Air Terjun Semirang, Wisata Alam Semarang dengan Keindahannya

1978 views

Semarang adalah salah satu kawasan yang memiliki wisata alam cukup banyak. Salah satu lokasi wissata dari Semarang yang tak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Semirang. Lokasinya ada di Kab Semarang.

Letak dari Curug ini ada di Gunung Ungaran sebelah utara. Sebenarnya, wisata ini bukan objek wisata baru karena keberadaannya telah ditemukan sejak lama dan sudah diresmikan dari dulu. Air terjun ini mempunyai ketinggian 45 meter.

foto by eksapedia.com

Airnya begitu dingin dan deras, maklum karena lokasinya ada di lereng gunung. Untuk pengunjung yang ingin mandi serta bermain air di bawah air terjun, harus tetap berhati-hati.

foto by solopos.com

Lokasi Air Terjun Semirang

Air terjun ini ada di Dusun Gintungan, desa Gogik, Ungaran, Kab Semarang, Jateng. Lokasinya memang tak begitu mudah dijangkau, bahkan lebih mudah jika menggunakan sepeda motor, karena jalan perkampungan cukup kecil dan merepotkan bila menggunakan mobil.

Perjalanan Ke Air Terjun

Agar bisa sampai di tempat wisata yang indah ini, kita harus menelusur hutan terlebih dahulu kurang lebih 900 meter. Di awal perjalanan memang medannya tidak begitu terjal. Jalanannya pun juga berupa tanah merah, sesekali terdapat anak tangga yang dibuat dari batu.

foto by lihat.co.id

Sepanjang perjalanan, kita akan melihat pohon pala. Pala adalah rempah asli Indonesia dengan kulit buah yang berwarna kuning kehijauan. Pohon ini tinggi serta lebat. Biasanya, kita akan melihat beberapa orang memanen buah ini.

foto by eksapedia.com

Perjalanan Anda akan melewati tangga yang dibuat dari batu dan sudah disemen. Karena sudah termakan usia, semen sudah ditumbuhi lumut-lumut. Sekitar anak tangga banyak pohon besar yang masih terjaga. Nyanyian burung serta suara air terjun menjadi teman di perjalanan.

Baca Juga  Menjelajahi Sejarah Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah di Monumen Palagan Ambarawa

Keindahan Setelah Perjalanan Panjang

Sesudah melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, tibalah di Air Terjun Semirang. Rasanya, letih lelah selama diperjalanan akan dibayar dengan lunas sesudah melihat keindahannya di sini.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan selama ada di air terjun seperti:

• mengambil gambar keindahan air terjun. Mempunyai media sosial seperti Instagram akan kurang lengkap jika tidak menghiasinya dengan berbagai macam daerah yang sudah kita kunjungi.

Anda bisa berfoto bersama dengan teman atau keluarga. Jangan lupa, ambil gambar spot-spot menarik yang ada di sini.

foto by pictame.com

• Bermain air. Apabila ingin merasakan kesejukan air gunung, bermain air adalah hal yang mengasyikkan. Kita bisa menghabiskan waktu dengan bermain air di sekitar air terjun.

foto by krisnamurtipurnama.blogspot.co.id

• Menikmati keindahan. Bila tidak membawa baju ganti, Anda bisa duduk sembari ngemil makanan-makanan.

Tips Berwisata Air Terjun

Agar kegiatan wisata menjadi menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Membawa baju ganti. Karena lokasi wisata yang akan dikunjungi adalah wisata basah, maka jangan lupa membawa baju ganti. Kita bisa kerepotan sendiri bila lupa membawa baju ganti tapi sudah terlanjur bermain air.

2. Membawa sandal. Agar memudahkan berjalan menyusuri jalan menuju tempat wisata, lebih baik gunakan sandal. Tapi, jangan menggunakan sandal hak tinggi. Gunakan sandal gunung atau sandal biasa.

3. Membawa bekal minum. Memang di sepanjang perjalanan kita akan menemukan banyak penjual minum di sini. Tetapi tidak ada salahnya untuk membawa minum untuk bekal di perjalanan.

Fasilitas

Sebagai wisata alam dengan lokasi yang cukup sulit di tuju, fasilitas di dalamnya sudah cukup lengkap. Kita bisa menemukan warung-warung yang ada di pinggir perjalanan. Ada juga kamar mandi umum dan kamar ganti yang sudah disediakan.

Baca Juga  Tempat Wisata Keluarga yang Asyik di Semarang, Goa Rong View

Untuk tempat parkir, areanya pun juga sudah cukup luas disediakan.

foto by jejakpiknik.com

Makanan yang dijajakan di sekitar wisata cukup beragam mulai dari mie instant, bakso dan makanan sederhana lain. Untuk snack-snack juga di jual.

Rute Lokasi Jalan

Bila mencari lokasi air terjun ini, apabila datang dari Semarang atau Solo, bisa langsung masuk di jalan Pertigaan depan Hotel Ungaran Cantik.

Kemudian, lanjut ke STIKES Ngudi Waluyo. Silakan naik ke kanan ke arah gunung. Sesudah melewati area persawahan, kita akan melalui jalan yang terjal dan naik. Berarti Anda sudah masuk di kaki Gunung Ungaran.

Meskipun jalanan di sini cukup halus. Namun harus tetap berhati-hati karena jalanan sangat sempit serta melewati pemukiman warga. Bila perjalanan sudah melewati dusun-dusun, berarti sudah sampai di Makan Desa Gogik dan menjadi tempat parkir penduduk.

Sesudah sampai di area parkir, jangan senang dulu karena masih melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki kurang lebih 500 meter hingga ke pintu gerbang. Untuk pengunjung yang membawa sepeda motor bisa menuju pintu gerbang. Jalanan sangat licin dan kecil.

Sesudah mencapai pintu gerbang, silakan melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan setapak kurang lebih 1 KM. Penyusuran jalan ini memerlukan waktu kurang lebih 20 menit.

foto by lihat.co.id

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke tempat rekreasi ini cukup terjangkau Rp 5.000 tiap orang. Kemudian parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

foto by jejakpiknik.com

Beberapa Tempat Wisata Semarang

Bila sudah lelah berwisata di Air Terjun Semirang, berikut beberapa lokasi wisata yang bisa dituju:

a. Eling Bening. Eling Bening adalah destinasi wisata baru di Semarang. Tempat ini mempunyai konsep tak jauh dari rekreasi keluarga. Inilah sebabnya, di sini kita bisa menikmati fasilitas liburan lengkap seperti kolam renang, restoran, area camping hingga penginapan.

foto by adit220393.blogspot.co.id

Lokasinya seluas 3 ha. Kita bisa menikmati keindahan alam perbukitan sembari duduk san tai di gazebo yang telah dirancang untuk memberikan kenyamanan. Bukan hanya dijadikan sebagai destinasi wisata. Tempat ini juga sering dikunjungi calon pengantin untuk berfoto.

Baca Juga  50 Tempat Makan Terbaik di Solo, Sayang Banget Kalau Ga Didatengin

b. Museum Kereta Ambarawa. Mengisi waktu libur panjang atau pun akhir pekan sebenarnya tak perlu ke tempat hiburan. Bila ingin melihat wisata yang menghibur dan edukatif bisa ke Museum Kereta Ambarawa.

Museum stasiun kuno ini memiliki koleksi lokomotif uap dari waktu ke waktu. Kita juga bisa mencoba kereta uap museum. Pilih kereta uap dengan usia ratusan tahun atau memilih kereta diesel. Rute yang bisa dipilih juga cukup beragam.

foto by coretanpetualang.wordpress.com

c. Pantai Tirang. Lokasinya tak jauh dari Bandara Ahmad Yani. Pantai ini mempunyai air yang lebih jernih bila dibandingkan dengan Marina dan Maron. Tetapi, karena pengelolaannya kurang maksimal, pantai ini terlihat kumuh.

Pantai Tirang lebih sering dikunjungi para wisatawan yang memiliki hobi memancing. Tak hanya memancing, kita bisa menyusuri hutan bakau di sekitar pantai.

foto by lihat.co.id

d. Pantai Marina. Pantai lain yang tak boleh lupa dikunjungi adalah Marina. Pantai ini sering dijadikan tujuan wisata ketika akhir pekan. Menurut sejarah, legenda, pantai ini adalah kawasan tambak dan hutan bakau. Dengan berjalanan waktu, pemerintah mengubah menjadi tempat wisata.

Lokasinya tak jauh dari pusat kota, sehingga pantai ini tak pernah sepi pengunjung yang ingin melepas penat sesudah seharian bekerja.

foto by dakatour.com

Lokasi: Dusun Gintungan, desa Gogik, Ungaran, Kab Semarang, Jateng 50551
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5.000 per orang
Buka/Tutup:
Telepon:

Related Post

Leave a reply