12 Foto di Bonbin Mangkang yang Jadi Bukti Serunya Berlibur di Sana

2042 views

Sebelum masuk ke musim liburan, tidak ada salahnya untuk membuat daftar kunjungan wisata di Smg atau Semarang. Salah satunya dengan mengunjungi Bonbin Mangkang merupakan Taman Margasatwa. Tempat liburan alternatif ini tentunya sangat cocok dengan membawa serta buah hati atau anak-anak.

Bonbin mangkang, foto: instagram.com/vi2anaputridewi/

Mengapa anak-anak menjadikan tempat ini favorit karena tentu sesuai dengan namanya bahwa destinasi ini menjadi tempat banyaknya berbagai jenis binatang. Namun selain dengan binatang-binatang yang ada di sana. Para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam hijau.

Berbagai macam binatang bisa ditemukan di Bonbin Mangkang, salah satunya seperti burung merak berasal dari Papua.

Bisa dibilang, tempat untuk berlibur ini wajib untuk dikunjungi oleh para keluarga. Selain margasatwanya, di sini juga banyak objek wisata, seperti halnya wisata dengan tema alam dan juga wisata bersejarah.

Lucunya anak macam, foto:instagram.com/cindyoktaviaanggraini/

Mudah untuk menemukan Bonbin Mangkang nanti akan dibahas satu per satu di sini. Mulai dari lokasi, rute hingga tariff tiket untuk bisa masuk ke sini.

Serunya liburan bersama keluarga di Bonbin Mangkang atau Taman Margasatwa di Semarang

Bonbin atau merupakan singkatan dari Kebon Binatang atau Kebun Binatang ini menjadi pilihan asyik bagi para orang tua untuk membawa buah hatinya berlibur. Di sana, anak-anak tentunya akan takjub sekaligus juga belajar untuk mengetahui beragam jenis binatang yang ada.

Foto iguana, foto: instagram.com/shashaez/

Baik itu binatang dilindungi maupun juga binatang liar bisa ditemukan di kebun binatang atau Bonbin Mangkang, Semarang. Meskipun demikian, binatang ada di sana tidak akan membahayakan atau menakuti para pengunjung yang datang ke sana.

Hal ini dikarenakan rata-rata binatang ada di Bonbin Mangkang sudah tergolong jinak dan berada di dalam kandang yang kuat. Selain itu, setiap binatang ada di sana juga dilindungi oleh satu petugas atau yang dikenal juga dengan pawang binatang menjaga sekaligus juga melindungi.

Baca Juga  Ingin Berwisata ke Tempat yang Murah dan Instagramable? Pilih Taman Srigunting Semarang

Dengan adanya petugas khusus tersebut, maka keamanan para wisatawan yang datang pun akan terjaga. Sehingga tidak perlu khawatir untuk datang ke sana.

Koleksi hewan yang di awetkan, foto: instagram.com/tribunjateng/

Dengan luas kurang lebih sekitar 9 hektar, para pengunjung yang datang tentunya membutuhkan tenaga cukup untuk mengelilinginya. Namun jangan khawatir, karena beragam jenis fasilitas ada di sini. Sehingga memberikan kemudahan bagi para pengunjung.

Salah satu fasilitas agar para pengunjung bisa menyimpan energinya untuk mengelilingi kebun binatang luas ini yaitu kereta mini. Tentunya, selain membuat perjalanan wisata lebih mengasyikan, juga tidak akan membuat kaki pegal namun semua sudut bonbin bisa dikunjungi.

Kemudian di Bonbin Mangkang Semarang juga terdapat fasilitas lainnya seperti waterboom khusus anak-anak. Selebihnya lagi permainan air seperti bebek air. Untuk lebih menambah wawasan dan juga pengetahuan, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi museum pesawat juga ada di sana.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan, foto: instagram.com/karisyogya/

Dan lebih asyik lagi, di Bonbin Mangkang para pengunjung juga dipersilahkan untuk berinteraksi secara langsung dengan hewan. Tentunya dengan pengawasan secara langsung oleh petugas khususnya.

Beberapa interaksi yang pernah dilakukan di antaranya seperti saat terdapat dua ekor singa yang baru lahir. Saat itu pengunjung di persilahkan untuk untuk melihat dan juga berfoto langsung dengan bayi singa tersebut dengan tetap harus berhati-hati.

Berdirinya Bonbin Mangkang menjadi jajaran destinasi wisata di Semarang

Loket pembelian tiket masuk, foto: instagram.com/ikafitriana92/

Bonbin Mangkang telah berdiri sejak 11 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2007. Sebelum dikenal dengan nama Bonbin Mangkang, tempat berlibur yang sekaligus juga sebagai taman margasatwa ini lebih dikenal dengan nama Tinjomoyo.

Baca Juga  Asyiknya Berendam Sekaligus Makan di The Fountain Waterpark & Resto Ungaran Semarang

Konsepnya yang cukup unik menjadikan Bonbin Mangkang menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Terlebih lagi jika berada di luar daerah Semarang.

Konsep yang diusung di sini yaitu perpaduan antara kebun binatang dan juga taman hiburan. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang bersama keluarga dan mengajak buah hatinya untuk menghabiskan waktu liburan di sini.

Naik gajah, foto: instagram.com/havana_batik03/

Beragam jenis atraksi yang melibatkan binatang di sana juga akan sangat menghibur pengunjung, khususnya anak-anak. Misalnya saja menikmati atraksi dari gajah, di mana hewan dengan belalai panjang yang telah terlatih tersebut akan melakukan aksi yang diarahkan oleh pawangnya.

Adapun jenis-jenis hewan yang bisa ditemukan di Bonbin Mangkang yang banyak menjadikan kebun binatang ini bisa dibilang sebagai pemilik spesies hewan terbanyak. Kurang lebih terdapat 40 spesies yang ada di sana dengan jumlah rata-rata hewannya sekitar 200.

Kandang orang utan, foto: instagram.com/ikafitriana92/

Beberapa hewan yang ada dan umum seperti buaya, rusa timor, singa, beruang, gajah sumatera, kera jawa hingga kangguru dan banyak lagi jenis lainnya bisa ditemukan di sini.

Mengabadikan momen liburan pastinya menjadi hal yang tidak akan pernah dilewatkan oleh siapapun. Sehingga mengambil gambar atau foto menjadi kegiatan wajib saat sedang berlibur. Oleh karena itu, banyak spot-spot dengan latar belakang binatang banyak diambil oleh para pengunjung.

Akses jalan menuju Bonbin Mangkang, Semarang

Burung belikat, foto: instagram.com/ikafitriana92/

Menuju ke Bonbin Mangkang terbilang sangat mudah karena berada di kabupaten sebelah kota Semarang, yaitu Kabupaten Kendal. Jika wisatawan berasal dari luar daerah Semarang, yaitu Jakarta misalnya. Maka akan melewati Kendal sebelum Semarang sehingga sangat mudah ditemukan.

Baca Juga  Duh Emang Nikmat Banget 50 Kuliner di Solo Ini

Tepatnya berada di Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 50185, Indonesia.

Letaknya yang cukup strategis membuat Bonbin Mangkang mudah terlihat. Setelah sampai di perbatasan antara Kendal dan Semarang, di arah sebelah kanan akan terlihat lokasi Bonbin Mangkang. Patokan perbatasan akan memberikan kemudahan untuk mereka pengguna kendaraan pribadi.

Pintu masuk, foto: instagram.com/nisrinavelyezt/

Selain itu, memanfaatkan Google Maps untuk sampai di sana juga tidak ada salahnya. Sehingga lebih mudah dan juga tepat mengambil jalan ke Bonbin Mangkang.

Lain halnya jika menggunakan transportasi umum seperti misalnya kereta api. Menggunakan transportasi alternatif ini akan sampai atau diturunkan di Stasiun Poncol. Sampai di sana selanjutnya naik angkutan umum atau angkot menuju Mangkang.

Selain itu, untuk yang berasal dari luar daerah yang datang dengan menggunakan pesawat misalnya. Maka akan turun di Bandara Ahmad Yani. Setelah itu naik taxi akan menjadi pilihan praktis untuk bisa sampai di Bonbin Mangkang.

Kolam ikan, foto: instagram.com/denybatota/

Kemudian bagi yang menggunakan transportasi umum yaitu bus misalnya, akan melewati Terminal Terboyo. Dari sana lalu melanjutkan dengan naik bus kota tujuan Mangkang. Tentunya, hanya dengan menyebutkan tujuan ke sana para sopir akan tahu lokasi wisata tersebut.

Untuk bisa berlibur ke Bonbin Mangkang, pengunjung bisa datang mulai dari pukul 8 pagi dan ditutup sore hari, tepatnya pukul 5. Waktu yang sangat cukup pastinya untuk menjelajahi setiap sudut dan melihat beragam jenis binatang di sana. Sekaligus juga berbagai objek wisata yang ada.

Orang utan yang ada di kandang, foto: instagram.com/karisyogya/

Sedangkan untuk tiket masuk di tahun 2019 saat ini, pengunjung hanya merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah saja. Beberapa wahana atau objek wisata mungkin harus membeli tiket lagi secara terpisah. Namun tentunya dnegan harga yang terjangkau.

Lokasi: Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 50185, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon: 0811 2536 275

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply