Keindahan Benteng Pendem Cilacap Merupakan Spot Terbaik Untuk Pemotretan

1162 views

Kota Cilacap merupakan bagian dari propinsi jawa Tengah dan berada di ujung barat sekaligus di pantai selatan serta memiliki banyak tempat wisata mempesona. Salah satu wisata yang populer adalah Benteng Pendem dan memiliki nilai sejarah tinggi mengenai zaman penjajahan kolonial Hindia Belanda.

foto by majalahpajak.net

Benteng yang ada di pinggir pantai ini dibangun dalam waktu 19 tahun dimulai pada tahun 1861 dan selesai tahun 1879 di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jateng. Bangunan ini berdiri diatas tanah seluas 6,5 hektar dan dikelilingi parit dengan lebar 3 meter untuk menahan serangan dari negara-negara Eropa.

foto by wikimapia.org

Selain itu, bentuk bangunan juga disembunyikan di bawah tanah agar tidak terlihat dari lepas pantai sehingga dinamakan Benteng Pendem atau terpendam. Beberapa bangunan digunakan untuk barak atau tempat tidur tentara, klinik, ruang amunisi, ruang rapat, menara pengintai serta terowongan.

foto by seruji.co.id

Lokasi wisata berjarak sekitar 500 meter dari Pantai Penyu dan masih termasuk dalam satu kawasan wisata di dusun Kebonjati. Di belakang bangunan terdapat pabrik kilang minyak milik PT.Pertamina yang bersebelahan sehingga nampak jelas terlihat dari tempat wisata penuh dengan sejarah ini.

Saat ini bangunan tersebut dikelola pemerintah kabupaten Cilacap dan digunakan sebagai tempat wisata yang menyediakan banyak fasilitas taman keluarga. Pemerintah setempat banyak melakukan perombakan dengan membangun beberapa taman agar nyaman digunakan sebagai tempat bersantai.

Namun bentuk bangunan dibiarkan agar tetap seperti aslinya sehingga kondisi sejarah tempo dulu masih bisa dinikmati para pengunjung. Wisata ini memang sangat populer dan menjadi tempat rekreasi dan sangat ramai karena sering dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Pada halaman depan, para pengunjung akan disambut bangunan gapura megah sebagai loket penjualan tiket masuk. Para pengunjung hanyak perlu membayar tiket dengan harga Rp.5000 per orang dan bisa berjalan-jalan di seluruh kawasan benteng serta melihat keindahan taman dan kanal atau parit.

Memasuki area wisata, para pengunjung akan disambut sebuah taman dengan padang rumput serta berbagai tanaman hias dan pohon rindang. Di area taman tersedia banyak fasilitas gazebo berada di pinggir kanal dan dermaga untuk naik dan turun wisata bebek air dan berkeliling kanal.

foto by babymoontravelling

Terdapat beberapa patung dinosaurus dan biasanya menjadi spot terbaik serta sering dimanfaatkan pengunjung untuk mengambil foto ataupun selfi dengan kamera. Selanjutnya pengunjung bisa memasuki kawasan benteng dengan menyeberangi kanal melalui jembatan yang terbuat dari beton.

foto by ophiziadah.com

Jembatan kanal akan menuju langsung ke ruang pertahanan dengan bentuk bangunan panjang berupa beberapa ruangan tanpa pintu. Setiap ruangan memiliki celah sebagai pengintai dan tempat untuk melepaskan tembakan kepada musuh ketika menyerang.

foto by resepmasakanminumancara.blogspot.co.id

Bangunan yang paling menarik adalah gedung barak tentara dan panjang serta memiliki 14 pintu ruangan dan lokasinya dianggap tempat paling angker. Di depan bangunan barak terdapat banyak pohon palem dipinggir paving jalanan berjajar di depan pintu masuk ruangan.

foto by pariwisatacilacap.wordpress.com

Bangunan lainnya adalah ruang akomodasi dan kondisinya memang masih seperti aslinya serta terdapat banyak rerumputan tumbuh diatasnya. Di sebelahnya terdapat ruang penjara dengan jeruji besi yang dahulu digunakan sebagai tempat hukuman warga pribumi karena melawan penjajah Belanda.

Baca Juga  Mau Mengenang Jasa Para Pahlawan? Dateng Saja ke Bunderan Tugu Muda Semarang

Bangunan penjara memang agak besar karena di dalamnya terdapat 3 ruangan terpisah dan memiliki beberapa ruangan kecil. Selain menjadi ruang tidur bagi para narapidana, juga terdapat ruang penyiksaan dengan banyak rantai sebagai pengikat yang masih menempel pada tembok.

Menurut pengelola benteng, pada saat senja di hari-hari tertentu sering terdengar suara-suara minta tolong serta tangisan dari bangunan tersebut. Hal ini membuat bangunan penjara ini sebagai salah satu tempat angker karena banyak sekali kisah mengharukan dan pembunuhan di masa lalu.

Bangunan lainnya adalah gudang senjata dengan satu pintu kecil dan dua jendela serta tidak ada cerita menarik atau mistis di lokasi ini. Lokasi selanjutnya adalah pintu gerbang masuk sebagai benteng utama pertahanan dengan bangunan panjang dengan banyak celah sebagai tempat menembak musuh.

Lokasi benteng pertahanan memang berada di atas tanah paling rendah sehingga air kanal membanjiri seluruh kawasan ini. Hal ini membuat ruangan bawah kemasukan air sehingga para pengunjung tidak bisa melihat setiap ruangan di benteng tersebut.

Di ujung benteng terdapat bangunan terowongan dengan pintu besi yang selalu terkunci dan lantainya dibanjiri air kanal. Menurut cerita dari masyarakat sekitar bahwa bangunan tersebut adalah terowongan bawah laut dan merupakan jalan menuju pulau Nusakambangan.

foto by news.detik.com

Pihak pengelola juga membuat taman bermain anak dengan fasilitas tempat duduk serta ayunan dan wahana permainan lainnya. Taman ini berada di atas tanah tinggi dan sebagian berada di atas bangunan serta berada di tengah-tengah dengan fasilitas gazebo serta tempat duduk.

Di taman yang berada di tanah paling tinggi di tengah-tengah benteng terdapat banyak sekali binatang rusa berkeliaran bebas. Ada salah satu rusa yang tidak mempan jika dibius dan menurut paranormal bahwa rusa tersebut merupakan jelmaan dari hantu penunggu wilayah tersebut.

foto by kompasiana.com

Sejarah Misteri Wisata Benteng Pendem Cilacap

Baca Juga  Gua Maria Kerep Ambarawa Punya Ikon Baru? Ini Dia

Pesisir Cilacap merupakan wilayah bagian dari legenda kerajaan Mataram sekitar tahun 1800 sebagai pelabuhan yang ramai untuk mengirim barang ekspor. Kapal pengangkut barang dari Pelabuhan Cilacap sering dirampok bajak laut Portugis sehingga Mataram mengerahkan prajuritnya untuk menjaga laut.

Karena itulah daerah pantai Cilacap selalu jadi incaran para pejajah Eropa terutama Belanda dan Portugis. Para prajurit mataram mendirikan pos penjagaan di Pantai Penyu dan banyak yang tinggal bersama keluarganya dan menjadi penduduk resmi secara turun temurun.

Hal ini bisa terlihat dengan adanya sebuah makan yang berada di tengah kawasan benteng penjagaan di kawasan pantai Penyu. Setelah berakhirnya perang Diponegoro, kerajaan Mataram mulai melemah dan situasi ini dimanfaatkan Belanda untuk merebut pelabuhan dan berhasil serta membuat benteng.

Pembuatan bangunan tersebut berada ditanah bekas benteng Mataram tahun 1861 untuk menghalau pasukan Portugis yang ingin merebut daerah pelabuhan ini. Pihak Belanda tidak hanya merampas hasil bumi masyarakat, namun juga menangkap dan menyiksa serta melakukan pembantaian di lokasi ini.

Banyak sekali cerita mistisberedar di kawasan ini dan tempat yang sering memperlihatkan penampakan berada di bangunan barak dan letaknya di ruangan komandan. Baik pengunjung maupun pengelola pernah melihat penampakan ular yang masuk ke dalam ruangan tersebut.

Ruangan komandan memang memiliki kisah seram di masa lalu dengan banyaknya wanita pribumi yang meninggal di tempat pemimpin tentara tersebut. Keangkeran ruangan barak pernah diungkapkan salah satu paranormal ketika sedang melakukan siaran acara Mister Tukul dari sebuah televisi nasional.

foto by youtube.com

Menurut paranormal tersebut, bahwa banyak sekali jeritan suara wanita meminta tolong karena di lokasi ini pernah terjadi pembunuhan massal. Selain itu, ruangan komandan barak ini sering dijadikan sebagai tempat ritual salah satu komuitas pada hari-hari tertentu serta menginap di lokasi tersebut.

Baca Juga  Duh Emang Nikmat Banget 50 Kuliner di Solo Ini

Tempat angker lainnya adalah terowongan bawah laut yang memiliki 4 pintu masuk dari berbagai arah di kawasan benteng untuk melarikan diri tentara Belanda jika terdesak. Selain itu, terowongan ini juga digunakan sebagai tempat pembantaian dengan cara digantung menggunakan rantai.

Jika air laut sedang pasang, maka dijadikan sebagai sarana pembuangan mayat karena dengan sendirinya akan hanyut ke tengah laut. Kondisi dalam terowongan memang sangat menyeramkan karena banyak sekali suara-suara jerit dan tangis meminta tolong yang sangat keras.

foto by resepmasakanminumancara.blogspot.co.id

Asal Usul Obyek Wisata Benteng Pendem Cilacap dan Acara Dunia Lain

Pada tahun 1942, Benteng Pendem berhasil direbut tentara Jepang dan Belanda menyingkir dari kawasan tersebut. Setelah peristiwa pemboman 1945 di Hiroshima dan Nagasaki, tentara Jepang meninggalkannya dan selanjutnya digunakan TNI Banteng Loreng Divisi Jawa Tengah.

Pihak TNI menggunakan Benteng Pendem untuk latihan perang di sekitar laut selatan dan meninggalkannya tahun 1962 karena terendam pasir pantai. Riwayat singkat bangunan ini juga ditulis situs Wikipedia dalam bentuk artikel mengenai asal mula pembuatan benteng sampai digunakan TNI.

Kemudian tahun 1986, pemerintah daerah Cilacap mulai menggali bangunan tersebut untuk dijadikan obyek wisata menarik yang penuh dengan nilai-nilai sejarah. Benteng Pendem menyimpan banyak sekali kisah bersejarah tentang kepiluan warga pribumi atas kekejaman penjajah Belanda.

Banyak sekali pembunuhan dan tragedi lainnya menghiasi perjalanan benteng ini sehingga menjadi salah satu lokasi paling angker di kota Cilacap. Hal tersebut menarik perhatian bagi salah satu acara horor sebuah stasiun televisi untuk menggelar ajang Uji Nyali di kawasan ini.

Tim acara Uji Nyali memilih lokasi di terowongan bawah tanah karena dianggap sebagai tempat paling angker dan banyak sekali makhluk gaib di area tersebut. Ternyata acara tersebut tidak berjalan mulus karena beberapa kru mengalami kerasukan, namun hal bisa ditangani dan acara dilanjutkan kembali.

foto by youtube.com

Video acara tersebut masih bisa kita nikmati melalui situs Youtube dan bisa melihat reaksi dan informasi para peserta yang mengikuti ajang uji nyali tersebut.

Lokasi: Jl. Benteng, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53211
Maps: KlikDisini
HTM: Rp.2000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-18.00
Telepon: (0282) 534481

Related Post

Leave a reply