Broken Beach Bali, Keindahan yang Tak Biasa di Pulau Nusa Penida

105 views

Alamat: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Jam buka: 24 jam
Telepon: 0822-3617-6345
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/vivien_yuanita/

Bali memang bagaikan surga bagi para wisatawan khususnya mereka yang gemar berwisata bahari. Di pulau berjuluk Pulau Dewata ini, Anda bisa menemukan beragam jenis pantai yang indah.

Namun, tahukah Anda, bahwa keindahan pantai bukan hanya ada di Bali daratan saja, melainkan Anda juga bisa menemukannya di sejumlah pulau terluar yang ada disekitar Bali, misalnya seperti pulau Nusa Penida, Pulau Menjangan, Pulau Nusa Lembongan dan juga Pulau Ceningan?

Salah satu diantara sekian banyak keindahan pantai yang ditawarkan di sejumlah pulau terluar disekitar Bali itu adalah Broken Beach yang berlokasi di Pulau Nusa Penida, sebuah pulau yang masih termasuk kedalam daerah Kabupaten Klungkung.

Legenda terbentuknya Broken Beach

foto by instagram.com/tanlinesandtempeh/

Broken Beach memang terlihat indah, namun asal usul sejarah terbentuknya tempat ini konon cukup kelam. Sebelum dikenal sebagai objek wisata yang unik ini, ada sebuah cerita legenda yang mengisahkan bahwa dulu tempat ini adalah sebuah desa.

Sayangnya, desa tersebut ditimpa sebuah musibah yang berdampak pada seluruh warga desa. Awalnya, memang terlihat tidak seperti musibah, melainkan rejeki yang tidak terduga, sebab suatu hari ada seekor sapi yang masuk ke desa, dan semua warga desa tidak ada yang tahu, milik siapa sapi itu.

Karena tidak ada warga yang tahu sapi itu milik siapa, maka disepakati untuk menyembelih dan memasak sapi itu kemudian dagingnya, dibagikan secara merata kepada semua warga.

Setelah semua daging sudah habis dimakan oleh warga, tiba-tiba muncul seorang anak kecil yang masuk ke desa tersebut dan mencari hewan ternaknya.

foto by instagram.com/petteri_avola/

Anak kecil yang mencari hewan ternaknya itupun akhirnya bertanya ke seluruh warga yang ada di desa itu, namun tak ada satupun yang mengaku, sampai akhirnya kepala sapi ditemukan.

Baca Juga  Upside Down World Bali, Destinasi Ciamik dan Unik

Melihat kepala sapi, si anak pun curiga dan bertanya siapa yang tega menyembelih sapi itu, dan tetap tidak ada satupun warga desa yang mengaku.

Merasa kesal karena masih tidak ada yang menjawab segala pertanyaannya, si anak pun akhirnya mengelilingi desa dan kemudian menancapkan lidi diatas tanah.

Setelah itu, si anak pemilik sapi itu, menyuruh warga secara bergiliran untuk mencoba mencabut lidi yang ditancapkan diatas tanah tersebut.

Jika ada warga yang bisa mencabut lidinya, maka mereka memang benar-benar tidak mengetahui penyebab kematian sapi, tetapi jika tidak ada yang bisa mencabut lidi tersebut maka berarti sebaliknya.

foto by instagram.com/fredityaangga/

Hingga orang terakhir, ternyata tidak ada satupun yang bisa mencabut lidi yang tertancap itu.
Dengan demikian berarti sudah jelas, bahwa semua warga yang ada di desa itu sebenarnya ikut terlibat menyebabkan kematian sapi milik si anak kecil itu.

Akhirnya, anak kecil itu mencabut lidi dari tanah dan seketika itu juga desa tersebut langsung runtuk tak berbekas. Lama kelamaan, bekas desa yang runtuh itu dipenuhi air dan dikelilingi pemandangan alam yang sangat memukau seperti saat ini.

Hal menarik yang bisa ditemukan di Broken Beach

Broken Beach atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Pasih Uug bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki makna “pantai yang patah/rusak” namun pada kenyataannya, panorama pemandangan yang bisa Anda dapatkan ketika tiba di pantai ini sangat tak sesuai dengan namanya.

foto by instagram.com/_exploresoul/

Daya tarik utama dari pantai ini adalah keindahan alam berupa tebing karang yang benar-benar masih alami dan bagaikan belum terjamah tangan usil manusia.

Satu hal yang paling unik sehingga pantai ini layak mendapat predikat sebagai tempat yang indah namun tak biasa seperti pantai populer pada umumnya adalah sebuah tebing dengan tinggi sekitar 50-200 meter yang memiliki lobang di bagian tengahnya,

Baca Juga  Hits Banget! 5 Tempat Makan yang Selalu Penuh di Nusa Penida

sehingga membuat lobang yang ada ditengah tebing itu bagaikan sebuah kolam raksasa, karena lobang itu seakan-akan menjebak air laut yang mengalirinya.

Keunikan dari Broken Beach bukan hanya itu saja, namun diatas tebing yang membentuk lobang itu, tepatnya di salah satu bagiannya terlihat seperti sebuah jembatan alami.

foto by instagram.com/lellynavyrasari/

Oleh sebab itu, pengunjung yang datang ke tempat menakjubkan ini bisa berkeliling mengitari bukit untuk mendapatkan posisi terbaik agar lebih nyaman menikmati panorama keindahan alam yang spektakuler ini.

Pastinya, pemandangan indah tersebut layak untuk diabadikan dalam bentu foto dan dibagikan ke berbagai sosial media yang Anda miliki.

Jika Anda beruntung, selain keindahan alam dari atas tebing, Anda juga bisa melihat beragam jenis biota laut yang ada tempat ini, misalnya seperti ikan pari manta dan penyu laut yang bebas berenang di sekitar Broken Beach.

foto by instagram.com/james.morello/

Secara sekilas, Broken Beach terlihat mirip dengan pantai Uluwatu yang juga dipenuhi tebing-tebing tinggi, hanya saja di lokasi tempat wisata yang satu ini, Anda tidak akan menemukan pura dan kera yang berkeliaran.

Selain itu, bila dibanding dengan pantai Uluwatu, deburan ombak yang ada di Pantai Pasih Uug ini juga relatif lebih tenang, jadi bila ditemani guide yang sudah berpengalaman, Anda juga bisa berenang di pantai ini.

Meskipun demikian, sebelum memutuskan untuk berenang, sebaiknya Anda tetap perlu memastikan kondisi cuaca sedang bersahabat atau tidak, serta sebaiknya Anda juga perlu memperhatikan kondisi pasang surut air lautnya.

foto by instagram.com/johar_bali/

Intinya, Anda harus selalu mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan terlebih dahulu sebelum melakukan segala sesuatu, jika dirasa tidak aman,

Baca Juga  Waterbom Bali, Pilihan Destinasi Wisata Air Keluarga

maka jangan pernah nekat dan malah bertindak ceroboh, apalagi hanya untuk sekedar bersenang-senang dan untuk kepentingan mendapatkan spot foto terbaik.

Rute perjalanan menuju Broken Beach

Karena lokasi alamat objek wisata ini berada di luar Bali, tepatnya di Pulau Nusa Penida, maka otomatis untuk bisa tiba ke tempat ini.

foto by instagram.com/irachmalia/

Anda harus menggunakan transportasi laut untuk bisa ke Pulau Nusa Penida, misalnya seperti speed boat, perahu tradisional atau bisa juga kapal roro dari dermaga Padang Bai.

Selanjutnya, setelah sampai di dermaga Nusa Penida, Anda perlu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Ada baiknya, jika Anda datang ke tempat ini dengan seorang supir yang sekaligus juga bisa bertindak sebagai guide sehingga Anda tidak tersesat.

Lokasi Broken Beach dari dermaga Nusa Penida terbilang cukup jauh, bahkan membutuhkan waktu tempuh setidaknya 90 menit agar Anda bisa sampai ke pantai indah itu.

foto by instagram.com/mentari62/

Lokasi Beach Broken (Pantai Pasih Uug) ini memang terbilang cukup terpencil, sehingga akses jalan untuk menuju pantai belum bisa dilintasi kendaraan bermotor. Sehingga saat Anda sudah mulai dekat ke lokasi pantai, Anda harus melanjutkan melintasi jalan setapak dengan berjalan kaki.

Semilir angin laut tentunya akan membuat perjalanan Anda menuju Broken Beach tidak akan terasa melelahkan.

Jika Anda memutuskan untuk agak lama berada di pantai yang indah ini, maka tampaknya Anda membutuhkan perbekalan yang cukup, sebab di lokasi ini tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman.

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply