Ayana Gedong Songo, Spot Foto Kece di Lereng Gunung Ungaran

96 views

Lokasi: Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah (Kawasan wisata Candi Gedong Songo)
Map: KlikDisini
HTM: Rp 20.000 per orang
Buka/Tutup: 07.00-17.00 WIB
Nomor Telepon: 081390390768

foto by instagram.com/mela_bp/

Mau wisata alam sekaligus cari spot foto agar eksis di Instagram? Bosan dengan spot foto yang itu-itu aja? Ayana Gedong Songo wajib masuk travel list kalian.

Penatnya kehidupan perkotaan yang penuh hiruk pikuk, kadang memaksa orang untuk sekedar menyegarkan pikiran. Tak heran sebagian orang menganggap liburan/traveling sebagai kebutuhan keempat selain sandang, pangan, papan.

Melihat fenomena yang terjadi, kombinasi wisata alam dan spot foto kekinian makin digandrungi para traveler. Terlihat dari beberapa tempat wisata yang sempat hits seperti Kalibiru (Kulonprogo), Hutan Pinus Kragilan (Magelang), The Lost World (Sleman), ketiganya menawarkan keindahan alam dan spot foto kekinian.

Penggemarnya tidak hanya kaum milenial namun merambah hingga kalangan senior yang didominasi emak-emak yang ikutan eksis di sosmed. Instagramable adalah istilah yang mereka sematkan pada tempat-tempat yang terlihat keren dan kekinian di Instagram.

Jika pembaca berada di sekitar Semarang, tak ada salahnya mampir ke wisata baru ini. Adalah Ayana Gedong Songo yang resmi dibuka pada 11 Juni 2018 dan menjadi alternatif wisata keluarga di sekitar Kota Atlas, Semarang.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/fathoni_yusuf_fahmi2691/

Wisata ini terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Krajan, Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, sekitar 36 km dari pusat Kota Semarang atau sekitar satu setengah jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika pengunjung khawatir tersesat ketika mencari lokasi, pengunjung dapat mengikuti papan petunjuk arah yang banyak dipasang di sekitar wilayah Semarang, Bandungan dan Ambarawa.

Untuk menuju lokasi, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah khas pegunungan. Di sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan lereng Gunung Ungaran, perkebunan sayur, taman budidaya tanaman hias, dan hutan pinus.

Kecamatan Bandungan sendiri dikenal sebagai sentra tanaman hias dan penghasil sayur-sayuran segar.

Baca Juga  Ingin Mencoba Wisata Penuh Misteri dengan Pemandangan Indah? Kunjungi Bukit Gombel Semarang

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/reza_rio.id/

Tempat wisata yang buka pukul 08.00-17.00 WIB ini masih dalam satu wilayah dengan komplek Candi Gedong Songo, namun untuk pembayaran tiket tidak menjadikannya satu.

Bagi pengunjung yang hendak memasuki Ayana Gedong Songo perlu lebih dahulu membeli tiket masuk Candi Gedong Songo. Harga tiket yang dipatok adalah 10 ribu bagi domestik dan 75 ribu bagi asing.

Setelah memasuki wilayah Candi Gedong Songo, pengunjung dapat menuju wilayah Ayana Gedong Songo (lokasinya dekat Candi Gedong Satu).

Namun untuk masuk Ayana Gedong Songo, pengunjung harus membeli tiket lagi dengan harga 20 ribu bagi dewasa dan 10 ribu bagi anak-anak (dibawah 10 tahun). Bagi balita di bawah 2 tahun gratis biaya masuk.

Destinasi Foto Kekinian

foto by instagram.com/istilailia/

Di Ayana Gedong Songo pengunjung dapat berfoto-foto ria dengan memanfaatkan spot-spot foto yang sudah disediakan. Bagi pengunjung yang gemar fotogarafi, lokasi ini sangat pas untuk mengasah skill olah foto.

Bagi penggemar selfie ataupun groufie dijamin akan betah bergonta ganti pose, sekaligus menambah stok foto disini. Hawa sejuk pegunungan, background alam terbuka dengan langit biru akan membuat foto-foto makin cantik, keren dan instagramable.

Pengelola menyediakan sekitar 35 spot foto kece, mulai dari ayunan unik, sangkar berbentuk kubah dengan bantal-bantal lucu, kolam yang menghadap ke jurang, sampai balon udara. Pokoknya spot foto di sini kekinian deh.

foto by instagram.com/istilailia/

Semua spot foto tidak dikenakan biaya alias gratis, kecuali spot foto bernama bubble tent. Khusus untuk spot ini pengunjung dikenai tarif 5 ribu per orang.

Jika cuaca cerah dan mendukung, pengunjung dapat menyaksikan empat gunung berjajar menghadap Ayana Gedong Songo. Jadi pengunjung tak perlu ke candi tertinggi di komplek Candi Gedong Songo untuk menyaksikan panorama tersebut.

Empat gunung berjajar itu meliputi yaitu Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo dan Merapi.

Di sore hari biasanya pengunjung bisa menyaksikan kabut turun dari lereng Gunung Ungaran. Pengunjung dapat memanfaatkan momen ini untuk mempercantik hasil jepretan.

foto by instagram.com/indonesia.tourguide/

Di moment ini pengunjung dapat membuat foto seolah memiliki kesan misterius ala-ala film Silent Hill maupun The Mist.

Baca Juga  Mau Mengenang Jasa Para Pahlawan? Dateng Saja ke Bunderan Tugu Muda Semarang

Selain menawarkan wisata alam dan beragam spot foto, Ayana Gedong Songo juga menawarkan paket pre-wedding. Untuk paket pre-wedding, Ayana Gedong Songo memberikan paket 500 ribu per rombongan.

Dengan harga tersebut rombongan mendapatkan free tiket masuk untuk delapan orang, free tiket untuk spot bubble tent, free air mineral, free tenda booth (plus meja, kursi, cermin) yang dapat digunakan untuk ganti baju, rias dan istirahat.

Untuk melakukan sesi pre-wedding, pengurus Ayana Gedong Songo menyarankan untuk datang di weekday pada pukul 08.00-09.00 WIB.

Ini dikarenakan pada weekday tidak terlalu ramai sepeti halnya pada akhir pekan. Disarankan pada pukul 08.00-09.00 WIB karena saat itu langit akan terlihat lebih indah, hawa segar masih terasa dan tidak terlalu panas.

foto by instagram.com/dedihermawanboy/

Penggunaan Instagram ternyata memberikan dampak yang cukup signifikan sebagai media promosi. Sejak dibuka H-3 lebaran tahun 2018, Ayana Gedong Songo selalu ramai didatangi pengunjung.

Tidak jarang wisatawan dari luar Semarang bahkan luar Jawa Tengah rela mendatangi lokasi ini. Mereka mengaku tau tentang wisata ini dari postingan-postingan di Instagram.

Akun official Ayana Gedong Songo yaitu @ayanaz.gedongsongo sendiri telah di follow 16 ribu orang dan aktif me-repost dan meng-upload foto-foto terbaru mereka.

Bagi pembaca yang hendak mengunjungi Ayana Gedong Songo disarankan menggunakan kendaraan dengan kondisi prima. Ini dikarenakan akses menuju lokasi dilalui dengan jalan yang cukup menanjak.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat pagi hari dan sore hari. Ini dikarenakan cuaca panas di siang hari akan membuat pengunjung kurang nyaman untuk berfoto di spot yang ada. Cahaya matahari yang terik juga akan membuat hasil foto terlihat kurang baik.

Objek Wisata lain

foto by instagram.com/sidiqnurseto/

Jika Ayana Gedong Songo sedang ramai pengunjung tak ada salahnya untuk berkeliling menyambangi komplek Candi Gedong Songo (itung-itung daripada tiket yang dibeli mubazir). Komplek Candi Gedong Songo sendiri sudah dikenal akan kemegahannya.

Baca Juga  Wisata Alam Seru Sambil Ngopi di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Berikut 12 Foto dan Ulasan Menariknya

Tak kalah dengan Ayana Gedong Songo, banyak spot foto menarik yang menawarkan sensasi berbeda di komplek candi hindhu ini. Pengunjung dapat berfoto dengan background candi, pemandangan gunung atau hutan pinus.

Di kompek Candi Gedong Songo juga ada kawah gunung yang masih aktif menghasilkan belerang. Di sini pengunjung dapat berendam di pemandian air panas yang letaknya tak jauh dari kawah.

Pengunjung juga dapat merasakan sensasi relaksasi di Vanaprastha Gedong Songo sebuah pondok-pondok kayu yang menawarkan kegiatan relaksasi seperti, meditasi, yoga dan sebagainya.

foto by ainstagram.com/amaraindie_pratiwi21/

Konon kawasan Gunung Ungaran memiliki bioenergi terbaik di Asia dan energi alam yang bagus, bersih tersebut terdapat di Vanaprastha Gedong Songo ini. Jadi jangan sampai melupakan Candi Gedong Songo dalam daftar list liburan ya.

Jika pengunjung ingin tau lebih banyak lagi tempat wisata di sekitar Gedong Songo, ada banyak tempat menarik yang layak jadi tujuan wisata.

Pengunjung dapat datang mengunjungi Taman Bunga Celosia. Sebuah taman bunga dengan berbagai macam spot foto berbentuk landmarks dunia.

foto by instagram.com/widiyamustopa/

Ingin camilan-camilan khas daerah Bandungan? Pengunjung dapat mampir ke sentra penjualan Tahu Serasi di sepanjang jalan raya Bandungan.

Tahu Serasi sendiri adalah tahu asin khas Bandungan yang punya tekstur lembut dan kenyal. Jika pengunjung suka wisata kuliner, Tahu Serasi sangat cocok jadi camilan hangat di dinginnya udara Bandungan.

Selain itu ada juga wahana rekreasi Umbul Sidomukti sebuah wahana bermain di lereng Gunung Ungaran. Lokasi ini menawarkan sensai adrenalin dengan menyebrangi sebuah jurang dengan menggunakan flying fox dan Marine bridge.

Tak jauh dari wahana rekreasi tersebut terdapat sebuah tempat nongkrong bernama Kedai Kopi Umbul Sidomukti.

Bersantai di Kedai Kopi Umbul Sidomukti sambil menikmati pemandangan dari atas gunung ditemani secangkir kopi tentu membuat pikiran menjadi releks dan fresh, terlebih jika dihabiskan bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

5/5 (1 Review)

Related Post

Leave a reply