Wisata Asyik Sembari Berpetualang di Coban Cinde Benjor yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

442 views

Sepertinya wisata Malang tak pernah habis untuk di datangi. Kota ini memiliki hawa sejuk sehinga memberi penawaran banyak wisata air terjun. Beberapa wisata air terjun di Malang bertempat di lokasi tersembunyi sehinga suasana terlihat alami. Salah satu wisata air terjun atau coban adalah Coban Cinde.

Coban Cinde, foto: muchidulumam2111.blogspot.co.id

Wisata ini berada di Benjor, Tumpang, Malang. Jika kita menempuh perjalanan dari kota Malang, kita harus menempuh kurang lebih 27 km dari arah timur. Letak lokasi ini cukup tersembunyi sehingga belum banyak didatangi wisatawan.

Keunikan Coban Cinde

Pemandangan dari ketinggian, foto: kompasiana.com

Tempat wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri, kondisinya masih begitu alami. Kita bisa merasakan udara sangat sejuk menyapa di siang hari, dan mungkin tidak akan kita dapatkan ketika berada di perkotaan.

Apakah anda menyukai hal-hal berbau petualangan? Sepertinya tempat ini cocok untuk anda dengan kegemaran berpetualang, karena medan ditempuh untuk mencapai lokasi ini tidak mudah dan cukup berat.

Di area wisata terdapat 2 air terjun yang bisa ditemui. Pertama, coban yang datang dari aliran di sisi tebing dengan tinggi 50 meter dan debit air tak terlalu besar. Ada juga air terjun disebut dengan Coban Cinde. Coban tersebut berasal dari aliran sungai utama dengan debit air cukup besar dan ketinggian kurang lebih 30 meter. Air terjun ini ada di ujung kelokan sungai. Lokasinya tidak jauh dari air terjun pertama anda temui. Uniknya, lokasi air terjun tersebut sangat tersembunyi.

Pemandangan alam sekitar, foto: googleusercontent.com

Bersembunyi di balik rindang pepohonan serta diapit oleh dinding sempit dari sungai. Bukan hanya itu, wisata ini mempunyai pesona tersendiri yaitu terdapat 2 buah air terjun berhadapan.

Baca Juga  Misteri Angker Benteng Pendem Ngawi dan Sejarah Asal Usul Bangunan

Apakah anda mengetahui, dari mana nama “Cinde” ini diperoleh? Nama Cinde berasal dari bentuk air terjun dan berbentuk seperti cinde atau syal berkibar. Aliran air sungai dari atas sampai ke bawah membentuk air terjun begitu segar dan deras.

Debit air di sini sangat besar dan disertai hempasan angin sehingga membuat air terjun seperti berkibar dan begitu menyejukkan. Tidak terasa, walaupun hanya berdiri dan tidak dekat-dekat dengan coban, tubuh bisa basah kuyup karena terkena cipratan air terjun. Suasana sunyi, sejuk dan alami bisa membuat anda betah untuk berlama-lama di sini.

Kegiatan di Coban Cinde

Gapura pertanda kita sampai di lokasi wisata, foto: kotatumpang.blogspot.co.id

Seperti berbagai wahana air lainnya, di sini kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti bermain air. Pasti sangat mengasyikkan bermain air bersama dengan teman-teman dan orang tercinta.

Selain bermain air, kita bisa mengambil gambar keindahan Coban Cinde dan menjadikannya sebagai foto koleksi media sosial. Hal-hal sederhana ini bisa sangat menyenangkan jika dilakukan di tempat rekreasi ini. Apalagi, Coban Cinde merupakan tempat sepi dan asri. Airnya pun juga masih jernih.

Fasilitas 

Keindahan yang dimiliki oleh air terjun, foto: i.pinimg.com

Meskipun tempatnya cukup terpencil, namun untuk fasilitas, pihak pengelola dari Coban Cinde sudah memberi fasilitas cukup lengkap.

Kita bisa membilas pakaian seperti mandi di sini, selain itu kita juga tidak perlu takut kelaparan, terdapat beberapa pedagang menjajakan makanannya di sini. Harga makanan yang mereka jajakan pun juga tidak begitu mahal.

Cara menuju Coban Cinde

Pesona yang ada di sekitar, foto: hariesdesign.com

Jalan untuk sampai di tempat rekreasi ini bisa di tempuh menggunakan angkutan umum atau pun kendaraan pribadi, entah roda 4 atau roda dua. Bila kita memilih menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa mengarahkan mobil menuju Kec Tumpang. Dari sini, tinggal melanjutkan perjalanan untuk menuju Desa Benjor. Bila mempergunakan angkutan umum, bila dari Arjosari, kita bisa naik angkutan pedesaan dengan jurusan TA Tumpang –  Arjosari.

Baca Juga  Ingin Mencoba Sensasi Petik Apel di Kebun? Yuk Singgah Ke Wisata Petik Apel Malang

Sesudah sampai di Tumpang, segera lanjutkan perjalanan menggunakan colt untuk sampai di Benjor dengan jarak kurang lebih 7 km dari Tumpang.

Jernihnya air sektiar, foto: panduanwisata.id

Jarak dari coban dari Benjor kurang lebih 3 km. Agar bisa mencapainya, ada 2 jalur yang bisa digunakan yakni dengan menyusuri sungai serta jalan setapak. Jalan setapak yang nantinya anda tempuh akan benar-benar dipenuhi dengan tumbuhan.

Kita juga melewati ladang cabai, dan sayuran-sayuran lain. Sesudah sampai di jalan mendatar, tantangan berikutnya yang harus ditaklukkan ialah jalan yang curam. Di sebelah kiri, kita bisa menemukan lereng yang curam. Bahkan kemiringannya mencapai 45 derajat.

Ketinggian air terjun, foto: kompasiana.com

Di sisi kanan terdapat semak dengan duri yang tajam. Berikutnya, kita harus menuruni lereng yang curam di batas hutan pinus. Sampai di sini harus ekstra hati-hati agar tak terjungkal di semak-semak. Perjalanan berikutnya, kita harus menyusuri sungai yang penuh bebatuan kurang lebih 1 kilometer.

Sampai di sini, kita bisa melihat pemandangan yang sangat luar biasa seperti lebatnya hutan, kicauan burung sampai air sungai yang jernih. Tebing dengan tinggi puluhan meter di sisi kanan serta kiri sungai tak kalah menakjubkan.

Di satu bagian sungai, kita harus mendaki salah satu sisi tebing, karena terdapat jeram yang mempunyai tinggi 6 meter di depan. Sesudah perjalanan yang sangat melelahkan, kita akan sampai di lokasi coban.

Harga tiket masuk

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: wikimedia.org

Untuk masuk di lokasi wisata yang asri ini, tak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Kita hanya perlu membayar Rp 5000 per orang. Sangat terjangkau bukan? Dimana lagi bisa berekreasi di tempat yang sejuk, asri dengan biaya terjangkau.

Baca Juga  20 Wisata Kuliner di Kota Batu Ini Jangan Sampe Terlewatkan

Tips kunjungi Coban Cinde

 Apabila anda ingin mengunjungi tempat rekreasi ini, ada beberapa tips yang bisa diikuti, antara lain:

  • Pantau cuaca.

Memang, pasti anda sudah merencanakan kapan waktu yang tepat untuk berkunjung. Tetapi, pantau degan baik cuaca saat akan mengunjunginya, mengingat sulitnya medan yang harus anda lalui untuk mencapainya. Jangan sampai perjalanan anda terganggu karena cuaca yang buruk.

Spot foto favorit, foto: wisataterindah.net

  • Membawa makanan sendiri.

Meskipun terdapat pedagang di dalam rekreasi wisata, namun pedagang di dalam lokasi sangat terbatas. Sehingga, lebih baik anda membawa bekal makanan yang dibeli dari luar. Makanan yang bisa anda bawa seperti makanan ringan, snack, hingga nasi.

  • Bawa barang seperlunya saja.

Tak perlu membawa banyak barang, cukup bawa seperlunya. Jika terlalu banyak membawa barang bisa memberatkan diri anda sendiri. Lebih-lebih medan yang harus dilalui sangat menyulitkan. Bawa barang-barang seperlunya seperti makanan untuk makan siang, baju ganti, snack, minum.

Keseruan bermain di sektiar, foto: kongame.blogspot.co.id

  • Datang ketika weekday.

Usahakan datang berwisata di Coban Cinde ketika weekday. Hindari berkunjung ketika weekend, karena ketika weekend atau libur panjang, lokasi ini sangat ramai. Lebih baik datang ketika weekday, sehingga kita bisa bebas berlama-lama di sana bermain air.

Segera atur waktu dan perbekalan anda untuk mengunjungi lokasi wisata yang mengagumkan ini.

Akses jalan yang harus di lalui, foto: kompasiana.com

Lokasi: Benjor, Tumpang, Malang, Jawa Timur 65156
Map: Disini
HTM: Rp 5.000
Buka/Tutup: 24jam
Telepon:

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply