Butterfly Park Bali, Jadi Wisata Edukatif nan Cantik Pilihan Keluarga

295 views

Alamat: Jalan Batukaru, Br Sandan Lebah, Kel. Sesandan, Tabanan, Bali
HTM: Rp 37.000 – Rp 75.000/orang
Jam buka/tutup: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0361) 8940595/8940596
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/mmireillee/

Keindahan alam Indonesia memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Jadi tak heran hampir setiap hari aktivitas pariwisata tidak pernah sepi. Bahkan saat ini banyak ditemukan lokasi-lokasi wisata baru. Salah satu tempat wisata yang dikenal dunia adalah Pulau Dewata Bali.

Pulau kecil yang berada di utara Pulau Jawa ini memiliki pantai yang banyak dan menjadi favorit turis mancanegara.

Namun tahukah Anda ternyata di Bali ada satu lokasi wisata yang indah yaitu Butterfly Park atau Taman Kupu-Kupu. Nah tentang bagaimana keindahan serta cara agar Anda bisa sampai ke tempat ini, berikut review wisatanya.

Lokasi Butterfly Park Bali

foto by instagram.com/pixie2140/

Anda yang ingin mengunjungi Butterfly Park ini bisa langsung menuju ke daerah Tabanan. Location Address di Jalan Batukaru, Br.Sandan Lebah, Kelurahan Sesandan, Kecamatan Tabanan. Untuk menjangkau lokasinya pun cukup mudah karena Anda dapat menemukannya melalui Maps.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Untuk menuju ke Butterfly Park Anda dapat berangkat dari Kecamatan Tabanan. Dari sana, kemudian menuju ke arah utara kurang lebih 7 km hingga menemukan objek wisata Jatiluwih, Air Panas, dan Batukaru.

Sedangkan jika Anda berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai harus menempuh jarak yang lumayan jauh sekitar 60 km dengan lama waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Sedangkan jika Anda berangkat dari Kota Denpasar hanya akan menghabikan waktu tempuh 1 jam untuk jarak 28,4 km.

Sejarah Lokasi Wisata

foto by instagram.com/jennifer140186/

Awal mula tempat wisata ini didirikan adalah karena adanya Konferensi Kupu-Kupu Internasional atau International Butterfly Conference pada tahun 1993 di Ujung Pandang yang diselenggarkan Departemen Pariwisata RI.

Baca Juga  Menikmati Indahnya Suasana Pantai dari Sudut Sundays Beach Club Bali

Setelah konferensi berakhir, PT Ikas Amboina melakukan pembahasan mengenai pelestarian dan pemanfaatan kupu-kupu yang alami melalui pariwisara. Hingga pada 28 Nopember 1993 terbentuk PT Kupu-kupu Taman Lestari yang mendidirikan Butterfly Park sekaligus menjadi pengelolanya.

Keindahan Butterfly Park

Anda tidak perlu meragukan indahnya Butterfly Park. Lokasi yang didukung lingkungan tropis membuat Anda bisa menikmati beragam koleksi kupu-kupu dan sejuknya udara yang ada di sana.

Areanya tepat berada di tepi sawah, membuat wisatawan juga bisa mengikuti farm tour and trip. Sebaiknya Anda juga tidak lupa membawa kamera agar bisa mengabadikan momen bersama dengan beragam kupu-kupu.

foto by instagram.com/voodooxgrl/

Taman yang memiliki luas kurang lebih 1 hektar ini terhitung hingga tahun 2017 ada sebanyak 15 spesies kupu-kupu yang hidup.

Sebenarnya taman ini dibagi menjadi dua bagian yaitu seluas 3.700 m2 untuk taman kupu-kupu dan 6.300 m2 digunakan sebagai taman bunga serta tanaman-tanaman untuk pembudidayaan kupu-kupu.

Lokasi wisata ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai sarana edukasi bagi keluarga. Anda bisa menikmati bagaimana proses metamorfosis kupu-kupu. Tak hanya itu, beberapa jenis serangga lain juga dapat Anda jumpai seperti kumbang dan kalajengking.

foto by instagram.com/satishgadale/

Pastikan Anda datang sekitar pukul 10.00 WIB karena pada saat itu Anda bisa menemui kupu-kupu yang sedang beterbangan untuk bermain maupun menghisap madu.

Lokasi Wisata Strategis

Selain dari daya tarik wisata yang dimiliki oleh Butterfly Park, berdasarkan beberapa reviews di Wikipedia ternyata lokasinya juga sangatlah strategis untuk Anda yang ingin mencoba beragam objek wisata sekaligus.

Bertempat di tengah kota yaitu Kemenuh Tabanan, setelah puas berkeliling Butterfly Park Anda bisa menuju ke arah utara kurang lebih 10 menit dan bisa langsung berbelanja ke Taman Sukowati, Gianyar. Tak hanya itu, lokasinya juga sangat dengan dengan wisata di Ubud Bali lainnya.

Baca Juga  Pura Taman Saraswati, Tempat Pementasan Tari Kecak Paling Menarik. 12 Foto Ini Buktinya

Tiket Masuk dan Jam Operasional

foto by instagram.com/mansri_t/

Anda yang ingin menikmati pesona alam dan keindahan beragam koleksi kupu-kupu di Butterfly Park ini bisa datang mulai pukul 08.00 WIB. Opening Hours Taman Kupu ini kurang lebih selama 9 jam karena operasinal lokasi wisata akan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Wisatawan yang datang ke sini masih bisa masuk hingga pukul 16.30 WIB sebelum ditutup.

Untuk entrance fee bagi orang dewasa hingga anak-anak di atas 11 tahun akan dikenai biaya Rp 75.000, sedangkan Cost Entry Ticket anak-anak dengan rentang usia 5-11 tahun hanya dikenai tarif Rp 37.000 saja.

Apabila Anda datang ke lokasi wisata dengan balita di bawah umur 5 tahun maka akan mendapatkan fasilitas entrance price gratis. Berdasarkan ulasan di website pengelona harga tiket tersebut hanya berlaku bagi wisatawan domestik.

Fasilitas Wisata

foto by instagram.com/janellelorenzini/

Dari tiket yang tergolong menengah tersebut Anda sudah bisa menikmati beragam fasilitas yaitu minuman gratis saat akan masuk ke lokasi.

Bukan hanya itu, di lokasi wisata Taman Kupu Tabanan ini Anda bisa mendapatkan tempat parkir yang luas, museum kupu-kupu, mesin ATM, toilet, tempat berbelanja souvenir dan tidak lupa untuk berwisata kuliner di restoran dengan pemandangan yang menakjubkan.

Hal Menarik yang Dapat dilakukaan

foto by instagram.com/marinojuanas/

Ada beberapa hal menarik yang dapat traveler lakukan di tempat wisata yang indah ini, seperti:

1. Berfoto. Tak lengkap rasanya mengunjungi seuah tempat wisata tanpa mengabadikan momen spesial, apalagi pemandangan di tempat ini begitu indah.

2. Selain berfoto, pengunjung juga bisa menikmati berbagai pemandangan, dan melihat-lihat koleksi kupu-kupu yang berada di taman ini.

foto by instagram.com/dek_indrawan/

3. Membeli berbagai souvenir. Untuk membeli oleh-oleh khas Bali, pengunjung tidak perlu mencari jauh-jauh, karena di sekitar kawasan tempat ini terdapat gerai gallery yang menjual berbagai souvenir.

Baca Juga  12 Gambar ini Bikin Kamu Lama-Lama Berada di Museum Bali

Berbagai cendera mata, souvenir berbagai bentuk serangga dan kupu-kupu bisa dibeli pengunjung. Bahkan gantungan kunci yang terbuat dari serangga pun juga bisa dibeli. Barang souvenir yang banyak dibeli pengunjung adalah bingkai kupu-kupu dan kumbang.

Wisata lain di sekitar Tabanan

foto by instagram.com/theworldtourfamily/

Ada beberapa wisata lain yang bisa wisatawan kunjungi di Tabanan, antara lain:

• Bali Tree Top Adventure Park. Jika wisatawan gemar mengunjungi wisata yang berbeda, Bali Tree Top Adventure Park adalah wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bali Tree Top Adventure Park memiliki total 72 permainan yang menarik, berlokasi di Baturuti, Tabanan.

• Agro Puncak Bedugul. Lokasi ini akan memberikan wisatawan kenyamanan saat berlibur, dengan lingkungan yang sejuk dan bersih, Agro Puncak Bedugul tak boleh dilewatkan. Apalagi saat menjelang pagi, tempat ini akan sangat terlihat menarik.

• Tanah Lot. Indahnya Tanah Lot memang tidak bisa ditampik lagi. Tempat ini sudah sangat populer, bahkan sampai di mancanegara. Pura ini adalah tempat suci bagi umat Hindu, yang memiliki pemandangan laut menakjubkan.

• Kebun Raya Bali. Berlokasi di Jalan Kebun Raya, Candikuning. Wisata ini lebih sering disebut dengan nama Kebun Raya Bedugul karena berlokasi di pegunungan Bedugul.

Related Post

Leave a reply