12 Foto Keindahan Wisata Bukit Semarang Baru (BSB City) di Mijen

1553 views

BSB City merupakan proyek pengembangan sebuah kota baru yang memberikan tawaran kenyamanan untuk tempat tinggal di kawasan perbukitan yang berada di ketinggian sekitar 200mdpl. Dengan adanya ketinggian ini, Bukit Semarang Baru atau BSB City adalah kawasan yang cukup tinggi dan berhawa sejuk.

Bukit Semarang Baru City

Bsb city, foto: rumahdijual.com

BSB City merupakan kota satelit atau suburb village yang terbesar di kawasan Semarang, merupakan kawasan tersebut sekarang ini sangat mudah dijangkau dari semua kawasan penting yang berada di Semarang. Hal ini karena keberadaan Jalan Jrakah – Ngaliyan – Mijen, dan juga keberadaan jalan yang sedang dalam proses penyelesaian.

Proses penyelesaian jalan Manyaran – Mijen dan juga dari Mijen – Mangkang, pembangunan tersebut akan semakin mempermudah masyarakat untuk bisa sampai ke kawasan BSB City. Bukit Semarang Baru menawarkan konsep penataan kota dengan area hijau yang cukup luas dengan adanya taman-taman yang apik tertata di depan rumah.

Danau yang ada di lokasi, foto: citralandbsbcity.com

Di dalam kawasan ini dibangun juga sebuah taman bermain bagi keluarga yang membuat suasana daerah tersebut lebih sejuk dan segar. BSB City dirancang untuk berdiri di tanah seluas kurang lebih 1000 hektar, dengan perencanaan yang professional. Master plan/Giant plan pembangunan ini adalah untuk mewujudkan sebuah kota kecil dengan banyak fasilitas yang lengkap dan serba modern.

BSB City memiliki beberapa kawasan ada kawasan perbinisan, pusat perbelanjaan yang menyediakan segala kebutuhan, tempat rekreasi yang nyaman, pendidikan bagi anak-anak, dan rumah-rumah ibadah. Hal ini adalah sebuah komitmen yang diwjudkan oleh pengembang untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan bertempat tinggal di BSB City.

Daya Tarik

Taman yang ada di sekitar, foto: pinkpacker.blogspot.co.id

BSB City adalah sebuah kawasan kota yeng mengusung konsep utama bertema lingkungan, kawasan tersebut memiliki keunggulan dalam view yaitu menyajikan panorama alam seperti danau BSB, kawasan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, yang bisa dijadikan tempat bersantai, bekerja, dan berkarya. Lokasi BSB yang tinggi, berada di ketinggian 200 – 250 meter di atas permukaan laut memberi jaminan bebas banjir mengingat Semarang terkenal juga dengan curah hujan yang tinggi di musim Penghujan dan mudah banjir.

Baca Juga  Wisata Sejarah di Benteng Pendem Ambarawa yang Penuh Misteri, Ini Buktinya

Tepat di samping BSB City, yang lokasinya tidak begitu jauh, terdapat proyek waduk Jatibarang yang rencananya dibangun di tanah seluas 300 hektar sebagai salah satu gambar daftar obyek wisata alternatif yang terbuka bagi umum, sehingga dapat dipastikan akan memicu pertumbuhan ekonomi bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Pintu masuk, foto: bsbcity.com

BSB City bukanlah tempat esklusif bagi orang kaya saja kawan. Pengelola juga menyediakan hunian rumah sederhana yang ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa dinikmati oleh mereka. Bila biasanya kawasan seperti ini hanya diperuntukan untuk tempat hunian saja, tetapi di BSB city juga memiliki kawasan Industri dengan mengusung konsep utama Industri Bersih yang ramah lingkungan yang juga dilengkapi dengan taman-taman pelangi yang indah.

Konsep Kawasan Industri Bersih ini mendapat dukungan dari pemerintah setempat karena sejalan dengan Peraturan Pemerintah no. 24 tahun 2009, yang menyatakan bila pertumbuhan industri yang ideal harus berada di Kawasan Industri. Sasaran utama kawasan perkotaan BSB adalah mengusahakan sebuah lingkungan kota dengan memiliki karakter dan juga identitas BSB.

Menara yang ada di tengah-tengah lokasi, foto: wikimapia.org

Kawasan ini sangatlah unik dan menarik, salah satunya karena BSB mengusung konsep Kota Klasik yang memiliki wawasan budaya, hal tersebut terispirasi untuk memberikan penghargaan kepada nilai-nilai historis Kota Lama Semarang dengan daya tarik estetis dan juga memiliki karakter ruang yang diterima sepanjang masa atau dalam dunia desain kita mengenanya dengan istilah timeless design.

Karakter klasik utama Kota Lama Semarang menjadi bagian dari sebuah identitas yang telah diadopsi untuk menciptakan karakter BSB sebagai kota modern-klasik yang memiliki kualitas dan juga berwawasan lingkungan.

Baca Juga  Ayana Gedong Songo, Spot Foto Kece di Lereng Gunung Ungaran

Fasilitas

Kawasan rekreasi, foto: tempatwisataseru.com

Berbagai fasilitas yang berkualitas merupakan bagian penawaran dari BSB City. Mulai dari Pendidikan (keberadaan Taman Bermain hingga Perguruan Tinggi), Kesehatan (Rumah Sakit Swasta, Klinik Masyarakat, Puskesmas), Pasar/Swalayan, KFC, Lakers Club, graha, taman bunga, tempat beribadah, SPBU, pusat olahraga atau fitness centre, Transportasi Umum.

Di Bukit Semarang Baru juga dilengkapi dengan keamanan yang tinggi karena terdapat Makopolres Semarang Barat. Penataannya pun sangat jeli hingga memikirkan adanya ruang terbuka hijau untuk rekreasi, pemakaman umum atau makam, serta instalasi pengolahan air bersih .

Kawasan industri, foto: kedatonterrace.files.wordpress.com

Semuanya ini dibangun dalam satu kawasan yang padat. Kebutuhan penghuni di daerah ini tentu sudah sangat tercukupi. Nah, mari kita ulas satu persatu profil fasilitasi di Bukit Semarang Baru City ini kawan.

1. Hunian atau rumah

Perumaham di Bukit Semarang baru dirancang sedemikian rupa dengan memiliki tiga tipe rumah, yaitu kecil, sedang dan besar. Bukit Semarang Baru memang dirancang untuk menaikkan kualitas lingkungan dengan memberikan kenyamanan serta keamanan kepada penghuni.

Denah kawasan bsb city, foto: rumahjogjaindonesia.com

Untuk tipe hunian kecil, bangunannya adalah kira-kira tipe 21/45 dengan luas tanah berkisar antara 60-120m2. Harga jual yang dipatok untuk rumah jenis ini tidak begitu mahal kawan, masih sangat terjangkau. Selain itu juga berada di tepi Jalan Raya Jrakah-Boja.

Sementara itu, bagi hunian tipe sedang berada di tanah dengan luas sekitar 90-500m2 dengan luas bangunan sekitar 250m2. Tentu rumah dengan luas bangunan ini jauh lebih mahal kawan dibandingkan dengan tipe kecil. Terlebih karena desainnya adalah dengan kualitas lingkungan yang lebih baik.

Kawasan komersil, foto: bsbsemarang.com

Sementara itu, rumah dengan tipe besar berada di area sekitar Golf Islan atau Lapangan Golf juga di sekitar Pulau Danau/Lake Island. Tipe ini adalah mulai dari 180m2 dan dibangung sesuai dengan kebutuhan serta selera konsumen. Banyak terdapat beranda rumah seperti yang sudah dibangun di daerah Puri Arga Golf.

Baca Juga  Jangan Lupa, Di Semarang Bakal Hambar Kalau Gak ke 67 Rumah Makan Ini

2. Kawasan Komersil dan Pusat Ekonomi

Sebagai suatu daerah komersial, wilayah ini dibangun sebagai suatu pusat perekonomian dengan berbagai gedung perkantoran baik itu pemerintah atau swasta. Terdapat juga pusat perbelanjaan, restaurant, serta pusat hiburan. Contohnya adalah kawasan Ruko Plaza Taman Niaga dan Jatisari.

Salah satu spot foto favorit, foto: mw-panoramio.com

3. Kawasan Olahraga dan Rekreasi

Di tempat ini dibangun berbagai macam sport centre dengan adanya lapangan golf, tenis, kolam renang, dan lain-lain. Pusat rekreasi juga dilengkapi dengan danau buatan, restaurant, serta kolam yang dapat digunakan untuk memancing, seperti di Bali atau Citraland. Hal ini akan membantu para penghuni untuk mendapatkan kenyamanan dan suasana santai, terutama bagi keluarga.

4. Kawasan Industri Bersih

Mari lupakan kawasan Industri yang penuh dengan polusi kawan. Di tempat ini sudah dibangun berbagai fasilitas industri yang ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan serta teknologi yang digunakan sudah sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh pihak Departemen Perindustrian Indonesia.

Keindahan alam yang ada di sekitar, foto: goodpiknik.com

Di tempat ini bukan hanya terdapat pabrik melainkan juga beberapa bangunan untuk pusat kegiatan industry serta gedung penelitian dan pengembangan. Di tempat ini, penghuni bisa sekaligus berkembang dan belajar dalam melakukan berbagai kegiatan industri.

Hingga tahun 2019 ini, kawasan industri bersih BSB City masih terus berkembang hingga nantinya akan mencapai tujuan mereka, yaitu suatu industrial park yang juga sekaligus adalah pusat perkantoran, gudang, industri yang ramah lingkungan.

Pintu masuk ke citraland, foto: housing-estate.com

Lokasi: Kedungpane, Mijen, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kode pos: 50275
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: (024) 7711111

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply