawan memilih meggunakan kendaraan roda dua karena tidak perlu capek-capek berjalan kaki. Atau untuk yang menggunakan mobil kemudian enggan untuk berjalan dapat menggunakan jasa tukang ojek dengan range harga antara Rp. 30-50 ribu.

Coban Tundo 1

Jernihnya air yang ada di sekitar, foto: fandy2134.blogspot.co.id

Jika sudah sampai di tempat parkir, butuh waktu 5 menit jalan kaki sampai dilokasi coban tundo siji/ satu 1. Selama perjalanan ini Anda akan melewati hamparan kebun kopi. Disini biasa dimanfaatkan para wisatawan untuk berenang dibawah segarnya air tejun.

Baca Juga  Sempatkan Berkunjung ke Candi Badut Jika Datang ke Malang, Candi yang Tak Beratap dan Tak Berpelipit

Disini merupakan favorit wisatawan berenang karena ada cekungan menyerupai kolam dalamnya kurang lebih 2 meteran. Untuk yang tidak bisa berenang ada penyewaan pelampung atau ban disini. Disebelah kolam terdapat sebuah tangga dengan ketinggian mencapai 3 meter. Tangga inilah jalan untu sampai di kawasan Coban 2.

Coban Tundo 2

Kondisi air terjun pada saat kemarau, foto: asliindonesia.net

Tidak hanya di Coban 1 saja yang dapat digunakan sebagai area berenang karena disini juga bisa. Akan tetapi tidak disarankan untuk yang tidak bisa berenang karena kedalamannya mencapai 7 meter. Bagi para pengunjung yang kurang bisa berenang harap jangan mencoba berenang disini.

Namun jika merasa ada yang kurang karena sudah melakukan perjalanan panjang cukup melelahkan tidak dapat nyebur disarankan menyewa ban dengan harga sewa Rp. 5000,-. Untuk penyuka tantangan terdapat sebuah lokasi untuk melompat ke dalam kolam berupa bebatuan setinggi 4 atau 5 meteran.

Coban Tundo 3

Coban Tundo 3, foto: dolandolen.com

Coban ini adalah yang tertinggi dari lainnya. Dari lokasi Coban 2, Anda harus berjalan kurang lebih 10 menit menuruni bukit. Di area Coban 3 tidak ada petugas yang mengawasi oleh karena itu, para pengunjung harus selalu waspada.

Di area ini juga terdapat kolam atau lebih tepatnya cekungan yang dapat digunakan berenang tapi ingat untuk selalu hati-hati terutama bagi yang kurang mahir lebih baik berenang di Coban 1 saja serta jika mengambil gambar jangan didekat-dekat air terjun menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Keseruan berenang di sekitar, foto: infomalang.co.id

Karena dibalik keindahan yang dimilikinya terdapat beberapa korban yang jatuh di air terjun ini. Menurut informasi yang diperoleh sudah ada beberapa orang yang meninggal jatuh terseret air sejak resmi dibuka pada tahun 2015 silam. Dibulan April 2016, ada berita bahwa 2 korban mahasiswa Ilmu Keperawatan FK Univ. Brawijaya meninggal.

Baca Juga  Berkunjung Ke Malang? Jangan Lupa Singgah Ke Cafe Sawah Pujon Kidul

Lokasi meninggalnya di area Coban Tundo 3 Sumawe Sidoasri Malang Jatim. Di bulan Agustus 2017 tragedi kematian pengunjung terulang kembali disini, kabupaten Malang, Jatim. Peristiwa tersebut berawal dari teman korban yang terpeleset jatuh dan dia berusaha menolongnya.

Coban Tundo 1, foto: sewamotormalang.com

Namun, naasnya sang teman mampu diselamatkannya dan dia malah yang terjebur dan terseret arus air terjun. Ada berita bahwa tempat ini angker dan legenda dibaliknya. Saat dikonfirmasi ke penduduk sekitar, mereka tidak tahu jika ada kisah atau apapun. Semua itu murni kecelakaan bukan hal mistis lainnya.

Mengeksplor destinasi wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya seperti di Coban tundo Des. sidoasri Malang yang unik karena ada telu atau tiga coban bahkan di Pasuruan ada coban tujuh bernama Tundo Pitu. Di Malang selain terkenal akan wisata Batu juga memang terkenal dengan beberapa coban seperti Nirwana, Jahe, Manten, Rondo dll.

Keadana alam sekitar wisata, foto: kanalmalang.net

Lokasi:  Tambakasri, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65181
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5000/Orang
Buka/Tutup: 07.00–17.00
Telepon: –

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply