Jernihnya Air di Kolam Renang Bukit Lerep Indah, Tempat di Ungaran yang Bisa Mengobati Sedihmu

1556 views

Rekan-rekan, ketika menilik wisata di area Kabupaten Semarang, salah satu yang terpikirkan pasti adalah berenang. Di Kota pesisir pantai utara Jawa ini memang terkenal memiliki banyak kolam renang serta waterpark.

Kalau boleh tahu, apa sih kriteria yang rekan-rekan cari untuk memilih kolam renang? Apakah kesegaran serta kejernihan airnya menjadi salah satu dari sekian kriteria tersebut? Nah, kalau jawabannya adalah ‘iya’, maka ada informasi menarik bagi kalian di daerah Semarang.

Bukit lerep indah, foto: bukitlerepindah.blogspot.com

Destinasi wisata kita kali ini adalah sebuah swimming pool di daerah Kabupaten Semarang dengan air yang selalu segar karena bersumber dari pegunungan. Yuk, simak profil singkat tentang destinasi wisata kita kali ini.

Lokasi dan Rute

Pernahkah mendengar nama Bukit Lerep Indah atau sering juga disebut dengan BLI? Objek wisata ini merupakan suatu alternative hiburan bagi masyarakat sekitar Semarang. Letak BLI ada di Desa Lerep, Ungaran, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Desa Lerep sebenarnya adalah suatu daerah di Lereng Gunung Ungaran, bahkan letaknya sangat dekat dengan puncak.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/lahir_angel/

Bukit Lerep Indah berada di sisi utara kaki Gunung Ungaran. Letak destinasi wisata kita ini dekat dengan kawasan wisata lain seperti Watu Gunung, Camping Hill Efrata, Kolam Renang Tirto Argo Siwarak, serta Sanggar Seni Gedong Songo. Jaraknya adalah sekitar 5 km dari alun-alun Bung Karno.

Bila rekan-rekan ingin datang ke tempat ini, salah satu titik acuan yang termudah adalah dengan menuju ke Alun-alun Ungaran. Jika sudah berada di wilayah ini, rekan-rekan bisa mengambil ke arah barat, yaitu Kalisidi, Sicowek.

Daya Tarik

Banyaknya pengunjung yang datang, foto: instagram.com/miracle_kys/

Tahukah kawan bahwa BLI ini adalah sebagain kecil dari proyek pembangunan wisata, yaitu Desa Wisata Lerep? Pemerintah memang sedang gencar-gencarnya untuk mengembangkan potensi alam di wilayah ini sebagai the next holiday destination. Penarik perhatian pengunjung ya memang kolam renang ini, karena memiliki air yang segar.

Baca Juga  Wahana Air Terlengkap dan Paling Seru di Water Blaster Semarang

Banyak pengunjung sengaja datang untuk berenang, menikmati kesegaran air. Pihak pengelola BLI memberikan fasilitas wisata dengan tiga kolam renang utama yang terpisah antara satu dengan yang lain. Kedalamannya pun sangat bervariasi dan sangat cocok digunakan bagi mereka yang sedang belajar berenang.

Keseruan berenang di sini, foto: travelerdewasa.blogspot.co.id

Salah satu kolam memiliki kedalaman 1,5 meter, sehingga bagi yang merasa belum begitu mahir berenang, tetap bisa menikmati kesegaran air dari Gunung Ungaran. Kalau biasanya rekan-rekan berenang dengan menggunakan air tanah atau dari perusahaan daerah, sekarang waktunya menikmati kesegaran alam pegunungan.

Pastinya, kesegaran air di Bukit Lerep Indah tidak bisa dibandingkan dengan air di swimming pool pada umumnya. Tentu kesegaran air tanpa kandungan bahan kimia tambahan seperti kaporit akan lebih segar. Bukit Lerep Indah berada di sekitar pegunungan dengan kondisi alam yang asri dan sangat terjaga.

Keseruan berfoto sambil renang, foto: instagram.com/uccaayy_/

Rekan-rekan traveler yang menikmati melakukan trekking, bisa mencoba medan satu ini. Terutama bila ingin menikmati keindahan alam daerah pegunungan sisi utara Provinsi Jawa Tengah. Secara ketinggian, rekan-rekan yang termasuk newbie bisa bernafas lega karena tidak begitu tinggi.

Tapi, jangan remehkan keindahan pemandangan yang bisa kalian nikmati di kawasan ini kawan. Tajamkan pandangan ke arah Utara, Timur, Selatan, dan Barat. Kalian akan melihat kontur geografi dari Kabupaten Semarang yang berbukit-bukit dan masih sangat alami.

Pernahkah melihat foto tol Bawen-Salatiga? Nah, kira-kira seperti itulah keindahan alam dari kawasan Kabupaten Semarang. Namun itu baru secuil saja kawan. Masih banyak pemandangan yang layak untuk kalian nikmati.

Keseruan berenang dengan anak, foto: instagram.com/ranitiayossi/

Rekan-rekan juga bisa sekaligus menikmati outbond atau camping di Bukit Lerep Indah. Di daerah ini terdapat bukit-bukit serta kebun luas yang bisa disewa. Silakan membawa peralatan camping serta beberapa makanan instan untuk dinikmati.

Baca Juga  Asyiknya Berendam Sekaligus Makan di The Fountain Waterpark & Resto Ungaran Semarang

Daerah ini merupakan kawasan wisata yang asri. Kawasan ini juga cukup dekat dengan area perkampungan serta perumahan penduduk sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan ketika mencari rute perjalanan menuju kawasan ini.

Fasilitas

Keindahan sunset yang ada di sekitar, foto: instagram.com/raynar_andhivha/

Berbicara mengenai kelengkapan serta ketersediaan fasilitas wisata, nampaknya pengunjung tidak lagi perlu khawatir. Di sekitar BLI sudah terdapat warung yang menjajakan makanan serta minuman. Selain warung tersebut, pihak pengelola Bukit Lerep Indah juga memberikan fasilitas berupa penginapan sederhana, semacam villa atau guest house, bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Namun, bila ingin menikmati penginapan sekelas hotel atau resort, juga bisa mencarinya di sekitar Ungaran. Pengunjung juga bisa menyewa aula serta meeting room di Bukit Lerep Indah. Menurut keterangan, banyak pihak-pihak akademis seperti universitas atau sekolah yang datang serta menyewa untuk berbagai keperluan.

Kolam renang untuk anak kecil, foto: igx.4sqi.net

Salah satunya adalah makrab atau ospek. Lokasinya memang sangat menguntungkan serta cocok sebagai tempat kegiatan. Letaknya masih berada di kawasan kaki Gunung Ungaran sehingga memiliki suhu udara yang dingin dan banyak ditemani dengan tumbuh-tumbuhan pegunungan.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah melakukan kegiatan seminar, workshop, atau meeting dengan menyewa fasilitas di Bukit Lerep Indah. Sekalian sih untuk refreshing diri sambil menikmati sejuk dan dinginnya udara pegunungan. Tetapi tetap bisa melakukan kegiatan kerja yang padat.

Kolam renang untuk orang dewasa, foto: wisatalengkap.com

Selepas anda menikmati meeting di lereng Gunung, bukankah pilihan yang sangat menarik bila berenang di BLI? Kalian bisa menikmati kesegaran air, pemandangan alam, sambil sesekali mengambil gambar atau foto untuk mendokumentasikan momen indah ini.

Baca Juga  12 Gambar Gunung Ungaran Semarang, Akan Membuat Anda Mengagumi Keindahan Alam Indonesia

Karena kolam renang ini tidak bisa diakses hingga malam, sayang sekali rekan-rekan hanya bisa memburu sunset di kawasan sekitarnya. Lereng Gunung Ungaran juga sangat terkenal dengan pesona sunrise serta sunsetnya kawan, jadi jangan sampai melewatkan momen satu ini.

Kolam renang yang ada di dalam, foto: tempatwisataindonesia.id

Kalian bisa sambil menyewa penginapan di Bukit Lerep Indah. Atau bila ingin menikmati kedekatan serta mempelajari budaya penduduk setempat, bisa juga dengan berbaur di perumahan penduduk dan berbincang-bincang sebentar dengan masyarakat Desa Lerep.

Untuk bisa menikmati pengalaman berlibur ini, tiket masuknya tidak begitu mahal kok. Bahkan terhitung sangat murah bila dibandingkan dengan tempat-tempat berenang lainnya. Pengunjung hanya diminta membayar sebesar Rp7.000 per orang dengan biaya parkir sebesar Rp1.000-Rp2.000. Sangat murah bukan?

Beberapa fasilitas yang di sediakan, foto: asmarantaka.files.wordpress.com

Bila ingin berkunjung ke Bukit Lerep Indah, bisa berkunjung kapan saja di hari Senin-Minggu. Obyek wisata ini mulai beroperasi dari pukul 08.00-17.00 WIB. Di hari libur nasional serta weekend, kawasan ini sangat padat wisatawan.

So, kalau rekan-rekan traveler berencana untuk datang dan menikmati me time, sangat disarankan untuk datang di waktu weekdays. Gimana rekan-rekan traveler? Sudahkah menandai kalender kalian serta mempersiapkan liburan di Bukit Lerep Indah?

Semoga wisata kalian menarik dan menyenangkan kawan. Akhir kata, happy holiday dan salam traveler.

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/sukmaajinugroho/

Lokasi: Jalan Pulang Geni, Desa Lerep, Kelurahan Ungaran Barat, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Provinsi Central Java, kode pos 50519
Map: KlikDisini
HTM: Rp.7.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: –

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply