Batu Flower Garden, Tempatnya Pemburu Foto yang Instagram-able di Malang

1863 views

Malang menjadi salah satu tujuan lokasi wisata bersama keluarga di Indonesia. Bahkan kota yang berjarak 19 kilometer dari Kota Malang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik.

Spot foto apel separuh, foto: batutimes.com

Sekarang, siapa yang tak kenal dengan kawasan Batu? Tempat yang semakin dibenahi untuk wisata semakin menarik untuk dikunjungi. Bahkan ada satu tempat baru yang harus dicoba.

Letak Batu Flower Garden

Pemandangan alam sekitar, foto: vebma.com

Berlokasi di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur ini ramai dibicarakan. Batu Flower Garden dibangun di atas kawasan milik Perhutani, tepatnya di lereng Gunung Panderman. Ketinggiannya sekitar 1.100 sampai 1.200 dari permukaan laut.

Kehadiran Bukit Bulu Batu Flower Garden menambah warna baru bagi kota Batu. Beberapa tempat wisata yang sudah eksis terlebih dahulu seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, Museum Angkut, Batu Zoo seakan dilengkapi dengan kehadirannya.

Sepeda terbang, foto: photomalang.com

Bagaimana tidak? Batu Flower Garden memiliki konsep yang mirip dengan Bukit Panguk di Bantul. Kawasan wisata ini masih berada di wilayah Coban Rais, air terjun yang terletak di Batu.

Awalnya taman ini dibangun untuk meningkatkan kunjungan ke air terjun Coban Rais. Ini karena keberadaan air terjun yang kurang dinikmati. Itu terjadi tanpa alasan. Untuk sampai ke air terjun, Anda harus berjalan kaki sekitar 3 kilometer.

Di sini Anda bisa melihat keindahan dari atas bukit sembari berfoto di gardu pandang favorit. Spot gardu pandang favorit di lokasi ini yaitu berbentuk love. Spot ini cocok untuk berfoto dengan pasangan. Tak hanya itu, Anda bisa foto berbaring di hammock yang disusun sampai tujuh tingkat, rumah pohon, kebun bunga (flower hill), bahkan ayunan kaki langit.

Pemandangan pada malam hari, foto: kanalmalang.net

Jika cukup berani, silakan mencoba sensasi ayunan ini. Ayunan yang ada di perbukitan ini mirip dengan yang ada di Bandung. Walau ingin menguji nyali di sini, tenang saja, spot ini tetap aman untuk dinaiki. Sudah terpikir akan bagaimana pose Anda untuk berfoto di spot ini?

Baca Juga  Cita Rasa yang Lezat, 90 Rumah Makan di Surabaya ini Punya Menu Andalan

Tak ingin ayunan? Silakan coba yang lain seperti Skybike. Sensasi berfoto di atas udara dengan latar belakang taman bunga. Anda bisa berpose di atas sepeda yang hanya berjalur seutas tali. Tapi, tentu keamanan diutamakan. Pengunjung akan diberikan tali pengaman begitu pula sepedanya. Tak usah khawatir takut jatuh. Bahkan mungkin Anda akan lupa rasa takut ketika melihat hasil foto yang keren.

Bermain hammock, foto: cumacuma.org

Spot hammock pun memiliki tiga jenis. Spot hammock tower, flying hammock, serta hammock garden. Silakan pilih dan jadikan itu spot favorit. Akan lebih menyenangkan jika berfoto bersama beberapa orang teman atau keluarga.

Jika ingin yang “aman” saja. Langsung arahkan ke Kebun Bunga atau Flower Hill. Anda bisa berfoto romantis dengan pasangan di antara bunga. Tapi tetap perhatikan langkah ya agar tidak merusak keindahan bunga di sini. Bahkan melamar di sini romantis juga, ya.

Keseruan bermain ayunan, foto: reservasi.com

Selanjutnya, kawasan ini akan dibuat untuk pengenalan berbagai macam tanaman bunga. Sehingga pengunjung  bisa membawa anak atau keluarga, sambil bermain sambil belajar. Pembangunan di beberapa titik pun terlihat untuk memanjakan para pengunjung. Seperti pembangunan cafe, camping ground, serta sarana outbond. Bahkan ada juga yang sudah membuat tempat pijat bagi Anda yang letih berfoto dan berkeliling di kawasan ini.

Info Berfoto

Keindahan bunga-bunga, foto: vebma.com

Ada aturan jika ingin berfoto di sini. Anda harus berfoto menggunakan kamera pengelola lebih dulu. Jasa ini dihargai Rp 10.000/file. Jika ingin nambah, bisa menambah per filenya seharga Rp 5.000. Selanjutnya, Anda bisa puas berfoto dengan smartphone atau kamera sendiri. Akan tetapi, jika menggunakan atau membawa kamera DSLR, Anda perlu membayar Rp 15.000sedangkan Go Pro membayar Rp 10.000.

Baca Juga  Wisata Hemat dan Menyenangkan? Kunjungi Taman Singha Merjosari Malang Jawa Timur

Kemudian untuk spot favorit dikenakan biaya yang berbeda. Spot flower, I Love You, Ayunan serta pinus, masing-masing berbiaya Rp 10.000. Sedangkan 7 lapis hammock tower dihargai dengan Rp 15.000. Anda akan mendapatkan 3 x kesempatan foto dan mendapatkan 1 file foto.

Harga Tiket Masuk

Spot foto favorit, foto: reservasi.com

Untuk masuk menuju spot romantis ini, Anda dikenakan biaya Rp 25.000 per orang. Ini sudah termasuk dengan dua spot gratis yaitu flower dan love. Jika datang menggunakan sepeda motor, ada biaya yang perlu dibayar sebesar Rp 2.500 per motor sedangkan mobil Rp 10.000.

Jam buka dimulai pada pukul 07.30 pagi dan tutup pada pukul 15.30 WIB. Ada baiknya datang di pagi hari agar tak terlalu penuh. Maklum, tempat baru ini sudah mengambil hati masyarakat di sekitar Batu serta luar kota. Feed Instagram pun semakin semarak dengan kehadiran foto di kawasan ini.

Rute Menuju Batu Flower Garden

Flower Garden, foto: myeverydayisholiday.wordpress.com

Dari arah kota Malang, Anda bisa kendarai kendaraan Anda menuju kota Batu. Disarankan melalui Jalan Lingkar Barat. Lalu menuju Wisata Kuda Megastar, Jalan TVRI. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju Coban Rais. Tenang saja, ada banyak petunjuk yang mengarahkan Anda ke tempat tersebut. Untuk menuju lokasi tepatnya Anda harus berjalan kaki sekitar 750 meter dimana ia berada di antara loket masuk dan Air Terjun Coban Rais.

Berbeda jika datang dari Kota Batu. Anda perlu ambil arah ke Studio Batu. Kemudian ikuti papan petunjuk yang terpasang. Masih bingung? Aplikasi peta seperti Waze dan Google Maps pun bisa dijadikan pilihan untuk menuju ke lokasi ini. Tinggal ketikan “Batu Flower Garden” di kolom pencarian.

Baca Juga  Kulineran di Surabaya? 90 Tempat ini Bisa Jadi Rekomendasi Favorit

Penginapan Sekitar Batu Flower Garden

Daya tarik alam sekitar, foto: brobali.com

Ada beberapa orang yang memutuskan untuk menginap agar lebih puas menikmati suasananya. Anda bisa menginap di Hotel Surya Indah yang berjarak 0,3 kilometer dari lokasi ini. Jika tidak tersedia, juga bisa menginap di Hotel Grand Batu Inn yang beralamat di Jalan Oro-oro Ombo 1A, Batu. Lokasi hotel hanya berjarak 0,6 kilometer dari Batu Flower Garden.

Tak hanya itu, Pohon Inn, Kampung Lumbung serta Golden Tulip Holland Resort Batu pun siap melayani Anda. Rata-rata harga yang ditawarkan dimulai dari Rp 400.000 sampai Rp 1.000.000 per malam. Ini tergantung dari pilihan kamar yang diinginkan. Fasilitas pun dilihat, ada yang sudah termasuk dengan sarapan pagi, wifi, serta kolam renang. Ada pula yang hanya sarapan pagi saja.

Banyaknya macam bunga, foto: reservasi.com

Ada banyak review dari pengunjung sebelumnya mengenai hotel-hotel tersebut di TripAdvisor. Tinggal sesuaikan dengan budget, selera dan kebutuhan. Jika sudah komplit semua akomodasi di Batu, berarti Anda sudah siap menjelajah Batu Flower Garden.

Pemandangan dari ketinggian, foto: viva.co.id

Lokasi: Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151
Map: Klik Disini
HTM: Rp.25.000/Orang
Buka/Tutup: 07.30-15.00
Telepon: –

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply