Pesona Bukit Cinta Pamekasan Madura yang Membuat Netizen Penasaran

1690 views

Pulau Madura sangat populer dengan wisata religi dan Karapan Sapi serta banyak sajian kuliner lezat, seperti sate dan lorjuk. Selain itu, ada juga sebuah tempat yang menawarkan wahana edu wisata dengan menyediakan fasilitas bermain, rekreasi dengan panorama indah, namanya Bukit Cinta.

foto by hipwee.com

Tempat wisata ini berada di Jalan Lawangan Daya, Kelurahan Sentol, Kecamatan Pademayu, Pamekasan Regency, Madura bagian tengah di kawasan pantai selatan. Jarak dari pusat kota Pamekasan sekitar 2 km ke arah timur dan bisa ditempuh sekitar 10 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Obyek wisata Bukit Cinta merupakan pengembangan yang dilakukan PT. Selamat Pagi Madura untuk menyedihkan wahana rekreasi bagi masyarakat Madura dan sekitarnya. Tempat wisata ini dibangun diatas tanah seluas 2 hektar dan memiliki banyak sekali wahana permainan dan rekreasi.

photo by @arinii_kw

Lokasi wisata yang menjadi ikon tempat rekreasi ini adalah Bukit Cinta yaitu sebuah bukit dengan tangga membentuk gambar cinta atau love. Bentuk bukit adalah sebuah padang rumput diatas tanah paling tinggi dan bisa melihat pemandangan seluruh kawasan wisata ini dengan jelas.

Di belakang bukit ini terdapat sebuah menara yang digunakan untuk wahana wisata Flying Fox serta bisa dimanfaatkan sebagai gardu pandang untuk melihat pemandangan di sekitarnya. Wahana wisata Bukit Cinta mulai beroperasi sejak tanggal 8 Juli 2016 sebagai pusat rekreasi baru tapi sudah sangat populer.

foto by pulaumadura.com

Tempat wisata baru ini sudah mampu menyerap pengunjung sebanyak 5 -10 ribu orang setiap minggu dan saat paling ramai yaitu ketika weekend. Sebagian besar para pengunjung adalah kalangan remaja yang ingin selfi atau narsis di sekitar Bukit Cinta untuk diunggah kedalam akun media sosialnya.

Hal ini karena salah satu faktor yang membuat tempat wisata ini semakin terkenal berasal dari para pengunjung yang memasang foto berada di Bukit Cinta dalam medsos. Tentu saja gambar bukit indah tersebut terus menyebar dan menjadi salah satu tempat wisata viral di kalangan netizen.

Untuk menikmati taman wisata indah ini, para pengunjung perlu membeli tiket masuk dengan harga Rp.20.000. Setelah melewati pintu masuk ke dalam taman, wisata pertama yang akan ditemui adalah taman payung dan terdapat 50 lebih payung terbuka serta berjajar diatas sebagai atap.

foto by jejakpiknik.com

Payung ini berfungsi sebagai pelindung dari sengatan matahari sekaligus menjadi pemandangan indah dengan warna berbeda-beda. Warna-warna payug diantaranya ada yang berwarna merah, kuning, biru, hijau serta warna payung lainnya yang dihiasi dengan gambar bunga ataupun gambar lainnya.

Baca Juga  20 Tempat Makan Seru dan Romantis di Sidoarjo

Selanjutnya pengunjung akan melihat waterpark dengan kolam renang yang sangat luas dan terbagi menjadi 2, yaitu kolam renang umum dan anak-anak. Pada kolam umum tersedia fasilitas perosotan dalam berbagai bentuk, seperti bentuk ular, ikan hiu serta jenis lainnya yang disukai anak-anak.

gambar by @ilonakaramoy

Tinggi perosotan sekitar 1 meter sehingga sangat aman digunakan untuk bermain bagi pengunjung dewasa maupun anak-anak. Sedangkan di kolam anak-anak juga terdapat perosotan dalam bentuk ikan hiu dan ketika meluncur dari atas seperti keluar dari mulut ikan hiu dan masuk ke dalam renang.

Di pinggir kolam renang banyak sekali fasilitas tempat duduk serta gazebo yang biasa digunakan para orang tua untuk bersantai sambil mengawasi anaknya ketika berenang. Lokasi kolam renang dikelilingi taman dengan padang rumput serta beberapa pepohonan dan membuat suasana lebih asri.

foto by rri.co.id

Wahana lainnya adalah Bukit Cinta dan menjadi tempat favorit bagi pengunjung untuk melakukan aksi selfi atau narsis. Bukit ini memiliki ketinggian lebih dari 10 meter dengan hamparan tanaman rumput yang luas dan di puncaknya terdapat batu-batuan dan logo cinta.

foto by bangsaonline.com

Untuk bisa sampai ke puncak, para pengunjung harus menaiki undakan tangga yang berada di sebelah kanan atau kiri dan kedua tangga tersebut membentuk tanda cinta. Di tengah-tengah kedua tangga terdapat batu hitam bertuliskan bukit cinta dan biasa digunakan sebagai lokasi selfi.

foto by m.suarajatimpost.com

Di bawah tangga terdapat sungai kecil dihiasi dengan batu-batuan serta sebuah jembatan kayu kecil berwarna hijau untuk melintasinya. Padang rumput di kanan kiri bukit ini sangat luas dan biasa digunakan sebagai tempat bersantai karena sangat nyaman dengan semilir angin terutama sore hari.

foto by photagram.net

Posisi bukit menghadap ke arah timur sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menikmati sunrise serta sunset. Dari puncak, para pengunjung bisa melihat setiap sudut wilayah tempat wisata ini dan banyak dimanfaatkan untuk mengambil gambar dengan kamera atau pemotretan lainnya.

Baca Juga  Ingin Suasana Kekeluargaan atau Romantis? Datang Saja ke 15 Restoran di Surabaya Barat ini

Wahana lainnya adalah flying fox dan menara untuk meluncur berada di belakang bukit cinta dengan ketinggian sekitar 15 meter. Turunan tidak terlalu tajam sehingga ketika meluncur berjalan sangat lambat dan tentunya aman digunakan siapa saja sebagai permainan untuk menguji mental keberanian.

Terdapat juga terowongan dengan dipenuhi berbagai tumbuhan dan bunga berwarna warni dan banyak yang menyebut spot ini dengan nama terowongan bunga. Panjang terowongan ini lebih dari 20 meter dan banyak disukai pengunjung karena sangat cocok digunakan untuk spot background foto.

foto by imgrum.org

Di sebelah terowongan bunga ada taman payung dengan penataan lebih rapat sehingga pengunjung yang berada di bawahnya tidak kepanasan. Lantai taman payung juga dicat dengan berbagai macam warna sehingga menambah keindahan suasana taman yang berada di belakang bukit cinta ini.

Wahana lainnya adalah transortasi seperti kereta mini, berkuda, becak mini, ATV untuk bisa berkeliling di sekitar taman. Ada juga wisata petualangan seperti memanah dengan hanya membayar Rp.1000 saja sudah bisa melakukan latihan uji fokus dengan memanah pada target yang di tentukan.

foto by imgrum.org

Masih ada lagi wahana asyik lainnya yaitu kolam tangkap ikan dengan hanya membayar Rp.5000 dan bisa melakukan tangkapan ikan yang ada di dalam kolam. Di sekitar taman, banyak sekali fasilitas gazebo dan bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berteduh dari sinar matahari dan sebagai tempat bersantai.

foto by penawarta.com

Hampir semua wahana wisata di taman Bukit Cinta atau Selamat Pagi Madura ini bisa dijadikan sebagai spot terbaik untuk pemotretan. Hal inilah yang membuat banyak orang penasaran dan ingin berkunjung ke tempat wisata ini dan mengabadikannya dengan kamera untuk koleksi dan lainnya.

Baca Juga  Ijen Boulevard di Malang, Tempat Nongkrong Kekinian Bernuansa Eropa

Di sudut taman wisata ini terdapat restoran yang menyajikan menu masakan khas penduduk Madura yang lezat dengan harga terjangkau. Selain itu, ada juga café untuk tempat nongkrong dan tersedia tempat penginapan sebagai fasilitas bagi pengunjung yang berasal dari luar kota dan ingin menginap.

Alamat dan Rute Peta Ke Bukit Cinta Pamekasan Madura

Alamat tempat wisata bukit cinta masih berada di kawasan pusat kota Pamekasan dan jaraknya hanya sekitar 2 km ke arah timur. Lokasi tepatnya berada di Jl.Lawangan Daya sebelah utara sekolahan MAN 1 Pamekasan atau desa Sentol, kecamatan Pademawu, Gorontalo, Pamekasan, Madura.

Rute termudah menuju lokasi wisata Selamat Pagi Madura dimulai dari Alun-alun Pamekasan ke timur melewati Jl.Jokotole. Setelah menemui kantor OTO Kredit Motor belok ke arah utara dan menyusuri Jl.Wahid Hasyim sampai di pertigaan jalan setelah melewati sekolahan MAN Pamekasan.

Kemudian ambil jalur ke timur di Jl.Bonorogo sekitar 200 meter, lalu belok ke arah utara dengan memilih Jl.Lawangan Daya dan lurus mengikuti jalan menuju utara. Setelah melewati Sekolahan MAN Jungcangcang terus ke utara dan perjalanan akan segera sampai di lokasi wisata Bukit Cinta.

Jalan Menuju Lokasi Bukit Cinta Pamekasan Madura

Sedangkan dari Jembatan Suramadu bisa melewati jalan raya Suramadu dan selanjutnya ke arah timur menuju Jl.Kamal-Kalianget hingga sampai ke kota Sampang. Dari Sampang ada 2 jalur untuk menuju kota Pamekasan yaitu melewati jalur utara dan selatan.

Banyak orang memilih jalur selatan dan menyusuri pinggir pantai selatan melalui Jl.Diponegoro dan Jl.Turnojoyo hingga sampai di kota Pamekasan. Selanjutnya bisa menuju Alun-alun kota dan ambil jalur ke arah timur melewati Jl.Jokotole sekitar 700 meter hingga sampai di kantor OTO Kredit Motor.

Kemudian belok ke utara sekitar 1,5 km melintasi Jl.Wahid Hasyim dan diteruskan melalui Jl.Lamongan Daya hingga sampai di lokasi wisata. Dari Jl. Lamongan Daya sudah banyak petunjuk arah untuk menuntun para pengguna jalan sampai di tempat wisata Bukit Cinta.

Lokasi: Desa Sentol, kecamatan Pademawu, kabupaten Pamekasan, Madura 69323
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 20.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 16.00 WIB
Telepon: (0324) 327679|087777345234

Related Post

Leave a reply