Ini Bukti Serunya Bermain Air dan Berenang di Coban Nirwana Malang

891 views

Satu lagi tempat wisata di Malang yang belum banyak orang mengetahuinya. Bahkan pengelolaannya pun belum resmi. Tapi keindahannya sudah menjadi buah bibir karena foto-fotonya yang sangat menarik dan indah di instagram.

Kisah mistis yang dimiliki oleh air terjun, foto: armandfrezh.files.wordpress.com

Beralamat di Gedangan, Malang, Jawa Timur, air terjun ini memiliki beberapa nama. Mulai dari Coban Mbok Karimah karena air terjun ini dekat dengan rumah sesepuh di sini. Coban Gedangan juga pernah menjadi namanya karena letaknya di Desa Gedangan. Sampai akhirnya dinamakan Coban Nirwana. Coban sendiri berarti air terjun.

Pemandangan sekitar, foto: travelvit.com

Dari tiga nama yang muncul, warga sekitar memilih menggunakan nama Coban Nirwana agar lebih menjual dan terkesan keren. Selain itu, nama Coban Nirwana diambil karena lingkungan air terjun menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Bak nirwana.

Karakter air terjun ini adalah kontur air terjun yang bertingkat. Aliran air juga cukup deras. Potensi keindahannya pun semakin tinggi karena kejernihan air. Kedalaman genangan air di bawahnya mencapai 3 meter. Tentu cocok bagiAnda yang ingin berendam dan bermain air.

Derasnya aliran air, foto: dakatour.com

Udara di sini bisa dibilang panas jika siang hari. Sehingga berendam di air terjun tentu ide bagus. Sekeliling air terjun pun masih asri dengan latar tanaman hijau. Terlihat kokoh dengan dinding bebatuan menghiasi sekitar air terjun. Apabila Anda berfoto dengan latar belakang Coban Nirwana tentu sangat luar biasa.

Rute Menuju Coban Nirwana

Coban Nirwana terletak di Desa Gedangan. Lokasinya berada dekat dengan perbatasan antara Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumber Manjing Wetan. Ia berada dibawah jembatan pemisah dua kecamatan.

Pesona bebatuan di sekitar, foto: explorewisata.com

Jika datang dari kota Malang, arahkan kendaraan Anda menuju rute Gadang-Bululawang-Turen-Gedok-Sumber Manjing Wetan. Dari situ Anda akan masuk ke Desa Gedangan. Berhati-hatilah di sini karena jalan yang terjal. Ada baiknya menggunakan kendaraan roda dua.

Baca Juga  Siapa Yang Tidak Tahu Kelezatan Makanan Warung Wareg Batu Malang, 20 Rumah Makan Ini Juga Tak Kalah Lho!

Sesampainya di sana, silakan bertanya penduduk setempat mengenai lokasi persisnya air terjun ini. Memang belum ada banyak petunjuk arah ke sana. Bahkan belum diresmikan sebagai tempat wisata resmi.Jarak dari kota Malang menuju lokasi ini pun sekitar 50 kilometer. Ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 90 menit sampai dua jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Pemandangan di sekitar lokasi, foto: dakatour.com

Terkait dengan belum diresmikannya Coban Nirwana, maka lokasi ini masih dikelola oleh masyarakat setempat. Bahkan tiket masuknya pun gratis. Akan tetapi jika ingin menyumbang untuk perawatan dari coban ini, bisa memberikan sumbangan sukarela.

Akan tetapi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, ada retribusi parkir yang dikenakan. Fasilitas yang tersedia juga baru kamar mandi serta warung-warung yang didirikan oleh warga sekitar.

Walau belum ada biaya masuk, Anda tetap harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan alam. Seperti tidak membuang sampah sembarangan ataupun merusak habitat di sana.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Spot foto favorit, foto: zabhie.site

Sebaiknya rencakan perjalanan Anda ke sini sehingga perbekalan pun akan lebih komplit dan siap. Walaupun ada warung tapi ada baiknya tetap membawa bekal makan serta air minum cukup. Kondisi yang masih sepi dan belum dikelola pemerintah memang perlu persiapan yang lebih matang.

Jangan lupa untuk membawa sampah Anda ke tempat sampah. Jangan membiarkan sampah tergeletak di air terjun atau sekelilingnya.

Nirwana yang Lain

Keindahan yang dimiliki oleh air terjun, foto: travelvit.com

Di selatan dari kota Malang, terdapat teluk bak nirwana dan pantai yang indah yang menjadi incaran bagi pengunjung jika berada di Malang. Berlokasi di Desa Bandungrejo, Bantur, Malang, Jawa Timur, tempat ini bernama Teluk Bidadari.

Baca Juga  Ramah Kantong, 5 Tempat Makan Murah di SUTOS Surabaya ini Patut Dikunjungi

Teluk Bidadari adalah sebuah kolam air jernih. Letaknya di Pantai Mbehi. Anda bisa menemukan teluk ini jika air laut sedang surut. Medannya pun tak mudah, harus menerobos hutan belantara, menuruni sedikit tebing. Tapi, Anda tidak akan kecewa dengan pesonanya. It’s worth it!

Daya tarik di sekitar, foto: dakatour.com

Harga tiket masuknya cukup mengumpulkan total Rp 100.000 dari rombongan yang kamu bawa. Ini untuk biaya guide. Kemudian Anda akan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari Pantai Sugu ke Pantai Mbehi. Anda pun akan menyusuri Hutan Rante Wulung. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke Teluk Bidadari. Cape? Tentu saja, tapi ini benar-benar terbayarkan.

Sekarang, gambarkan dalam pikiran tentang mengunjungi air terjun yang tak hanya ada satu tapi empat sekaligus dalam satu tempat. Menarik bukan? Penggambaran Anda akan nyata jika berkunjung ke Coban Tundo Malang. Alamat Coban Tundo berada di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Letaknya sekitar 134 kilometer dari kota Malang.

Coban Nirwana, foto: wisataterindah.net

Perjalanan menuju ke sini sungguh memanjakan mata. Anda bisa mengarahkan kendaraan sambil menikmati suasana asri dan indah. Anda perlu melewati rute dari kecamatan Bululawang, Turen, kemudian ke Sumbermanjing Wetan. Dari situ ikuti arah ke Sendang Biru. Kemudian akan diberikan 2 alternatif jalan, pertama lewat Desa Klepu dan Sukodono, Kecamatan Dampit atau pilihan kedua melalui Desa Kendung Banteng.

Berkunjung ke Coban Tundo ada baiknya menggunakan sepeda motor. Itu pun yang bukan automatic. Ini karena jalanan cukup terjal dan mobil tak bisa masuk ke lokasi wisata. Sehingga mobil pun perlu diparkir di halaman rumah warga. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan ke air terjun dengan berjalan kaki. Jika tak ingin berjalan, Anda bisa menyewa jasa ojek dengan biaya dimulai dari Rp 30.000.

Akses menuju lokasi, foto: dakatour.com

Ketika sampai di parkiran motor, Anda masih berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit melewati kebun kopi. Setelah itu, akan sampai di Coban Tundo 1. Kedalaman kolam yang ada di Coban Tundo 1 ini setinggi 2 meter. Anda bisa berenang di bawahnya. Di bawah Coban Tundo 1, ada air terjun lagi yang bernama Coban Tundo 2. Untuk sampai di sini, Anda perlu berjalan lagi selama 10 menit. Medannya naik dan turun bukit. Kedalaman air di Coban Tundo 2 sedalam 7 meter. Berhati-hatilah bagi yang tak bisa berenang. Kalaupun ingin berenang, silakan sewa ban yang tersedia di lokasi.

Pemandangan dari ketinggian, foto: dakatour.com

Lalu, dimana Coban Tundo 3 berada? Ada di bawah Coban Tundo 2. Coban ini paling tinggi dari yang lain. Dari posisi terakhir, Anda perlu menuruni bukit sekotar 10 menit. Kolamnya sangat kecil tapi juga dalam. Tak ada yang mengawasi sehingga Anda harus lebih berhati-hati.

Baca Juga  Pesona Bukit Cinta Pamekasan Madura yang Membuat Netizen Penasaran

Jika lelah dan merasa perut keroncongan, ada warung yang tersedia di Coban Tundo 2. Warung ini menyediakan makanan untuk mengganjal perut Anda yang terlanjur lapar setelah puas bermain di tiga titik air terjun.

Pemandangan alam sekitar, foto: dolandolen.com

Lokasi: Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178
Map:  Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 09.00-17.00
Telepon: 0813-3329-2252

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply