Pesona Pantai Atuh Bali yang Memikat

220 views

Alamat: Dusun Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Jam buka: 24 jam
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/twowanderingsoles/

Ada begitu banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi di Bali. Salah satunya adalah Atuh Beach. Wisata ini dapat menjadi pilihan traveler yang ingin menikmati pantai dengan suasana memikat.

Lokasi Wisata

Lokasi persis dari pantai ini adalah di Dusun Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Dari Pelabuhan Sampalan Nusa Penida sendiri, berjarak kurang lebih 25 kilometer ke Pantai ini, itu berarti memerlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan perahu.

Rute Jalan

foto by instagram.com/travelboozt/

Atuh Beach terletak di dekat Pulau Seribu dan masih dapat dikategorikan berada di wilayah yang sama. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada dalam bagian dari gugusan di Pulau Seribu.

Perjalanan dari Pulau Seribu menuju Atuh Beach memakan waktu 15 menit dengan menggunakan mobil karena kontur jalanan yang berupa bebatuan meskipun memiliki lebar jalan sekitar 3 hingga 4 meter, sehingga memperlambat laju kendaraan.

Setelah itu Anda harus memarkirkan mobil dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 20 menit. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Denpasar, Anda harus menggunakan speed boat dengan tarif sekitar Rp. 75.000 dari Sanur menuju ke pulau Nusa Penida.

Jasa penggunaan speed boat itu sendiri beroperasi dari pagi hari hingga pukul 16.00 WITA saja.

foto by instagram.com/nusapenidatraveloka/

Pantai Atuh sendiri termasuk ke dalam destinasi wisata alam dari Nusa Penida di bagian timur, bersanding dengan Bukit Teletubbies yang berada di kawasan sama pula.

Terlebih ketika Nusa Penida berkembang menjadi destinasi para wisatawan, pantai ini pun turut serta menjadi list yang sayang dilewatkan.

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang lebih sepi dan tenang, pantai ini adalah pilihan yang tepat karena lokasinya yang terbilang jauh dari pemukiman penduduk.

Baca Juga  Taman Ujung Sukasada Bali, Tempat Terbaik Untuk Pre Wedding. 12 Foto Ini Bukti Keindahannya!  

Keunikan dan Asal Mula Pantai Atuh

foto by instagram.com/marianomartene/

Anda akan menemukan hal unik ketika datang berkunjung ke Pantai Atuh, karena Anda juga dapat mendatangi tiga lokasi sekaligus yang berada di kawasan ini. Tempat pertama yakni Bukit Atuh, kedua adalah Abah Stone dan ketiga adalah Pantai Atuh itu sendiri.

Jadi, pantai Atuh sendiri akan dapat Anda sambangi setelah Anda tiba diatas Bukit Atuh, letak persisnya berada di bawah ujung dari tebing tersebut. Anda harus menuruni anak tangga, namun sebelumnya berjalanlah kea rah Abah stone agar memudahkan perjalanan Anda menuruni bukit.

Nama pantai Atuh berasal dari dua mata air yang terdapat di dalam pulau tersebut, sumber mata air tersebut berupa sumur. Uniknya, meskipun bersebelahan dengan pantai, mata air ini terasa tawa dan tidak pernah kering walaupun musim kemarau melanda kawasan ini.

foto by instagram.com/yulka_juls/

Oleh sebab itu, penduduk lokal menyebutnya dengan “Atuh” yang berasal dari penggabungan dua kata yaitu “a” yang berarti tidak dan “tuh” yang berarti tidak pernah kering.

Tak jauh dari letak mata air tersebut, didapati sebuah pura yang dibangun penduduk sekitar sebagai sarana persembahyangan, nama pura tersebut adalah Pura Atuh. Saat hari – hari besar tertentu penduduk pemeluk agama Hindu banyak melakukan kegiatan persembahyangan ke Pura tersebut.

Keindahan Panorama Pantai Atuh dan Pulau Bolong

Sepanjang perjalanan hingga Anda sampai di Pantai Atuh, akan disuguhi pemandangan yang elok. Mulai dari bebukitan hingga pantai. Pantai Atuh memiliki pasir pantai yang putih dan diapit oleh tebing karang.

foto by instagram.com/meteorbali/

Di tengah laut Pulau Atuh juga terdapat bukit karang yang oleh penduduk sekitar disebut sebagai Pulau Melawang atau Pepadasan. Hal yang unik dari pulau kecil ini adalah bebatuan yang bolong berada di ujung pulau.

Baca Juga  Danau Beratan, Sebuah Objek Wisata di Bali yang Sangat Menyenangkan

Oleh karena itu, pulau tersebut dijuluki Pulau Bolong oleh penduduk sekitar. Pulau ini nampak jelas jika dilihat dari Pantai Atuh, hal ini membuat Pantai Atuh terasa berbeda dari pantai lain yang berada di Nusa Penida.

Keunikan pulau ini juga terletak pada lubang raksasa yang berbentuk seperti terowongan dari karang.

Terdapat keyakinan dari masyarakat sekitar yang percaya bahwa setiap kapal atau perahu yang akan berlayar ke lautan lepas dan memulai perjalanan dari Pantai Atuh, diharuskan untuk melewati terowongan tersebut.

foto by instagram.com/lovenusapenida/

Mitos tersebut pun masih terus berlanjut dan tidak ada seorang pun yang berani untuk melanggarnya.

Waktu kunjungan terbaik ke Pantai Atuh ini adalah berada pada pukul 05:30 pagi hari, hal ini dikarenakan letaknya yang menghadap ke timur.

Dengan memilih waktu tersebut, pengunjung dapat melihat matahari terbit (sunrise) yang memancarkan semburat sinar mentari pagi yang indah dan membuat pesona pantai Atuh semakin lengkap.

Namun, bagi Anda yang ingin berburu momen matahari terbenam (sunset), Anda tidak disarankan memilih Pantai Atuh karena pesona senja yang didapat dirasa kurang sempurna.

Lahirnya Destinasi Wisata Baru di Pesisir Nusa Penida

foto by instagram.com/lembonganphotographer/

Suksesnya Pantai Atuh menarik perhatian masyarakat luas, menjadikan tempat ini sebagai salah satu andalan bagi Pulau Nusa Penida Bali untuk menarik wisatawan domestic hingga mancanegara. Kini, seolah tak mengenal jeda, wisatawan silih berganti setiap harinya datang untuk mengunjungi pantai ini.

Potensi yang dimiliki oleh pulau yang telah diakui oleh dunia ini memang mengagumkan sehingga semakin melambungkan pariwisata Bali di mata dunia. Bahkan, dapat menyaingi berbagai objek wisata kelas dunia lainnya.

Dengan dicapainya hal tersebut, pemerintah Provinsi Bali kini mulai memberikan perhatian dan perlakuan khusus untuk destinasi wisata ini, mulai dari perbaikan dan juga penambahan fasilitas pendukung.

foto by instagram.com/leaalbo/

Tentu saja ini juga didukung oleh sarana promosi yang dilakukan bagi kemajuan wisata di Nusa Penida itu sendiri.
Topografi Pantai Atuh yang menjulang tinggi ini disandingkan dengan kawasan Raja Ampat, selain karena eksotisme pemandangan laut dan bebukitan yang cantik.

Baca Juga  Keseruan Berlibur di Elephant Safari Park Ubud, Taman Gajah Terbaik Dunia

Namun, sejak 2010, ketika digelarnya Festival Nusa Penida, sejak saat itu pula Pantai Atuh ditetapkan sebagai salah satu tujuan yang indah. Hal tersebut membuat pantai ini menjadi semakin memikat hati para travelers.

Jadi, jika Anda bersama teman – teman atau keluarga akan berkunjung ke tempat ini, terdapat beberapa pesona dari pantai Atuh yang akan Anda nikmati, seperti pemandangan laut yang Indah, eloknya pesisir Atuh beach dan air lautnya yang biru jernih, pesona Batu Bolong dan pasir putihnya yang memikat.

foto by instagram.com/natanusapenida/

Jika Anda melirik ke sebelah kiri, Anda akan menemukan sebuah tebing batu yang disebut Tanjung Juntik dan di sebelah kanan terdapat tebing batu yang dikenal dengan nama Labuan Ampuak.

Ketika Anda sedang berada di tebing Pantai Atuh, Sesampainya di pantai ini, pengunjung akan merasakan sensasi pantai dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang berwarna biru serta jernih.

Di sebelah kiri terdapat tebing batu yang bernama Tanjung Juntik, sedangkan sebelah kanan terdapat tebing batu bernama Labuan Ampuak.

Namun ketika Anda berada di tebing Atuh Beach, Anda akan melihat tebing batu besar lainnya yang jika diperhatikan nampak seperti pulau kecil, tebing terbesar bernama Nusa Batu Padasan dan bersebelahan dengan Nusa Batu Magetan.

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply