Menikmati Panorama Alam Rasa Petualangan di Coban Supit Urang

573 views

Indonesia memang tidak pernah habis memiliki kota dengan daya tarik di bidang wisata, seperti salah satunya kota Malang. Bukan hanya terkenal dengan udara sejuk dan pesona alamnya indah serta buah apelnya saja. Tapi kota malang juga memiliki beragam jenis objek wisata yang sangat menarik.

Jangan sampai melewatkan kota Malang untuk dikunjungi bersama dengan teman maupun juga keluarga. Adapun beragam jenis destinasi wisata bisa dikunjungi di kota malang mulai dari wisata gaya modern, wisata edukasi, wisata alam, wisata pantai, museum hingga menikmati kesegaran dan pesona air terjun.

Coban Supit Urang, foto: explorewisata.com

Salah satu tempat wisata dengan tema air terjun memiliki pemandangan indah yaitu air terjun Coban Supit Urang. Destinasi wisata yang juga termasuk di kawasan Madiredo, Malang ini terbilang masih sepi sehingga sangat cocok bagi mereka ingin berwisata sekaligus juga menenangkan pikiran.

Terlebih lagi jika sudah pernah berwisata ke kawasan Batu, Jatim Park hingga Eco Green Park dan ingin mencoba hal baru. Maka berwisata ke air terjun Coban Supit Urang pastinya tidak boleh sampai terlewatkan.

Coban Supit Urang adalah satu di antara banyaknya air terjun ada di kota malang. Namun tempatnya masih sepi menandakan jika wisata air terjun ini belum banyak diketahui sehingga keindahannya terlihat memiliki misteri tersendiri. Lokasi maupun nama wisatanya yang mungkin belum terlalu familiar di dengar.

Aliran air sekitar air terjun, foto: yukpiknik.com

Padahal, air terjun ini memiliki pesona dari pemandangan yang sangat menakjubkan dan juga indah. Sehingga banyak wisatawan datang ke sini untuk mendapatkan ketenangan dengan terapi suara air terjun yang bisa menghilangkan rasa penat dari aktifitas sehari-hari.

Baca Juga  Ingin Merasakan Sensasi Wisata Berbeda di Malang? Kunjungi Hutan Kota Malabar

Bagi pendatang dari kawasan kota, destinasi wisata ini sangat cocok untuk masuk ke daftar kunjungan saat berada di kota malang.

Serunya menelusuri Coban Supit Urang atas dan bawah

Tangga untuk menuju lokasi atas, foto: andiiswahyudi.com

Coban Supit Urang merupakan air terjun memiliki dua bagian dengan masing-masing namanya yaitu Coban Supit Urang atas dan Coban Supit Urang Bawah. Ke duanya merupakan satu ke satuan yang hanya berbeda dari segi ketinggiannya.

Seperti halnya Coban Supit Urang atas memerlukan tenaga yang ekstra untuk bisa sampai di sana. Hal ini dikarenakan sama dengan namanya, untuk bisa sampai ke bagian Coban Supit Urang bagian atas maka harus menyusuri jalan yang memutari tebing dengan medan cukup curam.

Pesona yang ada di sekitar, foto: liburmulu.com

Karena meskipun bisa dibilang sebagai bagian dari Coban Supit Urang, namun air terjun bagian atas tersebut berada di tebing lainnya. Tempat dari air terjun ini sangat mempesona karena dikelilingi oleh panorama alam indah dan terbentuk secara alami tentunya.

Berada di antara bebatuan dengan bentuk benteng sekaligus juga dikelilingi hutan dan perkebunan milik warga menjadikan destinasi wisata ini sangat sejuk dan segar. Tak jarang juga para wisatawan tidak akan melewatkan berbagai momen dan juga keindahan dari pesona alamnya dengan mengabadikan lewat foto.

Wisata petualangan di Coban Supit Urang atas

Bebatuan yang ada di sekitar, foto: sandiiswahyudi.com

Selain itu juga, bagi mereka sangat menyukai petualangan dan juga wisata yang berbau tantangan tentunya jangan sampai terlewat untuk mendaki tebing di Coban Supit Urang. Hal ini dikarenakan lokasi wisata ini berada di atas bukit,

Sehingga untuk menikmati pemandangan air terjun dan juga panorama alam sekitar harus berani mendaki bukit. Rasa lelah setelah mendaki bukit pastinya akan tergantikan oleh pemandangan alam yang indah dan juga mempesona.

Keindahan alam sekitar, foto: wisatalengkap.com

Air terjun yang jernih dengan udaranya yang sejuk membuat para wisatawan betah untuk tinggal di tempat wisata Cobat Supit Urang ini di samping pemandangannya yang sangat indah. Beberapa tempat indah yang juga tidak kalah dari air terjun tersebut juga bisa ditemukan dan juga dinikmati di sekitar sana.

Baca Juga  Rekomendasi 75 Restoran Romantis View Bagus di Malang Yang Wajib Kamu Coba

Seperti misalnya melakukan perjalanan ke perkebunan warga setempat dan mendirikan tenda di camping ground yang indah dan juga seru. Pada bagian area sisi perkemahan, salah satunya bisa ditemukan sebuah tangga terbuat dari bambu dan memiliki tinggi kurang lebih sekitar 12 meter.

Fasilitas yang ada di sekitar, foto: photomalang.com

Tangga dari bambu tersebut berfungsi untuk digunakan oleh para wisatawan yang ingin naik ke lokasi Coban Supit Urang bagian atas. Meskipun mungkin terlihat ekstrim dan juga berbahaya. Namun tidak perlu khawatir tentunya karena di sana akan ada petugas yang siap untuk membantu.

Selain membantu mereka juga akan memberikan arahan sambil mengawasi para wisatawan yang naik ke Coban Supit Urang atas tersebut. Untuk mengetahui debit air atau deras tidaknya di Coban Supit Urang biasanya tergantung dengan musim saat mendatangi lokasi wisata ini.

Daya tarik yang dimiliki, foto: dickie70.files.wordpress.com

Tentunya sudah diketahui jika datang saat sedang musim kemarau maka debit air terjun yang turun akan jarang atau sedikit. Begitu juga dengan panorama alamnya mungkin akan terlihat kurang menarik meskipun suasana yang sejuk akan tetap terasa.

Oleh karena itu, beberapa wisatawan mungkin bisa jadi menganggap kurang menarik, lain halnya saat sedang musim hujan yang tentunya harus tetap berhati-hati mengingat medan menjadi lebih licin. Selain Coban Supit Urang, beberapa air terjun lainnya juga bisa ditemukan di sekitar lokasi tersebut.
Pastinya beberapa air terjun tersebut juga tidak kalah indah pemandangannya. Selain itu memiliki ketinggian yang berbeda-beda, dari yang paling tinggi hingga paling rendah.

Pemandangan yang ada di sekitar, foto: ksmtour.com

Beberapa air terjun bisa ditemukan di sekitar kawasan tersebut di antaranya yaitu Coban Watu Ondo, Coban Undak, dan juga Coban Watu Talang. Jadi jika memiliki banyak waktu saat ke Coban Supit Urang, tidak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan ke beberapa tempat wisata air terjun di sekitarnya.

Baca Juga  Ingin Berwisata di Tempat yang Menyegarkan? Singgah ke Pemandian Air Panas Cangar Malang

Akses jalan menuju Coban Supit Urang

Salah satu spot foto favorit, foto: manalagimalang.com

Coban Supit Urang alamatnya terletak di kawasan Taman Hutan Soerjo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk bisa sampai ke sana bisa dengan akses jalan atau rute lewat kota Malang dengan petunjuk Batu.

Saat memasuki kecamatan Pujon, selanjutnya adalah mengikuti jalan menuju ke arah Jombang atau ke arah Kediri. Beberapa menit perjalanan maka akan melewati Taman Makan Pahlawan berada di sisi sebelah kiri jalan.
Sedangkan pada bagian sisi kanannya akan ditemukan gang untuk bisa sampai di Desa Madiredo dengan patokan masjid dan papan petunjuk. Untuk bisa sampai ke Coban Supit Urang selanjutnya tinggal menanyakan ke warga sekitar yang sering berada di ladang atau perkebunan di bawah kaki Gunung Kawi.

Coba supit urang bawah, foto: tripadvisor.com

Jalanan yang sedikit curam dengan medannya mungkin bisa menguras tenaga untuk menuju Coban Supit Urang. Namun akan tergantikan oleh pemandangan air terjun yang sangat indah setelah sampai di sana. Dengan berbagai fasilitas dan tiket yang sangat terjangkau, para wisatawan akan betah di sana.

Jalan menuju lokasi wisata, foto: tripadvisor.com

Lokasi: Madiredo, Pujon, Wiyurejo, Malang, Jawa Timur 65392
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00 – 16.00
Telepon: 0813-3318-3380

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply