Indahnya Coban Kethak, Wisata Malang yang Menyejukkan

1334 views

Malang, kota ini sepertinya menjadi gudang wisata alam nan elok. Salah satu tempat rekreasi yang tidak boleh ditinggalkan saat mengunjungi Malang ialah Coban Kethak.

Lokasi ini adalah destinasi menarik untuk beberapa orang. Beberapa wisatawan lebih mengenal air terjun ini dengan nama Grojogan Singo. Sehingga bila kita ingin berkunjung di tempat wisata yang indah ini, kita bisa mencarinya dengan nama Grojogan Singo ketika bertanya ke warga sekitar.

Coban Kethak, foto: 3emezing.blogspot.co.id

Lokasi air terjun ini ada di Desa Pait, utara Gunung Kelud serta di atas tanah dari Perhutani. Lokasi wisatanya memang cukup unik, yakni ada di area hutan lindung, serta bagian kesatuan pemangkuan hutan Ngantang.

Mulanya, pembukaan tempat rekreasi air terjun ini adalah ide yang berasal dari pengusaha sukses Jakarta dengan nama Heri Cahyono. Ia asli dari Dusun Slatri, Desa Pait.

Indahnya Wisata Alam Coban Kethak

Pesona yang dimiliki oleh air terjun, foto: liputan6.com

Selama ada di kawasan alam ini, kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat mempesona. Air terjun ini ada di aliran Sungai Lanang dan mengalir ke arah Kediri, Jombang.

Tinggi Coban ini kurang lebih 15 meter serta menyuguhkan sebuah panorama alam yang amat menawan.

Keunikan bebatuan di siraman air terjun ini layaknya kepala seekor singa nan gagah. Hal ini yang menjadikannya disebut sebagai Coban Singo Edan.

Pemandangan alam di sekitar, foto: ksmtour.com

Pemandangan yang unik dan langka ini memang hanya bisa ditemukan di sini. Nama Kethak diambil karena dulunya wilayah ini penuh dengan kera, hingga sekarang ini kita bisa melihat kera yang bergelantungan di atas pohon.

Untuk tipekal air terjun, mempunyai debit air tak terlalu deras. Mungkin kita bisa melihat keindahannya, namun dilarang untuk berenang. Larangan berenang ini telah di tulis dengan jelas di papan nama.

Baca Juga  5 Rekomendasi Tempat Kuliner di Pare Kediri Yang Wajib Dicoba

Sebagai salah satu lokasi wisata, sudah pasti tempat ini memiliki cukup banyak misteri dan mitos, tapi tak perlu cemas, karena dibalik hal itu, pamandangan yang indah akan menyambut Anda. asalkan kita tidak memiliki niat macam-macam, dan selalu menjaga sikap, tak perlu khawatir.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Coban Kethak

Hunting foto, foto: malangvoice.com

Meskipun tak bisa berenang, beberapa hal bisa kita lakukan di tempat rekreasi ini, contohnya seperti:

A. Memuaskan hobby fotografi. Tempat rekreasi ini sengaja ditata dengan indah agar terlihat lebih menarik. Wisata alam dari air terjun ini menghadirkan hal yang mungkin tak bisa Anda temukan di tempat lain.

B. Berfoto bersama dengan keluarga, teman, kekasih. Tak sekedar mengambil gambar keindahan tempat rekreasi. Namun Anda juga bisa sekedar berfoto keluarga bersama. Tak cukup itu, ambil video kebersamaan bersama dengan seluruh keluarga.

C. Bermain air. Meskipun tidak bisa berenang karena arus yang cukup deras, kita bisa sekedar bermain air. Namun hanya sekedar bermain dan tetap hati-hati tentunya.

Tips Berwisata ke Coban Kethak

Curah air yang sedikit pada musim kemarau, foto: malangsurabaya.com

Terdapat beberapa tips yang bisa diikuti ketika mengunjungi tempat rekreasi ini, seperti:

1. Membawa baju ganti. Meskipun Anda tak berniat bermain air, namun baju yang digunakan mungkin akan basah terkena cipratan air yang cukup deras. Sehingga jangan lupa untuk membawa baju ganti.

2. Membawa sandal. Apabila Anda pergi ke sini dengan mengenakan sepatu, jangan lupa membawa sandal ganti. Namun, harus berhati-hati menggunakan sandal, karena bebatuannya cukup licin.

3. Datang ketika musim panas. Apabila kita datang ketika musim panas, bebatuan yang diinjak mungkin tidak selicin ketika musim hujan. apalagi jalanan yang harus ditempuh juga sedikit becek.

Baca Juga  Nyaman, Enak dan Murah! 90 Tempat Makan di Surabaya ini Cocok Untuk Buka Puasa

Kuliner

Pesta duren di tempat wisata, foto: malangvoice.com

Bagi Anda yang ingin berekreasi ke coban ini, tak perlu cemas atau repot membawa bekal yang dibawa dari rumah, karena di sini cukup banyak pedagang yang menjual berbagai makanan.

Makanan yang dijual mulai camilan ringan sampai berbagai pilihan minuman di sediakan. Tak perlu was-was masalah harga, karena di sini mempunyai harga yang terjangkau.

Rute Jalan ke Coban Kethak

Bebatuan sekitar air terjun, foto: ksmtour.com

Berada di Pait Kasembon yakni perbatasan antara Malang dan Kediri, akses ke wisata alam ini sangat mudah dilalui.

Hanya berjarak kurang lebih 70 km dari Malang, kita hanya perlu melewati rute Batu – Kediri. Jika dari arah kota wisata Batu, kita cukup terus menuju arah barat dan melewati 2 kecamatan yakni Ngantang dan Pujon.

Tak mungkin kesulitan mencarinya karena lokasinya ada di persis pinggir jalan umum serta dilalui oleh bus kota. Bila dari area parkir yang sedikit menjorok ke samping jalan raya, trek yang harus dilalui untuk menuju ke sana dapat ditempuh selama 3 menit perjalanan kaki.

Meskipun sedikit lebih jauh dibanding dengan tempat wisata yang lainnya, sensasi yang bisa kita rasakan di Coban ini tidak akan bisa dilupakan.

Fasilitas

Akses jalan, foto: sejahterafm.com

Bila melihat lokasinya, mungkin Anda sudah bisa menebak jika fasilitas yang disediakan telah tersedia.

Di sini terdapat fasilitas seperti lahan parkir nan luas, gazebo, pos pantau, kamar mandi yang terjaga kebersihannya hingga ruang bilas.

Harga Tiket Masuk

Meskipun mempunyai fasilitas yang super lengkap, untuk masuk ke tempat rekreasi ini, harga tiket masuk yang harus di bayarkan sama sekali tidak mahal. Kita cukup membayar Rp 5.000 per orang.

Baca Juga  20 Restoran Pemuas Lapar di Kediri

Lokasi Wisata Lain di Malang

Daya tarik dari air terjun, foto: panduanwisata.id

Tak puas hanya berwisata ke sini? Tak perlu gundah karena Malang memiliki wisata lain yang tak kalah menarik, seperti:

  • Pantai Sipelot. Sangat disarankan untuk segera datang ke pantai satu ini sebelum banyak turis yang mengunjunginya. Pantai ini masih begitu perawan. Belum banyak wisatawan yang mengetahuinya atau datang berkunjung ke lokasi ini. Lokasinya berada di Pujiharjo, Malang. Panorama dengan pasir putih serta laut berwarna biru adalah magnet tersendiri agar bisa menarik wisatawan dan masyarakat. Ombaknya cukup deras dan tinggi.

Jembatan yang ada di dekat air terjun, foto: dolandolen.com

  • BNS. Keindahan Malang memang tak perlu kita ragukan lagi. Apabila kita melihat dari atas gunung, bisa terlihat seluruh gemerlap lampu begitu indah. Mungkin Anda belum tahu jika di malam hari terdapat lokasi yang menarik dikunjungi yaitu BNS. Wisata malam hari ini mempunyai banyak hiasan lampion dengan warna warni indah.
  •  Alun-alun Malang. Di lokasi ini kita bisa duduk-duduk dan menikmati berbagai macam kuliner. Ingin menikmati buah durian? Apa aja kuliner yang diinginkan, pasti ada.

Pintu Masuk coban kethak, foto: indonesia-tourism.com

  •  Jatim Park 1 Malang. Lokasi ini adalah lokasi hiburan yang mempunyai macam-macam wahana yang lengkap dan cocok didatangi seluruh kalangan entah anak-anak, dewasa atau remaja. Seringnya tempat ini menjadi tujuan wisata anak sekolah.
  •  Jatim Park 2 Malang. Sesudah sukses dengan Jatim Park 1, sekarang Jatim Park 2 berdiri. Konsep wisata ini sedikit berbeda karena mempunyai konsep bermain dan belajar. Ada banyak wahana yang tersedia di dalamnya seperti kebun binatang.

Jalan menuju lokasi air terjun, foto: cendananews.com

Lokasi: Desa Pait, Kasembon, Malang, Jawa Timur 65393
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 16.00
Telepon: 0856-5570-9390

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply