12 Gambar yang Bisa Membuat Penasaran, Mengapa Coban Trisula Malang Harus Anda Kunjungi

453 views

Wisata yang mempunyai nuansa dengan pemandangan alam memang tidak pernah terasa membosankan. Salah satu kota yang memiliki pemandangan indah ialah Malang. Malang juga terkenal dengan kota sejuta wisata alam.

Malang bukan hanya dipenuhi pantai indah pada bagian selatan, tetapi kota ini juga memiliki berbagai macam lokasi wisata yang sejuk. Wisata di Malang yang sekarang ini sedang hits adalah Coban Trisula.

Coban Trisula, foto: wisataterindah.net

Sebenarnya Coban Trisula tidak banyak dikenal oleh masyarakat, air terjun ini baru beberapa tahun diresmikan serta menjadi sebuah objek wisata. Oleh karena itu, ketenaran dari coba ini kurang dikenal bila dibandingkan dengan berbagai wisata air terjun lain seperti Coban Pelangi hingga Coban Rondo yang mungkin sudah sering Anda dengar.

Letak Coban Trisula

Pintu masuk TNBTS, foto: dickie70.files.wordpress.com

Coban Trisula berada di Desa Ngadas, Poncokusumo, Malang. Sebagian wilayah Coban Trisula ini adalah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Sumeru atau TNBTS. Coban ini juga masuk kawasan perhutani yang ada di Blok Kali Lajing.

Sebetulnya bukan hanya Coba Trisula saja di TNBTS ini, coban lain di lokasi ini ialah Coban Ranupani dan Tirtowening. Coban ini sering menjadi tempat persinggahan pendaki yang pulang atau menuju Bromo.

Asal Nama Trisula

Pemandangan sekitar dari ketinggian, foto: liburmulu.com

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa Coban ini memiliki nama Trisula. Sebetulnya, Trisula merupakan pisau dengan cabang tiga. Inilah yang menyebabkan nama air terjun ini menjadi Coban Trisula. Air terjun ini jatuh di sungai hinga 3 tingkat.

Tingkat teratas memiliki nama Coban atas. Air terjun ini adalah air terjun utama yang berasal dari curahan sungai Lajing yang memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter.

Baca Juga  Batu Flower Garden, Tempatnya Pemburu Foto yang Instagram-able di Malang

Tepat dibawah Coban Atas, terdapat Coban Tengah. Air terjun kedua ini memiliki sumber dari air terjun pertama dan mempunyai kolam penampungan air di bawahnya. Untuk ketinggiannya, Coban Tengah mempunyai memiliki ketinggian 2,5 meter.

Tiga tingkat air terjun, foto: newshub.id

Tingkat yang paling akhir ialah Coban Bawah, seperti air terjun paling atas, air terjun terakhir ini berasal dari aliran Coban Tengah. Coban paling akhir ini mempunyai ketinggian kurang lebih 11 meter serta terletak sedikit bersembunyi.

Masing-masing coban ini memberikan penawaran keindahan yang tak boleh Anda lewatkan. Menariknya di tiap coban terdapat objek bersejarah, contohnya saja untuk coban bawah, di sana terdapat batu tugu, batu meja kecil serta bukit yang mirip dengan kubah.

Untuk coban yang berada di tengah, Anda bisa menemukan batu meja besar, serta tebing batu, untuk bagian atas Anda bisa menemukan batu pintu serta tebing batu. Seluruh objek tersebut mempunyai legenda masing-masing.

Keindahan Coban Trisula

Keindahan yang ada di sekitar, foto: seputarmalang.com

Bukan hanya ketiga air terjun yang mempunyai daya tarik tersendiri. Kawasan coban ini juga memberikan keindahan tumbuhan yang berada di sekitar lokasi. Keindahan alam ini sudah pasti mengundang pengunjung dengan jumlah yang semakin banyak.

Bila Anda merupakan pecinta flora, Anda bisa menemukan tanaman seperti paku-pakuan anggrek, lian, palm serta tumbuhan epifit lain dan tumbuhan liar.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: newshub.id

Bukan hanya itu, apabila Anda merupakan pecinta satwa, kawasan ini dapat menjadi lokasi pengamatan satwa-satwa langka. Satwa langka ini seperti Elang Bido, Elang Jawa, Elang Brontok, Lutung, bahkan Elang hitam, dan macan tutul dapat Anda jumpai di coban ini.

Baca Juga  Coban Baung Gunung Kawi Malang, Air Terjun dengan Panorama Indah yang Masih Menyimpan Misteri

Macan tutul juga bisa dilihat ketika petang hari, apalagi sesudah magrib. Hal ini menunjukkan ekosistem di Coban masih sangat bagus. Apabila Anda ingin melakukan pengamatan elang, Anda bisa datang jam 08.00 hingga jam 10.00 atau jam 14.00 sampai jam 16.00. Di jam-jam tersebut, elang bido akan Anda lihat terbang di angkasa mencari mangsa.

Jernihnya aliran air, foto: panduanwisata.id

Tetapi, mengamati satwa langka seperti ini adalah adu keberuntungan, sehinga Anda harus sabar. Jika beruntung, Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk melihat elang di sarang maupun ketika sedang terbang.

Hasil pengamatan beberapa tahun lalu terpantau 8 ekor jenis elang bido serta 7 ekor jenis elang Jawa. Untuk mengamati elang ini, Anda disarankan membekali diri menggunakan teropong karena sangat sulit melihat dengan utuh elang ini menggunakan mata telanjang.

Untuk satwa seperti lutung ditemukan 18 hingga 26 ekor. Kera dengan ekor panjang pun juga bisa Anda jumpai di tempat ini.

Rute Jalan Menuju Coban Trisula

Keseruan bermain di sekitar air terjun, foto: ngalam.co

Agar dapat mencapai wisata ini, Anda dapat mengikuti arah ke wisata Coban Pelangi. Kita bisa menggunakan sepeda motor. Apabila kita memulai perjalanan dari pusta kota Malang, kita memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Sampai di pintu masuk wisata, perjalanan dilanjutkan ke atas kurang lebih 1,5 km agar bisa sampai di pintu masuk wisata. Apabila menggunakan kendaraan umum, Kita bisa langsung menumpang angkutan pedesaan dengan jurusan TA (Tumpang – Arjosari).

Pemandangan alam sekitar, foto: facebook.com

Sayangnya, di Tumpang tidak ada angkutan umum untuk sampai di tempat wisata. Anda dapat menggunakan ojek dengan biaya kurang lebih Rp 14 ribu untuk tiba di lokasi.

Baca Juga  Super Lezat! 75 Rumah Makan di Malang Ini Siap Menggoyang Lidah Anda

Fasilitas Wisata Coban Trisula

Bisa dikatakan jika fasilitas di Coban Trisula cukup lengkap. Karena terdapat tempat parkir serta tempat ganti. Tetapi, untuk warung-warung makan masih jarang ditempat ini, sehingga Anda dihimbau untuk membawa bekal sendiri dari rumah.

Harga Tiket Masuk

Kolam air terjun bawah, foto: backpackerindonesia.com

Harga tiket masuk di Coban Trisula cukup murah, untuk wisatawan asing hanya Rp 20 ribu, sedangkan untuk wisatawan lokal hanya Rp 2500. Jika Anda masih berstatus pelajar dan membawa kartu pelajar, Anda akan memperoleh potongan sebesar 50%.

Penginapan Saat di Malang

Apabila Anda berasal dari luar kota dan memutuskan untuk berlibur selama beberapa hari di Malang, ada begitu banyak penginapan yang bisa Anda gunakan untuk bermalam. Penginapan di Malang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Banyaknya pengunjung, foto: malangkab.go.id

Harga penginapan bergantung dari season Anda menginap, hingga fasilitas di hotel tersebut. Pilihan penginapan yang dapat diambil seperti Ollino Garden Hotel, GajahMada Graha Hotel, Tugu Malang Hotel, dan masih banyak lagi.

Wisata Lain di Malang

Ingin berlibur ke tempat wisata lain di Malang? Kita bisa mencoba mengunjungi Mata Air Sumber Sirah. Lokasinya berada di Sumber Jaya, Godang Legi. Wisata ini adalah wisata air yang jernih. Jika Anda mencari wisata yang gratis, tempat ini adalah pilihan yang pas karena tidak dipungut biaya apapun.

Derasnya aliran air, foto: wisataterindah.net

Wisata lainnya seperti omah kayu. Wisata ini cocok bagi Anda yang ingin narsis di dunia maya atau di media sosial. Objek ngetrend ini sangat pas dijadikan sebagai foto Instagramable.

Kita bisa melihat pamandangan persawahan dari atas ketinggian. Semilir dingin khas Malang juga menjadi penambah kenikmatan. Harga per malam tempat menginap di sini Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu.

Selain berbagai wisata di atas, masih banyak tempat liburan di Malang yang harus Anda kunjungi.

Lokasi: Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur 65157
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5000 /Orang
Buka/Tutup: 24jam
Telepon: 081333183380

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply